Pilih Mana: Tokopedia atau Bukalapak?

Loading...

Kegiatan belanja saat ini jauh lebih mudah dan praktis berkat berbalanja online. Kita hanya duduk manis di depan laptop atau smartphone yang terhubung dengan internet, lalu berbelanja apapun hanya dengan satu kali klik. Ada banyak situs pembelian online saat ini misalnya yang paling sering menjadi buah bibir yakni Tokopedia dan Bukalapak. Namun sebenarnya bagus mana Tokopedia dan Bukalapak? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat tentang Tokopedia dan Bukalapak
– Kelebihan & kekurangan Tokopedia dan Bukalapak

Selain itu, berbelanja melalui situs online juga menawarkan transaksi pembayaran dengan internet banking maka Anda tinggal menunggu barang yang Anda beli sampai diantarkan oleh kurir. Bukan hanya pertimbangan harga yang ditawarkan, tetapi juga pertimbangan keamanan dalam bertransaksi.

Tokopedia
Tokopedia.com adalah salah satu e-commerce yang menawarkan lebih banyak barang yang Anda temukan di pasar. Misalnya barang elektronik dan peralatan rumah tangga.

Kelebihan Tokopedia yang bisa Anda ketahui:

1. Memiliki fitur order sebagai dropshipper
Ini adalah salah satu kelebihan yang paling disukai dari Tokopedia. Fitur ini dapat membantu menjualkan produk-produk yang kita pasang. Fitur yang sangat sederhana namun sangat powerfull, dan pengguna hanya perlu memasukkan nama dan nomor telepon saja saat menggunakan fitur ini.

2. Tampilan antarmuka
Meskipun dalam pembahasan ini setiap orang memiliki selera sendiri. Namun, menurut kami tampilan dan pengalaman menggunakan Tokopedia jauh lebih sederhana, lebih elegan dan intuitif saat pertama kali membukanya.

Kekurangan Tokopedia yang bisa Anda ketahui:

Loading...

1. Diharuskan memiliki akun (dan tidak dapat dihapus)
Anda harus mendaftar terlebih dahulu di Tokopedia untuk memiliki akun berbelanja dan akun yang sudah terdaftar tidak akan bisa dihapus. Tokopedia tidak memberikan opsi untuk menghapus akun, sehingga akun yang tidak terpakai diabaikan saja.

2. Kurang update stok
Fitur pengelolaan stok barang yang kurang canggih, sehingga saat stok barang harusnya berkurang karena telah dibeli. Namun ternyata stok masih ada, ini mungkin karena sistem Tokopedia yang terkadang error.

Bukalapak
Kebanyakan penjual Bukalapak adalah UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Bukalapak juga menjadi satu-satunya situs yang lebih menawarkan barang-barang unik seperti misalnya batu akik dan berbagai bagian-bagian komponen sepeda.

Kelebihan Bukalapak yang bisa Anda ketahui:

1. Proses pencairan setiap hari
Bukalapak memproses pencairan dana setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu. Berbeda dengan Tokopedia yang hanya dapat dilakukan dihari kerja tidak hari libur yakni Senin-Jumat.

2. Menyediakan barang baru dan bekas
Bukalapak juga dapat menemukan barang bekas. Bukalapak memungkinkan penjual atau pengecer pihak ketiga untuk menjual barang bekas, jadi jangan kaget jika Anda menemukan barang-barang kuno disini.

Kekurangan Bukalapak yang bisa Anda ketahui:

1. Tidak transparan
Umpan balik dari semua produk Bukalapak dicampur sehingga pembeli tidak tahu barang mana yang bagus dan tidak feedback-nya. Selain itu, sistem peninjauan di sini tidak begitu transparan karena penjual dapat menghapus umpan balik yang ada.

2. Respons layanan pelanggan yang lama
Meskipun saat ini Bukalapak telah memberikan nomor call center. Namun sayangnya, layanan ini juga selalu sibuk ketika dihubungi. Begitu juga ketika Anda menghubungi atau menulis keluhan via email, biasanya akan mendapat respons keesokan harinya.

Pilih Mana: Tokopedia atau Bukalapak?

TokopediaBukalapak
Kode unik transaksi dan selang waktu pembayaran- 2 digit kode unik dan selang waktu pembayaran selama 2 hari- Dengan 3 digit kode unik dengan selang waktu pembayaran hanya 10 jam
Fokus perusahaan- Cenderung mengeluarkan promo langsung yang menarik perhatian- Cenderung fokus pada pemasaran dan exposure
Metode pembayaran- Mandiri clickpay, e-cash mandiri, Klikpay BCA, transfer manual bank, dan saldo Tokopedia- Mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Commerce, transfer manual Bank, dan buka dompet (saldo Bukalapak)

Kesimpulan
Tokopedia dan Bukalapak adalah nama-nama situs e-commerce yang sangat besar di Indonesia. Dari segala rincian di atas, semua sesuai kebutuhan Anda. Jika ingin mencari barang bekas dan unik mungkin Bukalapak bisa jadi solusi. Namun jika memilih membeli barang yang banyak promonya mungkin Tokopedia-lah pilihannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tokopedia vs Bukalapak

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *