Olahraga

Pilih mana: Taekwondo vs Muay Thai?

Berolahraga tidak hanya berlari dan melakukan gerakan tubuh saja, kini Anda bisa melakukan beladiri sebagai penunjang tubuh Anda. Selain mampu membuat tubuh Anda bugar dan sehat, beladiri juga sangat menguntungkan, karena Anda mampu melindungi diri sendiri bahkan orang lain.

Mungkin Anda tidak asing dengan jenis olahraga beladiri kali ini. Yup, Taekwondo dan Muay Thai. Sama halnya dengan bentuk seni bela diri lain. Keduanya sama-sama memiliki manfaat besar bagi tubuh serta membantu meningkatkan kecepatan, kelincahan dan daya tahan sistem kardiovaskuler.

Meskipun begitu, keduanya juga tentu memiliki perbedaan. Mau tau apa saja kelebihan dan perbedaannya? So, stay tune terus di Selera.id ya! Kami akan mengulasnya lebih dalam Agar Anda bisa mencoba untuk berlatih.

Taekwondo vs Muay Thai

Taekwondo

Taekwondo adalah suatu olahraga bela diri modern yang bersumber pada bela diri tradisional Korea. Taekwondo sendiri terdiri dari 3 kata yakni Tae berarti kaki atau menghancurkan dengan teknik tendangan, Kwon berarti tangan/ menghantam dan menjaga diri dengan teknik tangan, dan Do yang berarti seni atau metode mendisiplinkan diri.

Bila diartikan secara sederhana, Tae Kwon Do berarti seni ataupun cara mendisiplinkan diri / seni bela diri yang memakai teknik kaki dan tangan kosong. Di Indonesia Taekwondo semakin terkenal semenjak dipromosikan secara besar-besaran oleh Saseong Nim Daxon Joetandi (Dan VII Kukkiwon), seorang bankir profesional yang terkenal sebagai pemegang sabuk hitam paling muda di Indonesia sejak berumur 7 tahun.

Sampai sekarang Taekwondo sangat terkenal di semua gender baik yang masih muda hingga yang sudah berumur. Anda juga bisa temukan tempat latihan Taekwondo di sekitar tempat tinggal kalian. Karen asudah banyak peminatnya, Anda tidak harus kesulitan menemukan tempat pelatihannya.

Baca juga: Pilih Mana: Taekwondo atau Karate?

Kelebihan Taekwondo

Berikut ini Kelebihan Taekwondo:

  • Mempertahankan diri
    Sama halnya seperti beladiri lainnya, Taekwondo juga berguna untuk mempertahankan diri saat diserang. Masalah memang tidak dapat dituntaskan dengan kekerasan tetapi di dunia ini tidak sedikit yang pikirannya sudah tidak waras. Mungkin diserang pada saat tertentu bisa saja terjadi. Oleh karena itu paling tidak kita mesti meminimalisir resiko cedera sebab diserang dengan menekuni salah satu teknik beladiri seperti Taekwondo.
  • Mampu mendisplin diri
    Olahraga beladiri ini membutukan kedisiplinan diri yang kuat dan tekad. Taekwondo menawarkan berbagai gerakan, pola, serangan, tendangan dan pukulan yang membuat pikiran terstimulasi dan tubuh kuat. Taekwondo mengajarkan kita buat mengendalikan gerakan, menyempurnakan bentuk serta mengingat pola, yang membutuhkan konsentrasi dan fokus.
  • Badan lebih bugar
    Beladiri Taekwondo merupakan salah satu cabang olahraga yang amat memprioritaskan kebugaran tubuh. Untuk menerapkan salah satu tekniknya saja kita membutuhkan kekuatan yang besar. Oleh karena itu taekwondoin (sebutan orang yang mendalami taekwondo) wajib melatih fisiknya supaya bisa dan maksimal dalam menerapkan tekniknya.

Taekwondo vs Muay Thai

Kekurangan Taekwondo

Berikut ini Kekurangan Taekwondo:

  • Banyak mengandalkan kaki
    Seperti yang kita tahu kalau 80% gerakan dari taekwondo adalah kaki, bagaimana jika kaki Anda mengalami luka atau semacamnya? Maka tidak bisa bertarung dan bisa saja dengan mudah dikalahkan lawan.
  • Sulit melakukan perlawanan jika kaki dikunci
    Sama seperti kelemahan taekwondo sebelumnya, jika para pemakai beladiri Taekwondo kakinya sudah dikunci oleh lawan, maka mereka akan cukup sulit untuk melakukan perlawan balik. Hal ini yang kadang membutuhkan teknik yang kuat.
  • Resiko tubuh terluka
    Seperti yang kita tahu bahwa Taekwondo mengandalkan gerakan yang mengeluarkan seluruh kekuatan, maka resiko tubuh terluka harus siap diterima terlebih dibagian kaki. Hal ini juga bisa membuat cedera lebih serius.

Teknik Dasar Taekwondo

  • Kyukpa. Teknik ini merupakan teknik pemecahan benda keras dan dalam melatihnya, kita memerlukan obyek benda mati, seperti genting, batu bata, atau paling tidak papan kayu di mana bisa ditendang, disabet, atau dipukul.
  • Poomsae. Teknik ini merupakan serangkaian jurus gerakan dasar pertahanan maupun serangan dengan melawan lawan yang dalam bentuk imajiner.
  • Kyoruki. Ini adalah latihan pertarungan di mana teknik gerakan dasar diaplikasikan. Dalam latihan ini, butuh 2 orang untuk melakukannya.

Muay Thai

Muay Thai merupakan salah satu olahraga bela diri nasional Kerajaan Thailand dan turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Olahraga ini sendiri memiliki teknik pertarungan yang sangat keras dan berbahaya.

Namun, kini olahraga tersebut sudah mulai banyak dan menyebar di seluruh negara, bahkan Indonesia. Di Thailand sendiri olahraga bela diri ini dikenal dengan nama lain Thai Boxing. Tidak hanya itu, para peminatnya pun tidak hanya para lelaki melainkan juga perempuan serta bagi kalangan pecinta olahraga.

Gerakan muay thai dilakukan dengan menggunakan 4 set anggota badan, yaitu kaki, tangan, lengan dan paha dan memanfaatkan serangan dari tinju, siku, lutut, dan kaki. Seperti halnya dengan semua bentuk seni bela diri, latihan yang dilakukan olahraga Muay Thai memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Gerakan muay thai membantu meningkatkan kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan daya tahan sistem kardiovaskuler saat berlatih. Latihan ini sangat menimbulkan efek baik dalam membangun stamina, kesehatan, dan kebugaran tubuh yang akan meningkat. Baca juga: Pilih Mana: Muay Thai Atau Silat?

Lihat juga:  Pilih Mana: Fitness atau Senam?

Kelebihan Muay Thai

Berikut ini Kelebihan Muay Thai:

  • Menyehatkan jantung
    Menurut penelitian, tidak ada olahraga yang dapat melatih sistem jantung sebaik muay thai. Dengan menggabungkan jenis olahraga aerobik maupun anaerobik, muay thai menguntungkan pada tekanan besar yang menyehatkan jantung. Dengan latihan secara rutin, tubuh Anda akan terbiasa dengan tekanan-tekanan dalam olahraga ini, dan peningkatan kinerja kardiovaskuler yang sehat menjadi salah satu keuntungannya.
  • Memperkuat otot-otot kaki
    Kelebihan lainnya adalah Muay Thai juga akan mengajarkan cara menendang yang baik dan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah. Setiap otot di tubuh bagian bawah Anda akan mendapatkan keuntungan dari berlatih berbagai tendangan dan latihan gerak kaki yang ada pada olahraga Thailand ini. Jika dilakukan dengan rutin akan berdampak baik pada daya tahan otot kaki, kekuatan, kelincahan, serta dapat membentuk betis agar lebih kuat.
  • Mampu melepaskan stress
    Kelebihan berikutnya mampu melepaskan beban emosi dan stress nyatanya menjadi manfaat kesehatan terpenting yang bisa didapat dari muay thai. Sebagian besar orang menumpuk cukup banyak stres di siang hari. Dengan melakukan olahraga ini setelah beraktivitas seharian, emosi Anda bisa terluapkan, contohnya dengan memukul atau menendang sesuatu dapat membuat Anda merasa lebih baik.

Taekwondo vs Muay Thai

Kekurangan Muay Thai

Berikut ini Kekurangan Muay Thai:

  • Resiko cedera
    Olahraga beladiri satu ini sangat mengandalkan semua hampir anggota tubuh. Gerakan muay thai sendiri dilakukan dengan menggunakan 4 set anggota badan, yaitu kaki, tangan, lengan dan paha dan memanfaatkan serangan dari tinju, siku, lutut, dan kaki. Sehingga, ada kemungkinan rentan cedera jika salah melakukannya.
  • Menguras tenaga
    Seperti yang telah di jelaskan kekurangan dari olahraga ini diatas. Karena hampir semua anggota tubuh digerakan dan melakukan latihan maka akan banyak menguras tenaga Anda. Bersiaplah untuk mengontrol tubuh Anda agar tidak mudah kelelahan.
  • Memiliki usaha lebih besar
    Ada beberapa teknik dasar dalam muaythai yang mengharuskan Anda melakukan gerakan yang mengeluarkan usaha lebih ekstra. Hal ini akan membuat Anda sedikit kewalahan dan mudah kelelahan. Setidaknya Anda harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Teknik Dasar Muay Thai

  • Jab.Pada teknik gerakan memukul satu ini, yang diutamakan adalah gerakan tangan yang ditinjukan secara lurus dengan target wajah atau area tubuh bagian depan sang lawan seperti halnya jab pada teknik dasar tinju. Teknik gerakan memukul ini pada umumnya adalah kejutan dari gerakan strike dimana strike sendiri diketahui menjadi gerakan yang berkekuatan tinggi.
  • Strike. Pada teknik gerakan memukul satu ini, sewaktu tangan sebelah kiri melakukan pancingan terhadap lawan menggunakan gerakan hook, tangan yang lain harus sudah siap meluncur ke arah area tubuh depan lawan secara lurus. Umumnya, target dari pukulan ini adalah wajah dan strike sendiri juga termasuk gerakan yang lebih berbobot bila dibandingkan dengan teknik jab. Gerakan ayunan dari teknik strike lebih ke belakang sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar.
  • Hook. Pada teknik gerakan memukul satu ini, fokus gerakan adalah pada gerakan tinju yang dilakukan menyamping oleh praktisi. Untuk gerakan memukul menyamping, maka target yang perlu diserang adalah bagian tubuh atau wajah bagian samping. Namun tak terbatas pada itu saja, hook juga bisa digunakan ketika hendak menyerang anggota tubuh lawan lainnya asalkan dari samping.
  • Upper cut. Pada teknik gerakan memukul ini, fokus gerakan adalah mengayunkan tangan dari bawah mengarah ke atas dan target pukulan terbilang lebih luas. Sasaran pukulan ini meliputi antara lain hampir seluruh bagian tubuh depan dan samping. Dagu dan kepala lawan juga dapat dimasukkan dalam kategori target.

Pilih mana: Taekwondo vs Muay Thai?

Keterangan TaekwondoMuay Thai
Kelebihan-Mempertahankan diri -Mampu mendisplin diri -Badan lebih bugar-Menyehatkan jantung -Memperkuat otot-otot kaki -Mampu melepaskan stress
Kekurangan-Banyak mengandalkan kaki -Sulit melakukan perlawanan jika kaki dikunci -Resiko tubuh terluka-Resiko cedera -Menguras tenaga -Memiliki usaha lebih besar

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai olahraga beladiri Taekwondo dan Muay Thai yang telah kami paprkan. Semua jenis olahraga bela diri di hampir seluruh dunia tentu memiliki kelebihan kekurangannya masing-masing. Yang terpenting adalah semua jenisnya sama-sama memberi keuntungan dan manfaat bagi tubuh Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Taekwondo vs Muay Thai

VS

Leave a Reply