GadgetsTechnology

Pilih Mana: Tempered Glass vs Gorilla Glass

Saat ini layar LCD menjadi desain utama pada smartphone yang ada. Beberapa jenis kaca menjadi bahan utama pembuatan layar LCD. Dari beberapa jenis itu juga memililiki kekuatan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, saat pembelian smartphone kita dihadapi dengan pilihan ingin melindungi layar smartphone dengan Tempered Glass ataupun dengan Gorilla Glass.

Di dalam artikel kali ini, kami akan membahas mengenai perbandingan Tempered Glass vs Gorilla Glass lebih lanjut, agar dapat menjadi referensi Anda untuk memilih diantara keduanya. Yuk disimak!

Tempered Glass vs Gorilla Glass

Tempered Glass

Tempered Glass adalah kaca yang terbuat dari kaca float yang berkualitas tinggi dan melalui proses pemanasan thermal yang cukup rumit, dimana kaca dipanaskan sampai dengan titik lunaknya dan kemudian di dinginkan secara cepat untuk mendapatkan hasil yang baik. Baca juga Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Oppo A9 2020?

Proses tersebut membuat kaca tempered mempunyai kekuatan lebih. Kaca tempered mempunyai kekuatan 4 sampai 5 lebih baik dari tekanan dan benturan maupun perubahan suhu yang sangat ekstrim dibandingkan dengan ketebalan kaca yang sama.

Kaca tempered juga diklasifikasikan sebagai kaca pengaman dan ketika pecah akan berubah menjadi pecahan-pecahan kecil (sebesar ibu jari tangan) yang tidak tajam, sehingga mengurangi resiko terjadinya cedera serius.

Kelebihan Tempered Glass

  • Bentuknya kaku sehingga mudah dalam proses pemasangan
    Karena bentuknya yang kaku, udara akan sulit masuk sehingga untuk potensi terjadinya gelembung saat dipasang sangat sedikit. Cukup dengan membersihkan layar Gadget kesayangan anda dengan menggunakan tisu basah dan kering yang telah diberikan dalam 1 paket penjualan, lalu letakkan tempered glass dengan perlahan.
  • Memiliki keamanan yang tinggi
    Ketika pecah terkena benturan, kaca tempered akan langsung menjadi pecahan-pecahan kecil sebesar ibu jari tangan dan tidak tajam. Hal ini akan mengurangi terjadinya cedera serius.
  • Mempunyai kekuatan akibat perbedaan suhu
    Saat sinar matahari mengenai langsung permukaan kaca, akan terjadi pemanasan. Proses pemanasan ini tidak merata di permukaan. Jika perbedaan suhu ini mencapai batas tertentu, bisa menyebabkan kaca pecah. Tetapi kaca tempered mempunyai kekuatan tepi yang lebih baik sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya pecah karena perbedaan suhu/panas.

Kekurangan Tempered Glass

  • Mudah retak
    Kekurangan yangt pertama yaitu, Karena bentuknya yang kaku, akan sulit sekali jika terjadi salah pemasangan dan harus diangkat kembali, sedikit saja kita ceroboh maka sifat kaca yang terkenal baik akan sangat sensitif dan rentan retak.
  • Mudah tertempel noda
    Meskipun mempunyai cairan oleophobic, tetap saja noda berkas jari akan tetap mudah menempel dan harus rajin-rajin membersihkanya. Apalagi sehabis kita melakukan panggilan telepon, pasti minyak yang ada dipipi kita langsung membuat bekas pada lapisan ini.
  • Boros
    Kekurangan yang terakhir dari pemakaian tempered glass ini yaitu boros uang. Karena, Tempered Glass berbentuk kaca tipis, jika tidak hati-hati maka akan mudah retak dan mengharuskan kita mengganti dengan yang baru.

Tempered Glass vs Gorilla Glass

Gorilla Glass

Gorilla Glass merupakan sebuah teknologi coating yang berfungsi untuk melindungi lapisan layar paling atas pada sebuah smartphone dari goresan maupun benturan. Tetapi walaupun mampu untuk melindungi layar smartphone dari benturan yang sangat keras, lapisan Corning Gorilla Glass itu sendiri memiliki ketebalan yang tipis dan tidak mengganggu pengguna smartphone.

Tentu teknologi ini merupakan salah satu alasan terbesar mengapa layar pada smartphone yang kita pakai sekarang dapat bertahan dari goresan kunci rumah ataupun benturan dari kecerobohan kita memakai smartphone sehingga jatuh.

Dalam masa berdirinya, Gorilla Glass telah mengeluarkan teknologi Gorilla Glass sebanyak 6 versi.

  • Versi 1 pada Febuari 2008.
  • Versi 2 pada Januari 2012.
  • Versi 3 pada Januari 2013.
  • Versi 4 pada November 2014.
  • Versi 5 pada Juli 2016.
  • Versi SR+ pada Agustus 2016.

Gorilla Glass 3 dan 4 masih banyak digunakan pada banyak smartphone saat ini, Tetapi pada flagship sudah beralih pada versi 5. Yang pertama memakai Gorilla Glass 5 adalah Samsung Galaxy Note 7 yang populer itu dan Gorilla Glass SR+ pertama kali pada smartwatch Samsung, Samsung Gear S3.

Kelebihan Gorilla Glass

  • Melindungi layar smartphone dari benturan
    Pemasangan Corning Gorilla Glass pada sebuah smartphone pastinya akan berefek positif, karena tujuan kita memasang Corning Gorilla Glass adalah untuk melindungi layar smartphone, dan jika kita memasang Corning Gorilla Glass, maka layar kita akan terlindungi dari benturan dan ketika anda tidak sengaja menjatuhkan smartphone.
  • Tipis dan ringan
    Kelebihan yang pertama gorilla glass yaitu memiliki karakteristik yang ringan dan tipis berbeda dengan tempered glass yang rentan pecah, Gorilla glass cenderung lebih awet.
  • Tahan terhadap berbagai goresan
    Dengan menggunakan gorilla glass pada smartphone, layar smartphone akan tetap terlindungi dari berbagai goresan. Bagi kalian yang senang menaruh smartphone di kantong celana bersama kunci yang akan berpontensi membuat layar smartphone lecet penggunaan gorilla glass lah dapat menjadi solusi yang tepat.
Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Vivo Z1 Pro?

Kekurangan Gorilla Glass

  • Smartphone dengan gorilla glass cenderung lebih mahal
    Kekurangan yang pertama pada gorilla glass yaitu penggunaannya pada smartphone cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan tempered glass.
  • Kekuatan yang cukup kuat dapat merusaknya
    Mempunyai slogan “Tidak bisa dipecahkan” tidak berarti itu tidak bisa dipatahkan. Kekuatan yang cukup kuat pun dapat merusak gorilla glass. Oleh sebab itu, penggunaan pun harus berhati-hati dengan benturan yang keras.
  • Ketebalan layar yang semakin besar
    Kekurangan selanjutnya dari menggunakan Corning Gorilla Glass hanya pada ketebalan layar yang semakin besar. Mungkin pada awal penggunaan smartphone yang baru di pasang Corning Gorilla Glass akan terasa berbeda.

Tempered Glass vs Gorilla Glass

Tempered Glass Gorilla Glass
Kaca tempered dapat diproduksi oleh perusahaan mana pun. Gorilla glass diproduksi oleh Corning Inc.
Pelindung layar kaca tempered dapat ditemukan di mana-mana dan mudah diganti. Gorilla glass termasuk dalam laptop, smartphone dan layar tablet dan tidak mudah diganti.
Layar kaca tempered bukanlah magnet sidik jari. Layar kaca gorilla adalah magnet sidik jari.
Pelindung layar kaca tempered tidak.Gorilla glass dinamai menurut generasi.
Kaca tempered berlapis-lapis. Gorilla glass memiliki satu lapisan.

Tips Menghilangkan Goresan pada Layar Smartphone Gorilla Glass

1. Krim Penghilang Goresan Mobil
Krim ini sudah banyak dijual di pasaran dan biasa ditemukan pada bagian perawatan mobil. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya pada smartphone Anda, gunakan sedikit saja. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, oleskan sedikit krim tersebut ke layar gorilla glass yang tergores.
  • Lalu, usapkan krim dengan kain bersih secara perlahan pada layar HP. Usapkan dengan gerakan melingkar.
  • Saat goresannya sudah menghilang, langsung bersihkan smartphone Anda dari sisa krim dengan kain bersih yang tidak terkena krim.

2. Gunakan Amplas Halus
Walaupun terlihat sedikit mustahil, tetapi amplas dapat menjadi solusi sementara dalam menghilangkan goresan pada layar smartphone Gorilla Glass. Untuk meminimalisir dampak dari amplas, gunakan amplas yang memiliki tingkat kekasaran yang rendah atau agak halus. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Potong amplas secukupnya.
  • Gosokkan amplas pada goresan halus di layar gorilla glass smartphone dengan perlahan.
  • Lakukan dengan hati-hati agar bagian lainnya di smartphone Anda tidak ikut teramplas.

3. Minyak Sayur
Minyak sayur ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan goresan halus di layar gorilla glass smartphone Anda. Perlu diingat, minyak sayur tidak sama dengan minyak goreng yang biasa Anda pakai untuk menggoreng. Berikut ini cara-caranya:

  • Pertama cukup menuangkan satu tetes minyak sayur ke kain bersih.
  • Lalu, usapkan pada bagian HP Anda yang tergores.
  • Perlu diperhatikan, setelah diusapkan dan goresan menghilang, segera bersihkan sisa minyak menggunakan kain bersih.
Tips di atas hanya dapat menghilangkan goresan halus pada layar smartphone gorila glass. 

Pilih Mana: Tempered Glass vs Gorilla Glass

Tempered Glass Gorilla Glass
Kelebihan- Bentuknya kaku sehingga mudah dalam proses pemasangan - Memiliki keamanan yang tinggi - Mempunyai kekuatan akibat perbedaan suhu - Melindungi layar smartphone dari benturan - Tipis dan ringan - Tahan terhadap berbagai goresan
Kekurangan- Mudah retak - Mudah tertempel noda - Boros - Smartphone dengan gorilla glass cenderung lebih mahal - Kekuatan yang cukup kuat dapat merusaknya - Ketebalan layar yang semakin besar

Kesimpulan

Berdasarkan dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa Tempered Glass maupun Gorilla Glass mempunyai manfaat yang sama yaitu untuk melindungi layar smartphone, gedget dari berbagai benturan dan goresan. Tetapi keduanya pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti yang sudah kita jabarkan di atas. Untuk memilih diantara keduanya dapat kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang ada ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tempered Glass vs Gorilla Glass

VS

Leave a Reply