HomeMakanan dan MinumanMasak

Pilih mana: Tepung Cakra Kembar vs Segitiga Biru?

Tepung menjadi bahan utama dalam mengolah suatu masakan terutama jika Anda yang ingin memasak kue, roti bahkan mie sekalipun. Karena merupakan salah satu bahan utama yang sangat penting maka kualitas tepung yang Anda pilih tidak boleh sembarangan.

Nah, kami akan merekomendasikan merk Tepung Cakra Kembar dan Segitiga Biru untuk Anda yang menginginkan hasil masakan jauh lebih enak, lezat dan lembut. Kedua produk ini berasal dari brand yang sama yaitu Bogasari.

Meskipun berasal dari brand yang sama. Tentunya kedua produk ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ya! Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangannya? Yuk langsung disimak penjelasannya lebih detail di Selera.id!

https://www.selera.id/merk-tepung-terigu-terbaik/

Tepung Cakra Kembar

Tepung Cakra Kembar merupakan terigu yang dikhususkan untuk pembuatan roti dan mie. Tepung dari brand bogasari ini memiliki daya serap air lebih tinggi. Tepung ini juga akan membuat aneka roti Anda mampu mengembang lebih sempurna serta mie buatan sendiri menjadi kenyal dan nikmat.

Tepung cakra kembar termasuk jenis terigu yang memiliki protein tinggi (High Protein Flour). Kandungan proteinnya minimal 12%. Dibuat dari gandum pilihan berkualitas ini pun mengandung gluten. Tepung terigu Cakra kembar juga sangat baik untuk membuat segala jenis roti dan mie.

Makin tinggi proteinnya, warna tepung pasti semakin kusam dan tekstur produk yang dihasilkan akan semakin kenyal. Tepung terigu protein tinggi ini cocok untuk membuat donat, kue sus, roti tawar, roti manis, burger/hot dog bun, mi instan, mi basah, mi kering, martabak telur, dan roti goreng.

Baca juga: Pilih mana: Mie Lemonilo vs Fitmee?

Kelebihan Tepung Cakra Kembar

Berikut ini Kelebihan Tepung Cakra Kembar:

  • Memiliki kandungan protein yang tinggi
    Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa tepung ini mengandung protein dan gluten yang tinggi. Serta memiliki daya serap air yang juga bagus untuk membuat masakan Anda mengembang lebih baik.
  • Mudah diolah
    Kelebihan lainnya ada pada varian masakan yang bisa diolah oleh tepung terigu ini. Contoh beberapa masakan yang bisa Anda olah yaitu kue, mie, donat, kue sus, roti tawar, roti manis, burger/hot dog bun, mie instan, mie basah, mie kering, martabak telur, dan roti goreng. Hal ini yang membuat tepung ini akan sangat mudah diolah. Karena masuk pada semua jenis makanan.

Tepung Cakra Kembar vs Segitiga Biru

Kekurangan Tepung Cakra Kembar

Berikut ini Kekurangan Tepung Cakra Kembar:

  • Harganya lumayan mahal
    Kekurangan dari tepung ini dibanding dengan pesaingnya Segitiga biru yaitu harga yang ditawarkannya. Harga yang dipatok oleh tepung ini lumayan mahal dari tepung lain. Namun, jauh dari harga yang tersanding. Tepung ini sangat aman dan berkualitas baik.
  • Warna tepung kusam
    Karena kandungan protein yang ada pada tepung ini cukup tinggi. Hal ini yang membuat warna dari tepung ini terlihat sedikit kusam dari tepung biasanya. Bagi Anda yang kurang menyukai warna yang diberikan tepung ini. Maka tepung ini kurang cocok untuk Anda.

Tepung Segitiga Biru

Tepung Terigu Segitiga Biru diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan dikenal dengan istilah tepung terigu serbaguna, karena memang seperti bunglon. Tepung ini juga memiliki karakteristik yang menyerupai kedua saudara kandungnya (Cakra dan Kunci).

Tepung Segitiga Biru merupakan tepung yang memiliki protein sedang sekitar 10-11% (Medium Protein Flour) dibanding dengan pesaingnya Cakra kembar. Tepung yang sama-sama berasal dari brand Bogasari ini juga hampir mirip dengan cakra kembar.

Tepung satu ini sangat cocok untuk membuat segala produk makanan, keperluan masak sehari-hari, dan kue tradisional serta aneka ragam bolu. Baca juga: 10 Merk Tepung Terigu Terbaik 2020

Kelebihan Tepung Segitiga Biru

Berikut ini Kelebihan Tepung Segitiga Biru:

  • Memiliki ragam ukuran
    Kelebihan pertama dari tepung segitiga biru ini yaitu memiliki macam ukuran. Produk Tepung Terigu Segitiga Biru tersedia dalam 2 pilihan ukuran, yakni kemasan eceran isi 1 kg dan kemasan karung isi 25 kg. Kelebihannya inilah yang membuat tepung ini sangat mudah dan praktis untuk Anda . Karena Anda bisa membeli sesuai kebutuhan dan tidak bingung untuk menakarnya lagi. Jika Anda hanya memerlukannya untuk porsi masakan yang sedikit, Anda tinggal memilih kemasan ecerannya yang berukuran 1 kg.
  • Memiliki banyak kandungan baik
    Kelebihan lainnya yaitu kandungan yang terdapat pada produk ini. Selain terkandung protein yang sedang, tepung terigu ini juga memiliki sejumlah nutrisi, seperti vitamin B1, vitamin B2, asam folat, zat besi, seng, dan antioksidan asam askorbat. Kandungan-kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh dan ampuh membentuk antibodi yang kuat untuk tubuh kita.
Lihat juga:  Pilih Mana: Teh Hijau atau Teh Hitam?

Tepung Cakra Kembar vs Segitiga Biru

Kekurangan Tepung Segitiga Biru

Berikut ini Kekurangan Tepung Segitiga Biru:

  • Produk terbatas
    Kekurangan tepung terigu segitiga biru ini yaitu produknya yang mulai jarang ada di berbagai toko. Karena sebagian orang mengatakan sedikit kesulitan menemukannya di toko-toko terdekat. Namun hal itu bisa Anda atasi dengan mencoba memesannya secara online melalui situs-situs e-commerce yang ada di Indonesia.
  • Makanan yang diolah terbatas
    Kekurangan berikutnya adalah pada varian macam makanan yang bisa diolah. Sungguh sangat disayangkan bahwa tepung terigu ini hanya cocok diolah menjadi aneka kue,roti dan bolu. Dibanding dengan pesaingnya tepung ini sangat terbatas untuk diolah. Karena tidak memiliki daya serap air yang tinggi sehingga tepung ini tidak memiliki tekstur yang cukup baik jika diolah untuk makanan selain roti.

Hal Yang harus Diperhatikan saat Membeli Tepung

Ada beberapa hal penting yang seharusnya Anda perhatikan sebelum membeli tepung. Ingin tahu apa saja?Berikut ini kami hadirkan untuk Anda:

  • Sesuaikan dengan penggunaannya
    Tepung tidak hanya satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis tepung yang digunakan untuk tujuan dan keperluan yang berbeda pula, mulai dari tepung terigu, tepung jagung atau tepung maizena, tepung beras, hingga tepung beras ketan. Setiap tepung memiliki perannya masing-masing. Nah, Bagi Anda yang masih bingung memilih. Kami sarankan untuk memilih tepung yang sesuai dengan penggunaannya. Jika Anda ingin membuat aneka kue dan roti lebih baik memilih tepung yang memiliki kandungan protein yang sedang. Tetapi jika ingin mengolah mie,martabak dan lain sebagainya. Anda bisa memilih tepung yang berprotein tinggi karena akan menghasilkan tekstur yang kenyal.
  • Perhatikan warna tepungnya
    Saat memilih tepung, perhatikanlah warnanya. Jangan sampai salah pilih atau justru tepung yang diambil tertukar dengan jenis tepung yang lain. Misalnya saja tepung beras dan beras ketan. Sekilas bisa dibilang memiliki warna yang hampir mirip, mengingat sama-sama berwarna putih. Meskipun beras ketan ada yang berwarna hitam, namun masih ada juga yang warnanya putih.
  • Pilih yang tidak berbau dan bebas kotoran
    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bau dan aroma. Perlu diketahui bahwa pada umumnya, tepung yang memiliki kualitas baik dan layak pakai tidak berbau apek. Hal tersebut dikarenakan tepung yang berbau apek bisa jadi menandakan adanya jamur yang sudah mulai merusak kualitas pada tepung tersebut.
    Selain bau, perhatikan juga jika ada benda asing apapun yang menempel atau berada pada tepung. Pastikan tidak ada kotoran apalagi kutu pada tepung yang ingin dibeli. Tepung yang penuh dengan kotoran apalagi hewan seperti kutu bisa dipastikan kualitasnya pun tidak baik.
  • Perhatikan teksturnya
    Selain warna, bau, serta kebersihan, Anda juga wajib memperhatikan tekstur dari tepung yang ingin dibeli. Pastikan bahwa tepung yang hendak dibeli terasa halus di tangan, karena itu menandakan apakah kualitas tepung tersebut baik. Sebaliknya, jika terasa kasar, cobalah perhatikan apakah terdapat benda asing seperti kotoran maupun kerikil. Kemudian, coba lihat apakah tepung menempel di tangan. Jika ya, artinya tepung tersebut memang layak dikonsumsi. Pastikan juga bahwa tidak ada gumpalan pada tepung, Tepung yang menggumpal biasanya terjadi karena tepung itu sudah cukup lama alias bukan bahan baku yang masih fresh.
  • Pilih yang bersertifikat
    Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih produk yaitu jika bisa melewati proses produksi bersertifikasi. Bersertifikasi di sini artinya sudah melalui uji kontrol kualitas makanan sesuai standar internasional. Beberapa dari tepung tersebut biasanya kemudian diberi tanda GMP (Good Manufacturing Practice) dan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point). Dengan memilih tepung yang telah melalui proses GMP dan HACCP, maka bisa dipastikan Anda akan mendapatkan tepung yang kualitasnya memang baik dan aman untuk dikonsumsi.
Keterangan Tepung Cakra Kembar Tepung Segitiga Biru
Ukuran Kemasan 25kg dan 1kgeceran, 1kg dan 25kg
HargaRp12.000Rp9.000

Pilih mana: Tepung Cakra Kembar vs Segitiga Biru?

Keterangan Tepung Cakra Kembar Tepung Segitiga Biru
Kelebihan-Memiliki kandungan protein yang tinggi -Mudah diolah-Memiliki ragam ukuran -Memiliki banyak kandungan baik
Kekurangan-Harganya lumayan mahal -Warna tepung kusam-Produk terbatas -Makanan yang diolah terbatas

Kesimpulan

Dari ulasan perbandingan mengenai Tepung Cakra Kembar dan Segitiga Biru diatas dapat disimpulkan bahwa Anda bisa memilih sesuai dengan kebuatuhan dan selera Anda memasak ya! Semoga Bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tepung Cakra Kembar vs Segitiga Biru

VS

Leave a Reply