Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Agya atau Honda Brio?

Mobil berukuran kecil bukan berarti mesin yang diusung juga kecil. Produsen mobil saat ini banyak merilis mobil dengan ukuran minimalis yang memang ditargetkan untuk anak-anak muda khususnya perempuan. Seperti halnya Toyota Agya dan Honda Brio, kedua mobil ini sekarang banyak yang memiliki. Bukan tanpa alasan, selain desain yang keren fitur yang ada didalamnya juga menarik. Penasaran apa saja detail dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan bahas mengenai Toyota Agya dan Honda Brio. Disini aja ya.

Toyota Agya

Peresmian Toyota Agya facelift ini memang dipercayai bakal sanggup mendongkrak pemasaran Toyota mengingat pada tahun 2016, LCGC ini sudah sukses mempertahankan pangsa pasar sampai 30%. Sehingga, bukan tidak mungkin bila LCGC ini angka penjualannya lebih sanggup buat ditingkatkan lagi. Di samping itu, produk Toyota Agya ini juga bakal dihargai dengan harga yang relatif terjangkau serta dibekali spesifikasi cukup ahli buat penuhi keinginan pelanggan, terutama para kawula muda.

Muncul sebagai mobil LCGC dengan wajah baru, tentu saja bakal membuat Toyota Agya ini jadi bertambah menarik untuk para pelanggan. Pasalnya, dari tiap bagian bodi atau eksterior yang dibawanya, mobil LCGC garapan Toyota ini memang terbuat lebih stylish serta sporty. Baca juga Pilih Mana: Toyota Land Cruiser atau Toyota Fortuner?

Desain Toyota Agya

Pada bagian depan dari Toyota Agya facelift ini sudah dilengkapi dengan Smoked Projector Headlamp with LED Light Guide berdesain modern berbentuk trapezium 6 bagian yang buatnya begitu terlihat stylish serta elegan. Tidak cuma itu aja, grille depan juga terbuat lebih luas serta dibangun dengan style yang begitu sporty sehingga sanggup menampilkan bentuk yang amat menawan.

Fog lamp terkini pun juga ikut terpasang manis pada bodi bagian depan Toyota Agya ini di mana nantinya bakal memancarkan cahaya yang bakal menolong sang pengendara dalam berkendara ketika dalam situasi cuaca hujan lebat atau pun berkabut tebal.

Bagian dashboard pada Agya facelift ini telah dilengkapi dengan beragam fitur mutahir, seperti paket New Advance Entertainment lengkap dengan sistem audio berupa radio AM/ FM, pemutar CD, serta pengontrol suara.

Tidak cuma itu, pada Toyota Agya ini sambungan Bluetooth serta soket USB juga pula disediakan pada komponen dashboard nya sehingga konsumen dapat memainkan musik sesuka selera tanpa perlu menggunakan kaset. Apalagi, Audio 2DIN pun juga ikut disematkan pada Toyota Agya ini yang sanggup menciptakan suara musik yang begitu menggelegar serta membahana.

Mesin Toyota Agya

Buat Agya facelift dengan versi 1.0 liter ini bakal dibekali jenis mesin DOHC 3 Silinder 12 Katup di mana mengangkat teknologi VVT-i. Varian Toyota Agya mesin 1.0 liter ini kan memakai sistem transmisi manual 5-percepatan dengan besaran daya maksimal sampai 67 Ps per 6.000 rpm serta torsi 9.1 Kg. m per 4.400 rpm.

Sementara itu, buat jenis mesin 1. 2 liter sendiri bakal dibagi lagi jadi beberapa versi, antara lain 1.2 G A atau T, 1.2 G M/T, 1.2 TRD A/T, serta 1.2 TRD M/T. Walaupun tipenya berbeda tetapi ketiga versi Toyota Agya dari tipe 1.2 liter itu mempunyai keahlian mesin yang sama. Di mana, buat jenis 1.2 liter ini bakal dilengkapi teknologi mesin DOHC Dual VVT-i 16 katup yang sanggup menciptakan daya maksimal sampai 88 Ps tiap putaran ke 6.000 rpm serta torsi maksimal sampai 11.0 Kg. m per putaran ke 4. 200 rpm.

Pada Toyota Agya jenis 1.2 liter ini pula bakal dibagi jadi 2 opsi transmisi manual 5 percepatan manual serta 4 percepatan auto. Walaupun berbeda, tetapi seluruhnya sudah memakai teknologi fuel system EFI yang dikenal bakal sanggup menekan konsumsi bahan bakar sehingga bakal membuat detail Toyota Agya pada sektor mesin ini jadi lebih hemat serta ramah lingkungan.

Fitur Toyota Agya

Buat mendukung keamanan maka pihak Toyota juga akan memperlengkapi mobil LCGC buatannya ini dengan Dual SRS Airbags buat menekan resiko cedera kala terjadi benturan keras. Tidak hanya itu, tampaknya mobil Toyota Agya facelift ini pula memenuhi perlindungan pada komponen samping dengan Side Impact Beam sehingga kala terjadi benturan maka efek cedera juga dapat lebih ditekan.

Setelah itu, tidak tertinggal pula pada jenis 1.2 TRD fitur pengereman ABS ikut disematkan yang siap membagikan kualitas pengereman sempurna serta mencegah ban terselip. Tidak cuma itu aja, pada ruang kabin ataupun interior Toyota Agya, pun juga telah dilengkapi dengan fitur hiburan berupa audio system yang dapat dipakai buat memutar musik/ MP3/ Radio sesuka hati

Harga Toyota Agya

Toyota Agya 1.0 G M/T Rp. 131.500.000
Toyota Agya 1.2 G A/T Rp. 147.600.000
Toyota Agya 1.2 G M/T Rp. 134.600.000
Toyota Agya 1.2 TRD M/T Rp. 138.800.000
Toyota Agya 1.2 TRD A/T Rp. 151.900.000

Honda Brio

Honda Brio model terkini resmi dikeluarkan oleh PT HPM( Honda Prospect Motor) pada ajang GIIAS 2018 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang. Butuh diketahui kalau All New Brio yang satu ini merupakan generasi ke 2 sejak dipublikasikan secara perdana pada tahun 2013 silam.

Lihat juga:  Pilih Mana: Daihatsu Sirion atau Toyota Yaris?

Dimana, buat target pasarnya berada di segmen city car berkonsep Low Cost Green Car (LCGC). Tidak hanya itu, perubahan yang diterapkan pada Honda Brio 2018 itu pun juga terfokus pada bagian konsep yang saat ini lebih sporty dengan dimensi besar serta ruang bagasi dan kabin yang lebih luas sekaligus fungsional.

Apalagi, dengan terdapatnya pembaruan pada Honda Brio ini, dikabarkan kalau pihak PT HPM juga sudah mencatat jumlah inden yang positif, setidaknya berjumlah 1800 pesanan sejak diluncurkan di GIIAS 2018 lalu. Sehingga, fakta itu mengindikasikan bila city car ini mempunyai daya tarik yang cukup menggoda.

Desain Honda Brio

Kali ini pabrikan berlambang huruf “H” itu mengangkat rancangan Fabulous Design yang mengedepankan gaya stylish serta trendy dengan kombinasi konsep sporty. Perihal itu dapat diamati dari headlamp pada Honda Brio 2018 yang mengangkat teknologi LED with Guide dengan bentuk menyipit serta terkesan sporty dan futuristik.

Tidak hanya itu, Honda pula melengkapi city car ini dengan foglamp mutahir yang siap menembus kabut tebal dikala berkendara di malam hari. Tidak sampai di sana saja, Honda Brio pula bawa konsep grille berwarna hitam pada komponen depan yang semakin buatnya terlihat begitu sporty serta elegan.

Di komponen tengah pada dashboard itu, Honda menyematkan 6. 1 inchi Touchscreen Display Audio yang mana telah dilengkapi sistem konektivitas Bluetooth serta HFT Function dan USB Connection. Tentu, dengan terdapatnya fitur display audio maka dipastikan akan memberikan kemudahan dalam memutar berbagai macam format musik favorit. Sebut saja, seperti AM/FM Radio, CD/DVD, iPod/iPhone, Bluetooth & USB Connection.

Mesin Honda Brio

Kali ini pabrikan Honda mengangkat mesin i-VTEC+ DBW 1.2L SOHC dengan 4 silinder segaris. Mesin itu mempunyai kapasitas isi silinder menggapai 1.198 cc yang mana sanggup menciptakan daya maksimal sampai 90 Ps pada putaran 6.000 rpm serta sanggup menggapai titik torsi maksimal sebesar 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Mesin yang terdapat pada Honda Brio ini diklaim lebih kuat di seluruh medan dan mempunyai konsumsi BBM yang lebih hemat.

Terlebih, Honda pula telah menerapkan teknologi Drive By Wire buat mengendalikan buka-tutup throttle valve dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI untuk menggapai presisi akselerasi tetapi senantiasa hemat BBM. Tidak hanya itu, pada mesin mobil ini pun juga terdapat Patterned Skirt Coating, yakni inovasi konsep pada selubung piston buat meminimalisir gesekan dan meredam keributan serta juga bermanfaat buat mengoptimalkan performa.

Mesin terbaru ini pula telah lolos uji emisi standar EURO 4 Compliance sehingga menghasilkan All New Brio model 2018 ini sebagai kendaraan ramah lingkungan. Terakhir, buat transmisi penggeraknya, detail pada Honda Brio terkini 2018 ini bakal dipecah jadi 2 versi, yaitu Brio yang menganut transmisi manual 5-speed atau CVT with Earth Dreams

Fitur Honda Brio

Salah satunya fitur mobil ini adalah teknologi pengereman ABS+EBD yang siap membantu pengendara dalam mengatur laju mobil ini secara lebih sempurna serta menghindari terjadinya ban selip dikala terjadi pengereman tiba- tiba. Tidak cuma itu, Dual Front i-SRS Airbags pun juga ikut dibenamkan pada bagian jok depan buat melindungi penumpang dari tabrakan, terutama tabrakan dari depan.

Tidak hanya itu, Honda Brio terbaru ini pula dikenal mengangkat rangka G-CON+ ACE™ with Side Impact Beam yang sanggup melindungi dimensi mobil senantiasa kuat namun ringan. Sedangkan itu, untuk soal hiburan, Honda mempercayakan aspek menu entertainment pada layar sentuh seluas 6. 1 inci dengan sebagian fitur mutahir.

Antara lain AM/ FM Radio, CD/DVD, iPod/iPhone, Bluetooth & USB Connection dan Hands Free Telephone yang bakal memudahkan pemakai buat mengangkat telepon yang terintegrasi pada layar tersebut tanpa butuh memegang smartphone.

Di samping itu, city car garapan Honda ini pula telah dilengkapi dengan teknologi dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI untuk menggapai presisi akselerasi namun senantiasa hemat BBM. So, tidak heran bila secara keseluruhan, detail Honda Brio terbaru 2018 ini terhitung canggih serta fungsional.

Harga Honda Brio

Honda Brio Satya A M/T Rp 114.900.000,-
Honda Brio Satya S M/T Rp 119.900.000,-
Honda Brio Satya E M/T Rp 125.900.000,-
Honda Brio S A/T Rp 149.600.000,-
Honda Brio E A/T Rp 157.600.000,-
Honda Brio Sports M/T Rp 172.000.000,-
Honda Brio Sports A/T Rp 182.000.000,-

Pilih Mana: Toyota Agya atau Honda Brio?

Toyota AgyaHonda Brio
Kelebihan - Memiliki dual sistem transmisi - Fitur keamanan cukup lengkap - Memiliki bagasi dan ruang kabin cukup luas- Peformanya yang bertenaga - Hemat BBM - Ramah lingkungan
Kekurangan- Material body sangat tipis - Handling kurang sempurna - Bagasi sempit - Desain interior kurang menarik

Kesimpulan

Toyota Agya dan Honda Brio memiliki spesifikasi dan detail yang menarik, maka dari itu banyak sekali orang yang tergiur untuk memiliki salah satu dari kedua mobil ini, terlebih kaum milenial. Tentukan pilihan mobil mu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Agya vs Honda Brio

VS

Leave a Reply