Lainnya

Pilih Mana: Teh atau Kopi?

Selama ini semua orang dari berbagai negara di seluruh dunia telah menikmati teh dan kopi yang memiliki cita rasa unik, baik itu diminum untuk tujuan kesehatan maupun hanya dijadikan minuman bersantai. Kedua minuman ini sangat populer, namun bagus mana teh sama kopi? Jika dibandingkan keduaanya memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang kami rangkum di bawah ini.

Teh

Teh awalnya ditemukan oleh Kaisar China pada 2737 SM saat tidak sengaja daun jatuh ke dalam air yang sedang ia masak. Lalu, ia mencicipinya dan terkejut dengan rasa dan khasiat setelah mengonsumsinya. Teh memiliki kandungan zat antioksidan yang melindungi tubuh dari stress dan menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Baca juga Pilih Mana: Teh Hijau atau Teh Hitam?

Kelebihan Teh yang bisa Anda ketahui:

1. Dapat mencegah kanker
Penelitian menggungkapkan bahwa sejumlah quercetin yang terdapat di dalam teh dapat membantu tubuh mencegah terjadinya kanker. Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa tingkat kejadian kanker pada orang Asia jauh lebih rendah jika dibandingkan orang Amerika.

2. Melindugi gigi
Adanya kandungan fluoride di dalam teh berguna untuk melindungi gigi Anda agar tidak keropos dan tetap sehat.

Kekurangan Teh yang bisa Anda ketahui:

1. Mengganggu penyerapan zat besi
Dilansir dari Kompas.com, kandungan tannin yang terdapat di dalam teh dapat mengganggu penyerapan zat besi yang ada di dalam tubuh sehingga bisa memicu anemia. Bahkan dalam penelitian menyebutkan bahwa pengurangan zat besi hingga 62% setelah Anda mengonsumsi teh.

2. Mengandung pestisida
Sering ditemukan bahwa teh memiliki kandungan pestisida, sekalipun teh tersebut telah dilabeli ‘organik’.

Kopi

Kopi awalnya berasal dari Ethiopia dan sebagian daerah Afrika, yang mana sejarah mengatakan bahwa kopi awalnya ditemukan oleh pengembala kambing yang akhirnya melihat kambing miliknya menjadi hiperaktif setelah memakan buah dari pohon yang kemudian dikenal dengan bibit kopi. Kopi ini mengandung antioksidan yang dapat menjaga tingkat gula darah dan mencegah batu ginjal.

Kelebihan Kopi yang bisa Anda ketahui:

1. Mencegah penyakit Alzheimer
Penyakit Alzheimer merupakan salah satu penyakit kepikunan dimana kita akan kehilangan beberapa memori pada saat memasuki usia di atas 65 tahun. Akan tetapi, meminum kopi tenyata menjadi salah satu minuman yang dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

2. Meningkat metabolisme tubuh
Kelebihan dari kopi selanjutnya yakni dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kopi sangat cocok apabila Anda konsumsi sebelum melakukan aktivitas olahraga.

Kekurangan Kopi yang bisa Anda ketahui:

1. Mengandung kafein yang tinggi
Kopi mengandung kafein yang lebih tinggi sebesar 125 sampai 128 mg. Kandungan kafein ini dapat membuat yang meminumnya merasa tegang atau sering disebut dengan ‘coffee jitters’. Sedangkan kafein pada teh lebih rendah yakni hanya sebesar 55 mg.

2. Mengubah warna gigi
Ketika Anda sering mengonsumsi kopi, maka salah satu masalah yang pasti Anda akan hadapi ialah warna gigi yang berubah kekuningan. Itu sebabnya tidak dianjurkan meminum kopi terlalu sering dan dengan jumlah yang berlebihan.

Pilih Mana: Teh atau Kopi?

TehKopi
Kadar kafein– 55 mg– 125 sampai 128 mg
Pencegahan penyakit– Diabetes tipe 1– Diabetes tipe 2
Kualitas tidur– Peminum teh justru merasakan tidur yang lebih tenang– Peminum kopi cenderung mengalami kesulitan saat tidur

Kesimpulan

Baik teh maupun kopi, keduanya adalah minuman yang menyehatkan jika diminum dalam porsi yang tidak berlebihan. Teh dan kopi memiliki penggemarnya masing-masing, namun kami lebih menyarankan meminum teh karena kadar kafeinnya yang tergolong rendah jika rutin diminum setiap hari. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Teh vs Kopi

VS

Leave a Reply