KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih mana: Tolak Angin vs Antangin?

Pernah mengalami masuk angin? Tentu semua orang pasti pernah mengalaminya, Masuk angin bisa menyerang siapa saja. Masuk angin tidak bisa dianggap sepele lho. Nah, kadang gejala yang ditimbulkan biasanya mual, muntah dan kepala pusing.

Masuk angin juga bisa menyebabkan Anda flu bahkan sampai demam tinggi. Hal inilah yang memicu orang untuk mengkonsumsi obat masuk angin untuk mengurangi gejala tersebut. Obat masuk angin juga menjadi salah satu solusi jitu sekaligus andalan disaat masuk angin menyerang.

Ada pilihan jenis obat masuk angin yang bisa Anda jumpai di pasaran dan toko. Salah satunya ada Tolak angin dan Antangin. Kedua produk obat masuk angin ini terkenal dengan kandungannya yang ampuh untuk mengusir keluar masuk angin.

Tetapi tidak semua hal bisa berjalan baik, semua obat tentu memiliki efek samping meski tidak berat. Namun cukup membuat Anda harus berhati-hati. Apalagi jika sudah mulai kebiasaan. Penasaran bukan? Berikut pembahasan lebih lengkapnya di Selera.id. Yuk langsung saja stay tune!

Tolak Angin vs Antangin

Tolak Angin

Siapa yang tidak mengenal dengan merk obat masuk angin satu ini. Tolak Angin merupakan obat herbal yang berguna untuk meredakan masuk angin, perut mual, tenggorokan kering, dan badan terasa dingin. Tolak Angin dibuat oleh pendiri Sido Muncul pada tahun 1930.

Tolak Angin sendiri terbuat dari bahan-bahan yang herbal dan madu serta ramuan alami lainnya. Tolak Angin dikenal lewat jargonnya: orang pintar minum Tolak Angin. Bagi Anda yang tidak terbiasa minum obat dengan bentuk tablet tenang. Baca juga: 10 Obat Sembelit Terbaik 2020

Tolak angin memiliki bentuk cair seperti sirup yang bisa memudahkan Anda untuk mengkonsumsinya. Tolak Angin juga tersedia dalam dua varian yaitu Tolak Angin Flu dan Tolak Angin Anak. Harganya pun cukup terjangkau. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai toko dan warung terdekat.

Kelebihan Tolak Angin

Berikut ini Kelebihan Tolak Angin:

  • Mampu meningkatkan daya tahan tubuh
    Kelebihan satu ini yang dihadirkan oleh Tolak Angin yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, jika Anda merasa pusing, mual dan merasa lemas. Produk tolak angin ini bisa menjadi solusinya untuk mengembalikan ketahanan daya tubuh yang baik.
  • Memiliki berbagai jenis bentuk
    Produk tolak angin memiliki berbagai jenis bentuk varian seperti tablet, cair seperti sirup. Hal inilah yang membuatnya digemari karena memudahkan mereka untuk mengkonsumsinya.
  • Bebas kandungan gula
    Untuk Anda yang diabetes dan tidak bisa mengkonsumsi gula yang berlebih maka produk obat masuk angin satu ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda coba. Karena tidak mengandung gula alias bebas gula.

Tolak Angin vs Antangin

Kekurangan Tolak Angin

Berikut ini Kekurangan Tolak Angin:

  • Dapat mengakibatkan gangguan
    Kekurangan dari tolak angin satu ini dapat mengakibatkan gangguan. Oleh karena itu, untuk selalu berhati-hati dan waspada sebelum mengkonsumsi obat apapun itu termasuk obat masuk angin.
  • Tidak aman untuk ibu hamil
    Walaupun Tolak Angin terbuat dari bahan alami, namun tidak direkomendasikan bagi wanita hamil dan menyusui ya. Inilah yang menjadi kekurangan yang ada pada produk obat Tolak Angin ini. Jadi senantiasa, konsultasi terlebih dulu pada dokter sebelum menggunakan obat apapun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Tips Menyimpan Tolak Angin

Dibanding produk pesaingnya, Tolak angin sendiri dapat disimpan dalam suhu ruangan dan dalam kulkas lho. Tapi tetap saja jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak. Simpan di dalam kemasan aslinya. Jangan gunakan obat ini setelah tanggal kadaluwarsa yang tercantum dalam kemasan.

Antangin

Antangin menjadi salah satu obat masuk angin yang tak kalah berkhasiatnya dengan pesaingnya. Obat herbal satu ini memiliki kandungan utama Jahe, Royal Jelly dan Ginseng.

Antangin berkhasiat untuk membantu mengatasi masuk angin dengan memberikan sensasi hangat pada tubuh, mengatasi mual dan perut kembung, serta menghilangkan rasa capek.

Produk Antangin sangat populer, jadi Anda bisa menemuinya di berbagai toko dan pasaran. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan Anda bisa menemukannya dengan mudah.

Lihat juga:  9 Merk Termometer Digital Terbaik 2020

Baca artikel lainnya 10 Obat Flu Anak Paling Bagus 2020

Kelebihan Antangin

Berikut ini Kelebihan Antangin:

  • Harga lebih murah
    Kelebihan pertama yang ada pada produk obat Antangin kali ini yaitu Harganya yang lebih murah dibanding dengan pesaingnya. Anda bisa mendapatkannya dengan harga 2500 saja. Satu kotak juga berisi 5 sachet Antangin.
  • Menghangatkan tubuh
    Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Antangin yaitu memiliki kandungan utama jahe dan ginseng. Inilah yang membuat produk Antangin mampu menghangatkan tubuh pengkonsumsinya. Sangat cocok untuk meredakan kram perut dan rasa mual.
  • Ampuh mengatasi mual
    Produk Antangin sendiri juga ampuh untuk mengatasi mual. Selain berguna mengatasi masuk angin. Antangin juga menjadi andalan untuk Anda yang merasa mual dan muntah karena gejala masuk angin yang timbul.

Kekurangan Antangin

Berikut ini Kekurangan Antangin:

  • Rasanya agak pedas
    Berbeda dengan produk obat masuk angin lainnya Produk dari Antangin ini rasanya agak pedas di akhirnya. Karena ada kandungan jahe dan ginseng yang menghadirkan sensasi pedas setelah dikonsumsi.
  • Tidak cocok untuk pasien hipersensitif
    Kekurangan ini tentu tidak semua obat ini saja, namun berbagai macam obat masuk angin lainnya. Obat masuk angin ini memiliki efek samping dan kontraindikasi seperti akan tidak boleh diberikan pada pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari Antangin ini.

Tips Menyimpan Antangin

Antangin paling baik disimpan pada suhu ruangan dan dijauhkan dari paparan sinar cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi dan jangan dibekukan ya.

Merk lain dari produk obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Tetapi tetap perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Cara Mengatasi Obat Masuk Angin secara Alami

  • Pertama, Anda yang sedang masuk angin akan membutuhkan banyak istirahat agar kondisi kesehatan lekas pulih. Maka perbanyaklah istirahat. Bila perlu, tidur panjang lebih dari delapan jam di malam hari. Jaga suhu ruangan tempat tidur sedikit hangat dan lembab.
  • Banyak minum air putih. Meski badan rasanya tidak nyaman untuk beraktivitas, Anda perlu menjaga kecukupan asupan cairan yang ada dalam tubuh Anda. Minum banyak air putih akan membuat Anda bisa membantu memulihkan tubuh Anda yang lemas dan lemah.
  • Selanjutnya, Anda bisa meminum seduhan rempah, madu, dan lemon. Minuman seduhan rempah seperti jahe, pala, atau kayu manis dapat melegakan pernapasan dan tenggorokan orang yang sedang masuk angin. Agar khasiatnya lebih maksimal, berikan campuran madu dan perasan lemon.
  • Tips terakhir, Jangan lupa untuk konsumsi makanan bergizi, apalagi saat tubuh sedang tidak fit, Anda membutuhkan makanan bergizi dan kaya nutrisi. Makanan yang sehat akan membantu sel darah putih dalam melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh. Anda perlu memastikan asupan mineral dan vitamin tercukupi saat merasa tidak enak badan. Jangan lewatkan sayur dan buah-buahan dalam menu makanan Anda juga ya.
Keterangan Tolak Angin Antangin
Tahun1930 1970
Perusahaan PT Sido Muncul Tbk PT Deltomed Laboratories

Pilih mana: Tolak Angin vs Antangin?

Keterangan Tolak Angin Antangin
Kelebihan -Mampu meningkatkan daya tahan tubuh -Memiliki berbagai jenis bentuk -Bebas kandungan gula-Harga lebih murah -Menghangatkan tubuh -Ampuh mengatasi mual
Kekurangan -Dapat mengakibatkan gangguan -Tidak aman untuk ibu hamil -Rasanya agak pedas -Tidak cocok untuk pasien hipersensitif

Kesimpulan

Dari perbandingan mengenai produk obat masuk angin merk Tolak Angin dan Antangin diatas dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan tentu kedua obat ini memiliki efek samping yang dimana ketika pengkonsumsinya meminum ini akan mengakibatkan gejala-gejala tertentu. Oleh karena itu ada baiknya sebelum mengkonsumsi Anda perhatikan komposisi dan efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsinya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tolak Angin vs Antangin

VS

 

Leave a Reply