Parenting

Pilih Mana: Tommee Tippee atau Pigeon?

Tommee Tippee dan Pigeon adalah merek yang terkenal dengan perlengkapan bayi dengan kualitasnya yang sangat bagik membuat kedua merek ini banyak diminati para ibu. Salah satu perlengkapan bayi yang sering dicari oleh para ibu dari kedua merek yaitu botol susu untuk bayi.

Botol susu Tommee Tippee dan Pigeon memiliki kualitas yang tinggi dan sudah terkenal di pasaran sehingga mudah untuk kamu dapatkan. Tetapi dari keduanya manakah yang lebih baik? Pada artikel kali ini kamu bisa mendapatkan jawabannya. Jadi, pastikan kamu membaca sampai habis ya. Selamat membaca.

Tommee Tippee

Botol susu Tommee Tippee adalah merupakan salah satu botol susu yang paling banyak dicari oleh para ibu dikarenakan memiliki kualitas baik, aman untuk si kecil, dan memiliki varian model yang unik. Memiliki bentuk dot unik brand botol susu terbaik satu ini lebih memudahkan bayi untuk beradaptasi dengan botol susu.

Botol susu terbuat dari bahan Polypropylene dan bebas dari bahan berbahaya seperti Bisphenol A (BPA) dan dilengkapi teknologi advanced easy vent untuk memudahkan bayi menghisap susu, nipple yang fleksibel sehingga air susu tetap bisa mengalir walaupun dot terlipat, dan teknologi anti colic yang mampu mengurangi gas.

Botol susu Tommee Tippee banyak mendapatkan berbagai penghargaan seperti I’m pregnant! Magazine (my best buy), Mother and Baby Awards 2006 dan 2007 GOLD (kategori best feeding 0-6 months), Parenting Awards 2007, Baby andPregnancy (reader awards editor’s award). Baca juga Pilih Mana: Tommee Tippee atau Comotomo?

Kelebihan Tommee Tippee

  • Dot lentur dan nyaman
    Memiliki bentuk dan tekstur nippe yang lentur dan hangat, sehingga menyerupai payudara sang ibu serta memberikan kenyamanan ekstra bagi anak. Terbuat dari bahan silikon yang lembut dengan aliran dot yang lancar dan memiliki katup yang super sensitif. Sehingga membuat susu tidak tumpah saat dot digunakan.
  • Desain dan varian warna botol menarik
    Desain pada botol susu Tommee Tippee mempermudah bayi saat menggenggamnya, begitu pula untuk ibu. Varian warna yang unik pun juga terdapat pada botol susu. Sehingga menambah ketertarikan bayi untuk meminumnya.
  • Adanya teknologi easi vent dan bahan botol aman
    Teknologi ini sangat mempermudah bayi menghisap susu karena adanya ventilasi udara. Menambah kenyamanan sang bayi sehingga juga dapat meminimalisir adanya kolik dan juga Aman digunakan karena menggunakan bahan botol yang terbuat dari Polypropylene (PP), sehingga bebas Bisphenol A (BPA).

Kekurangan Tommee Tippee

  • Ukuran besar tidak travel friendly
    Bentuk yang besar terkadang menyusahkan jika ingin menggunakan untuk dibawa travel, lebih baik ukuran yang kecil tetapi masih saja bentuknya lebar. Tommee Tippee tidak muat dan juga boros tempat ketika dimasukkan ke dalam alat steril.
  • Dotnya tidak bisa diganti merek lain
    Kekurangan lainnya jika ingin ganti dot harus merek Tommee Tippee dan tidak bisa merek lain (harga lumayan mahal jika dibandingkan Pigeon).
  • Harga yang mahal
    Jika dibandingkan dengan pesaingnya botol susu atau dot bayi Pigeon harga dari botol susu Tommee Tippee ini memiliki harga yang jauh lebih mahal. Tetapi dengan harga yang mahal ini kualitasnya sangat terjamin.
Varian Botol Susu Tommee TippeeKeteranganHarga (per September 2019)
Tommee Tippee Breast Milk Pouch BottleBotol susu yang dapat dipasang dengan kantung penyimpanan ASI Express and Go tanpa perlu memindahkan ASI, sehingga Ibu dapat menyusui secara langsung dengan kantung penyimpanan ASI melalui dot Closer to Nature yang terdapat dengan botol Keunggulan Bentuk badan botol ergonomis dan mudah digenggam. Rp. 115.000 ukuran 180 ML
Tommee Tippee CTN Berikan kemudahan pada si kecil ketika meminum susu favoritnya menggunakan Tommee Tippee Closer To NatureRp. 260.000 ukuran 260 ML
Tommee Tippee TT-01-043 CTN Bottle Botol susu berbahan berkualitas dengan teknologi ventilasi untuk anti colic advanced sehingga tidak tersedak, muntah, infeksi telinga, dan menjaga agar bayi tidak kembung.Rp. 204.000 ukuran 260 ML

Pigeon

Pigeon didirikan oleh Yuichi Nakata pada tahun 1957 dengan tujuan memenuhi kebutuhan para ibu di seluruh dunia dengan memproduksi produk berkualitas, tahan lama dan ramah digunakan. Produknya banyak digunakan para ibu lantaran harganya yang cukup terjangkau, mudah ditemukan, serta memiliki berbagai varian dan desain dot.

Botol susu Pigeon ini botol susu yang dilengkapi dengan dot ekstra lembut dan ultra soft silicone (Peristaltic) nipple. Terbuat dari bahan Polypropylene yang kuat, ringan, dan tidak mengandung BPA juga botol susu bayi ini juga dilengkapi regulator untuk mencegah bayi tersedak saat minum.

Kelebihan Pigeon

  • Adanya sistem ventilasi udara
    Botol susu dari Pigeon juga dibekali dengan sistem ventilasi udara yang mampu meminimalisir masuknya udara ketika bayi menyusu, sehingga sang bayi dapat minum susu dengan nyaman dan aman.

  • Bahan botol susu yang aman dan mudah digenggam
    Pigeon ini botol susu yang dilengkapi dengan dot ekstra lembut dan ultra soft silicone (Peristaltic) nipple. Terbuat dari bahan Polypropylene yang kuat, ringan, dan tidak mengandung BPA, juga botol ini mudah untuk digenggam oleh bayi.
  • Harga yang terjangkau
    Kelebihan botol susu lainnya dari Pigeon ini adalah botol susu ini yang memiliki harga yang cukup terjangkau perihal ini jika dibandingkan dengan Tommee Tippee yang memiliki harga cukup tinggi.

Kekurangan Pigeon

  • Kurang menjadi pilihan
    Jika dibandingkan dengan Tommee Tippee botol susu ini kurang menjadi pilihan para ibu jika memang para ibu memikirkan kualitas botol susu untuk anak. Tetapi banyaknya ibu yang memilih ini hanya karena harga yang terjangkau.
  • Kualitas sering diragukan
    Untuk kualitas memang sebenarnya botol susu Pigeon ini sudah memiliki kualitas yang cukup baik sama halnya dengan Tommee Tippee. Tetapi tetap saja para ibu yang sangat memikirkan kualitas botol susu Pigeon ini sering diragukan kualitasnya. 
  • Nipple atau dot mudah tersobek
    Meski lembut dan kenyal, namun nipple pada botol susu Pigeon sangat mudah robek, terutama bagi anak yang baru tumbuh gigi. Mereka biasanya gemar menggigit dan menyebabkannya nipple robek. Sehingga, ibu memerlukan nipple cadangan sebagai penggantinya.
Varian Botol Susu PigeonKeteranganHarga (per September 2019)
Botol Susu Pigeon BPA FreeBotol susu ini yang memiliki harga yang sangat murah dan mudah untuk kau dapatkan. Dengan adanya label BPA free pada kemasan lua botol membuat daya tarik bagi para ibu.Rp. 25.000 ukuran 240 ML
Pigeon Bottle StandardAdanya regulator susu digunakan untuk mengatur aliran susu agar sesuai dengan irama isapan bayi, mencegah agar bayi tidak tersedak. Dibuat dari bahan Polypropylene, yang kuat, ringan, dantidakmengandung Bisphenol-A (BPA) Rp. 30.000 ukuran 240 ML
Pigeon Botol Wide NeckTerbuat dari bahan PP (Polypropylene) yang tidak mengandung BPA (Bisphenol-A). Dilengkapi dengan Ultra Soft Silicone (Peristaltic) nipple. Memiliki banyak varian warna. Rp. 60.000 ukuran 160 ML
Lihat juga:  Pilih Mana: Herbs Of Gold atau Blackmores Pregnancy?

Tips Membersihkan Botol Susu Anak

  • Cuci tangan kamu sebelum memegang botol susu
    Hal yang pertama harus kamu perhatikan adalah kamu harus mencuci tangan kamu dengan sabun terlebih dahulu. Hal itu agar kuman pada tangan kamu tidak menempel dan tidak membuat botol susu pada bayi menjadi kotor.
  • Lepaskan semua bagian botol susu
    Kedua kamu harus lepaskan seluruh bagian dari botol susu dan tuangkan sedikit cairan pembersih pada setiap bagian botol susu. Kemudian tambahkan sedikit air agar mempermudah proses pencucian ini. Kamu juga perlu ketahui bahwa cairan pembersih yang digunakan adalah cairan pembersih khusus.
  • Mulai dari bagian dasar botol
    Bersihkan botol, dimulai dari membersihkan bagian dasar botol susu dengan menggunakan sikat yang berbulu halus, dengan gerakan yang memutar. Kemudian bersihkan sisi-sisi botol dengan menggerakkan sikat dengan gerakkan naik turun. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan bagian bibir botol. Jika diperlukan, gunakan sikat kecil yang dapat menjangkau setiap celah dari tutup botol agar bisa lebih detail dan terjangkau semua secara penuh.

  • Bersihkan bagian dot
    Setelah selesai membersihkan bagian badan botol, selanjutnya bisa dengan membersihkan bagian dot. Untuk membersihkan bagian dot ini gunakanlah sikat yang kecil agar dapat menjangkau seluruh bagian dari gelang dot ini, terutama di bagian dalam dot yang yang terkadang sering terlupakan. Lalu, bersihkan dot dengan sikat yang sama. Pada tahap ini pastikan tidak ada bekas atau sisa susu yang tertinggal. Karena sisa susu akan mendatangkan bakteri.
  • Bilas hingga bersih dan lakukan pensterilan
    Bilas hingga bersih semua bagian botol yang sudah diberi sabun tadi dengan menggunakan air keran yang mengalir. Ingat, jangan biasakan membilas dengan cara merendam botol di dalam air pada wadah tertentu. Karena hal tersebut akan menyebabkan kotoran akan menempel lagi di botol yang sudah dibersihkan.
Pensterilan dilakukan dengan cara mendidihkan air dalam panci, kemudian matikan api dan diamkan setiap bagian botol di dalam panci selama kurang lebih 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, gunakan air mineral sebagai air rebusan. Hal dikarenakan kualitas air keran di setiap rumah berbeda-beda, sehingga lebih baik menggunakan air mineral. Kamu juga bisa menggunakan alat sterilisator untuk mendapatkan air yang bersih.
  • Keringkan dan simpan tempat bersih
    Keringkan botol beserta kelengkapannya dengan menggunakan handuk yang bersih atau sediakan lap khusus untuk membersihkan botol susu. Akan lebih baik jika lap pembersih untuk botol susu dibedakan dengan lap-lap lainnya.
Simpanlan botol dalam wadah plastik bersih. Jangan biarkan botol terendam terlalu lama, apalagi jika airnya kembali dingin. Karena hal ini akan membuat proses pensterilan menjadi sia-sia atau tidak ada gunanya. Kuman-kuman akan kembali menempel pada botol ini, kemudian simpanlah botol yang sudah bersih ke tempat yang bersih, dengan tidak mudah ditemukan debu diantara botol-botol tersebut.

Pilih Mana: Tommee Tippee atau Pigeon?

Tommee TippeePigeon
Kelebihan- Dot lentur dan nyaman - Desain dan varian warna botol menarik - Adanya teknologi easi vent dan bahan botol aman - Adanya sistem ventilasi udara - Bahan botol susu yang aman dan mudah digenggam - Harga yang terjangkau
Kekurangan- Ukuran besar tidak travel friendly - Dotnya tidak bisa diganti merek lain - Harga yang mahal - Kurang menjadi pilihan - Kualitas sering diragukan - Nipple atau dot mudah tersobek

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai botol susu Tommee Tippee dan Pigeon keduanya memiliki kelebiihan dan kekurangannya masing-masing. Dari segi kualitas keduanya memiliki kualitas yang cukup baik, tetapi banyaknya orang yang lebih memilih Tommee Tippe dibandingkan dengan Pigeon hal ini karena kualitas dari Pigeon untuk botol susunya masih diragukan. Untuk memilih botol susu harus yang cocok untuk bayi ya perhatikan saat bayi sedang meminum susunya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tommee Tippee vs Pigeon

VS

Leave a Reply