Kendaraan

Pilih Mana: Toyota 86 atau Subaru BRZ?

Mobil sport pada zaman sekarang ini sudah banyak menjadi andalan untuk orang apalagi untuk di kalangan kelas menengah keatas. Banyak merek mobil sport yang bisa menjadi pilihan untuk kamu dengan kualitas yang baik dan bagus.

Seperti monil merek Toyota 86 dan Subaru BRZ, bagi kamu pecinta mobil sport pasti tidak asing lagi mendengar kedua mobil sport ini. Kedua mobil sport ini memiliki fitur yang mumpuni dan harga yang masih dibawah 1 Milyar.

Nah, agar kamu lebih mengetahui mengenai mobil Toyota 86 dan Subaru BRZ. Pada penjelasan kali ini akan membahas mengenai spesifikasi dan kelebihan juga kekurangan dari Toyota 86 dan Subaru BRZ. Langsung saja baca artikel bawah ini.

Toyota 86

Toyota 86 adalah mobil sport Coupe berukuran kompak hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru. Mobil ini disebut Toyota GT-86 di Eropa, atau Scion FR-S di Amerika Serikat, dan dijual oleh Subaru sebagai Subaru BRZ. Ini merupakan mobil sport pertama yang resmi dijual oleh PT Toyota Astra Motor.

Nama 86 juga digunakan di Australia dimana tersedia dalam model grade GT dan GT-S. Dapat dibilang mobil Toyota 86 merupakan mobil sport termurah di Indonesia. Teruji mobil ini sukses besar menarik minat pecinta otomotif di seluruh Indonesia, terutama untuk mereka yang menginginkan sebuah mobil sedan bergaya sporty.

Untuk kamu pecinta otomotif tentunya tidak meragukan kapasitas Toyota dalam merancang sebuah mobil. Apalagi mobil yang mereka rancang tergolong mobil mewah, pastinya Toyota memberikan teknologi terbaiknya untuk mendesain mobil tersebut. 

Dan bagi kamu yang tertarik untuk membeli mobil ini, dan ingin mengetahui lebih dalam mengenai kecanggihan mesin yang diusung oleh Toyota 86 ini, desain yang bagus, dan fitur-fitur yang dimiliki Toyota 86, kamu bisa membaca spesifikasi di bawah ini. Baca juga Pilih Mana: Toyota Harrier atau Lexus RX?

Spesifikasi Toyota 86

Desain
Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.240 milimeter, lebar 1.775 milimeter, kemudian tinggi 1.285 milimeter. Lalu jarak sumbu roda yang dimilikinya berukuran 2570 milimeter dan mempunyai jarak pijak depan 1.520 dan belakang 1.540, sehingga membuatnya mempunyai desain yang tergolong sangat nyaman.

Siap menunjang teman otomotif untuk bermanuver dengan cara maksimal memakai mobil sport ini. Menariknya lagi, Toyota 86 sudah dilengkapi chasis khusus yang didesain untuk menciptakan kenyamanan berkendara secara maksimal di balik kemudi dengan sistem transmisi 6 percepatan manual atau otomatis.

Mesin
Toyota 86 automatic yang sama- sama dilengkapi sistem tramisis 6 percepat, dan mengusung mesin 16 valve dengan teknologi DOHC D-4S Boxer, dan mengusung 4 silinder garis yang mempunyai kapasitas 1.998 cc. Perpaduan mesin canggih itu, sebanding dengan harga Toyota 86 yang tergolong sangat mahal.

Tidak hanya itu, pada kemampuan mesinnya juga terbukti mampu menciptakan daya maksimal mencapai 147 ps pada putaran mesin 7.000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal yang dihasilkannya mencapai 6.600 rpm.

Fitur Keamanan
Pada bagian interior juga sudah disediakan airbag pada sisi depan dan sisi sisi, alhasil keamanan pengendaranya dapat terpelihara dengan cara maksimum kala terjalin hantaman yang bukan diinginkan.

Sabuk pengaman dengan teknologi force limiter dan juga penambahan kursi khusus untuk penumpang anak kecil. Tidak ketinggalan remote control khusus untuk membuka pintu dengan teknologi immobiliser juga dimiliki mobil sport ciptaan Toyota tersebut. 
Tipe MobilHarga
Toyota 86 Type V TRD A/TRp. 713.600.000 (per Agustus 2019)
Toyota 86 Type V AERO A/TRp. 703.100.000 (per Agustus 2019)
Toyota 86 Type V A/T Rp. 687.600.000 (per Agustus 2019)
Toyota 86 Type V M/T Rp. 679.700.000 (per Agustus 2019)

Kelebihan Toyota 86

  • Desain Sporty
    Kelebihan yang pertama adalah desain yang sporty hal tersebut juga diperjelas dengan beberapa desain komponen eksteriornya seperti headlamp yg didesain dengan LED lamp, sehingga penerangan jalan menjadi lebih jelas dan tampak modern. Kemudian ada fog lamp yg didesain dengan desain baru, menjadikan penerangan tambahan untuk kamu pada saat berkendara malam hari menjadi lebih terlihat dengan jelas. Dan hal tersebut pastinya akan membuat kamu lebih merasa nyaman pada saat berkendara malam hari.
  • Mesin Handal
    Toyota 86 sudah dibenamkan mesin bertipe Boxer 4 silinder DOHC, mesin ini mampu memberikan output tenaga hingga 200 PS pada 7.000 RPM, dan torsi 20.9 kgm pada 6.600 rpm. Dengan adanya mesin berkapasitas besar ini akan membawa mobil ini dengan 6 kecepatan dan ini juga lebih gesit lagi dalam mengarungi jalanan dan arena balapan.
  • Banyak Pilihan Warna Eksterior
    Soal warna memang persoalan ketertarikan individu seseorang, tetapi Toyota 86 tetap memberikan pilihan bagi mereka yang menggemari warna-warna tertentu. Untuk warna, Toyota 86 memberikan 7 warna, mulai dari Orange Metallic, Crystal Black S, Crystal White Pearl, Dark Grey Metallic, Ice Silver Metallic, Blue Pearl, dan Pure Red.

Kekurangan Toyota 86

  • Harga Mahal
    Harga dari mobil ini memang terbilang sangat mahal, dari harga Toyota 86 terendah dan harga Toyota 86 tertinggi termasuk sangat mahal karena mobil ini termasuk mobil sport. Meski begitu mobil ini masih di bawah 1 Milyar.
  • Pajak Mahal
    Kekurangan Toyota 86 lainnya terdapat pada biaya pajak mobil, dimana biaya pajak mobil Toyota 86 ini tergolong tinggi, perihal tersebut pastinya sudah sangat wajar karena mobil Toyota 86 ini tergolong kedalam tipe mobil sport. Sehingga sudah dapat dipastikan jika biaya pajak Toyota 86 ini akan tinggi.
  • Sparepart dan Perawatan Mahal
    Karena memang harga mobil Toyota 86 yg tergolong tidak murah, ditambah dengan sparepart original yang digunakan juga mempunyai kualitas tinggi, sehingga sudah sangat wajar apabila harga sparepart dan perawatannya itu mahal.

Subaru BRZ

Subaru BRZ merupakan salah satu mobil yang telah diciptakan oleh subaru, mobil dengan model coupe merupakan menjadi salah satu mobil andalan dari Subaru. Pada desain Subaru BRZ memang sekilat tidak berbeda dengan Toyota 86.

Kedua mobil tersebut merupakan hasil kerja sama antara kedua produsen dan hasilnya yaitu terciptanya Subaru BRZ. Jadi kamu tidak perlu heran apabila desain yang dimiliki pada kedua tipe mobil tersebut hampir sama dan yang membedakannya hanya harganya saja.

Spesifikasi Subaru BRZ

Desain
Pada tampilan luarnya sangat elegan sekali, apalagi pada bagian depannya sudah ada headlamp sangat tajam sekali dan ada juga rear bumper yang terlihat lebih sporty. Tidak hanya tampilan luarnya saja, pada bagian interiornya juga terlihat sangat sporty.

Mempunyai desain berkonsep premium tentunya pihak dari Subaru sudah menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, baik itu pada bagian dashboardnya maupun juga tempat duduknya yang berbahan kulit yang berkualitas terbaik dan nyaman.

Mesin Canggih
Subaru BRZ sudah dibekali mesin bertipe DOHC 16-Valve, Horizontally-Opposed, 4-Cylinder, 4 Stroke, Petrol engine dengan kapasitas silinder sebesar 1.988 cc. Memiliki tipe mesin tersebut performa yang dihasilkan pada mesin itu mampu mencapai 147 kW (200 PS) pada putaran mesin 7.000 rpm.

Sedangkan untuk torsi yang dihasilkannya mampu mencapai 205 Nm (20.9 Kgmf) pada putaran mesin 6.400-6.600 rpm performa tersebut memang sangat luar biasa, terlebih Subaru BRZ sangat irit bahan bakar sehingga untuk kamu tidak perlu sering-sering untuk mengisi bahan bakarnya dan pastinya Subaru BRZ sudah lolos uji emisi Euro 3.

Fitur Keamanan
Keamanan dari Subaru BRZ, dengan diberikannya Brake Assist System, Immobilizer, SRS Front Airbags, Keyless Entry tentunya tingkat keamanan yang dimiliki subaru BRZ sangatlah besar, sehingga kamu akan merasa lebih nyaman dan tenaga apabila mobil diparkirkan.

Semua itu dilakukan untuk menjamin keamanan mobil, karena saat ini sudah ada banyak sekali angka kecelakan yang banyak dan terjadi pencurian-pencurian mobil, oleh karena itu Subaru sudah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tipe MobilHarga
Subaru BRZ 2.0i A/T Rp. 688.000.000 (per Agustus 2019)
Subaru BRZ 2.0i M/T Rp. 588.000.000 (per Agustus 2019)

Kelebihan Subaru BRZ

  • Mesin yang Mumpuni
    Seperti penjelasan di atas mengenai spesifikasi dari mesin Subaru BRZ, bahwa mobil ini memiliki kualitas mesin yang mumpuni. Sehingga kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan akan kualitasnya.
  • Desain yang Bagus
    Dari segi desain untuk mobil sporty ini Subaru BRZ memiliki desain yang sangat bagus, baik interior maupun eksterior. Memiliki desain berkonsep premium tentunya pihak dari Subaru telah menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.
  • Kualitas Fitur Handal
    Pada segi kualitas fitur-fitur untuk mobil Subaru BRZ ini, kamu tidak perlu tanyakan lagi karena kualitas dari fitur mobil ini sudah sangat mumpuni dan canggih. Baik fitur keamanan baik fitur hiburan seperti audio dan sebagainya.

Kekurangan Subaru BRZ

  • Harga Mahal
    Sudah pasti kekurangan yang pertama dari mobil Subaru BRZ ini adalah harganya yang terbilang mahal. Sepertinya mobil ini memang untuk orang atau masyarakat kelas menengah atas.
  • Kurang Terkenal
    Kekurangan yang kedua mobil ini memang belum banyak terkenal atau kurang banyak didengar di kalangan masyarakat. Padahal mobil ini disebut kembaran dari Toyota 86, tetapi Toyota 86 yang lebih banyak dikenal orang. Sedangkan Subaru Brz kalang pamor.
  • Ruang Kabin dan Penumpang Terbatas
    Sebenarnya kekurangan ini memang adalah kekurang an yang sepertinya ada disetiap mobil sporty, yaitu untuk ruang kabin yang kurang baik dan penumpang terbatas karena hanya bermuatan untuk orang 4 tidak bisa untuk mobil keluarga, memang mobil ini dikhususkan mobil sporty ya guys.

Pilih Mana: Toyota 86 atau Subaru BRZ?

Toyota 86Subaru BRZ
Kelebihan - Desain yang sangat bagus dan elegan - Kualitas mesin yang handal - Banyak pilihan warna yang tersedia- Desain yang elegan - Kualitas mesin yang canggih - Kualitas Fitur Handal
Kekurangan- Harga yang terbilang sangat mahal - Biaya perawatan yang mahal - Biaya pajak yang terbilang tinggi- Harga yang terbilang mahal - Ruang Kabin dan Penumpang Terbatas - Subaru BRZ ini kurang terkenal dibandingkan dengan kembarannya Toyota 86

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Toyota 86 dan Subaru BRZ keduanya adalah mobil sporty yang memiliki kualitas yang baik. Keduanya juga adalah hasil kerja sama dari dua produsen dan juga kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi untuk menentukan pilihan bisa sesuaikan selera kamu ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota 86 vs Subaru BRZ

VS

 

Leave a Reply