Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Harrier atau Lexus RX?

Kehadiran mobil mewah dan modern tentu menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu untuk para penggemar mobil. Tidak hanya spesifikasi dan performa yang gahar, interior dan fitur yang disematkan tentu saja sepadan dengan harga yang bisa dibilang tinggi.

Seperti halnya Toyota Harrier dan Lexus RX, dengan melihat eksteriornya saja kita sudah bisa pastikan bahwa kedua mobil ini memiliki harga yang tinggi. Sama-sama besutan dari Toyota Motor Corporation, kedua mobil ini memang disematkan untuk mereka kalangan menengah keatas.

Artikel ini akan mengulas lebih dalam mengenai desain, mesin, fitur sampai harga yang disematkan pada Toyota Harrier dan Lexus RX. Dan juga bagaimana cara untuk merawat mobil kamu sehingga senantiasa beroperasi dengan baik dijalanan kota. Mau tahu selengkapnya? Langsung aja kita bahas ya guys!

Toyota Harrier

Toyota Harrier ini tentu saja akan jadi salah satu SUV modern yang kemunculannya akan ditunggu oleh para konglomerat penggemar SUV. Terlebih dengan model barunya ini yang ditaksir lebih fresh terkesan modern, serta futuristik, baik dari segi eksterior, interior hingga pada performa maupun fitur-fiturnya. Maka, bukan hal yang tak mungkin bila para pelanggan pun akan terpikat dengan SUV satu ini.

Sayangnya, kabarnya Toyota Harrier tidak dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia melainkan oleh Importir Umum dengan harga yang amat tinggi. Baca juga Pilih Mana: Honda Civic Hatchback Turbo atau Honda Civic Sedan?

Desain Toyota Harrier

Pada bagian wajahnya, dapat dilihat bagaimana Toyota membuat konsep headlamp dari Toyota Harrier ini menyipit dan memanjang seakan memandang tajam ke depan. Sementara itu, pada grill depan dari Toyota Harrier ini dibuat lebih modern membentuk trapesium terbalik berwarna dominan hitam dengan lampu kabut DRL yang sekarang terpasang manis di dalam grille itu.

Sebaliknya buat bagian samping, memang tidak banyak perubahan yang diaplikasikan mengingat konsep pada bagian samping SUV mewah Toyota Harrier ini ditaksir masih terlihat sporty dan elegan di mana masih terdapat side skirts yang berlapis chrome. Menginjak pada bagian belakang, Toyota Harrier versi facelift ini terlihat stoplamp yang juga berteknologi LED DRL dengan bentuk menyipit.

Menginjak pada bagian dalam mobil ini, SUV tangguh produksi Toyota ini memang menawarkan ruang kabin yang lumayan besar dan sanggup menampung paling tidak 5 penumpang sekaligus pengemudinya. Bagian dashboard Toyota Harrier juga dibuat begitu elegan dengan sentuhan material wood dan dilengkapi beberapa konsol kendali yang disusun rapi pada sektor tengah dari dashboard itu.

Mesin Toyota Harrier

Pada bagian permesinan yang diusung SUV versi facelift ini, Toyota sudah menambahkan varian mesin tangguh, yaitu berupa mesin berkapasitas 2.0 liter jenis 8 AR-FTS Turbocharged yang mempunyai 4 silinder. Bahkan, mesin anyar yang dibawa mobil mewah bernama Toyota Harrier ini pula telah dilengkapi dengan teknologi Direct Injection sehingga akan membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih hemat sekaligus efisien.

Tidak hanya itu, mesin terkini yang diusung mobil ini mampu membagikan power sampai 232 hp pada 5.200-5.800 rpm serta torsi puncak 350 nm pada 1.650-4.400 rpm. Daya super dari mesin Toyota Harrier itu nantinya akan disalurkan pada roda-rodanya lewat sistem transmisi otomatis 6 percepatan.

Tentu saja, varian mesin terkini yang diusung versi barunya ini sekaligus melengkapi mesin sebelumnya yang juga ditawarkan, yaitu jenis 3ZR-FAE yang mempunyai kapasitas sama sebesar 2.0 liter dimana nantinya pada versi terdahulu Toyota Harrier ini akan disambungkan dengan sistem transmisi otomatis yang sama 6 percepatan berteknologi CVT-i 2WD maupun 4WD.

Fitur Toyota Harrier

  • Hill Start Assist Control (HSA), Fitur ini memudahkan kamu dalam menaiki tanjakan yang tinggi seperti area perbukitan ataupun pegunungan.
  • Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA), Melalui fitur ini dipastikan kamu bisa merasakan sensasi pengereman yang amat handal dan presisi.
  • Seatbelts Pretensioner dan Force Limiter Function, Fitur ini membuat penumpang dan pengemudi bisa merasakan keamanan yang maksimum kala berkendara dengan mobil ini.
  • Toyota Safety Sense P, Dengan fitur tersebut, mobil ini sanggup memberikan fungsi untuk meminimalisir benturan dan memberikan sensor notifikasi pada pengemudi untuk selalu menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan mobil ini.

Harga Toyota Harrier

Harga mobil ini tentunya memiliki harga yang tinggi mengingat spesifikasi yang diberikan sangat mumpuni, yakni sekitar Rp 1.300.000.000,- per bulan Agustus 2019.

Spesifikasi Toyota Harrier
Mesin 8AR-FTS Turbocharged 4 silinder
Kapasitas 1.998 cc
Daya232 hp / 5.200-5.800 rpm
Torsi350 Nm / 1.650-4.400 rpm
TransmisiOtomatis 6 percepatan
Dimensi4.725 x 1.835 x 1.690 mm
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangDouble Wishbone

Lexus RX

Lexus RX garapan produsen yang masih berada di bawah bendera Toyota Motor Corporation ini, saat ini didatangkan dengan tampilan visual yang didesain ulang dengan beberapa perubahan yang menyentuh seluruh aspek, baik bagian interior, eksterior, fitur dan juga bagian permesinan yang mengikuti perkembangan zaman sekarang

Bahkan, Lexus RX ini juga sedikit banyak mengambil inspirasi dari kerabat crossover-nya yaitu Lexus NX yang memiliki banyak sudut tajam dan sporty pada bagian eksteriornya. Tidak cuma itu saja, kabarnya SUV generasi terbaru besutan Lexus ini pula akan dibagi dalam 2 versi, adalah RX 200t dan RX 200t F Sport.

Desain Lexus RX

Pada bagian tampilan luarnya ini, SUV mewah garapan Lexus ini memanglah didesain dengan konsep yang lebih baru, yakni dengan mengangkat konsep bertajuk Seductive Strength. Dengan rancangan itu maka bentuk eksterior dari SUV ini kian nampak elegan dan sporty.

Tidak hanya itu, bila melihat pada bagian sampingnya, pada Lexus RX ini terlihat dengan jelas sebagian lekukan garis tegas yang memberikan kesan berotot pada bodi samping mobil ini.

Lihat juga:  Pilih Mana: Aerox atau NMax?

Setelah itu pada bagian belakang juga tampak stop lamp yang dibentuk menyipit tajam dengan style konsep Stylized yang juga mengangkat teknologi LED High-mount sehingga akan memancarkan cahaya terang tapi tidak membuat mata silau.

Merambah ruang kabin, detail Lexus RX ini mengangkat konsep interior yang elegan serta menawan. Perihal itu dapat diamati dari kombinasi warna yang mewah pada ruang kabinnya.

Mesin Lexus RX

Pada bagian mesin pun Lexus akan memperlengkapi SUV besutannya ini dengan komponen permesinan yang handal dan gahar di kelasnya. Perihal itu dapat diamati dengan dibenamkannya mesin 2.0 liter dengan 4 silinder inline berpendingin cair tipe Turbo Gasoline serta mempunyai kapasitas sampai 1.998cc.

Dengan mesin itu, Lexus RX ini sanggup menggapai titik daya puncak sampai 235 Hp pada putaran antara 1.650–4.400 rpm. Sebaliknya buat torsinya sanggup menggapai titik sampai 350 Nm pada putaran 4.700 rpm. Daya mesin yang handal itu kemudian akan dikawinkan dengan 6 percepatan otomatis ECT sehingga akan membuat laju Lexus RX ini semakin gesit dan gahar.

Tidak cuma itu saja, sektor permesinannya ini pula dilengkapi dengan sistem injeksi EFI D-4ST dengan perbandingan rasio 10:1 yang akan membuat mobil SUV ini lebih hemat bahan bakar dan pastinya ramah lingkungan. Bahkan, kapasitas tangki bahan bakar dari detail Lexus RX ini juga tersedia sampai 72 liter sehingga konsumen tidak perlu sering bolak balik ke pom bensin sebab mempunyai bekal bahan bakar yang lebih banyak.

Fitur Lexus RX

  • Sistem Pengereman ABS, Dengan fitur pengereman ini membuat pengereman terasa lebih handal dan tentunya aman. Mengenai fitur keselamatan, Lexus RX tidak hanya menyematkan pengereman ABS, namun juga Brake Assist, Crash Sensor, Alarm Mobil dan Sensor Parkir.
  • 10 SRS Airbags, Fitur ini juga sangat penting yang disematkan ke dalam Lexus RX, sehingga keamanan pengendara ataupun penumpang juga akan semakin terjamin kala terjadi kecelakaan.
  • Audio Sistem, Fitur ini tersemat di panel dashboard bagian interior dari detail Lexus RX ini sehingga kenyamanan dalam menempuh perjalanan juga akan makin terasa.
  • Fitur “Anti Maling”, Dengan adanya fitur ini tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama dalam hal pencurian.

Harga Lexus RX

Harga dari mobil ini juga tinggi seperti Toyota Harrier, yakni untuk Lexus RX 200t seharga kurang lebih Rp 1.400.000.000,- dan untuk Lexus RX 200t F Sport seharga kurang lebih Rp 1.600.000.000,- per Agustus 2019.

Spesifikasi Lexus RX
Mesin 2.0L 4 Cylinder Inline Turbo Gasoline
Kapasitas 1.998 cc
Daya235 hp / 1.650–4.400 rpm
Torsi350 Nm / 4.700 rpm
Transmisi6-speed Electronically Controlled Transmission
Dimensi4.890 x 1.890 x 1.690 mm
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi BelakangDouble Wishbone

Tips Merawat Mobil

Mobil yang senantiasa beroperasi dengan baik dijalan tentunya dilakukan perawatan yang baik juga, dimulai dari pengecekan oli sampai ke pengecekan lampu jalan dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan dirumah agar mobil kamu bisa beroperasi dengan baik.

  • Pastikan kopling berfungsi normal
    Tips ini berlaku bila mobil kamu bertransmisi manual. Jika kampas kopling kamu telah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan bisa mengganggu kenyamanan berkendara. Persneling yang susah dipindah merupakan salah satu indikasi kampas kopling mobil mulai aus.
  • Periksa oli
    Oli mobil wajib diganti tiap 5.000-10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap beroperasi dengan maksimal. Salah satu metode mengetahui oli mobil sudah mesti diganti yaitu dengan meneteskan sedikit oli di tangan dan merasakan apakah ada serpihan-serpihan lembut di dalamnya. Bila kamu bisa merasakan serpihan atau kotoran, maka sudah waktunya untuk mengganti oli mobil.

  • Cek kabel dan lampu
    Kamu perlu mengecek kondisi kabel serta lampu mobil secara teratur. Sesekali, kamu akan mengalami kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Supaya tidak bermasalah di jalan, yakinkan semua kabel serta lampu mobil berada dalam situasi normal.
  • Isi air radiator secukupnya
    Air radiator berfungsi untuk menyejukkan mesin dikala lagi beroperasi. Yakinkan kamu mengisi air di tabung radiator secara teratur supaya mesin bisa beroperasi dengan baik. Tidak hanya itu, bila kamu cukup sering memakai air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih bila air sudah mulai habis.
  • Perawatan aki mobil
    Perihal paling gampang buat menjaga aki mobil yaitu dengan memastikan air aki berada pada tingkat yang seharusnya, yakni di antara garis batas indikator. Cara lain buat memeriksa kondisi aki yaitu dengan mengukur tegangan aki memakai voltmeter. Bila kamu tidak yakin mengenai kondisi aki mobil, kamu bisa periksakan mobil ke bengkel terdekat.

Pilih Mana: Toyota Harrier atau Lexus RX?

Toyota HarrierLexus RX
Kelebihan- Legroom yang luas - Mesin kapasitas tinggi - Memiliki interior yang modern dan mewah- Mesin bertenaga dan halus - Handling sangat mumpuni - Fitur yang disematkan sangat canggih
Kekurangan- Velg dan ban yang berukuran kecil - Bagasi yang sempit- Harga yang tinggi - Bagasi yang kecil

Kesimpulan

Toyota Harrier dan Lexus RX tentu menjadi mobil idaman untuk setiap orang, namun hanya beberapa orang saja yang mampu memilikinya karena harganya yang tinggi. Spesifikasi dan performa yang diberikan sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Namun jika kalian menginginkan performa mesin yang lebih tinggi, maka Lexus RX jawabannya. Selain itu mobil ini juga memiliki varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu. Mesin berkapastias 1.998cc ini juga memiliki bodi yang lebih mewah dan modern dibanding Toyota Harrier. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Harrier vs Lexus RX

VS

Leave a Reply