Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Harrier atau Toyota Fortuner?

Toyota Motor Corporation dibangun pada September 1933. Sampai saat ini Toyota selalu eksis didunia otomotif dan selalu memberikan produk mobil yang sangat terjamin kualitasnya. Varian mobil yang diberikan pun beragam dimulai dari kalangan menengah kebawah sampai menengah keatas, dan yang cukup terkenal adalah Toyota Harrier dan Toyota Fortuner.

Toyota Harrier dan Toyota Fortuner sendiri merupakan mobil yang memiliki spesifikasi dan performa yang mumpuni untuk menyusuri berbagai landasan. Di Indonesia sendiri kedua mobil besutan Toyota ini cukup diganderungi oleh beberapa orang khususnya mereka yang sudah berkeluarga.

Berbicara mengenai performa dan fitur, tentu kedua mobil ini memiliki beragam kelebihan dan kekurangan yang tersemat didalamnya. Detail lengkap dari Toyota Harrier dan Toyota Fortuner akan dibahas melalui artikel ini. So stay tune ya!

 

Toyota Harrier

Dengan mengusung konsep “Further Evolution of Harrierness”, SUV yang mengangkat nama Toyota Harrier ini memang nampak lebih segar dari geneari sebelumnya. Perihal itu dapat diamati dari sebagian sektor yang menjadikan Toyota Harrier tampil makin menawan.

Dari segi tampilan fisik di mana walaupun perubahan yang dibawa tidak begitu signifikan dengan komposisi yang nyaris sama dengan generasi sebelumnya. Namun pada grill depan biang Toyota Harrier ini dibuat dengan bentuk konsep yang lebih baru serta terkesan sporty. Baca juga Pilih Mana: Toyota 86 atau Subaru BRZ?

Desain Toyota Harrier

Di bagian depan, Harrier 2018 mempunyai bentuk grill honey comb yang lumayan besar dengan bentuk lampu yang cukup tipis. Dengan memakai black chrome sebagai aksen di bagian depan, mobil ini terlihat sangat garang di bagian mukanya.

Dari bagian samping, kita dapat melihat bentuk body yang lumayan aerodinamis dengan tarikan body yang cukup jelas sampai bagian rear spoiler. Membuat kesan garang namun elegan di mobil ini semakin terlihat kental.

Buat komponen belakang, terdapat LED tail lamp yang berpadu dengan garis yang memanjang di komponen belakang mobil ini. Secara sekilas, konsep ini mengingatkan pada konsep mobil CRV Prestige.

Secara umum, komponen dalam mobil ini memang benar-benar amat mewah dengan memakai lapisan kulit untuk diberbagai bagian bagian tengan terdapat headunit berdimensi 7 inci dengan pengaturan touchscreen.

Dan bagian dashboard mobil ini amat simpel namun berkelas dengan memakai lapisan kulit dan juga plastik di sebagian komponen. Memang lumayan simpel namun benar-benar amat mewah.

Mesin Toyota Harrier

Mobil Toyota Harrier 2018 memakai mesin 8AR-FTS Turbocharged 4 silinder dengan kapasitas silinder sebesar 2.000 cc. Mesin ini dapat menciptakan daya sebesar 232 hp / 5.200-5.800 rpm dengan torsi maksimal sebesar 350 Nm / 1.650-4.400 rpm. Dengan mesin ini pastinya mobil ini bisa melesat mudah di berbagai medan jalan sesuai dengan peruntukannya sebagai mobil SUV.

Sementara di bagian kaki-kaki, mobil ini memakai suspensi Multi-link di bagian depan yang dipadukan dengan suspensi Wish bonde di bagian belakang. Kombinasi ini menciptakan suspensi yang lumayan empuk bahkan di jalanan yang tidak begitu rata.

Fitur Toyota Harrier

  1. Hill Start Assist Control (HSA)
    Fitur ini memudahkan kamu dalam menaiki tanjakan yang tinggi seperti area perbukitan ataupun pegunungan.
  2. Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA)
    Melalui fitur ini, dipastikan kamu bisa merasakan sensasi pengereman yang amat handal dan presisi.
  3. Seatbelts Pretensioner dan Force Limiter Function
    Fitur ini membuat penumpang dan pengemudi bisa merasakan keamanan yang maksimum kala berkendara dengan mobil ini.
  4. Toyota Safety Sense P
    Dengan fitur tersebut, mobil ini sanggup memberikan fungsi untuk meminimalisir benturan dan memberikan sensor notifikasi pada pengemudi untuk selalu menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan mobil ini.

Harga Toyota Harrier

Harga mobil ini tentunya memiliki nilai yang tinggi mengingat spesifikasi yang diberikan sangat mumpuni, yakni sekitar Rp 1.300.000.000,- per Agustus 2019.

Kelebihan Toyota Harrier

  • Interior dengan kualitas tinggi
    Toyota Harrier menyuguhkan ruang kabin yang lumayan luas dan sanggup menampung paling tidak 5 penumpang sekaligus pengemudinya. Sementara itu, jok yang digunakan pada bagian interior ini juga memakai bahan material jok kulit berkualitas Nappa Premium yang empuk dan lembut. Bisa dipastikan kalau semua penumpang mendapatkan kenyamanan ekstra saat menduduki jok tersebut.
  • Mempunyai fitur yang lengkap dan canggih
    Sebagai salah satu mobil SVP mewah produksi pabrik Jepang ini pun juga fitur- fitur yang dibuat pada mobil dapat dibilang sangat canggih. Toyota Harrier tipe terbaru ini sudah disematkan sebagian fitur diantaranya HSA, ABS, BA, Seatbelt Pretensioner dan masih banyak lagi.
  • Dilengkapi suspensi yang handal
    Keunggulan selanjutnya dari Toyota Harrier ini dilengkapi dengan suspensi handal. Produsen mobil yang awalnya dari negara Asia ini akan memenuhi SUV buatannya dengan 2 jenis suspensi antara lain suspensi tipe depreciated rack pada bagian depan, sedangkan pada bagian belakang memakai suspensi tipe Wishbone. 

Kekurangan Toyota Harrier

  • Harga perawatan yang mahal
    Seperti kita tahu kalau Toyota Harrier ini merupakan salah satu produk mobil mewah yang dipunyai oleh Toyota. Sehingga semua yang menjadi bagian dari mobil ini mempunyai kualitas serta harga yang lebih mahal dari mobil Toyota lainnya.
  • Kurang handal saat dibawa bermanuver
    Kekurangan berikutnya dari Toyota Harrier yakni kurang handalnya mobil tipe ini untuk melakukan manuver. Perihal disebabkan karena ukurannya yang lebih besar dari mobil sejenis lainnya dan umpan balik dari kemudi kurang baik.
  • Bagasi yang sempit
    Bagasi merupakan salah satu aspek yang diperhatikan saat membeli mobil. Toyota Harrier mungkin sudah mempertimbangkannya, tetapi dari ukuran serta bentuk mobil membuat bagasi dari mobil SUV ini tampak sempit. Kurang proporsional untuk kamu yang selalu membawa barang bawaan yang banyak di dalam mobil.
Spesifikasi Toyota Harrier
Mesin 8AR-FTS Turbocharged 4 silinder
Kapasitas 1.998 cc
Daya232 hp / 5.200-5.800 rpm
Torsi350 Nm / 1.650-4.400 rpm
TransmisiOtomatis 6 percepatan
Dimensi4.725 x 1.835 x 1.690 mm
Suspensi depanMacPherson Strut
Suspensi belakangDouble Wishbone

Toyota Fortuner

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan generasi terbaru dari SUV andalannya, bertajuk All New Fortuner. Generasi baru Toyota Fortuner ini jadi hidangan pembuka yang begitu‘ lezat’ di pembuka tahun 2016.

Kedatangan All New Fortuner ini semakin memenuhi line-up Toyota di kategori high-class vehicle yang sebelumnya juga sudah kedatangan All New Kijang Innova, yang diluncurkan beberapa akhir tahun yang lalu.

Mengangkat tema ‘Leading the World’ plus embel-embel ‘All New’ di depan namanya, Toyota Fortuner saat ini benar-benar tampil dengan penyegaran menyeluruh di bagian interior serta eksterior yang berkonsep ‘Stylish and Confidence’.

Konsep desain baru pada All New Toyota Fortuner ini mempunyai nuansa yang lebih fresh, semakin stylish, dan tentunya semakin gagah.

Desain Toyota Fortuner

All New Fortuner berhasil tampil lebih modis dengan konsep headlamp berteknologi Bi- Beam Hi Tech LED Projector yang lebih slim dari versi sebelumnya. Beralih pada bagian body sisi, All New Toyota Fortuner terlihat lumayan gagah dan jantan dengan bentuk kaca belakang yang menyempit ke belakang.

Buat bagian body belakang, kini juga didesain lebih energik dengan LED Tail light model baru berdesain tajam yang berhasil membuat All New Toyota Fortuner tampak lebih bergaya dan berani keluar dari desain khas Fortuner sebelumnya.

Toyota pula ikut memberikan penyegaran pada bidang interior generasi terbaru Fortuner ini. Dengan diberi sentuhan aksen kayu, dashboard Toyota Fortuner memang terlihat lebih eksklusif. Kabinnya yang didesain berwarna gelap masih cukup lapang dengan sebagian instrument panel yang harmonis seperti mobil SUV masa kini.

Mesin Toyota Fortuner

All New Toyota Fortuner akan hadir dengan 2 opsi mesin, yakni mesin Diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393cc dan mesin bensin 2.7L Dual VVTi berkapasitas 2.694cc. Untuk mesin dieselnya, All New Fortuner sanggup menghasilkan daya maksimal sebesar 149, 6 Ps pada putaran 3.400 rpm serta torsi puncak 40, 81 Kgm pada putaran 1.600-2.000 rpm.

Sedangkan pada mesin bensinnya, All New Toyota Fortuner mampu mengeluarkan daya 163 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi 24,7 pada putaran 4.000 rpm. Perbedaan berikutnya, buat mesin diesel All New Fortuner disematkan suplai bahan bakar Common Rail Type, sedangkan buat mesin bensinnya sudah memakai sistem suplai bahan bakar Fuel Injection.

Berdasarkan klasifikasi mesinnya, All New Toyota Fortuner memang akan ditawarkan jadi beberapa varian, antara lain All New Fortuner dengan mesin bensin dan juga diesel berpenggerak 4×4 atau 4×2.

Fitur Toyota Fortuner

  1. Engine Start Stop
    Menghidupkan mobil All New Toyota Fortuner terbaru pada jenis SRZ dan VRZ, tidak lagi membutuhkan anak kunci. pengendara hanya perlu menekan pedal rem dan menekan tombol “Engine Start Stop”.
  2. Multi Information Display
    Untuk tampilan Multi Information Display (MID) memakai layar jenis layar TFT ukuran 4, 2 inch yang didominasi nuansa warna biru. Spesial untuk Toyota Fortuner jenis VRZ, ada fitur pengaturan tempat duduk secara elektronik. Jadi sudah tidak gunakan tuas lagi, tinggal tekan tombol yang ada di samping kursi.
  3. Steering Wheel
    Pada seluruh jenis All New Toyota Fortuner baru, stir kemudi seperti biasa dilengkapi fitur tilt and telescopic steering system. Dengan fitur tilt and telescopic steering system, pengendara sanggup memposisikan posisi kemudi sesuai dengan kenyamanan masing-masing pengendara.
  4. Paddle Shift
    Pada stir kemudi pula dilengkapi tombol pengaturan audio dan fitur penerima telephone dengan sistem pengenalan suara. Untuk yang mengidamkan mobil dengan paddle shift ala mobil F1, pada All New Toyota Fortuner dengan transmisi otomatis, juga tersedia paddle shift ala mobil F1.

Harga Toyota Fortuner

Berikut ini adalah varian dan harga dari Toyota Fortuner per Agustus 2019.
Toyota Fortuner 2.4 G A/T Rp. 460.000.000,-
Toyota Fortuner 2.4 G M/T Rp. 442.000.000,-
Toyota Fortuner 2.4 G 4×4 A/T Rp. 557.000.000,-
Toyota Fortuner 2.4 VRZ A/T Rp. 494.000.000,-
Toyota Fortuner 2.7 SRZ A/T Rp. 509.100.000,-

Kelebihan Toyota Fortuner

  • Suspensi lebih sempurna untuk handling
    Keunggulan All New Fortuner pertama buat kamu ketahui yakni kualitas suspensi yang lebih sempurna sebab mobil mpv toyota premium ini disokong dengan tipe suspensi yang berkualitas yakni tipe 4-Link dengan Lateral Rod untuk bagian belakang dan Double Wishbone dengan Coil Spring & Stabilizer untuk bagian depan.
  • Memiliki sasis yang tangguh
    Dengan membawa body mobil dengan ukuran yang bongsor memang sudah sewajibnya bila Toyota memperlengkapi mobil ini dengan sasis yang tangguh. Maka dari itu tidak heran bila mobil ini juga kerap dijadikan mobil petualangan di alam bebas.
  • Desain lebih sporty dan modern
    Kelebihan All New Fortuner yang paling menonjol yakni konsep mobil yang begitu sporty dan modern. Perihal ini dapat diamati dari wajah mobil yang begitu agresif, kemudian untuk pemakaian fiturnya mobil ini begitu lengkap dan modern. 

Kekurangan Toyota Fortuner

  • Konsumsi bbm lumayan boros
    Sedangkan buat kekurangan All New Fortuner yang perlu kamu ketahui yakni konsumsi bbm yang lumayan boros. Memang sudah jadi perihal yang biasa bila suatu mobil dibekali dengan kapasitas mesin yang besar, maka buat konsumsi bbm nya juga akan lebih boros.
  • Sistem pengereman masih kurang responsif
    Kekurangan All New Fortuner yang berikutnya yakni sistem pengereman yang kurang responsif, padahal jika melihat teknologi yang mendukungnya seharusnya mobil ini telah mempunyai sistem pengereman yang handal serta responsif sebab sudah dibantu dengan teknologi ABS dan EBD.
  • Interior kurang variatif
    Tidak hanya konsumsi bbm yang boros dan pengereman kurang responsif, Kelemahan All New Fortuner yang banyak disayangkan oleh banyak orang adalah interior yang kurang variatif. Seharusnya dengan banyak varian yang dikeluarkan untuk konsep interiornya mesti dibuat lebih variatif. 
Spesifikasi Toyota Fortuner
Mesin Diesel 2.4L VNT & Gasoline 2.7L Dual VVTi
Kapasitas 2.393cc (diesel) & 2.694cc (bensin)
Daya149,6 Ps/3.400 rpm (diesel) & 163 Ps/3.400 rpm (bensin)
Torsi40,8 Kgm/2.000 rpm (diesel) & 24,7 Kgm/4.000 rpm (bensin)
TransmisiOtomatis 6 percepatan
Dimensi4.795 x 1.855 x 1.835 mm
Suspensi depanDouble wishbone dengan coil spring & stabilizer
Suspensi belakang 4 link dengan coil spring dan lateral road

Pilih Mana: Toyota Harrier atau Toyota Fortuner?

Toyota HarrierToyota Fortuner
Kelebihan- Interior modern - Fitur lengkap dan canggih - Disematkan suspensi yang handal0- Suspensi nyaman - Sasis tangguh - Eksterior modern
Kekurangan- Harga perawatan mahal - Kurang lincah - Bagasi sempit - Boros bbm - Pengereman kurang mumpuni - Interior kurang menarik

Kesimpulan

Toyota Harrier dan Toyota Fortuner sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Desain eskterior, interior, mesin, fitur dan lain sebagainya sudah sepadan dengan harga yang disematkan kedalam kedua mobil tersebut. Namun jika kalian memiliki uang yang cukup banyak, maka saya merekomendasikan Toyota Harrier untuk menemani aktivitas kamu karena memiliki detail yang lebih mumpuni ketimbang Toyota Fortuner. Namun itu semua sesuai selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Harrier vs Toyota Fortuner

VS

 

Leave a Reply