Home

Pilih Mana: Termos Kaca atau Stainless?

Air panas kadang menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang banyak aktivitas manusia. Air panas dapat digunakan untuk menyeduh banyak minuman dan banyak digunakan untuk banyak hal. Untuk bisa mendapatkan air panas dengan mudah Anda harus menyimpan air panas di termos sehingga saat Anda memerlukan, Anda tidak perlu memasak terlebih dahulu. Dua jenis termos yang dapat Anda gunakan yaitu termos kaca dan stainless. Manakah yang paling baik untuk digunakan? Termos kaca atau stainless?

Termos kaca dan stainless merupakan dua tempat yang dapat menampung air panas. Termos kaca terbuat dari bahan dari kaca dan dilapisi bahan plastik pada bagian luar. Sedangkan termos stainless merupakan termos yang terbuat dari bahan stainless steel.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Cat Avitex atau Vinilex?

Termos Kaca

Termos kaca merupakan termos yang terbuat dari bahan kaca dan memiliki lapisan luar biasanya berupa bahan plastik. Termos kaca banyak digunakan karena dapat menahan panas air lebih lama.

Kelebihan Termos Kaca

Berikut beberapa kelebihan termos kaca yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menahan Panas Lebih Lama

Salah satu kelebihan termos yang terbuat dari kaca adalah memiliki daya tahan yang lebih lama daripada termos dari stainless steel. Termos yang terbuat dari bahan kaca dapat menahan panas yang lebih lama hingga lebih dari 6 jam Anda tetap bisa mendapati air dalam kondisi panas. Sedangkan termos yang terbuat dari stainless steel hanya dapat menahan panas dalam waktu 6 jam saja. Saat telah 6 jam air disimpan, air tersebut hanya hangat dan tidak terlalu panas lagi.

  • Tahan Karat

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki termos kaca adalah tahan terhadap karat. Termos yang berbahan kaca memang terhindar dari pengaruh karat. Hal ini dikarenakan kaca memiliki kemungkinan kecil untuk karat. Dengan demikian, air yang Anda simpan tidak akan terpengaruh oleh karat.

  • Memiliki Banyak Variasi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh termos kaca adalah memiliki banyak variasi dan warna. Hal ini karena termos kaca biasanya dilapisi oleh bahan plastik pada bagian luarnya. Bahan plastik tersebut juga cenderung memiliki banyak motif dan warna. Hal ini berbeda dengan tampilan termos stainless dengan warna yang seperti itu saja.

Kekurangan Termos Kaca

Berikut beberapa kekurangan termos kaca yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Mudah Rusak atau Pecah

Salah satu kekurangan termos kaca adalah lebih mudah rusak atau pecah. Termos kaca memang sangat rentan dan harus dijaga dengan hati-hati. Termos kaca sangat mudah pecah ketika terjatuh. Dengan demikian, penggunaan termos kaca sangat berisiko dan sedikit merepotkan.

  • Memiliki Ukuran yang Relatif Besar

Kekurangan lainnya yang dimiliki termos kaca adalah ukuran termos kaca biasanya lebih besar daripada termos stainless. Hal ini dikarenakan termos kaca memiliki tambahan bahan seperti bahan plastik untuk melindungi bagian dalam termos yang berupa kaca. Dengan demikian, Anda memerlukan ruang atau tempat yang lebih besar untuk menyimpan termos kaca.

  • Menghasilkan Butiran Kristal

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh termos kaca adalah terdapat beberapa termos kaca yang menghasilkan butiran kristal. Butiran kristal pada termos kaca ini ternyata dapat memberikan dampak yang berbahaya jika diminum oleh bayi yang memiliki pencernaan yang masih sangat sensitif. Dengan demikian, Anda perlu benar-benar memerhatikan jenis termos yang akan Anda pakai.

Kelebihan Termos KacaKekurangan Termos Kaca
- Dapat menahan panas lebih lama- Lebih mudah rusak atau pecah
- Tahan terhadap kemungkinan karat - Memiliki ukuran yang relatif besar
- Memiliki banyak variasi- Menghasilkan butiran kristal

Termos Stainless

Termos stainless merupakan termos yang terbuat dari bahan stainless steel. Termos jenis ini banyak digunakan karena sangat aman untuk dibawa ke mana-mana. Termos ini tidak mudah pecah dan tidak mudah rusak.

Kelebihan Termos Stainless

Berikut beberapa kelebihan termos stainless yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Mudah Rusak atau Pecah

Salah satu kelebihan termos stainless yang terbuat dari bahan stainless steel adalah awet dan tahan lama. Hal ini dikarenakan stainless steel tidak bisa pecah dan sulit untuk rusak. Jika termos terjatuh, Anda mungkin hanya akan mendapati adanya sedikit penyok pada termos.

  • Tahan Karat

Termos stainless merupakan termos yang terbuat dari bahan stainless steel, bahan yang terdapat pada termos ini merupakan bahan yang tahan terhadap karat. Dengan demikian, Anda tidak akan mendapati termos ini karat dan merusak air Anda.

  • Mudah untuk Disimpan dan Dibawa

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki termos stainless adalah mudah untuk disimpan. Hal ini dikarenakan termos stainless tidak memiliki lapisan yang terlalu tebal pada bagian luarnya sehingga tidak membutuhkan ruang yang besar untuk disimpan dan dibawa ke manapun.

Kekurangan Termos Stainless

Berikut beberapa kekurangan termos stainless yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Lama Menahan Panas

Salah satu kekurangan termos stainless adalah kurang lama dalam menahan panas air. Termos stainless hanya dapat menahan panas kurang dari 6 jam. Saat air berada di termos stainless selama 6 jam maka air tersebut sudah tidak panas dan hanya hangat saja. Jika Anda membutuhkan termos untuk perjalanan yang jauh dan membutuhkan waktu yang relatif lama, sebaiknya Anda tidak menggunakan termos stainless.

  • Warna dan Motif Kurang Variatif

Kekurangan lain yang dimiliki termos stainless adalah memiliki warna dan motif yang seperti itu-itu saja. Termos stainless biasanya memiliki warna silver polos dan sedikit atau bahkan tidak memiliki motif.

  • Tidak Bisa Digunakan untuk Minuman Tertentu

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh termos stainless adalah tidak dapat digunakan untuk minuman tertentu. Hal ini dikarenakan stainless steel terdapat bahan campuran, jika Anda memasukkan minuman asam seperti kopi, jus dan minuman berkarbonasi maka dapat menimbulkan pengendapan logam berat yang dapat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, dikutip dari Kompas.com bahan stainless steel dan alumunium bisa mengalami korosi dari waktu ke waktu. Kalau sudah terlalu lama, kandungan zat besi dan serpihan alumunium akan menimbulkan rasa yang aneh pada air minum Anda.

Kelebihan Termos StainlessKekurangan Termos Stainless
- Tidak mudah rusak atau pecah - Kurang lama menahan panas
- Tahan terhadap kemungkinan karat- Warna dan motif kurang variatif
- Mudah untuk disimpan dan dibawa- Tidak bisa digunakan untuk minuman tertentu

Pilih Mana: Termos Kaca atau Stainless?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara termos kaca dan termos stainless, perbedaan antara keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

Termos KacaTermos Stainless
- Terbuat dari bahan kaca- Terbuat dari bahan stainless steel
- Menahan panas lebih lama- Kurang lama menahan panas
- Mudah pecah atau rusak- Tidak bisa pecah dan sulit rusak

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai dua jenis termos tersebut, dapat disimpulkan bahwa termos kaca lebih dapat menahan panas air lebih lama daripada termos stainless. Namun, termos stainless jauh lebih awet dan tahan lama karena tidak bisa pecah dan susah untuk rusak. Termos kaca cocok untuk Anda gunakan pada tempat yang aman, sedangkan termos stainless dapat diletakkan di mana saja karena minim risiko.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Termos Kaca vs Stainless

VS

Leave a Reply