FashionTrends

Pilih Mana: TOMS atau Wakai?

Sepatu saat ini menjadi aksesoris yang paling digandrungi oleh beberapa orang khususnya kaum muda. Model dan varian yang dimiliki oleh sepatu jaman sekarang menjadi daya tarik tersendiri agar orang tertarik, seperti halnya TOMS dan Wakai.

TOMS dan Wakai sendiri terkenal akan sepatu slip-on nya dengan memakai bahan yang bermacam-macam. Varian dari kedua sepatu ini pun cukup banyak sehingga bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kamu.

Bagaimana dengan kelebihan serta kekurangan dari kedua merk sepatu terkenal ini? Apa saja rekomendasi dari kedua sepatu ini? Semua itu akan dibahas lebih dalam melalui artikel ini. Disini aja ya!

TOMS

TOMS Shoes didirikan oleh Blake Mycoskie di Santa Monica, California, pada tahun 2006. Ide tindakan filantropi TOMS Shoes muncul setelah Mycoskie bertandang ke Argentina, khususnya di wilayah miskin negerinya pesebak bola kondang Maradona tersebut.

Mycoskie terketuk hatinya melihat anak-anak di kawasan miskin yang tidak bersepatu. Ia juga kemudian bekerjasama dengan produsen sepatu lokal untuk membuat TOMS Shoes.

TOMS merupakan salah satu merek yang banyak mendapat apresiasi atas inisiatifnya dalam menjual produk sekaligus berfilantropi. Untuk setiap sepatu yang terjual, satu sepatu diberikan kepada anak yang tidak mampu. Menurut Time, sejak dibentuk 2006 lalu, TOMS sudah mendonasikan lebih dari 10 juta pasang sepatu.

Dengan segala kemajuan yang diperoleh TOMS, saat ini perusahaan tersebut berencana untuk mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi. Bila saat ini sepatu-sepatu TOMS diproduksi di Ethiopia, Kenya, Argentina serta China, perusahaan ini berencana untuk merambah beberapa wilayah Afrika, India, dan Haiti. Strategi ini juga untuk lebih mendekatkan TOMS dengan wilayah yang menjadi target filantropinya.

Produk sepatu TOMS merupakan produk sepatu yang khas, trendy, dan nyaman dipakai. Tidak hanya sepatu, TOMS juga mendonasikan perawatan mata untuk setiap kacamata yang terjual. Bentuknya bisa dalam bentuk resep kacamata atau perawatan medis untuk mata. Baca juga Pilih Mana: Sneakers atau Boots?

Kelebihan TOMS

  • Bisa dipakai pria maupun wanita
    Kelebihan pertama yang dimiliki sepatu TOMS yaitu varian nya tersedia untuk pria maupun wanita. Jadi kamu tidak perlu khawatir tidak bisa memakai sepatu ini karena memang dibuat unisex.
  • Bentuk yang unik
    Kelebihan selanjutnya yaitu bentuknya yang unik. TOMS sendiri terkenal dengan sepatu slip-on nya yang mendunia. Banyak artis dunia yang menggunakan sepatu TOMS ini karena memiliki bentuk yang unik dan nyaman digunakan.
  • Harga terjangkau
    Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh TOMS yaitu harganya yang terjangkau. Sehingga sesuai buat kantong para anak muda yang menginginkan sepatu unik dan simple seperti TOMS ini.

Kekurangan TOMS

  • Gerai resmi masih sedikit
    Kekurangan pertama yang dimiliki TOMS yaitu gerai resmi nya yang masih sedikit di seluruh Indonesia. Namun jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan produk ini di toko resmi nya via online.
  • Bahan yang dipakai masih kurang baik
    Kekurangan selanjutnya yaitu bahan yang dipakai oleh sebagian sepatu TOMS dirasa kurang baik. Beberapa review pemakai nya menyebutkan bahan sepatu TOMS sendiri kurang awet sehingga diperlukan perawatan yang rutin.
  • Varian kurang banyak
    Kekurangan terakhir yang dimiliki TOMS yaitu varian nya yang kurang banyak. Sebagai sepatu yang terkenal, TOMS sendiri dirasa hanya menonjolkan varian slip on nya ketimbang varian lainnya.

Rekomendasi TOMS

TOMS Del Rey Leather
TOMS Del Rey Leather merupakan sepatu kets atau sneakers wanita yang memakai bahan kulit sebagai material utama. Sepatu ini mempunyai desain yang istimewa, sehingga bisa membuat kamu stand out di depan publik.

TOMS Optic
TOMS Optic merupakan jenis sepatu slip on yang paling sering dicari oleh banyak orang. Tidak hanya kenyamanan yang menjadi modal utama, desainnya yang simpel dengan pilihan warnanya, sanggup menghasilkan gaya terbaik untuk penggunanya.

TOMS Paseo Mid Sneakers
Dengan memakai TOMS Paseo, kamu akan tampak semakin stylish. Berbahan dasar kanvas, sepatu jenis mid sneakers dengan rubber sole ini mengambil model dasar dari chukka yang modis namun tahan lama.

Spesifikasi TOMS Keterangan
AsalCalifornia
Tahun diciptakan2006
Rata-rata harga Rp 200.000 - Rp 486.000,- per Oktober 2019

Wakai

Nuansa Jepang yang dihadirkan pada setiap desain serta gerai sepatu Wakai sering membuat masyarakat menyangka merek fesyen itu berasal dari Negeri Sakura. Terlebih nama Wakai memakai bahasa Jepang yang berarti anak muda. Padahal, Wakai merupakan salah satu brand asli Indonesia.

Strategi bisnis dengan mengangkat spirit of Japan pada brand sepatu ini nyatanya sukses menjadikan Wakai sebagai tren serta langsung diterima masyarakat sejak kali pertama hadir pada 2012.

Wakai secara konsisten menjaga kualitas serta kualitas pada setiap pengembangan produk. Desainernya juga senantiasa menghadirkan produk dengan desain khas yang terinspirasi dari Jepang.

Saat ini sudah banyak gerai resmi Wakai yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi kamu tidak perlu bingung lagi kala ingin mendapatkan sepatu ini. Senantiasa teliti dan pastikan membeli produk original dari Wakai ya guys.

Lihat juga:  Pilih Mana: Polygon atau Mosso?

Kelebihan Wakai

  • Nyaman dikenakan
    Wakai menawarkan kenyamanan untuk penggunanya. Sol yang datar dari bahan karet cukup menunjang aktivitas kasual kamu. Sol datar ini akan nyaman digunakan berjalan-jalan sebab tidak membuat kaki cepat capek.
  • Brand lokal, sentuhan Jepang
    Memang ada sentuhan orang Jepang kala mengonsep desainnya. Pemakaian nama Wakai juga karena pengaruh serta sentuhan para desainer asal Jepang. Akan tetapi, dari mulai konsep sampai produksi dilakukan di Indonesia. Jadi, Wakai merupakan produk asli Indonesia yang mendapat sentuhan ala Jepang. Bukan made in Jepang.
  • Digemari para traveller
    Berkat kenyamanan yang diberikan sepatu Wakai, para traveler yang pasti sering berjalan kaki amat menyukai sepatu ini. Sepatu yang ringan tapi mampu melindungi kaki saat melakukan perjalanan pasti akan dipilih para traveler. Inilah yang membuat Wakai disukai mereka yang senang bepergian.

Kekurangan Wakai

  • Harga mahal
    Harga yang mahal tentu tersemat dalam produksi buatan Indonesia ini mengingat kualitas nya yang baik dan tahan lama. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas sepatu ini ya guys.
  • Resiko barang palsu
    Wakai sendiri sekarang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Tentu saja hal ini membuka peluang untuk para oknum membuat sepatu Wakai palsu. Senantiasa dapatkan sepatu ini di gerai resminya dan teliti dalam memilih.
  • Warnanya cepat pudar
    Menurut beberapa review dari para penggunanya menyebutkan Wakai memiliki warna yang cepat pudar ketika sering terkena sinar matahari atau cara mencuci yang kurang baik.

Rekomendasi Wakai

Wakai Atsui CW01701
Berbeda dengan sepatu Wakai pada umumnya yang menggunakan beberapa warna dalam satu desain sepatu, Wakai Atsui justru memilih satu warna hitam saja. Namun demikian sepatu ini senantiasa menarik dipakai, khususnya untuk para wanita.

Wakai Shirouma BSM11307
Wakai tidak hanya membuat sepatu dengan model slip on dan berbahan kanvas. Buktinya ada juga seri sepatu Wakai dengan model boot dengan bahan yang kokoh. Sepatu ini sangat khas dengan aktivitas outdoor yang kental.

Wakai Akemi CM11503
Warna navy dengan sentuhan warna hijau membuat sepatu Wakai ini cukup menarik untuk kamu miliki. Terlebih ada sentuhan kecil warna kuning di bagian atas sepatu. Dengan material kanvas yang berkualitas membuat sepatu ini nyaman dipakai kapan saja.

Spesifikasi WakaiKeterangan
AsalIndonesia
Tahun diciptakan2012
Rata-rata harga Rp 384.000 - Rp 729.000,- per Oktober 2019

Tips merawat sepatu agar bersih dan awet

Sepatu yang bersih dan terawat akan menjadi kebanggaan tersendiri dalam memakainya. Untuk itu berikut beberapa tips merawat sepatu kamu agar senantiasa bersih dan awet tahan lama.

  1. Simpan di area yang kering
    Pilih area penyimpanan sepatu dengan cermat. Jangan sampai kamu menyimpan sepatu di area yang lembab serta basah, itu akan mempengaruhi performa sepatu kamu. Pilihlah di area yang kering dengan suhu yang stabil. Jejerkan dengan rapi dan jangan lupa sebar kamper di area tersebut supaya bebas jamur atau kecoa.
  2. Pisahkan kaus kaki dari sepatu bila tidak dipakai
    Ketika sepatu sedang dalam keadaan tidak dipakai jangan dibiasakan memasukan kaus kaki bau kamu ke dalam sepatu. Perihal ini bertujuan supaya bagian dalam sepatu kamu tidak tercemar bakteri serta bau jahat yang bersarang di kaus kaki yang kamu pakai.
  3. Bersihkan secara rutin
    Senantiasa bersihkan sepatumu secara teratur dan konsisten. Perihal ini bertujuan supaya sepatu kamu senantiasa terlihat seperti baru. Bersihkan memakai lap kering setiap kali kamu mau memakainya untuk beraktivitas. Perihal ini bertujuan untuk menghilangkan debu yang bersemayam di sepatumu.
  4. Gunakan sepatumu dalam kondisi kaki kering
    Senantiasa keringkan terlebih dahulu bagian kaki kamu sebelum memakai sepatu, jangan sampai saat kondisi basah kamu langsung pakai. Perihal itu akan menimbulkan bagian dalam sepatu kamu jadi bau dan kempes, bahkan bisa-bisa sepatu kamu berubah bentuknya.

Pilih Mana: TOMS atau Wakai?

TOMS Wakai
Kelebihan- Bisa dipakai pria maupun wanita - Bentuk yang unik - Harga terjangkau - Nyaman dikenakan - Brand lokal, sentuhan Jepang - Digemari para traveller
Kekurangan- Gerai resmi masih sedikit - Bahan yang dipakai masih kurang baik - Varian kurang banyak - Harga mahal - Resiko barang palsu - Warnanya cepat pudar

Kesimpulan

Baik TOMS atau Wakai sama-sama menjadi sepatu andalan para kaum muda yang menginginkan kesan unik dan menarik. Namun saya lebih merekomendasikan Wakai sebagai sepatu andalan kamu karena produksi dalam negeri dan varian nya yang menarik meskipun memiliki harga yang cukup tinggi. Tentukan sepatu andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TOMS vs Wakai

VS

Leave a Reply