ElektronikGadgetsHiburanHomeLayananTechnology

Pilih Mana: Telkomsel Orbit atau IndiHome?

Dalam memilih layanan internet rumah, Anda tentu akan memilih penyedia jasa dengan kualitas koneksi terbaik. Apalagi di masa seperti sekarang ini, ketika segala sesuatu harus dilakukan dari rumah sehingga koneksi internet yang lancar menjadi faktor paling penting untuk menunjang produktivitas.

Untuk memberikan layanan terbaik, Anda dapat menggunakan Telkomsel Orbit dan IndiHome untuk mendukung pekerjaan Anda di rumah. Lalu apa perbedaan Telkomsel orbit dan IndiHome? Semuanya akan kita bahas pada artikel berikut ini. Simak sampai akhir!

Telkomsel Orbit

Saat ini Telkomsel memiliki layanan broadband rumah yaitu, Telkomsel Orbit. Orbit merupakan perangkat menyerupai Modem atau Router pada layanan internet rumah. Bedanya setiap pengguna Orbit tidak akan terikat kontrak berlangganan dengan Telkomsel. Baca Juga Pilih Mana: Biznet atau IndiHome?

Sedangkan untuk sistem kerja dari Orbit itu sendiri adalah dengan mengisi paket data khusus untuk Telkomsel Orbit. Nantinya Anda tinggal mengaktifkan Hotspot dari perangkat tersebut sehingga dapat digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus, baik itu smartphone, PC maupun Laptop.

Kelebihan Telkomsel Orbit

1. Praktis dan fleksibel untuk digunakan
Kelebihan dari Orbit Telkomsel adalah lebih praktis dan fleksibel untuk dibawa ke mana-mana, karena ukurannya yang kecil sehingga memungkinkan dibawa ke manapun yang dituju asalkan di daerah tersebut terdapat jaringan Telkomsel yang memadai.

Selain itu, Anda tidak perlu lagi berlangganan indihome karena modern orbit Telkomsel dapat digunakan menangkap dan menghubungkan koneksi internet sampai 32 perangkat.

2. Jangkauan Luas
Keunggulan Telkomsel Orbit yang pertama adalah cakupan wilayah yang lebih luas. Berbeda dari IndiHome yang menggunakan kabel, untuk bisa terhubung dengan internet, Orbit mengandalkan jaringan seluler 4G.

3. Banyak Pilihan Telkomsel Orbit
Orbit memiliki banyak varian atau jenis misalnya orbit star 1, orbit star 2, orbit turbo 5G dan lain-lain. Untuk mengetahui jenis-jenis modem orbit Telkomsel bisa kalian cek di aplikasi orbit atau melalui website resmi Telkomsel orbit.

4. Bonus Kuota Melimpah
Apa jadinya jika membeli modem untuk internet dan mendapatkan bonus kuota hingga ratusan Giga? Pastinya Anda akan merasa sangat senang karena kota tersebut terbilang cukup besar untuk keperluan internet.

Jika Anda membeli modem Telkomsel orbit maka Anda akan mendapatkan bonus kuota hingga 150 GB. Namun kuota tersebut dibagi selama 5 bulan yang artinya tiap bulan kalian akan mendapatkan bonus 30gb sampai dengan 5 bulan beruntun.

5. Dapat Terkoneksi Hingga 32 perangkat
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Telkomsel orbit adalah banyaknya perangkat yang dapat terkoneksi. Perangkat yang terhubung bisa sampai 32 perangkat, jadi jangan khawatir jika di rumah Anda banyak orang. Jenis perangkat yang bisa terkoneksi dengan orbit pun bisa berupa smartphone atau HP, PC atau komputer dan laptop.

6. Harga Cukup Terjangkau
Mungkin ada yang bertanya-tanya berapa sih harga modem Telkomsel orbit? Untuk harganya cukup terjangkau sesuai dengan variasi dan spesifikasi modem orbit tersebut. Harga modem orbit Telkomsel dibandrol mulai dari 400 ribuan saja.

Kekurangan Telkomsel Orbit

1. Kecepatan Orbit 15 Mbps Untuk Jenis Tertentu
Kekurangan dari modem orbit Telkomsel adalah kecepatan modem orbit Telkomsel untuk beberapa produk tertentu hanya sampai 15 mbps artinya untuk di daerah atau lokasi tertentu jaringannya akan lemot atau lambat.

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 5 atau Realme 5 Pro?

Namun pada model orbit tertentu kecepatannya bisa melebihi 15 mbps bahkan sampai ratusan mbps, harganya pun bisa hingga jutaan.

2. Jika Kuota Habis Harus diisi ulang
Kekurangan lain dari Telkomsel orbit adalah dikarenakan menggunakan kartu, maka jika kuota internetnya sudah habis Anda harus mengisi ulang, dengan cara membeli kuota internet.

IndiHome

Bagi para pengguna Telkom pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Indihome bukan? IndiHome adalah layanan internet broadband dari Telkom Indonesia. IndiHome sebelumnya lebih dikenal dengan nama Telkom Speedy.

Pihak Telkom mengganti nama Telkom Speedy menjadi IndiHome ini sejak awal tahun 2015 lalu. Dan hingga saat ini koneksi internet dari layanan IndiHome sudah menggunakan jaringan fiber optik yang tersedia hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Kelebihan IndiHome

1. Akses Internet Kencang
Pada dasarnya, Indihome selalu menawarkan akses internet yang cepat dan juga stabil. Ini sangat cocok bagi para pengguna internet yang digunakan untuk streaming video sehari-hari maupun untuk keperluan lainnya. Layanan ini sangat jarang sekali terjadi error pada jaringannya.

2. Internet Unlimited
Selain menawarkan internet yang stabil, Indihome juga menawarkan kuota internet unlimited. Dengan kuota ini para penggunanya dapat mengakses internet tanpa batasan kuota.

3. Tidak Buffering
Jika dibandingkan dengan koneksi internet lainnya yang berasal dari modem tentu, Indihome lebih jauh baik digunakan. Koneksi internetnya pun bisa dipastikan kencang dan tidak mudah buffering saat digunakan.

4. Layanan Customer Service Terbaik
Indihome juga menyediakan layanan customer service yang terbaik. Ini terbukti dengan cepatnya respon para CS menanggapi keluhan dari pelanggannya. Selain itu, mereka juga memberikan solusi terbaik dari setiap permasalahan.

Kekurangan IndiHome

1. Harganya Relatif Lebih Mahal
Beberapa orang yang menganggap bahwa harga provider ini cukup mahal dibandingkan dengan provider yang lainnya. Selain itu, banyak dari pelanggan juga mengeluhkan kenaikan harga tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

2. Tidak Portable
Karena Indihome merupakan sebuah provider rumahan maka ini tidak bisa dibawa kemana-mana. Para penggunanya hanya bisa mengakses internet saat berada di rumah maupun di lingkungan sekitar.

3. Ada FUP (Fair Usage Policy)
FUP sendiri adalah kebijakan batas pemakaian wajar. Apabila pengguna telah melebihi FUP (misalnya menghabiskan data lebih dari 200 GB), maka kecepatan internet akan turun drastic bahkan terkesan lemot.

Pilih Mana: Telkomsel Orbit atau IndiHome?

Keterangan Telkomsel OrbitIndiHome
Kelebihan - Praktis dan fleksibel untuk digunakan - Jangkauan Luas - Banyak Pilihan Telkomsel Orbit - Bonus Kuota Melimpah - Dapat Terkoneksi Hingga 32 perangkat - Harga Cukup Terjangkau- Akses Internet Kencang - Internet Unlimited - Tidak Buffering - Layanan Customer Service Terbaik
Kekurangan - Kecepatan Orbit 15 Mbps Untuk Jenis Tertentu - Jika Kuota Habis Harus diisi ulang- Harganya Relatif Lebih Mahal - Tidak Portable - Ada FUP (Fair Usage Policy)

Kesimpulan

Demikianlah review singkat tentang kelebihan dan kekurangan Telkomsel orbit dan IndiHome. Jika Anda tertarik dengan salah satunya, silahkan mencari informasi yang lebih rinci agar nantinya tidak salah dalam mentukan pilihan. Semoga dapat membantu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Telkomsel Orbit atau IndiHome

VS