AplikasiApplicationFashionLayananTechnology

Pilih Mana: Tokopedia atau Lazada?

Saat ini digital dapat dikatakan semakin memudahkan aktivitas banyak orang, termasuk dalam berbelanja.Jika membutuhkan suatu barang kita tinggal browsing di internet dan mencarinya di marketplace langganan tanpa perlu pergi ke mall ataupun supermarket terdekat.

Terdapat banyak online shop yang menyediakan produk dimaksud dan kita tinggal memilih harga yang termurah atau menawarkan nilai tambah, misalnya gratis ongkir. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa marketplace karya anak bangsa yang cukup popular seperti halnya Lazada dan Tokopedia.

TOKOPEDIA

Tokopedia adalah startup karya anak bangsa yang mulai dirintis di tahun 2014. Sempat tertatih-tatih di awal memulai bisnisnya, marketplace ini saat ini menjadi salah satu tujuan belanja online sebagian besar masyarakat Indonesia. Ini karena Tokopedia selalu tampil dengan fitur-fitur termutakhir.

Tak hanya menarik bagi konsumen, Tokopedia juga menjadi salah satu platform yang banyak diminati para seller untuk memajang produk yang dijual. Nah, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari marketplace yang satu ini. Baca juga Pilih Mana: Shopee atau Tokopedia?

Kelebihan Tokopedia

1. User Interface Lebih Baik
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Tokopedia adalah memiliki user interface atau tampilan depan yang lebih baik dibandingkan dengan Bukalapak. Tokopedia memiliki tampilan yang lebih simple, ringan dan mudah digunakan. Sedangkan Bukalapak memiliki warna yang terlalu terang dan memiliki menu yang kurang intuitif.

2. Sistem Pembayaran Lebih Baik
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Tokopedia adalah memiliki sistem pembayaran yang lebih baik dibandingkan dengan Bukalapak. Pembayaran di Tokopedia menggunakan 2 digit kode unik dan nantinya uang tersebut akan kembali ke Saldo di akun Tokopedia. Sedangkan pada Bukalapak, Anda memerlukan 3 digit kode unik dan uang tersebut tidak dikembalikan seperti yang dilakukan Tokopedia.

3. Lebih Mudah Mengetahui Reputasi Penjual
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Tokopedia adalah Anda akan lebih mudah dalam mengetahui reputasi penjual. Tokopedia lebih transparan karena setiap produk memiliki reviewnya masing-masing dan hasil dari feedback tidak akan bisa diedit. Hal ini akan memudahkan para konsumen untuk menilai reputasi masing-masing toko.

Kekurangan Tokopedia

1. Tidak Terdapat Fitur Beli Tanpa Daftar
Salah satu kekurangan Tokopedia adalah tidak memiliki fitur beli tanpa daftar. Tanpa adanya fitur ini, pelanggan yang ingin berbelanja di Tokopedia harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Bagi orang-orang yang masih awam, hal ini akan lebih menyulitkan. Apalagi bagi orang yang belum pernah melakukan belanja online di marketplace online.

2. Pencairan Dana Hanya pada Hari Kerja
Kekurangan lain yang dimiliki oleh Tokopedia adalah sistem atau proses pencairan dana yang dimilikinya. Anda hanya bisa melakukan pencairan dana dan diproses pada hari kerja saja, yakni Senin hingga Jumat. Sedangkan Bukalapak telah memudahkan seller karena dapat melakukan proses pencairan dana setiap hari.

3. Fitur Chating Kurang Mendukung
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Tokopedia adalah memiliki fitur chating yang kurang mendukung. Pada Tokopedia, Anda hanya bisa mengirimkan gambar yang ada pada toko di Tokopedia pada saat chating. Sedangkan pada Bukalapak Anda telah bisa mengirimkan foto atau gambar melalui gallery penyimpanan handphone atau perangkat lainnya.

LAZADA

Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara. Lazada Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia.

Lihat juga:  Pilih Mana: Jam Quartz atau Automatic?

Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya City Deal), dll. Terkait dengan dunia internet dan teknologi yang sering di bahasa BeritaTeknologi, Lazada tentu merupakan salah satu yang bakal disukai oleh para pembaca karena menyediakan berbagai kategori yang terkait teknologi.

Kelebihan Lazada

1. Adanya pengembalian barang dalam 14 hari kerja
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.

2. Adanya sistem bebas ongkos kirim
Kelebihan yang dimiliki lazada berikutnya adalah Lazada Indonesia memberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia dengan minimal pembelian tertentu sesuai zona di mana kamu berada. Khusus untuk wilayah Jabodetabek ,kamu dapat menikmati layanan pengiriman gratis jika kamu melakukan pembelian di atas Rp. 100.000.

3. Produk bervariasi dan banyaknya diskon
Di Lazada juga barang yang dijual sangat beraneka macam, mulai dari barang elektronik, peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain juga Lazada sangat sering memberikan diskon-diskon terhadap produk yang dijualnya. Diskon yang diberikan pun bervariasi, mulai dari 10% sampai dengan diatas 30%.

Kekurangan Lazada

1. Konfirmasi pembayaran cukup lama
Sebagai pembeli juga tentu ingin segera mendapatkan kepastian dalam berbelanja, tetapi memang pada konfirmasi pembayaran diterima oleh pihak Lazada cukup lama sehingga sedikit membuat pembeli khawatir.

2. Fasilitas COD masih belum ada di banyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota jakarta dan sekitarnya. Hal ini menjadi hal kekurangan Laza juga, sehingga banyak orang yang mengharapkan bahwa sistem ini akan banyak di kota-kota lainnya.

3. Dana sulit kembali jika adanya pembatalan transaksi
Tentu kamu pernah membatalkan sebuah pesanan saat berbelanja online. Saat kamu membatalkan pesanan, seharusnya uang yang kamu sudah bayarkan dikembalikan. Sebenarnya Lazada juga mengembalikan dana kamu, tapi kadang waktu yang diperlukan cukup lama. Bahkan, beberapa pengguna ada yang mengatakan uang hasil pembatalan pesanan baru masuk setelah satu bulan dan setelah melakukan beberapa kali komplain.

Pilih Mana: Tokopedia atau Lazada?

Keterangan TokopediaLazada
Kelebihan - User Interface Lebih Baik - Sistem Pembayaran Lebih Baik - Lebih Mudah Mengetahui Reputasi Penjual- Adanya pengembalian barang dalam 14 hari kerja - Adanya sistem bebas ongkos kirim - Produk bervariasi dan banyaknya diskon
Kekurangan - Tidak Terdapat Fitur Beli Tanpa Daftar' - Pencairan Dana Hanya pada Hari Kerja - Fitur Chating Kurang Mendukung- Konfirmasi pembayaran cukup lama - Fasilitas COD masih belum ada di banyak kota - Dana sulit kembali jika adanya pembatalan transaksi

Kesimpulan

Dari artikel diatas mengenai Tokopedia dan Lazda di atas, dapat kita ketahui bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menilainya dari berbagai macam aspek yang telah dijelaskan di atas. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tokopedia atau Lazada

VS