Kendaraan

Pilih Mana: Toyota 86 atau Civic Turbo?

Memiliki mobil sepertinya memang menjadi banyak impian semua orang, dan untuk pemilihan mobil memang tidak terlepas dari spesifikasi yang dimiliki mobil itu sendiri. Banyak merek mobil yang bisa menjadi pilihan kamu.

Seperti mobil Toyota 86 dan Civic Turbo keduanya adalah mobil yang baru-baru ini menjadi banyak pilihan orang. Bagaimana spesifikasi mobil ini? Pada artikel ini akan membahas mengenai kedua mobil tersebut.

Toyota 86

Toyota 86 adalah mobil sport Coupe berukuran kompak hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Mobil ini disebut Toyota GT-86 di Eropa, atau Scion FR-S di Amerika Serikat, dan dijual oleh Subaru sebagai Subaru BRZ. Ini merupakan mobil sport pertama yang resmi dijual oleh PT Toyota Astra Motor. Baca juga Pilih Mana: Honda Crv atau Hrv?

Nama 86 juga digunakan di Australia dimana tersedia dalam model grade GT dan GT-S. Dapat dibilang mobil Toyota 86 merupakan mobil sport termurah di Indonesia. Teruji mobil ini sukses besar menarik minat pecinta otomotif di seluruh Indonesia, terutama untuk mereka yang menginginkan sebuah mobil sedan bergaya sporty.

Untuk kamu pecinta otomotif tentunya tidak meragukan kapasitas Toyota dalam merancang sebuah mobil. Apalagi mobil yang mereka rancang tergolong mobil mewah, pastinya Toyota memberikan teknologi terbaiknya untuk mendesain mobil tersebut.

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli mobil ini, dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai kecanggihan mesin, desain yang bagus, dan fitur-fitur yang dimiliki Toyota 86, kamu bisa membaca spesifikasi di bawah ini.

Spesifikasi Toyota 86

Desain
Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.240 milimeter, lebar 1.775 milimeter, kemudian tinggi 1.285 milimeter. Lalu jarak sumbu roda yang dimilikinya berukuran 2570 milimeter dan mempunyai jarak pijak depan 1.520 dan belakang 1.540, sehingga membuatnya mempunyai desain yang tergolong sangat nyaman.

Siap menunjang teman otomotif untuk bermanuver dengan cara maksimal memakai mobil sport ini. Menariknya lagi, Toyota 86 sudah dilengkapi chasis khusus yang didesain untuk menciptakan kenyamanan berkendara secara maksimal di balik kemudi dengan sistem transmisi 6 percepatan manual atau otomatis.

Mesin
Toyota 86 automatic yang sama- sama dilengkapi sistem tramisis 6 percepat, dan mengusung mesin 16 valve dengan teknologi DOHC D-4S Boxer, dan mengusung 4 silinder garis yang mempunyai kapasitas 1.998 cc. Perpaduan mesin canggih itu, sebanding dengan harga Toyota 86 yang tergolong sangat mahal.

Tidak hanya itu, kemampuan mesinnya juga terbukti mampu menciptakan daya maksimal mencapai 147 ps pada putaran mesin 7.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal yang dihasilkannya mencapai 6.600 rpm.

Fitur Rem
Namun yang paling mendapatkan perhatian adalah fitur keamanan, mengingat Toyota 86 merupakan mobil sport yang pastinya akan digeber habis- habisan pada kecepatan sangat tinggi.

Untuk itulah pihak Toyota menyediakan sistem pengereman berteknologi Anti Skid Brakes (ABS) pada semua roda Toyota 86. Selain itu, disediakan juga fitur Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Traction Control (TRC), serta teknologi Vehicle Stability Control (VSC).

TipeHarga Toyota 86
Toyota 86 Type V TRD A/T Rp. 713.600.000 (per Agustus 2019)
Toyota 86 Type V AERO A/T Rp. 703.100.000 (per Agustus 2019)
Toyota 86 Type V A/T Rp. 687.600.000 (per Agustus 2019)
Toyota 86 Type V M/TRp. 679.700.000 (per Agustus 2019)

Kelebihan Toyota 86

  • Desain Sporty
    Kelebihan yang pertama adalah desain yang sporty hal tersebut juga diperjelas dengan beberapa desain komponen eksteriornya seperti headlamp yg didesain dengan LED lamp, sehingga penerangan jalan menjadi lebih jelas dan tampak modern. Kemudian ada fog lamp yg didesain dengan desain baru, menjadikan penerangan tambahan untuk kamu pada saat berkendara malam hari menjadi lebih terlihat dengan jelas. Dan hal tersebut pastinya akan membuat kamu lebih merasa nyaman pada saat berkendara malam hari.
  • Mesin Handal
    Toyota 86 sudah dibenamkan mesin bertipe Boxer 4 silinder DOHC, mesin ini mampu memberikan output tenaga hingga 200 PS pada 7.000 RPM, dan torsi 20.9 kgm pada 6.600 rpm. Dengan adanya mesin berkapasitas besar ini akan membawa mobil ini dengan 6 kecepatan dan ini juga lebih gesit lagi dalam mengarungi jalanan dan arena balapan.
  • Banyak Pilihan Warna Eksterior
    Soal warna memang persoalan ketertarikan individu seseorang, tetapi Toyota 86 tetap memberikan pilihan bagi mereka yang menggemari warna-warna tertentu. Untuk warna, Toyota 86 memberikan 7 warna, mulai dari Orange Metallic, Crystal Black S, Crystal White Pearl, Dark Grey Metallic, Ice Silver Metallic, Blue Pearl, dan Pure Red.

Kekurangan Toyota 86

  • Harga Mahal
    Harga dari mobil ini memang terbilang sangat mahal, dari harga Toyota 86 terendah dan harga Toyota 86 tertinggi termasuk sangat mahal karena mobil ini termasuk mobil sport. Meski begitu mobil ini masih di bawah 1 Milyar.
  • Pajak Mahal
    Kekurangan Toyota 86 lainnya terdapat pada biaya pajak mobil, dimana biaya pajak mobil Toyota 86 ini tergolong tinggi, perihal tersebut pastinya sudah sangat wajar karena mobil Toyota 86 ini tergolong kedalam tipe mobil sport. Sehingga sudah dapat dipastikan jika biaya pajak Toyota 86 ini akan tinggi.
  • Sparepart dan Perawatan Mahal
    Karena memang harga mobil Toyota 86 yg tergolong tidak murah, ditambah dengan sparepart original yang digunakan juga mempunyai kualitas tinggi, sehingga sudah sangat wajar apabila harga sparepart dan perawatannya itu mahal.

Civic Turbo

Honda Civic Turbo merupakan salah satu jenis mobil sedan terbaru yang saat ini sudah diluncurkan oleh Honda, mobil ini juga didesain khusus dengan teknologi-teknologi canggih yang ada saat ini. Sehingga tidak heran jika performa dan penampilan mobil ini akan lebih keren dan juga lebih kuat dibandingkan dengan Honda Civic seri sebelumnya.

Untuk harga Honda Civic Turbo nampaknya akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan seri- seri Honda Civic sebelumnya. Hal ini dikarenakan tidak hanya memiliki performa yang lebih tangguh, mobil Honda Civic Turbo ini pula mempunyai tampilan desain body mobil yang lebih fresh dan lebih elegan.

Spesifikasi Civic Turbo

Desain
Dari desain yang kita lihat mobil Honda Civic Turbo ini memang tidak beda jauh dengan desain mobil Honda Civic seri sebelumnya. Tetapi generasi terbaru dari sedan Honda Civic ini memang menawarkan tampilan yang memberikan aura baru yang lebih modern, lebih elegan dan lebih sporty.

Tetapi jangan kaget apabila Harga Honda Civic Turbo kali ini akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga Honda Civic seri sebelumnya. Nah dilihat dari sektor depan Honda Civic Turbo ini menawarkan beberapa keunggulan yang akan membuat tampilan depan mobil ini makin keren dan mewah.

Di bagian ini juga terdapat sepasang headlamp yang sudah menggunakan lampu berteknologi HID Projector Light yang mampu memberikan pencahayaan yang lebih terang pada bagian depan mobil sedan ini membuat tampilan mobil ini menjadi lebih mewah dan elegan.

Mesin
Mobil sedan mewah garapan Honda ini juga dilengkapi dengan teknologi Direct Injection sebagai sistem bahan bakarnya, sehingga mobil ini mampu mengkonsumsi bahan bakar secara efisiensi. Dengan mesin 1.5 liter yang dibawanya dan perbandingan kompresi mesin sebesar 10.6:1.

Mempunyai diameter bore dan stroke yang masing- masing berukuran 73 mm x 86.5 mm, menjadikan mobil sedan mewah dengan nama Honda Civic Turbo ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 173 PS dengan putaran mesin mencapai 5.500 rpm. Untuk torsi maksimal yang dihasilkan juga sebesar 220 Nm dengan putaran 1.700-5.500 rpm.

Fitur Rem
Honda Civic Turbo ini telah dilengkapi dengan 2 buah jenis rem dimana pada bagian depan mobil Honda Civic ini telah dilengkapi dengan rem jenis Ventilated Disc yang mempunyai daya cengkram yang kuat.

Tidak hanya itu pada bagian belakang juga terpasang sistem pengereman yang cukup bagus dengan jenis rem tromol, dengan sistem pengereman yang cukup kuat dan juga handal pasti saja keselamatan dan juga kenyamanan berkendara kita menjadi lebih baik.

TipeHarga Civic Turbo
Honda Civic Turbo 1.5L ESRp. 480.000.000 (per Agustus 2019)
Honda Civic Turbo 1.5L PrestigeRp. 483.000.000 (per Agustus 2019)

Kelebihan Civic Turbo

  • Desain Eksterior yang Mewah
    Kelebihan honda civic turbo yang terbaru ini sudah pasti tampak pada bagian desain eksteriornya, karena desain eksterior honda civic turbo ini sudah dirancang dengan desain yang sangat modern dan juga sporty. Dimana hal tersebut bisa kamu lihat dari bagian grill depan yang didesain dengan desain baru, ditambah dengan penggunaan lampu utama yang sudah menggunakan Full LED dengan LED daytime running light.
  • Mesin yang Handal
    Seperti penjelasan di atas bahwa mesin mobil sedan mewah garapan Honda ini juga dilengkapi dengan teknologi Direct Injection sebagai sistem bahan bakarnya, sehingga mobil ini mampu mengkonsumsi bahan bakar secara efisiensi.
  • Fitur yang Lengkap
    Terdapat pada bagian fitur, dimana fitur-fitur yang disematkan ke dalam mobil honda ini tergolong sudah sangat lengkap. Dimana beberapa fitur tersebut diantaranya adalah fitur audio yg sudah didukung dengan teknologi layar sentuh dengan ukuran 7 inci yg sekaligus berfungsi sebagai monitor.

Kekurangan Civic Turbo

  • Harga Mahal
    Seperti banyak diketahui orang bahwa harga yang dijual dari Civic Turbo ini terbilang mahal, tetapi dengan begitu banyak juga yang menginginkan mobil desain sporty ini khususnya banyak orang dari kelas menengah ke atas.
  • Tidak Ada Pengaturan AC Baris Kedua
    Tidak ada pengaturan AC untuk kursi baris kedua. Sehingga para pengguna baris kedua hanya dapat menikmati AC melalui pengaturan yang berada pada dashboard, tanpa dapat mengatur sendiri suhu AC yang diinginkan.
  • Suara Bising Saat Kecepatan Penuh
    Pada bagian mesin, dimana mesin Honda Civic akan mengeluarkan suara yang sangat bising ketika kecepatannya sudah tinggi atau hampir maksimal dan hal tersebut pastinya akan membuat para pengguna sedikit merasa kurang nyaman dengan suara mesin yang dihasilkan oleh mobil sedan Honda Civic turbo itu.

Pilih Mana: Toyota 86 atau Civic Turbo?

Toyota 86Civic Turbo
Kelebihan - Desain yang sporty - Mesin yang handal - Banyak pilihan warna- Desain eksterior yang mewah - Mesin yang tangguh - Fitur yang lengkap dan canggih
Kekurangan- Harga sangat mahal - Biaya pajak yang tinggi - Perawatan yang harus mengeluarkan biaya tinggi- Harga yang mahal - Tidak ada AC pada bari kedua - Suara bising saat mengendarai kecepatan penuh

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai mobil Toyota 86 dan Civic Turbo keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga keduanya memiliki harga yang mahal. Untuk pemilihan mobil sebenarnya hanya kamu sesuaikan dengan selera dan tentunya budget kamu ya guys. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota 86 vs Civic Turbo

VS

Leave a Reply