HomePerabotan Rumah Tangga

Pilih mana: Teko Listrik vs Dispenser?

Masih sering menghabiskan waktu memasak air dengan metode lama? Nah, kini Anda tidak perlu lagi repot-repot menyalakan kompor dan menggunakan teko air untuk memasak air loh. Saat ini, ada perangkat alat rumah tangga yang sangat praktis dan mudah untuk Anda gunakan.

Datang dari Teko Listrik dan Dispenser yang didukung dengan penggunaan listrik ketika mengaplikasikannya. Anda tidak perlu lagi memanaskan air dengan kompor, apalagi jika hanya ingin menyeduh teh atau kopi untuk beberapa orang. Anda tinggal menyalakan listrik dan air panas siap sedia.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa kedua perangkat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing loh. Jadi, meski mereka memiliki fungsi yang sama yaitu memanaskan air.

Tentu ada perbedaan yang bisa Anda temui dari keduanya. Ingin tahu apa saja? Yuk langsung simak saja perbandingan keduanya di Selera.id.

Teko Listrik vs Dispenser

Teko Listrik

Teko Listrik merupakan alat pemanas air yang sangat diminati oleh para ibu rumah tangga loh. Meskipun ada banyak merk pemanas air yang muncul dan tersedia di pasaran, tetap saja teko listrik masih selalu dijadikan pilihan untuk mendapatkan air panas yang baik.

Teko listrik sendiri memberikan kemudahan ketika memasak dan memanaskan air. Disamping mudah untuk dipakai, teko listrik ini juga memiliki daya listrik yang sangat rendah saat digunakan. Jadi, sangat hemat listrik.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai teko listrik. Jika Anda ingin mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut kami hadirkan pembahasannya di bawah ini:

Baca juga: Pilih mana: Kompor Gas Rinnai vs Sanken?

Kelebihan Teko Listrik

Berikut ini Kelebihan Teko Listrik:

  • Desain yang beragam
    Kelebihan yang bisa Anda jumpai pada teko listrik yaitu desain yang lebih beragam. Teko listrik didesain dengan warna yang lebih menarik. Sehingga ada kemungkinan pilihan warnanya juga lebih banyak.
  • Panasnya tahan lama
    Kelebihan lain yang bisa Anda jumpai pada teko listrik yaitu Materialnya yang menghantar panas dengan baik, terbuat dari stainless relatif menjadikan teko listrik ini juga jadi lebih tahan lama untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda tidak perlu repot memanaskan lagi. Karena panasnya awet.
  • Menampung kapasitas air dengan akurat
    Ketika menuangkan air ke dalam teko listrik, Anda mungkin kesulitan untuk menakar berapa banyak air yang dipanaskan. Oleh karena itu, kebanyakan teko listrik dilengkapi dengan indikator pengukur di bagian luarnya. Hal ini akan mempermudah Anda ketika ingin menyajikan beberapa cangkir teh atau kopi sekaligus. Tidak perlu memanaskan air berulang kali.

Teko Listrik vs Dispenser

Kekurangan Teko Listrik

Berikut ini Kekurangan Teko Listrik:

  • Mudah rusak dan boros
    Bagi Anda yang menginginkan produk teko listrik yang awet maka tidak dengan teko ini. Kemungkinan untuk mengalami bocor pada bodinya bisa saja terwujud. Anda juga tidak bisa memperbaikinya karena rentan menimbulkan bahaya. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak memakai kembali teko listrik yang sudah rusak. Lebih baik untuk membeli yang baru.
  • Sulit untuk diperbaiki
    Teko listrik jika sudah rusak maka sangat sulit untuk memperbaiki. Dibanding memperbaiki lebih baik membeli yang baru. Karena tidak semua barang yang diperbaiki akan kembali seperti semula. Apalagi jika teko listrik terbuat dari bahan-bahan yang mengandung zat tertentu.
  • Tidak bisa menampung banyak air
    Kekurangan yang ada pada teko listrik dibanding dengan pesaingnya yaitu ada pada jumlah air dalam wadahnya. Bagi Anda yang memerlukan jumlah air yang banyak, maka Teko listrik ini tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Karena wadahnya yang minim.

Tips Membersihkan Teko Listrik

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika ingin membersihkan teko listrik. Berikut Tipsnya:

  1. Campur cuka makan dengan air, perbandingan 1:1 hingga memenuhi setengah bagian teko.
  2. Kemudian campuran cuka tuang ke dalam teko dan nyalakan teko listrik. Lalu rebus hingga mendidih dan biarkan dingin. Sikat bagian dalam teko hingga bersih, buang airnya dan bilas bersih dengan air kran.
  3. Lap bagian luar teko listrik dengan lap kain basah hingga bersih. Anda bisa membersihkannya dengan air yang dicampurkan cuka.
  4. Isi lagi teko air dan rebus airnya hingga mendidih untuk menghilangkan bau asam.
  5. Selesai deh, teko listrik sudah bersih dan bisa dipakai lagi seperti biasa. Nah, Anda tidak perlu mencuci teko listrik Anda dengan sabun cuci piring ya, agar teko listrik tetap awet dan tidak mudah rusak.
Lihat juga:  Pilih Mana: Plafon Triplek atau GRC?

Dispenser

Dispenser sendiri merupakan salah satu alat untuk memanaskan air. Berbeda dengan teko listrik. Dispenser memiliki keunggulan dalam kecepatan memasaknya Air. Jika dibanding pesaingnya. Anda justru tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan air panas.

Saat ini, ada banyak merk dispenser yang menghadirkan berbagai fitur untuk menunjang kemudahan bagi penggunanya. Hal ini yang membuat dispenser memiliki penggemarnya sendiri.

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui apa saja kira-kira kelebihan dan kekurangan yang ada di dispenser ini. Berikut telah kami paparkan ulasannya. Baca juga: Pilih mana: Rice Cooker Yong Ma vs Cosmos?

Teko Listrik vs Dispenser

Kelebihan Dispenser

Berikut ini Kelebihan Dispenser:

  • Memiliki kualitas yang mumpuni
    Kelebihan yang bisa Anda temui di dispenser yaitu kualitas yang ditawarkannya sangat mumpuni. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan takut akan jaminan dan keamanannya.
  • Harga bervariasi
    Meskipun relatif mahal. Namun dispenser juga cenderung menawarkan berbagai variasi harga yang bisa memudahkan Anda membeli sesuai dengan budget dan uang yang Anda miliki. So, Anda dapat mencoba membelinya.
  • Tahan lama
    Jika dibanding dengan pesaingnya teko listrik. Dispenser dapat dikatakan paling tahan lama. Material yang digunakan juga cukup kuat dan kokoh. Nah, Bagi Anda yang menginginkan produk yang tahan lama. Anda bisa coba memilih produk satu ini.

Kekurangan Dispenser

Berikut ini Kekurangan Dispenser:

  • Harga yang relatif mahal
    Dibanding dengan pesaingnya teko listrik. Dispenser sendiri memiliki harga yang relatif mahal. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli Dispenser. Ada baiknya pastikan terlebih dahulu budget yang Anda miliki.
  • Desain yang kurang menarik
    Kekurangan lain yang ada pada dispenser yaitu desainnya yang kurang menarik. Beberapa merk dispenser memiliki desain yang biasa-biasa saja. Dan tidak ada varian warna yang beragam. Hal ini yang sangat disayangkan oleh penggunanya.
  • Daya listrik tinggi
    Kekurangan yang terdapat pada dispenser ini yaitu daya listriknya tinggi. Jika daya listrik di rumah Anda rendah (misalnya 450) maka bisa dipastikan akan sering terjadi anjlok atau mati listrik akibat daya listrik tidak mampu menahan beban yang terlampau berat. Kebutuhan daya listrik yang tinggi akan meningkatkan tagihan listrik per bulannya.

Tips Membersihkan Dispenser Galon

Pada umumnya dispenser sudah seharusnya dibersihkan secara rutin. Sebab, keran pada bagian dispenser yang mengeluarkan air tersebut cenderung mudah kotor.
Nah, ada tips untuk membersihkannya. Anda bisa menggunakan tisu basah food grade atau yang biasa didapatkan dari agen ketika membeli galon air. Lalu Anda juga bisa usap keran menggunakan tisu basah tersebut dan pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.

Pilih mana: Teko Listrik vs Dispenser?

Keterangan Teko ListrikDispenser
Kelebihan-Desain yang beragam -Panasnya tahan lama -Menampung kapasitas air dengan akurat-Memiliki kualitas yang mumpuni -Harga bervariasi -Tahan lama
Kekurangan -Mudah rusak dan boros -Sulit untuk diperbaiki -Tidak bisa menampung banyak air-Harga yang relatif mahal -Desain yang kurang menarik -Daya listrik tinggi

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai Teko Listrik dan Dispenser diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari. Meskipun begitu kami sarankan untuk selalu memperhatikan spesifikasinya sebelum membeli. Sehingga, barang atau produk yang Anda beli adalah yang terbaik dan paling tepat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Teko Listrik vs Dispenser

VS

Leave a Reply