Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Alphard atau Nissan Elgrand?

Mobil yang nyaman serta memiliki kesan premium tentu akan membuat pemiliknya seperti memiliki hotel berjalan. Seperti halnya Toyota Alphard dan Nissan Elgrand, kedua mobil ini dikhususkan untuk kalangan kelas menengah-atas. Bukan tanpa alasan, ini disebabkan karena harganya yang tinggi, maka dari itu tidak sembarang orang bisa memiliki salah satu dari kedua mobil ini. Penasaran dengan detail dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan bahas mengenai Toyota Alphard dan Nissan Elgrand. Stay tune guys.

Toyota Alphard

Dengan mengangkat konsep mobil elegan dan nyaman, Toyota Alphard jadi salah satu mobil MPV mewah dengan nilai penjualan yang lumayan besar sejak pertama kali muncul di tahun 2002.

Ukurannya yang besar dengan interior yang elegan menjadikan mobil ini sebagai mobil standar untuk golongan menengah atas di Indonesia. Memang tidak dapat dielakkan, dengan semua fitur serta kenyamanan yang ditawarkan, harga mobil ini tidak dapat dijangkau oleh seluruh golongan.

Dengan harga diatas 1 miliar rupiah buat suatu mobil Alphard terbaru, mobil ini betul-betul dikhususkan buat orang-orang tertentu saja. Di tahun 2018 ini, Alphard memperoleh sedikit facelift di komponen eksteriornya dan menjadi terlihat lebih elegan serta mewah dibanding sebelumnya. Baca juga Pilih Mana: Nissan Serena atau Toyota Kijang Innova?

Desain Toyota Alphard

Komponen grill di edisi terbarunya ini dapat dikatakan lebih dinamis dibandingkan dengan seri sebelumnya. Pemakaian grillnya yang besar kali ini sudah amat menyatu dengan komponen headlamp yang dibikin lebih dinamis. Perubahan ini membuat Alphard 208 tampak lebih gagah serta enak buat dilihat.

Di bagian samping, tidak terdapat perubahan signifikan yang dapat terlihat. Bentuk mobil yang cukup boxy dengan format besar sama sekali tidak berubah dengan model pendahulunya. Perbedaan yang dapat terlihat cuma terletak di bagian velg yang saat ini terlihat lebih tegas.

Buat bagian belakang, perubahan yang lumayan terlihat yakni pemakaian palang chrome yang lebih memakan banyak ruang. Perihal ini membuat mobil ini tampak lebih elegan dibanding sebelumnya. Sedangkan konsep dari rear lamp mobil ini masih terlihat serupa dengan tipe sebelum faceliftnya.

Di bagian interior, dapat dibilang sama sekali tidak terdapat perubahan berarti buat tipe ketiga facelift dengan pre-facelift. Tiap perinci dari mobil ini telah memakai material kulit yang elegan dan nyaman.

Mesin Toyota Alphard

Mobil ini memakai 2 tipe mesin untuk versi yang berbeda. Buat varian 2.5G serta 2.5X, Alphard dibekali dengan mesin 2AR-FE dengan kapasitas silinder 2.494 cc, Dual VVT-i. Mesin ini sanggup menciptakan daya sampai 180 PS dengan torsi maksimum sampai 23.9 Nm. Sedangkan buat varian paling tinggi yakni varian 3.5Q, Alphard memakai mesin 2GR-FE dengan kapasitas silinder sebesar 3.456 cc, Dual VVTi. Mesin ini mempunyai daya maksimum sampai 275 PS dan torsi maksimalnya sebesar 34.7 Nm.

Dengan memakai sistem percepatan CVT, perpindahan gigi di mobil ini memang bakal amat terasa halus. Perihal ini memanglah wajar buat memelihara tingkatan kenyamanan penumpang di baris kedua supaya semakin maksimum. Di bagian kaki- kakinya, Toyota Alphard 2018 mempercayakan sistem suspensi Macpherson Strut dan juga Double Wishbone. Buat bagian velg, mobil ini memakai velg berdimensi 18 inci buat mengimbangi body mobil ini yang sangat besar.

Fitur Toyota Alphard

Salah satu hal yang jelas adalah pada fitur keselamatan yang berupa pengereman berteknologi ABS, EBD, dan BA yang dipastikan akan membagikan kualitas pengereman yang lebih lembut serta sempurna. Sedangkan itu, tidak lupa pula 7 airbags (jenis 3. 5Q) pun juga ikut disematkan di ruang kabin buat melindungi para penumpang saat terjadi benturan keras.

Tidak hanya keselamatan, Toyota Alphard juga sudah dilengkapi dengan fitur kenyamanan. Antara lain adalah fitur AC Plasmacluster, yang bisa memfilter debu dan ion-ion negatif tidak hanya itu kelembaban serta temperatur udara bakal secara otomatis mengikuti temperatur ideal yang kamu mau, sehingga membuat nyaman tiap penumpang serta pengendara yang berada dalam kendaraan.

Kemudian fitur hiburan yang berbentuk audio serta visual bakal menciptakan mutu yang bagus buat mengusir kejenuhan saat dalam perjalanan dengan Toyota Alphard ini. Sebaliknya buat fitur yang membagikan kemudahan kontrol serta peningkatan performa mesin mobil ini mempunyai Dual VVTI with ETCS-i and ACIS bakal sanggup memaksimalkan torsi selama kecepatan rendah dan sedang, dan tingkatkan daya selama kecepatan tinggi.

Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha Mio S atau Honda Beat?

Harga Toyota Alphard

Alphard 2.5 G A/T Rp. 1.115.750.000
Alphard 2.5 X A/T Rp. 961.350.000
Alphard 3.5 Q A/T Rp. 1.826.250.000

Nissan Elgrand

Nissan Elgrand muncul pertama kali di Indonesia tahun 2002 dan langsung jadi buah bibir dikalangan penggemar MPV. Nissan Elgrand ialah MPV elegan yang dibuat Nissan sejak lama, diawali dari tahun 1997.

Namun amat disayangkan, Nissan Elgrand amat jauh dari kata populer, jauh lebih populer para rival-rivalnya, apa yang salah dari Nissan Elgrand? Bisa jadi pasar yang bisa membagikan jawaban. Jika Kamu mau mencari mobil elegan dengan fitur juara dan desainnya berbeda dari MPV Premium pada umumnya, Nissan Elgrand merupakan salah satu yang terbaik

Desain Nissan Elgrand

Nissan Elgrand mempunyai bentuk Grill besar bertingkat serta dilapisi dengan warna krom. Pencahayaan utama memakai signature headlamp, penggabungan konsep tegas dari grill dan lampu signature ini membuat Elgrand semakin istimewa. Ada pula Signature LED Day Time Running Lights berbaris mengikuti sudut headlamp serta membagikan pencahayaan tingkat kelistrikan rendah tetapi senantiasa menjamin visibilitas maksimum.

Dari samping tampak bentuk serta lekuk garis Elgrand 2018 amat dinamis, mengalir dari bagian depan sampai sampingnya. Kilap kemewahan kembali dihadirkan pada Elgrand, ialah dengan 18 inci Alloy Wheel dengan sentuhan chrome-coated. Kaca spion elegan dilengkapi dengan turning lights.

Dashboardnya begitu berisi dan elegan, bagian tengah terdapat fitur audio berukuran 11 inci support buat beragam bentuk audio. Tidak hanya kenyamanan kabin serta bangku, terdapat juga Electronic Retractable 11 inci High-Definition Display, merupakan layar di atap kabin yang bisa dinikmati oleh penumpang baris ke-2 dan 3.

Dilengkapi dengan LED Backlighting serta Auto Brightness, tiap bentuk visual bakal senantiasa terlihat bening di kondisi ruangan gelap ataupun terang. Terdapat tambahan dari Bose 5.1 Surround Sound bakal membuat Elgrand jadi mobil impian untuk seluruh keluarga.

Mesin Nissan Elgrand

Nissan Elgrand mempunyai kekuatan dalam bagian mesin, Nissan memperlengkapi Elgrand dengan mesin QR25DE berkapasitas 2488 cc. Mesin ini mempunyai daya maksimum 170 Ps pada putaran 5600 rpm, dan torsi 245 Nm pada 3900 rpm. Daya sebesar itu disalurkan ke mobil dengan transmisi CVT, walaupun begitu tenaganya amat mumpuni buat menopang bodi yang besar dan berat.

Fitur Nissan Elgrand

Nissan Elgrand 2018 mempunyai banyak fitur keselamatan, sehingga bisa meminimalisir cedera yang bisa saja terjadi. Pertama terdapat Teknologi Nissan Elgrand Safety Shield, teknologi ini ialah pendekatan komprehensif, dengan memantau sistem kendaraan serta lingkungan di dekat kendaraan.

Tentu fitur ini bakal menolong menanggulangi situasi tidak terduga serta membuat rasa nyaman dari hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya itu terdapat fitur keselamatan dari pengereman mobil, antara lain Anti-lock Breaking System, Vehicle Dynamic Control, sampai Traction Control System.

Harga Nissan Elgrand

Harga Nissan New Elgrand 2.5L HWS Rp 887.150.000,-
Harga Nissan New Elgrand 2.5L HWS LEATHER Rp 900.150.000,-

Pilih Mana: Toyota Alphard atau Nissan Elgrand?

Toyota AlphardNissan Elgrand
Kelebihan - Interior yang modern dan nyaman - Fitur keselamatan dan keamanannya juga lengkap - Desain mewah dan elegan- Ruang interior berkapasitas besar - Kursi lebar dan mewah yang berjenis Triple Ottoman - Irit BBM
Kekurangan - Harganya mahal - Perawatan tidak dapat dilakukan disembarang bengkel- Kualitas handling masih kurang baik - Bahan martial dashboard masih kurang berkualitas

Kesimpulan

Setelah pembahasan yang saya ulas diatas dapat disimpulkan bahwa kedua mobil ini memiliki spesifikasi dan detail yang sangat unggul dikelasnya, hampir tidak ada kekurangan didalamnya. Namun jika kalian menginginkan spesifikasi dan performa yang lebih premium maka saya merekomendasikan Toyota Alphard untuk menemani aktivitias kamu sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Alphard vs Nissan Elgrand

VS

Leave a Reply