Pilih Mana: Tanam Benang atau Filler?

Loading...

Saat ini berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan wajah yang mulus kencang dan menarik. Terdapat beberapa cara yang digunakan sebagai alternatif dari operasi plastik, di antaranya yaitu tanam benang dan filler. Tanam benang dan filler sebenarnya merupakan perawatan wajah yang aman jika dilakukan dengan prosedur yang sebenarnya. Jika Anda ingin melakukan perawatan pada wajah Anda, manakah yang ingin Anda pilih? Tanam benang atau filler?

Tanam benang dan filler merupakan dua alternatif operasi plastik untuk bisa mendapatkan wajah sesuai dengan keinginan. Tanam benang dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kencang dan tampak terlihat awet muda. Sedangkan filler dapat membantu Anda membuat bagian-bagian tertentu pada wajah menjadi lebih bervolume.

Tanam Benang

Tanam benang merupakan salah satu perawatan wajah sebagai alternatif operasi plastik. Tanam benang dilakukan dengan cara menanamkan benang pada bagian bawah kulit wajah untuk bisa menarik dan menyembunyikan kulit yang mengalami kekurangan. Penjelasan mengenai tanam benang telah kami bahas pada artikel Setrika Wajah vs Tanam Benang.

Kelebihan Tanam Benang

Berikut beberapa kelebihan tanam benang yang perlu Anda ketahui:

  • Mengencangkan Kulit yang Kendur

Salah satu kelebihan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan tanam benang adalah Anda dapat mengatasi ulit yang telah kendur untuk menjadi kencang kembali. Untuk mendapatkan hasil ini, dokter akan menanamkan benang di bawah kulit tertentu sehingga dapat membuat kulit menjadi kencang.

  • Memberikan Hasil yang Lebih Tahan Lama

Kelebihan lain yang dimiliki tanam benang adalah hasil dari proses ini lebih tahan lama. Benang yang di tanamkan pada kulit wajah dapat bertahan lebih lama untuk menjaga kekencangan kulit Anda.

  • Membuat Wajah Tampak Lebih Muda

Kelebihan lain yang dimiliki tanam benang ini adalah dapat membuat wajah menjadi tampak lebih muda. Hal ini dikarenakan tanam benang mampu menyembunyikan kelebihan kulit dan mengencangkannya. Sehingga wajah Anda akan tampak lebih muda.

Kekurangan Tanam Benang

Berikut beberapa kekurangan tanam benang yang perlu Anda ketahui:

  • Bukan Prosedur Efektif untuk Hasil Jangka Panjang

Prosedur tanam benang bukanlah cara efektif untuk memberikan hasil jangka panjang pada kulit wajah Anda. tanam benang hanya mampu menyembunyikan kelebihan kulit yang kendur, tetapi jaringan kulit ini sebenarnya masih menempel pada wajah dan akan kembali suatu saat nanti.

  • Memiliki Risiko yang Lebih Berbahaya

Tanam benang yang dilakukan dengan cara yang salah dapat menimbulkan risiko yang sangat berbahaya. Dikutip dari Kompas.com terdapat pasien yang pipinya menjadi berlubang akibat prosedur penananam benang yang salah. Kulit pipi pasien tersebut pada akhirnya tak bisa bernafas karena tersumbat sekitar 50-70 benang.

Loading...
  • Menimbulkan Rasa Sakit

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki tanam benang ini adalah dapat menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini muncul tergantung dari area yang ditanamkan benang. Area wajah yang cenderung berlemak tidak menimbulkan rasa sakit yang terlalu berlebihan seperti area wajah yang tidak berlemak.

Kelebihan Tanam Benang Kekurangan Tanam Benang
- Mengencangkan kulit yang kendur - Bukan prosedur efektif untuk hasil jangka panjang
- Memberikan hasil yang lebih tahan lama - Memiliki risiko yang lebih berbahaya
- Membuat wajah tampak lebih muda - Menimbulkan rasa sakit

Filler

Filler merupakan perawatan wajah yang dilakukan dengan cara menyuntikkan cairan tertentu ke dalam kulit wajah. Suntikan filler berfungsi untuk memberikan volume pada bagian wajah tertentu yang memiliki kadar kolagen yang sedikit dan berkurang akibat pengaruh usia.

Kelebihan Filler

Berikut beberapa kelebihan filler yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menambah Volume Wajah

Berbeda dengan tanam benang yang tujuan utamanya adalah mengencangkan, filler lebih berfungsi untuk menambah volume pada wajah, misalnya pada bibir, dagu dan bagian lain yang dapat membuat bagian yang di filler menjadi lebih berisi dan bervolume. Jika Anda melakukan filler di bibir, maka bibir akan tampak lebih bervolume dan lebih seksi.

  • Menghilangkan Kantung Mata dengan Cepat

Kelebihan lain yang dimiliki oleh filler adalah dapat menghilangkan kantung mata dengan cepat. Jika Anda memiliki masalah dengan adanya kantung mata yang menonjol dan mengganggu, Anda dapat menghilangkannya dengan melakukan filler.

  • Dapat Membuat Hidung Tampak Lebih Mancung

Kelebihan selanjutnya yang akan Anda dapatkan jika melakukan filler adalah Anda dapat membuat hidung tampak lebih mancung. Filler merupakan salah satu perawatan kecantikan yang relatif aman dibandingkan dengan operasi karena tidak melakukan pembedahan. Proses filler hanya melakukan penyuntikan terhadap bagian tertentu saja.

Kekurangan Filler

Berikut beberapa kekurangan filler yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menyebabkan Kulit Memerah dan Bengkak

Filler sebenarnya termasuk ke dalam kategori perawatan wajah yang relatif aman. Namun jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka akan ada kemungkinan kulit Anda yang disuntik filler akan membengkak dan memerah. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda perlu memerhatikan dengan seksama apa yang cocok dan tidak cocok untuk kulit Anda dan cara mengatasinya.

  • Dapat Menimbulkan Alergi

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, cairan yang digunakan untuk suntik filler juga dapat memicu munculnya alergi pada kulit. Alergi kulit ini ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit, kulit terasa panas, terasa gatal dan lain sebagainya. Karena itu, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan suntik filler.

  • Menimbulkan Bekas Luka

Kekurangan selanjutnya dalam proses filler ini adalah akan meninggalkan bekas luka. Bekas luka ini berkemungkinan muncul jika terjadi kesalahan prosedur dalam penyuntikan. Bekas luka ini juga muncul sekitar 3 minggu setelah penyuntikan hingga 10 tahun setelah penyuntikan.

Kelebihan filler Kekurangan filler
- Dapat menambah volume wajah - Dapat menyebabkan kulit memerah dan bengkak
- Menghilangkan kantung mata dengan cepat - Dapat menimbulkan alergi
- Dapat membuat hidung tampak lebih mancung - Menimbulkan bekas luka

Pilih Mana: Tanam Benang atau Filler?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara tanam benang dan filler. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Tanam Benang Filler
- Menanamkan benang pada bagian dalam kulit wajah - Menyuntikkan cairan tertentu pada wajah atau bagian lain
- Memiliki risiko yang lebih berat - Memiliki risiko yang lebih ringan
- Mengencangkan wajah yang kendur - Menambah volume pada wajah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai tanam benang dan filler di atas, dapat disimpulkan bahwa filler merupakan perawatan yang lebih aman dibandingkan dengan tanam benang. Jika terjadi kesalahan dalam prosesnya, dampak dari filler masih relatif lebih ringan dibandingkan dengan dampak dari kesalahan proses tanam benang.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tanam Benang vs Filler

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *