Home

Pilih Mana: Tang atau Gegep?

Tang dan Gegep adalah suatu benda yang gunanya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari, kita tidak perlu bingung untuk memotong, menjepit, mencabut material-material yang tentunya susah hanya dengan memakai tangan kosong. Tang dan Gegep sendiri memiliki fungsi dan jenisnya masing-masing dan semua rumah tentunya memiliki tang dan gegep didalamnya. Kali ini saya akan membahas mengenai Tang dan Gegep. Disini aja ya..

Tang

Tang adalah suatu alat yang kerap digunakan untuk memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari khususnya untuk dunia mekanik. Baca juga Pilih mana: Mur atau Baut?

Tang terbuat dari bahan baja yang sangat kuat dan tahan banting, warnanya sendiri umumnya berwarna coklat, putih dan ada juga yang berwarna hitam.

Bentuk nya sendiri seperti gunting namun memiliki gerigi di kedua rahangnya dan memiliki pelindung dari karet di bagian pegangannya agar tidak sakit atau terlepas saat menggunakannya.

Bukan tanpa sebab, rahang yang bergerigi ini dimaksudkan agar mudah untuk memotong kabel, memotong kawat, mencabut paku bahkan dapat mengencangkan mur.

Tang juga bisa membengkokkan logam tipis, untuk melilit kawat atau kabel atau menggenggam material-material yang berukuran kecil.

Tang sendiri memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan material yang ingin diproses. Namun umumnya tang hanya terbagi dari tiga jenis yakni tang pengunci, tang pengunci dan tang pemotong.

Kamu bisa dapatkan tang dengan kualitas yang baik di toko bangunan, Ace Hardware, Depo bangunan, toko peralatan rumah lainnya bahkan online shop pun sekarang sudah banyak yang menjual tang.

Jenis Tang:

Tang Kombinasi
Tang ini adalah yang paling sering digunakan, fungsinya sendiri biasa digunakan untuk membengkokkan kawat, memotong kawat, menjepit, bahkan mencabut paku yang sudah tertancap.

Tang Lancip
Sesuai dengan namanya, tang ini mempunyai bentuk yang lancip dan biasa digunakan untuk menjepit atau menarik benda-benda kecil pada ruang yang sempit.

Tang Potong
Berbeda dengan tang yang lain, tang ini mempunyai bentuk kepala yang tidak begitu besar dan juga tidak bergerigi. Tang dini dikhususkan untuk memotong kawat, memotong kabel atau material lain yang ingin dipotong.

Tang Snap Ring
Tang ini juga bisa disebut dengan circlip pilers, sesuai dengan namanya tang ini adalah tang yang berfungsi untuk menjepit snap ring. Tang sendiri mempunyai dua jenis yakni tang dengan ujungnya bengkok dan tang dengan ujungnya yang lurus. Tidak hanya itu, tang ini juga memiliki dua tipe yakni dimana saat kita menjepitnya ujungnya akan membuka dan tang yang saat kita menjepitnya akan menutup.

Tang Catut
Tang ini sekilas seperti tang potong namun yang membedakan adalah ujung dari tang ini seperti tangan robot. Fungsi dari tang ini adalah untuk mencabut paku, memotong kawat dan lainnya.

Tang Buaya
Tang ini sendiri memang seperti mulut buaya fungsinya adalah mengunci dan melepas baut. Tang ini juga bisa diatur sesuai dengan baut yang ingin kamu lepas atau kunci, semakin besar baut maka atur selebar mungkin dan begitu juga sebaliknya.

Tang Slip Joint
Tang ini umumnya sama seperti tang yang lain, fungsinya adalah untuk memegang dan menjepit material. Tang ini bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan kamu sama seperti tang buaya.

Tang Rivet
Tang ini memiliki bentuk yang paling unik di antara tang yang lain, biasa dipakai untuk memasang paku keling.

Tang Pengupas Kabel
Sesuai dengan namanya, tang ini berfungsi sebagai mengupas atau memotong kulit kabel. Tang ini memiliki beberapa ukuran untuk memotong besar kecilnya kabel, jadi kamu tidak perlu repot untuk memotong besar atau kecilnya kabel.

Gegep

Gegep sendiri memiliki arti sebagai penjepit. Jadi fungsi utama dari gegep ini sendiri tentunya adalah untuk menjepit sesuatu. Namun gegep sendiri juga memiliki fungsi yang sama seperti tang yang tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari.

Gegep juga memiliki bentuk yang hampir sama seperti tang, dan kebanyakan orang juga kerap memanggil gegep dengan sebutan tang karena memiliki ujung yang umumnya bergerigi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Gegep memiliki ujungnya yang bervariasi dan multifungsi sesuai dengan jenis dan kebutuhan material yang ingin di proses. Terdapat karet di pegangannya agar tidak licin dan terlepas saat menggunakannya.

Gegep juga terbuat dari baja kuat dan tahan lama yang umumnya berwarna putih, cokelat dan berwarna hitam. Pada pegangannya sendiri umumnya berwarna merah, hijau dan warna-warna cerah lainnya.

Sama seperti tang, gegep ini mempunyai tiga jenis yakni gegep pengunci, gegep pemotong dan gegep penjepit. Tentunya gunakan tang yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar gegep senantiasa awet tahan lama.

Kamu bisa dapatkan gegep dengan kualitas yang baik di toko bangunan, Ace Hardware, Depo bangunan, toko peralatan rumah lainnya bahkan online shop pun sekarang sudah banyak yang menjual gegep.

Jenis Gegep:

Gegep Sudut
Bentuk dari gegep ini sendiri memiliki sudut kemiringan mencapai 45 derajat. Fungsi utamanya adalah untuk menjepit kabel atau kawat yang sulit untuk dijangkau seperti di suatu ruangan yang kecil atau sempit.

Gegep Kakatua
Sesuai dengan namanya gegep ini memiliki bentuk yang mulutnya seperti burung kakatua. Fungsi utama gegep ini adalah memotong kabel atau kawat, biasa terbuat dari baja yang kuat dan tahan banting. Kelemahan dari gegep ini adalah tidak bisa memotong material yang tebal dan keras yang dapat menjadikan gegep ini tumpul.

Gegep Cucut
Mengapa disebut gegep cucut karena memang bentuknya menyerupai ikan cucut, memiliki moncong yang panjang, bergerigi dan pipih. Fungsi dari gegep ini adalah sama seperti gegep sudut, yakni sebagai penjepit kabel, kawat atau material lainnya.

Gegep Multifungsi
Gegep ini memiliki ujung yang berfungsi untuk menjepit dan memotong suatu material. Mengapa disebut multifungsi karena gegep ini terdapat gergaji kecil, obeng, pembuka tutup botol, pisau dan pembuka makanan kaleng. Namun kamu harus memakainya dengan hati-hati karena gegep ini mudah bengkok dan patah.

Gegep Kombinasi
Gegep ini sama seperti tang, yakni memiliki kegunaan yang bermacam-macam. Kamu bisa gunakan gegep ini untuk mengunci mur, menjepit kawat atau kabel, mencabut paku dari tempatnya dan sebagainya.

Bisa dibayangkan jika tidak ada tang dan gegep di dalam kehidupan kita, tentunya kita akan kewalahan untuk memasang mur, menarik paku, memotong atau menjepit kabel dan kawat.

Dan semakin berkembangnya zaman semakin banyak juga jenis dari tang dan gegep yang tentunya semakin membantuk pekerjaan rumah kita.

Pilih Mana: Tang atau Gegep?

TangGegep
Kelebihan - Memiliki banyak jenis - Banyak orang memakainya - Tahan banting - Cocok digunakan untuk menjepit suatu material - Anti karat - Awet tahan lama
Kekurangan- Harganya lebih mahal dari gegep - Sedikit lebih berat- Lebih susah ditemukan - Memiliki sedikit jenis

Kesimpulan

Maka dari itu usahakan miliki semua jenis dari tang dan gegep agar pekerjaan rumah kamu senantiasa terbantu dan tentunya akan menghemat waktu. Gunakan tang dan gegep sesuai dengan jenis dan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tang vs Gegep

VS

Leave a Reply