Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Avanza Veloz atau Toyota Rush?

Mobil keluarga tidak harus mahal, namun yang terpenting adalah nyaman untuk dibawa kejalanan kota. Toyota Avanza Veloz dan Toyota Rush menjadi salah satu mobil keluarga yang menyuguhkan spesifikasi dan performa mesin yang baik dengan harga yang terbilang ekonomis, maka tak heran jika banyak yang memiliki salah satu dari kedua mobil tersebut. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? Kali ini saya akan bahas mengenai Toyota Avanza Veloz dan Toyota Rush. Disini aja guys.

Toyota Avanza Veloz

Toyota Avanza Veloz 2019 ialah mobil Low MPV yang didesain oleh tim Research and Development (R&D) Daihatsu dengan pengembangan dilakukan bersama dengan tim R&D Toyota. Diproduksi di Indonesia, Avanza sempat dirakit juga di Malaysia, dibawah Perodua buat model generasi pertama. Dibuat oleh Daihatsu, mobil ini dijual oleh Daihatsu dengan nama Daihatsu Xenia dan Toyota dengan nama Toyota Avanza.

Mungkin banyak yang belum tahu, tapi nama Avanza sendiri didapat dari kata Spanyol “avanza” yang berarti “bergerak” dan kata Italia “avanzato” yang berarti “maju”. Toyota Avanza jadi salah satu varian LMPV sangat berhasil di pasaran Tanah Air dikala ini. Tidak hanya di Indonesia, Avanza pula dijual di Filipina, Brunei, Pakistan, Sri Lanka, Timur Tengah, Kolombia, Peru, sampai Brasil serta Bolivia. Baca juga Pilih Mana: Toyota Alphard atau Nissan Elgrand?

Desain Toyota Avanza Veloz

Terinspirasi dari konsep Vellfire, Veloz yang baru memperoleh 2 bilah layer body strap mengikuti konsep gril berwarna black chrome di bagian depan. Menciptakan tampilan semakin berkelas serta sporty, kamu bakal disajikan dengan lampu depan LED yang terkini dengan konsep 2 tingkat pada eksterior depan Toyota Avanza Veloz 2019. Lampu kabut yang terletak di bagian samping bawah memberikan konsep baru nan mempesona buat Veloz.

Sama seperti tampak depan, komponen belakang pula memperoleh pembaruan yang cukup penting. Konsep pintu belakang dan ornamen plat nomor baru yang memperoleh aksen krom pada jenis 1.5 lalu dilengkapi dengan shark fin antenna yang memberikan kesan sporty pada mobil ini.

Bukan cuma pada tampilan luar, konsep interior Toyota Avanza Veloz 2019 pula dibuat lebih fresh dengan sebagian perubahan baru. Bentuk elegan dengan aksen warna hitam memberikan kesan yang lebih elegan dibanding bentuk dalam generasi kedua sebelumnya.

Mesin Toyota Avanza Veloz

Memang, perubahan yang dilakukan oleh Toyota lebih pada peningkatan konsep eksterior dan penambahan teknologi. Namun melihat dapur pacu mobil ini, tidak terdapat perubahan yang diberikan pada sistem operasi Toyota Avanza Veloz 2019.

Mobil ini masih memakai mesin 1.5 liter dan 1.3 liter 2NR- VE DOHC 4-silinder segaris Dual VVT-I, Kamu bisa memperoleh daya maksimal 104 daya jaran pada perputaran 6.000 rpm serta torsi maksimum 136 Nm pada 4.200 rpm.

Walaupun tidak memperoleh perubahan pada mesin, pengendaraan tampak meningkat dibanding sebelumnya. Dengan memakai transmisi 5 percepatan manual serta 4 percepatan otomatis, Veloz dibuat lebih nyaman kala dibawa berkendara. Tidak lupa dengan sistem VVT-I menciptakan mobil ini mendapatkan efisiensi mesin yang mumpuni.

Fitur Toyota Avanza Veloz

Toyota membekali Toyota Avanza Veloz dengan fitur audio entertainment terkini yang bakal membagikan hiburan kategori atas kepada kamu dikala bepergian. Tidak hanya itu, masih sama dengan Avanza, bangku baris kedua pada Toyota Avanza ini sudah dilengkapi dengan fitur One Touch Tumble yang berperan buat mempermudah mengatur posisi bangku.

Grand New Toyota Veloz pun juga sudah mengadaptasi teknologi Cabin Quietness yang bakal tingkatkan kesenyapan kabin serta memastikan Kamu tidak bakal terganggu oleh suara berisik di luar. Fitur peredam kabin ini bakal membuat kamu semakin aman berada di dalam kabin sebab keramaian di sekitar tak akan mengusik. Buat fitur keamanan, Toyota Avanza Veloz generasi ini sudah dilengkapi dengan fitur 3-points seat belt buat penumpang di bangku baris kedua.

Tidak hanya itu, Toyota pula memasang seatbelt dengan fitur Pretensioner and Force Limiter yang bakal mencegah kamu dari cedera parah dikala terjadi benturan keras. Tidak lupa juga fitur SRS Airbags buat tingkatkan keselamatan penumpangnya. Detail Toyota Veloz pada bagian fitur ini pula sudah dilengkapi dengan fitur Front Pessanger Seat Belt Warning yang bakal membagikan notifikasi pada pengendara jika belum memasang sabuk keselamatan.

Harga Toyota Avanza Veloz

Toyota Veloz 1.3 M/T Rp 204.200.000,-
Toyota Veloz 1.3 A/T Rp 216.000.000,-
Toyota Veloz 1.5 M/T Rp 215.100.000,-
Toyota Veloz 1.5 A/T Rp 226.900.000,-

Toyota Rush

Toyota Rush 2018 memiliki sebagian poin ubahan yang cukup penting, seperti hilangnya ban cadangan model konde dan juga bentuknya yang saat ini lebih terasa MPV daripada SUV sejati.

Wujud All New Toyota Rush amat jauh berbeda dengan pendahulunya, wujud gagah ala SUV dari pendahulunya saat ini telah berubah jadi suatu crossover metroseksual yang memiliki tongkrongan yang tinggi, dan modern.

Desain Toyota Rush

Bicara soal desain, Toyota mengadopsi gaya dari Toyota Fortuner dengan lampu depan yang menyipit. Ciri khas pada Rush terbaru yakni lubang angin yang cukup besar di grill. Kap mesin juga tampak lebih berotot berkat terdapatnya lekuk di bagian tengah.

Hilangnya konde ini membuat performa Rush jadi wagu, alias membingungkan. Karena, sepintas desainnya seperti dengan Honda Mobilio tetapi ada yang mengatakan mirip seperti Calya versi besar. Lagi-lagi, body kit hitam doff menghiasi bemper belakang Toyota Rush untuk membuat kesan mobil tangguh seperti SUV modern. Sementara itu secara konsep, Rush merupakan mobil keluarga.

Berlanjut mangulas komponen interior Rush, atmosfer di dalamnya begitu lega dengan konsep berubah total dibandingkan generasi pertama. Ubahan sangat terlihat pada dashboard tampak lebih mewah serta modern dan kombinasi warna interior hitam- putih.

Supaya semakin nyaman, kamu mungkin perlu menata sandaran bangku baris kedua supaya lebih merebah. Sebabnya, bahan busa joknya cukup keras sehingga membuat pegal apabila dibuat tegak buat standarnya. Kabin yang kosong membuat ruang bagasi di belakang bangku baris ketiga cukup besar buat membawa beberapa koper.

Mesin Toyota Rush

Berikutnya soal dapur pacu, All New Rush memakai mesin anyar Dual VVT-i 2NR-VE yang tadinya dipakai oleh Toyota Veloz serta Toyota Sienta. Mesin itu dapat menciptakan daya lumayan besar, yaitu menggapai 104 PS pada 6. 000 rpm serta torsi 13.9 kgm pada 4.200 rpm. Mesin yang dipakainya ialah mesin 4 Silinder DOHC 16 katup yang mempunyai kemampuan bahan bakar 10% lebih bagus dibanding Rush generasi sebelumnya.

Rupanya daya yang diperoleh All New Rush lebih kecil. Alasannya Toyota Rush terdahulu menggunakan mesin 1.5L 3SZ-VE yang dapat menciptakan daya sebesar 109 PS serta torsi 14.4 kgm. Kamu tidak perlu kecewa, sebab perihal ini membuat konsumsi bahan bakar All New Rush jadi lebih hemat.

Fitur Toyota Rush

Fitur-fitur yang dipunyai All New Rush pula lebih mutahir, sebab dibantu teknologi HSA (Hill Start Assist) yang bermanfaat buat melindungi kestabilan mobil saat memintasi jalanan menanjak. Teknologi HSA( Hill Start Assist) tersedia pada tiap jenis All New Toyota Rush. Seluruh tipe juga dilengkapi sistem pengereman ABS (Anti-Lock Breaking System) yang membuat sistem pengereman semakin cakap.

Kemudian terdapat juga fitur EBS (Emergency Brake Signal) dan sebagian fitur berarti lainnya, semacam Solid Vehicle Stability Control (VSC) yang melindungi kestabilan mobil ini. Fitur keamanan serta keselamatan mobil ini memang amat lengkap, jadi wajar bila harga All New Toyota Rush dihargai lumayan mahal.

Tidak hanya itu, All New Rush pula dilengkapi 6 SRS Airbags yang bakal melindungi keselamatan penumpang dari baris bangku pertama hingga ke tiga. Mobil ini pula dapat mempunyai 7 tempat duduk yang seluruhnya dilengkapi seat belt indicator.

Harga Toyota Rush

Harga All New Toyota Rush G M/T Rp. 239.900.000
Harga All New Toyota Rush G A/T Rp. 249.900.000
Harga All New Toyota Rush TRD M/T Rp. 251.300.000
Harga All New Toyota Rush TRD A/T Rp. 261.300.000

Pilih Mana: Toyota Avanza Veloz atau Toyota Rush?

Toyota Avanza VelozToyota Rush
Kelebihan - Kapasitas mesin sudah bagus - Desain modern - Memiliki fitur yang cukup baik- Fitur standar cukup baik - BBM irit - Memiliki fitur ABS
Kekurangan - Bodi masih tipis - Boros BBM- Material di dasbor dan jok masih kurang bagus - Rem belakang masih tromol

Kesimpulan

Toyota Avanza Veloz dan Toyota Rush menjadi salah satu mobil dengan sejuta umat, karena memang spesifikasi yang mumpuni dan tentunya harga yang cukup terjangkau. Jika dilihat dari segi desain dan performa, maka saya sarankan Toyota Rush untuk menemani aktivitas kamu sehari-hari. Tentukan pilihanmu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Avanza Veloz vs Toyota Rush

VS

Leave a Reply