Makanan dan Minuman

Pilih Mana: Tempe atau Tahu?

Makanan adalah sumber kekuatan untuk manusia agar senantiasa bertenaga dan juga memiliki banyak manfaat dalam kesehatan kita sehari-hari. Tidak perlu makanan yang mahal untuk mendapatkan khasiat yang sangat bermanfaat untuk kita, seperti halnya Tempe dan Tahu. Dua makanan ini memiliki banyak manfaat dan vitamin yang bagus untuk tubuh kita. So kali ini saya akan membahas mengenai Tempe dan Tahu. Disini aja ya..

Tempe

Tempe merupakan santapan perolehan peragian dari kacang kedelai yang dicampur dengan sebagian tipe kapang. Kapang itu yang membuat tempe merekat dan padat. Tempe mempunyai corak yang putih serta mempunyai bulu-bulu lembut di sekelilingnya perihal itu terjalin sebab perolehan dari peragian.

Rasa dari tempe sedikit asam serta kedelainya amat terasa. Tidak hanya itu, dalam komposisi tempe ada banyak bulir kacang kedelai alhasil kala digigit bakal terasa sekali kedelainya. Tempe yang baru saja jadi rasanya hangat serta sedikit benyek.

Untuk memasak tempe cukuplah mudah, tempe yang sudah dipotong jadi dadu ataupun cuma potongan kotak bisa langsung dimasak sesuai dengan keinginan kalian ya guys. Umumnya tempe dimasak dengan digoreng yang sebelumnya irisan tempe dicelupkan ke dalam adukan bawang putih yang dikasih sedikit air supaya meresap ke dalam tempe serta menciptakan rasa yang nikmat buat dimakan dengan nasi hangat.

Selain tempe goreng, tempe juga bisa dijadikan bermacam berbagai olahan makanan seperti tempe orek, steak tempe, tempe bacem, serta masih banyak lagi.

Sekarang sudah banyak sekali bumbu yang sudah jadi untuk meningkatkan rasa dari tempe agar semakin enak untuk dikonsumsi seperti Mama suka, Indofood bumbu racik, Dapur kita dan masih banyak lagi. Baca juga Pilih Mana: Mie atau Nasi?

Kandungan Tempe

Tempe adalah salah satu sumber vitamin buat badan. Konsumsi tempe sebesar 50 gram aja dapat tingkatkan kandungan vitamin seorang. Tidak hanya itu, tempe mempunyai isi asam lemak, vit B, vit A, vit D, vit E, vit K, mineral, serta sebagai antioksidan.

Konsumsi tempe pula bisa menghindari sebagian penyakit semacam diare, jantung, diabet melitus, kanker, serta pula bludrek. Sebab banyaknya kandungan dalam tempe hingga konsumsi tempe bisa menghindari terbentuknya vitamin kurang baik pada bayi serta anak-anak.

Cara Memilih Tempe

Tempe yang telah diketahui bumi ini, bisa bertahan lama bila disimpan dengan benar dalam tempat penyimpanan / kulkas. Tempe yang ditaruh dengan betul akan menciptakan makanan yang enak.

1. Dikala memilah tempe, pilihlah tempe yang mempunyai bulatan kacang kedelai yang ukurannya sama besar / sama rata;
2. Kala dipegang bakal terasa hangat tidak panas, sebab bila tempe yang kamu pegang panas berarti tempe itu akan cepat busuk;
3. Corak dari tempe adalah putih tetapi bukan sangat putih. Lebih semacam kedelai rebus;
4. Tempe yang bagus yang mempunyai harum yang khas;
5. Kala dipotong, tempe tidak akan rusak / senantiasa utuh;
6. Taruh tempe pada media kedap udara serta simpan di kulkas. Diamkan sejenak jika tempe yang baru saja kamu beli masih terasa hangat lalu masukkan kedalam kulkas jika sudah dalam kondisi stabil;
7. Tempe yang ditaruh pada kulkas bisa bertahan sampai 3 hari;
8. Memasak tempe jadi tempe goreng cukup dengan menambahkan bawang putih yang telah di keprek kemudian direndam berbarengan dengan air.

Kamu bisa dapatkan tempe ini di pasar, toko sayuran,Hypermart, tukang sayur dan tempat-tempat yang menjual aneka makanan dapur ya guys, harganya pun sangatlah terjangkau.

Tahu

Tahu merupakan santapan tradisional yang dibuat dari kedelai sama seperti tempe, tahu memiliki beberapa kandungan seperti protein serta rendah sodium, kolesterol serta kalori. Makanan ini sudah mempunyai asal usul sampai 2000 tahun lamanya loh. Sebab efek dari kedelai bagus buat kesehatan, tahu dianggap sebagai santapan sehat yang bila disantap akan berguna untuk kesehatan.

Lihat juga:  Pilih mana: Mie Lemonilo vs Fitmee?

Rasa dari tahu sendiri sedikit lembek dan memiliki unsur air didalamnya. Berbeda dengan tempe, komposisi kedelai dari tahu tidak begitu terasa. Tahu yang baru saja dimasak tentunya lebih enak dikonsumsi daripada tahu yang sudah lama dimasak.

Untuk memasak tahu juga cukup mudah, pada umumnya tahu sudah memiliki potongannya tersendiri yakni kotak dengan ukuran yang lumayan besar, jadi kalian tinggal memotong tahu tersebut dengan ukuran yang lebih kecil atau potongan sesuai dengan selera kamu guys. Lalu masukkan ke dalam bumbu yang sudah langsung jadi yang sudah ditambahkan air lalu tinggal goreng.

Selain tahu goreng, olahan tahu juga bisa dijadikan berbagai macam jenis seperti Tahu gejrot, tahu pletok, tahu pong, tahu mendoan, kerupuk tahu dan masih banyak lagi.

Sama seperti tempe, tahu saat ini juga sudah banyak sekali bumbu yang sudah jadi untuk meningkatkan rasa dari tahu agar semakin enak untuk dikonsumsi seperti Mama suka, Indofood bumbu racik, Dapur kita dan masih banyak lagi.

Kandungan Tahu

Makanan ini dibuat dari kedelai yang dihaluskan, 3 ons tahu memiliki 120 kalori, 6 gr lemak serta 12 gr protein, ditambah mineral semacam selenium, seng, besi, magnesium, serta potasium. Tahu pula umumnya dikemas dalam air yang memiliki kalsium buat menjaga kebugaran, dan juga untuk tingkatkan kandungan mineral dalam pembentukan tulang.

Konsumsi tahu juga dapat mencegah penyakit jantung, meningkatkan produksi energi, mencegah osteoporosis, mencegah kanker payudara dan masih banyak lagi. Maka dari itu mengkonsumsi tahu memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk kehidupan kita dalam jangka panjang.

Cara Memilih Tahu

Saat ini sedang maraknya tahu yang dicampur dengan formalin, ini karena tahu tidak begitu tahan lama, formalin berguna untuk mengawetkan tahu yang tentunya ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

1. Buat membedakan tahu yang mengandung formalin atau tidak, jatuhkan aja dari ketinggian setengah meter. Jika tidak hancur, berarti tahu tersebut mengandung formalin;
2. Kemudian coba ditusuk dengan jari, jika keras serta alot tentu berformalin. Sebab komposisi tahu itu sesungguhnya halus serta gampang hancur;
3. Cara berikutnya adalah dengan mendiamkan tahu tersebut semalam, jika tahu tersebut tidak busuk pada esok hari maka tahu berpotensi mengandung formalin;
4. Bau daripada tahu yang mengandung formalin memiliki aroma yang tajam daripada tahu pada umumnya;
5. Warna dari tahu yang mengandung formalin biasanya lebih menarik, ini dimaksudkan agar pembeli tergiur dan membelinya;
6. Tekstur daripada tahu yang mengandung formalin biasanya memiliki rongga yang lebih banyak daripada tahu yang tidak mengandung formalin;

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa dapatkan tahu dengan kualitas yang baik pada pasar-pasar sehat saat ini ya guys.

Kamu bisa dapatkan tahu ini di pasar, toko sayuran, tukang sayur dan tempat-tempat yang menjual aneka makanan dapur ya guys, harganya pun sangatlah terjangkau.

Pilih Mana: Tempe atau Tahu?

TempeTahu
Kelebihan - Sumber protein yang lebih kaya dibanding daging - Sumber kalsium yang setara dengan susu sapi - Sebagai antioksidan- Mengurangi resiko kanker - Baik untuk ginjal - Menurunkan kolestrol jahat
Kekurangan- Keseringan makan tempe menyebabkan gangguan pada ovarium wanita - Keseringan makan tempe menyebabkan gangguan fungsi normal estrogen- Keseringan makan tahu menyebabkan asam urat - Keseringan makan tahu menyebabkan ketidakseimbangan hormon

Kesimpulan

Tahu dan tempe adalah makanan tradisional yang memiliki beberapa manfaat yang terkandung didalamnya. Menyantap tahu dan tempe lebih enak jika langsung dimakan sesaat setelah digoreng dengan ditambahkan nasi hangat. Harga dari tahu dan tempe sendiri juga sangatlah murah jika mengingat kandungan didalamnya yang memiliki beberapa vitamin dan beberapa manfaat lainnya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tempe vs Tahu

VS

Leave a Reply