Aplikasi

Pilih Mana: TikTok atau Likee?

Seiring perkembangan zaman teknologi, kini sudah semakin banyak variasi sosial media yang tersebar di berbagai belahan dunia, terutama bagi para kalangan anak muda. Apalagi, saat ini kecepatan internet di seluruh dunia juga sudah semakin meningkat. Maka tidak heran kalau banyak developer yang berlomba-lomba menciptakan aplikasi sosial media untuk kebutuhan hiburan para pengguna internet seperti aplikasi TikTok dan Likee.

Aplikasi TikTok dan Likee ini adalah aplikasi hiburan yang banyak digunakan oleh orang khususnya anak muda, keduanya memiliki banyak fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Apakah Anda sudah mengetahui mengenai kedua aplikasi hiburan ini? Apa Anda baru ingin memulai menggunakan salah satu dari kedua aplikasi tersebut?

Sebelum Anda menggunakan salah satu dari kedua aplikasi tersebut ada baiknya Anda baca penjelasan artikel di bawah ini karena membahas kelebihan dan kekurangan mengenai kedua aplikasi tersebut dan juga fitur-fitur yang ada pada aplikasi TikTok dan Likee.

TikTok

TikTok adalah aplikasi yang memberikan special effect unik dan menarik yang dapat digunakan oleh penggunanya dengan mudah sehingga dapat membuat video pendek dengan hasil yang keren serta dapat dipamerkan kepada teman-teman atau pengguna lainnya. Baca juga Pilih Mana: OYO atau RedDoorz?

Aplikasi sosial video pendek ini memiliki dukungan musik yang banyak sehingga penggunanya dapat melakukan performanya dengan tarian, gaya bebas, dan masih banyak lagi sehingga mendorong kreativitas penggunanya menjadi content creator.

Video yang diberikan TikTok untuk pengguna aplikasi ini sekitar 15 detik, dengan menampilkan video beserta background dari berbagai artis terkenal dengan berbagai kategori, mulai dari DJ, Dance, R and B, Western, Cute, KKC, Addict, Populer, dan masih banyak lagi yang dapat membuat video memiliki alunan lagu untuk disesuaikan dengan situasi di video.

Kelebihan TikTok

  • Tidak perlu akun untuk melihat video di aplikasi TikTok
    Tidak seperti aplikasi lainnya, TikTok dapat dibilang sebagai aplikasi yang mudah digunakan. Anda tidak perlu memiliki akun sendiri untuk dapat melihat video-video yang ada di TikTok. Tentu hal ini berguna untuk kalian yang terkadang malas untuk masuk ke sebuah aplikasi dengan akun Anda. Di TikTok Anda dapat menggunakan aplikasinya buat memandang film tanpa account yang Anda punya. 
  • Filter aplikasi ini beragam dan adanya challenge
    TikTok sendiri memiliki filter yang beragam yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Pihak TikTok sendiri mengklaim bahwa filter yang dimiliki berbeda dengan aplikasi serupa karena lebih beragam loh. TikTok memiliki kelebihan lain yaitu memiliki challenge yang beragam. Challenge ini sendiri biasanya hadir dari seluruh negara yang menggunakan TikTok. 
  • Tidak ada iklan dan memiliki background musik pilihan
    Aplikasi TikTok dibandingkan dengan aplikasi lain adalah bahwa aplikasi ini tidak memiliki iklan loh. Dengan tidak adanya iklan, maka pengalaman pengguna menggunakan aplikasi tentu akan semakin puas. Pada aplikasi TikTok sendiri pengguna bisa menambahkan musik latar untuk membuat video yang dibuat lebih hidup. Pilihan musik latar yang ditawarkan pun bisa dibilang cukup banyak dan up to date.

Kekurangan TikTok 

  • Terdapat banyak video yang tidak pantas
    Terdapat banyak video yang tidak pantas menjadi contoh yang tidak baik bagi perilaku remaja dan anak jaman sekarang. Mungkin juga sudah sama-sama tahu banyaknya video dengan aksi-aksi yang tidak pantas dilakukan penggunanya hal ini banyak sekali menjadi perilaku negatif bagi banyak orang.

  • Membuat sikap anak-anak kurang baik dan tak wajar
    Karena pengguna aplikasi ini kebanyakan remaja menjadikan anak-anak mudah terpengaruh dengan sikap yang ditampilkan dalam video tersebut. Mereka menganggap sikap yang kurang pantas itu adalah sesuatu yang wajar sehingga mereka pun terpengaruh dan menirunya bersama-sama. Padahal TikTok sudah membuat peraturan sendiri jika ingin menggunakan TikTok harus memiliki batas usia minimal 16 tahun untuk penggunanya.
  • Dapat terjadi potensi bullying
    Sebenarnya jika pengguna TikTok menggunakan aplikasi sewajarnya akan membuat pengguna merasa nyaman dan aman saja. Tetapi kebanyakan orang yang menggunakan aplikasi TikTok ini bertingkah berlebihan seperti membuat video dengan goyangan yang tidak senonoh atau tindakan yang tidak patut dicontoh yang membuat hal tersebut menjadi bahan untuk bullying.

Likee

Aplikasi Likee baru saja diluncurkan empat bulan yang lalu pada Agustus 2017, namun sudah memiliki lebih dari 20 juta pengguna terdaftar dari 187 negara di seluruh dunia. Para pengguna dapat mengedit momen sehari-hari membuat rekaman dalam video singkat yang kreatif.

Aplikasi Likee ini menggunakan berbagai efek khusus yang unik seperti fitur 4D Magic, filter kecantikan, akting dialog, fitur musik tambahan dari database yang besar, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Aplikasi Likee ini juga memiliki berbagai macam fitur dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam melakukan proses edit video.

Kelebihan Likee

  • Likee dilengkapi sistem penyaringan
    Tidak semua aplikasi video pendek yang ada bersifat negatif, salah satunya adalah Likee. Karena Likee telah mengintegrasikan sistem ketat dalam menyaring konten negatif. Likee dilengkapi sistem penyaringan dan pelaporan yang terintegrasi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Tidak hanya melalui sistem, monitoring konten di aplikasi ini juga dilakukan oleh manusia secara manual 7 x 24 jam untuk membangun ekosistem dan konten berkualitas tinggi untuk semua lapisan masyarakat.
  • Aplikasi ini memiliki pusat riset dan pengembangan
    Aplikasi Likee juga memiliki pusat Riset dan Pengembangan (R&D) di Singapura yang saat ini sedang merekrut tim yang terdiri dari 100 ahli AI dan insinyur untuk melakukan monitoring konten video. Pusat R&D ini juga bertanggung jawab untuk kemajuan serta kualitas konten perusahaan. Sistem AI inilah yang akan menghapus semua konten video negatif yang diupload oleh para pengguna.
  • Adanya efek dan stiker yang dinamis
    Aplikasi saingan Tik Tok ini memiliki efek melakukan sihir dengan menggunakan sistem Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) untuk memanipulasi bentuk tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki serta memberikan efek make up dan menghilangkan noda. Lalu ada 4D Magic yang memungkinkan pengguna memakai latar belakang dan stiker yang dinamis. Kemudian Music Magic yang mengidentifikasi dan memilih latar musik sembari mencocokkan efek khusus pada suara apapun.

Kekurangan Likee

  • Sering terjadi video yang tidak pantas
    Meski aplikasi Likee ini sudah terdapat teknologi Artificial Intelligence (AI) tetapi masih saja terdapatnya video yang kurang pantas yang dilakukan anak-anak di bawah umur yang membuat mereka menjadi terkenal dengan video yang tidak pantas.
  • Kurang populer dan harus membuat akun
    Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenisnya seperti Tik Tok, aplikasi Likee ini belum banyak dikenali oleh orang sehingga hal ini membuat aplikasi Likee kurang populer digunakan oleh banyak orang. Perbedaan juga pada aplikasi Likee ini Anda harus membuat akun terlebih dahulu beda halnya dengan TikTok yang tidak perlu membuat akun untuk menggunakan apliasinya.
  • Dapat memicu tindakan bullying
    Aplikasi semacam ini memang sering terjadi tindakan yang berpotensi bullying karena saat orang tidak bjiak menggunakan aplikasi ini yang membuat orang atau pengguna tersebut menjadi bahan bullying. Hal tersebut biasanya dikarena para pengguna membuat video dengan berlebihan atau disebut alay untuk zaman sekarang hingga bullying terjadi terhadapnya.
FiturTikTokLikee
Fitur EffectFitur TikTok memiliki special effect dalam pembuatan video, tentu akan memberikan keunikan pada video buatan Anda sehingga menjadi video yang menarik. Untuk effect di aplikasi Likee memiliki effect 4D Magic Memungkinkan pengguna untuk menggunakan latar belakang dan efek yang dinamis.
Artificial Intelligence (AI)TikTok terdapat fitur Artificial Intelligence (AI) sistem ini untuk memanipulasi bentuk tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki, serta memberikan efek make up dan menghilangkan noda. Aplikasi Likee juga terdapat fitur Artificial Intelligence (AI) atau dikenal fitur yang disebut-sebut 'sihir' yang sangat dibutuhkan pengguna.
Fitur Pemberian Musik TikTok dilengkapi dengan fitur pemberian musik atau lagu sebagai backsoundnya dan jumlah lagu yang tersedia di aplikasi juga cukup beragam sehingga bisa menyesuaikannya dengan konten video yang ingin dibuat.Aplikasi Likee mempunyai karakteristik Music Magic karakteristik ini dapat mengenali serta memilih kerangka nada dengan cara cermat menyesuaikannya dengan video.
Fitur Pengenalan wajah Fitur pengenalan wajah ini memang sudah tidak asing lagi terutama bagi para pengguna sosial media atau yang sudah biasa menggunakan fitur ini di aplikasi lain. Jadi secara cepat fitur ini termasuk fitur yang populer dipakai di aplikasi Tik Tok. Untuk fitur pengenalan wajah ini Likee belum tersedia, inilah yang membedakan aplikasi TikTok dan Likee.
Lihat juga:  Pilih Mana: Grab atau Gojek?

Pada dasarnya memang TikTok dan Like adalah sebuah aplikasi hiburan yang banyak menjadi pilihan orang-orang sesuai selera masing-masing. Keduanya juga memiliki fitur-fitur yang menarik yang sudah dijelaskan pada masing-masing tabel yang ada di atas. Tetapi terdapat perbedaan fitur dari kedua aplikasi tersebut.

Perbedaan yang menonjol dari fitur kedua aplikasi TikTok dan Likee yaitu jika di TikTok terdapat fitur pengenalan wajah sedangkan untuk aplikasi Like tidak ada. Fitur pengenalan wajah ini memang sudah tidak asing lagi terutama bagi para pengguna sosial media atau yang sudah biasa menggunakan fitur ini di aplikasi lain. Jadi secara cepat fitur ini termasuk fitur yang populer dipakai di aplikasi Tik Tok.

Pilih Mana: TikTok atau Likee?

TikTokLikee
Kelebihan - Tidak perlu akun untuk melihat video di aplikasi TikTok - Filter aplikasi ini beragam dan adanya challenge - Tidak ada iklan dan memiliki background musik pilihan - Likee dilengkapi sistem penyaringan - Aplikasi ini memiliki pusat riset dan pengembangan - Adanya efek dan stiker yang dinamis
Kekurangan- Terdapat banyak video yang tidak pantas - Membuat sikap anak-anak kurang baik dan tak wajar - Dapat terjadi potensi bullying - Sering terjadi video yang tidak pantas - Kurang populer dan harus membuat akun - Dapat memicu tindakan bullying

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai aplikasi hiburan TikTok dan Likee keduanya adalah aplikasi hiburan yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi memang dari tingkat kepopulerannya aplikasi TikTok jauh lebih populer dibandingkan dengan Likee, banyak anak muda khususnya yang lebih menggunakan aplkasi TikTok. Jadi untuk memilih salah satu aplikasi ini Anda bisa memilih sesuai selera Anda saja asalkan Anda menggunakan aplikasi hiburan tersebut secara bijak ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TikTok vs Likee

VS

Leave a Reply