KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Toyota C-HR vs Honda HR-V

Memiliki mobil dengan tampilan sporty akan menjadi hal yang sangat banyak disukai para konsumen. Banyak sekali perusahaan otomotif yang berusaha untuk menciptakan mobil tersebut. Seperti halnya Toyota dan Honda yang mempunyai mobil dengan tampilan elegan dan sporty yaitu Toyota C-HR dan Honda HR-V.

Mengapa Toyota C-HR dan Honda HR-V dibilang memiliki tampilan sporty? Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan yang ada dari kedua mobil tersebut?

Untuk lebih detail dan lebih jelasnya, Anda bisa membaca penjelasan artikel kami kali ini yang akan memberikan Anda pertimbangan jika ingin membeli salah satu diantara kedua mobil ini guys hehe. Selamat membaca!

Toyota C-HR vs Honda HR-V

Toyota C-HR

Tampaknya, pasar otomotif Indonesia akan terus menjadi ramai serta ketat dengan dihadirkannya salah satu SUV premium garapan pabrik asal Jepang, yaitu Toyota C-HR yang menawarkan desain modern yang begitu futuristik serta sporty. Baca juga Pilih Mana: Toyota Corolla Altis vs Camry

Dimana, SUV elegan besutan Toyota ini juga akhirnya sah diluncurkan di Tanah Air pada 10 Januari 2020 lalu. Jika kita memandang pada spesifikasi yang dibawa Toyota C-HR, kelihatannya SUV elegan ini memanglah mempunyai beberapa kelebihan.

Pasalnya, salah satu koleksi harapan Toyota ini akan bawa konsep bodi yang begitu elegan serta futuristik dan mempunyai kesan sporty yang begitu kuat di tiap bagian bodi eksteriornya. Bahkan, pada bagian kabin di sektor interiornya juga akan menyuguhkan desain elegan.

Spesifikasi Toyota C-HR

1. Desain
Toyota C- HR tampak bentuk bodi dengan desain yang begitu modern serta futuristik. Dilihat dari depan telah tampak jelas di mana ada suatu headlamp Projector Bi- Beam with DRL 3 titik + Manual Leveling + Follow Me Home yang didesain dengan bentuk seperti mata sipit yang begitu tajam.

Melihat pada bagian interior dari SUV elegan besutan Toyota ini, disajikan kabin besar serta suasana interior yang elegan ditambah tampak pada tiap bagian dari interiornya. Bagian ruang kabin ini dengan aksen warna Black & Licorice Brown yang begitu elegan pada beberapa bagian, yang terus menjadi membuat Toyota C-HR jadi mobil SUV premium berkelas.

2. Suspensi
Toyota ini mempunyai ukuran dimensi dengan panjang 4.360, mempunyai luas 1.795 mm, serta tingginya mencapai 1.565 mm.

Melihat ukuran dimensi itu hingga bisa dikenal bahwa Toyota C-HR ini akan tampak besar serta memberikan ruang kabin yang luas sehingga akan memberikan ruang gerak yang lebih besar pada para penumpangnya.

3. Mesin
Toyota C-HR akan dibekali dengan mesin dengan seri 2ZR-FBE 1.8 liter (1.798 cc) dengan 4 silinder DOHC with VVT-I. Mesin itu diklaim sanggup memancarkan power maksimal sampai 141 Ps per 6.400 rpm serta mampu mencapai titik torsi puncak sampai 17.4 Kgm per 4.000 rpm.

Kegaharan power yang diperoleh tersebut pastinya pula tidak lepas dari transmisi CVT 7 percepatan sebagai alat penyambung power dari mesin ke bagian roda penggeraknya.

Kelebihan Toyota C-HR

  • Memiliki desain yang menarik
    Kelebihan yang utama sudah pasti yang perlu kamu ketahui adalah bahwa Toyota C-HR memiliki desain yang sangat menarik. Dan juga desain eksterior dan interiornya sangat membuat nyaman pengguna sepertinya yang sudah dijelaskan di atas.

Toyota C-HR vs Honda HR-V

  • Sistem pengereman cakram
    Untuk sistem pengereman sudah pasti menjadi keselamatan yang utama. Toyota C-HR ini dengan teknologi ABS (Anti-Lock Brake System) yang akan digabungkan dengan teknologi EBD serta BA sehingga akan menciptakan pengereman yang begitu sempurna.
  • Bagasi yang cukup luas
    Bagi Anda yang akan bepergian dengan menggunakan Toyota C-HR ini sangat bagus sekali lho. Karena kapasitas bagasi yang luas ukuran bagasi Toyota C-HR mencapai 377 liter dalam keadaan semua kursi belakang ditegakkan.

Kekurangan Toyota C-HR

  • Harga yang kemahalan
    Harga Toyota C-HR Indonesia sudah sejajar dengan big SUV mewah seperti merk atau tipe mobil berkelas lainnya. Dari bidang segmentasi, tentu hal itu terasa overpriced atau sangat cukup kemahalan.
  • Tanpa paddle shift
    Salah satu yang dijagokan C-HR adalah rasa berkendara. C-HR pula memiliki kemampuan nikmat dikendarai. Sayangnya, walaupun diklaim C-HR driver oriented dengan rasa sporty, Toyota tidak melibatkan paddle shift. Sementara itu paddle shift pula mempermudah mendapat putaran mesin optimal.
  • Hanya satu pilihan
    Meski dua C-HR yang dijual dengan pembeda warna atap. Masyarakat tak diberi pilihan lain. Trim yang lebih sederhana, transmisi manual atau pilihan mesin lain tak disediakan di Indonesia. Ini jadi memperkuat kalau C-HR memang produk premium.

Honda HR-V

Kehadiran Honda HR-V juga patut diapresiasi sebab Honda Indonesia memutuskan untuk merakitnya di dalam negeri. Tidak hanya untuk menekan biaya operasional dan biaya produksi, perakitan di dalam negeri ini pula dimaksudkan agar HR-V benar-benar cocok dengan keinginan pasar.

Semenjak awal kali dihadirkan di Indonesia, Honda HR-V langsung mencuri perhatian publik lewat desain yang gagah serta sporty. Keberhasilan Honda HR-V dalam debutnya di Tanah Air juga dibuktikan dengan penjualannya yang sangat bagus.

Jika dilihat dari tampilan fisiknya, mobil ini memang membawa nuansa utility car generasi baru yang sengaja didesain agar mampu menembus segala medan jalanan. Tampilan yang gagah dengan balutan body kuat dan sporty khas SUV masa kini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xpander Cross vs Rush

Spesifikasi Honda HR-V

1. Desain
Aroma SUV khas Honda pun praktis bisa kita dapati pada desain eksterior HR-V. Honda HR-V sendiri mengusung konsep desain body ‘Dynamic Cross Solid’ di mana konsep tersebut menampilkan unsur desain mobil yang sporty, solid, kokoh dan berkarakter modern.

Untuk sektor interior, konsep desain kabin yang dibawa mobil ini memang patut diacungi jempol. Pasalnya, material yang di dalamnya sudah cukup baik untuk menampilkan kesan mobil elegan dan modern.

Toyota C-HR vs Honda HR-V

2. Suspensi
Untuk suspensinya sendiri atau ukuran dimensi dari mobil Honda HR-V ini secara fisik, mobil ini memiliki dimensi 4.294 mm x 1.722 mm x 1.580 mm.

Ukuran tersebut akan membuat Honda HR-V sangat cocok untuk kebutuhan kendaraan harian karena ukuran tubuhnya tak terlalu besar, meski sejatinya mobil ini lebih cocok untuk berkendara jarak jauh.

3. Mesin
Honda HR-V sendiri tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni 1.5 L SOHC dan 1.8L SOHC. Kedua mesin tersebut merupakan jenis mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW.

Pertama, yakni 1.5L SOHC i-VTEC + DBW, tertanam pada Honda HRV tipe A, HR-V tipe S, HR-V tipe S CVT, dan tipe E CVT. Kedua, yakni 1.8L SOHC i-VTEC tertanam pada Honda HR-V tipe Prestige dan HR-V Special Edition JBL Audio.

Kelebihan Honda HR-V

  • Desain sporty dan elegan
    Kelebihan pertama dari Honda HR-V ini merupakan desain yang lumayan sporty dan elegan. Di bagian depan Honda HR-V hadir dengan bentuk gril besar dengan paduan aksen krom. Ada aksen krom besar yang memanjang dari sisi kiri hingga kanan.
  • Banyak pilihan varian
    Yang menjadi kelebihan lainnya dari Honda HR-V ini adalah bawah mobil ini memiliki 5 varian yang bisa Anda pilih. Mulai dari HR-V tipe S MT, S CVT, E CVT, E CVT Special edition, dan 1.8 Prestige.
  • Fitur yang sangat lengkap
    Karena HR-V juga merupakan andalan bagi para Honda membuat para perusahaan mengusung fitur yang sangat lengkap. Mulai dari fitur pada mobil, mesin bahkan fitur keselamatan yang ada pada HR-V ini.

Kekurangan Honda HR-V

  • Harga menguras kantong
    Dengan banyaknya kelebihan bakna fitur yang sangat lengkap dari mobil Honda HR-V ini membuat perusahaan membanderol harga yang sangat tinggi untuk mobil yang satu ini. Hal ini akan sangat membuat kantong Anda bolong hehe.
  • Material interior kurang baik
    Selain mahal adalah mempunyai bahan interior yang kurang baik karena walaupun Honda HR-V memiliki tampilan desain interior dan dashboard yang terlihat elegan dan modern, tetapi bahan interior yang digunakannya kebanyakan memakai bahan plastik skema hitam.
  • Suspensi cukup keras
    Kekurangan lain yang kerap terjadi pada Honda HR-V adalah masalah suspensi yang terasa cukup keras. Masalah suspensi ini masih bisa diatasi dengan mengganti suspensi baru atau dengan perangkat aftermarket.
KeteranganToyota C-HR Honda HR-V
PerusahaanToyota Honda
TipeC-HR HR-V
Kisaran Harga Rp. 400 - Rp. 500 jutaanRp. 250 - Rp. 350 jutaan

Pilih Mana: Toyota C-HR vs Honda HR-V

Toyota C-HR Honda HR-V
Kelebihan- Memiliki desain yang menarik - Sistem pengereman cakram - Bagasi yang cukup luas - Desain sporty dan elegan - Banyak pilihan varian - Fitur yang sangat lengkap
Kekurangan- Harga yang kemahalan - Tanpa paddle shift - Hanya satu pilihan - Harga menguras kantong - Material interior kurang baik - Suspensi cukup keras

Kesimpulan

Toyota dan Honda adalah nama perusahaan yang sudah pasti memiliki penjualan sangat tinggi di bidang otomotif khususnya mobil. Sama halnya dengan kedua tipe andalahan mereka Toyota C-HR dan Honda HR-V. Soal desain sudah pasti sesuai selera masing-masing. Untuk spesifikasi keduanya memiliki spesifikasi yang sangat terbaik. Soal harga juga keduanya memiliki harga yang cukup sama. Pilih sesuai selera Anda saja ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota C-HR vs Honda HR-V

VS

Leave a Reply