AplikasiLayanan

Pilih Mana: Tokopedia atau Blibli?

Tokopedia dan Blibli adalah sebuah marketplace yang banyak menjadi pilihan untuk orang yang akan membeli kebutuhan secara online. Tokopedia dan Blibli banyak menyediakan barang yang bisa memenuhi kebutuhan kamu sesuai kategorinya guys.

Kedua marketplace tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa kamu ketahui dari artikel di bawah ini. Apakah kamu pelanggan setia Tokopedia atau Blibli nih guys? Kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya ya, scroll down guys!

Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu mall belanja berbasis online yang memungkinkan setiap orang dan pemilik bisnis di Indonesia untuk membuka dan mengurus toko online mereka secara mudah dan bebas biaya, sekaligus memberikan sebuah pengalaman jual beli online aman dan nyaman. Penggunaan Tokopedia sangat mudah dan tidak dipungut biaya.  Baca juga Pilih Mana: Zalora atau Zilingo?

Tokopedia hadir di pasaran pada tanggal 17 Agustus 2009, Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Tokopedia mendapatkan seed funding atau pendanaan awal dari PT Dwitama pada tahun 2009. Lalu mendapatkan modal yang sangat besar sekitar USD 100 juta atau Rp 1.2 triliun yang disuntikkan beberapa bulan oleh Softbank Internet and Media Inc. dan Sequoia Capital.

Tokopedia hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan berbagai toko online di Indonesia. Segala aktivitas jual beli dan proses transaksi akan dijamin keamanannya melalui perantaraan Tokopedia. Konsep ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk mall online yang memprakarsai dan mengkoordinasi sejumlah transaksi e-commerce.

Hampir semua yang dijual dapat dengan mudah ditemukan di situs jual beli Tokopedia. Hal ini tentu akan sangat memudahkan para pembeli yang tidak mempunyai waktu luang untuk berbelanja di toko dan tidak ingin terlalu ribet. Tokopedia dilengkapi fitur mesin pencari atau search engine yang memudahkan pembeli dalam menentukan dan mencari barang yang diinginkan.

Kelebihan Tokopedia

  • Banyaknya fitur yang menjadi andalan
    Kelebihan yang pertama dari Tokopedia ini sendiri adalah memiliki banyak fitur yang bisa menjadi andalan untuk kamu. Salah satunya adalah dengan adanya fitur pre-order, fitur pre-order yaitu produk yang harus di import, karena biasanya proses ini memakan waktu yang cukup lama dengan fitur ini juga lebih memudahkan kamu untuk mendapatkan barang terbaru yang kamu inginkan.
  • Tokopedia menjual bermacam-macam barang
    Tokopedia menjual berbagai macam barang yang bisa menjadi memenuhi kebutuhan kamu guys, jadi jika kamu ingin mencari barang di situs online maka Tokopedia bisa menjadi pilihan untuk kamu.
  • Adanya fitur untuk estimasi total
    Adanya fitur untuk estimasi total yang harus dibayar oleh pembeli, misalnya total harga produk (berlaku dalam kelipatan) dan juga estimasi ongkos kirim sampai jasa ekspedisi yang tersedia.

Kekurangan Tokopedia

  • Sering terjadi eror
    Kekurangan dari Tokopedia yang pertama ini adalah bahwa Tokopedia sering mengalami eror hal tersebut terjadi karena adanya maintenance sehingga membuat pengguna tidak nyaman ketika hal ini terjadi.
  • Sering terjadi perang harga
    Sering terjadi perang harga, membanderol produk dengan harga dengan kisaran yang sangat murah. Sehingga memberikan peluang yang sangat kecil pada produk untuk laku dengan kisaran harga yang relatif tinggi.
  • Fitur pengelola stok kurang maksimal
    Fitur pengelola stok barang masih dirasa kurang maksimal, karena saat terdapat pembeli yang tengah menunggu pembayaran, stok produk tidak secara otomatis berkurang.

Blibli

Blibli atau Blibli.com adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna Blibli.

Blibli.com berkonsep lifestyle online mall, memberikan pilihan kepada konsumen untuk mencari berbagai perlengkapan dengan mengunjungi delapan (8) kategori produk sesuai kebutuhan, yaitu Handphone, Elektronik, Perlengkapan Wanita dan Perlengkapan Pria, Perlengkapan Anak, Hobby, Makanan

Dalam usia 2 tahun telah meraih berbagai penghargaan yaitu The Best e-Commerce 2012 versi Gadget Awards 2012, Best Social Media Campaign versi Indonesia Top e-Commerce (ITeC) 2012, dan Wall Street Journal (WSJ) versi Asia Tenggara pada edisi Oktober 2012 merilis tulisan dan memilih Blibli.com sebagai satu dari 10 perusahaan startup teknologi teratas (Indonesia’s Top 10 Tech Startups).

Apresiasi positif dari masyarakat dan sejumlah penghargaan semakin menguatkan komitmen “Simple, Fun, and Free Shopping Experience” yang diwujudkan dengan menjadikan konsumen sebagai smart shopper melalui kolom BlibliFriends sebagai kurator dan product reviewer melalui berbagai tulisan informatif.

Kelebihan Blibli

  • Adanya gratis ongkir untuk wilayah tertentu
    Marketplace Blibli membebaskan biaya ongkos kirim untuk berbagai barang di berbagai kategori tanpa jumlah pembelian minimal. Meskipun beberapa marketplace lain juga memberikan gratis ongkir, namun masih menggunakan berbagai syarat, hanya untuk beberapa kota tertentu, dengan berat barang tertentu, atau dengan pembelian minimal. Tidak demikian dengan marketplace Blibli.com, berbagai barang dapat dikirimkan ke seluruh Indonesia bahkan tanpa pembelian minimal sehingga membantu kamu untuk lebih hemat dalam berbelanja.
  • Layanan service 24 jam
    Customer service center di marketplace Blibli.com berkomitmen selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan kamu dengan kualitas pelayanan terbaik. Jadi kamu dapat menanyakan berbagai informasi dan meminta bantuan bila menemui kesulitan saat berbelanja di marketplace Blibli.com. Customer service yang mudah dihubungi lewat livechat marketplace Blibli.com akan sangat kamu butuhkan ketika mengalami permasalahan ataupun kejadian yang belum kamu pahami. Tim support marketplace Blibli.com yang cepat, ramah dan sabar selalu siap 24 jam sehari melayani keluhan atau permasalahan kamu.
  • Kategori yang cukup lengkap dan sistem pembayaran mudah
    Blibli ini juga banyak memiliki kategori yang berbagai macam yang bisa kamu cari sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah kamu menemukan barang yang dipilih di marketplace Blibli.com, selanjutnya kamu cukup melakukan proses transaksi dengan tiga langkah mudah, add to cart, pilih metode pengiriman dan pembayaran, dan selesaikan transaksi sesuai dengan pilihan pembayaran.
Lihat juga:  Pilih Mana: Huawei E5673 vs E5577

Kekurangan Blibli

  • Harga relatif lebih mahal
    Untuk kekurangan yang pertama ini memang Blibli ini menjual suatu produk dengan harga yang cukup tinggi di berbagai kategori, dibandingkan dengan marketplace Tokopedia nih guys.
  • Sistem pembayaran lama
    Sistem terima pembayaran transfer bank yang memakai waktu 1 hari sejak tanggal pengiriman uang jika order di hari kerja dan 2 sampai 3 hari anda membelinya pada sabtu dan minggu. Dan hal ini sangat membuat kamu cukup kesal sepertinya guys.
  • Tidak ada konfirmasi pembayaran yang manual
    Tidak ada konfirmasi pembayaran yang manual, hal ini sangat menyulitkan untuk kamu jika kamu perlu harus komplain kepada customer blibli atas barang yang sudah kamu beli.
KeteranganTokopediaBlibli
DiciptakanWilliam Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison Kusumo Martanto
Tahun berdiriTahun 2009 Tahun 2010

Tips Aman Belanja Online

1. Pastikan online shop dapat dipercaya
Testimoni dan review yang baik dari pembeli suatu online shop bisa menjadi ukuran apakah online shop itu baik atau tidak. Review tersebut dapat diperoleh dengan bantuan Google atau Yahoo yang biasanya merujuk pada forum-forum diskusi belanja online atau media sosial. Perhatikan alamat web toko online untuk memperkecil resiko kebocoran informasi.

2. Baca dengan cermat kebijakan online shop
Seringkali kebanyakan orang mengabaikan membaca “syarat dan ketentuan” yang ada di situs online shop. Padahal ini sangat berguna jika terjadi sesuatu hal yang di luar dugaan. Misalnya ternyata barang yang diterima cacat, bagaimana cara mengembalikannya dan ongkos kirim dibebankan kepada siapa.

3. Waspada pada harga yang terlalu murah
Harus diakui banyak sekali sekali penawaran barang bermerk murah di toko online. Hati-hati, jangan mudah termakan rayuan toko online semacam ini, jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah karena akan membuat kamu jadi terburu-buru untuk melakukan transaksi pembayaran.

4. Baca deskripsi produk
Jangan lupa kamu untuk membaca deskripsi barang yang ingin kamu beli, sehingga kamu lebih mengetahui langsung kondisi dari barang yang kamu inginkan atau butuhkan, jika kurang jelas kamu bisa langsung menghubungi admin toko online tersebut.

5. Cari tips pembayaran yang paling aman
Kamu harus mencari tips atau metode pembayaran yang paling aman, saat ini sudah banyak marketplace yang menyediakan metode pembayaran secara COD, sistem atau metode ini adalah yang paling aman.jika memang toko online shop berbeda dengan daerah kamu kamu bisa memilih metode pembayaran dengan menggunakan rekening bersama.

6. Simpan bukti transaksi
Online shop yang baik akan memberikan bukti transaksi biasanya melalui email. Sebelum barang yang dibeli sampai di rumah, sebaiknya semua bukti transaksi berupa email pemesanan maupun bukti pembayaran tetap disimpan.

Pilih Mana: Tokopedia atau Blibli?

TokopediaBlibli
Kelebihan- Banyaknya fitur yang menjadi andalan - Tokopedia menjual bermacam-macam barang - Adanya fitur untuk estimasi total - Adanya gratis ongkir untuk wilayah tertentu - Layanan service 24 jam - Kategori yang cukup lengkap dan sistem pembayaran mudah
Kekurangan- Sering terjadi eror - Sering terjadi perang harga - Fitur pengelola stok kurang maksimal - Harga relatif lebih mahal - Sistem pembayaran lama - Tidak ada konfirmasi pembayaran yang manual

Kesimpulan

Tokopedia dan Blibli memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga dari penjelasan di atas kamu dapat memilih marketplace mana yang seharusnya menjadi jagoan kamu ya. Tetapi kali ini saya akan lebih merekomendasikan kamu untuk lebih menggunakan Tokopedia, karena harga barang yang dijual lebih terjangkau dibandingkan Blibli guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tokopedia vs Blibli

VS