Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Land Cruiser atau Toyota Fortuner?

Memiliki mobil dengan performa yang tangguh dan mampu menghantam medan jalan dalam keadaan apapun menjadi dambaan untuk setiap orang, apalagi tampilan mobil tersebut gagah dan terlihat maskulin. Seperti halnya Toyota Land Cruiser dan Toyota Fortuner, kedua mobil ini menjadi jawaban atas spesifikasi mobil yang diinginkan setiap orang. Penasaran dengan performa dan detail dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan bahas Toyota Land Cruiser dan Toyota Fortuner. Stay tune ya.

Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser yang merupakan mobil SUV terbaik karya Toyota serta mempunyai ketangguhan seluruh medan on road maupun off road. Mobil ini merupakan SUV yang kuat serta sanggup menjelajah medan-medan terberat sekalipun dengan mudah. Sebenarnya mobil SUV Toyota ini telah dikembangkan sejak tahun 1951 serta dibuat pertama kali pada tahun 1954 lalu.

Sampai saat ini mobil SUV andalan Toyota sudah masuk generasi ke 3 yaitu 200 series dan keempat 150 series. Saat ini mobil itu telah sampai pada generasi terakhir yaitu Toyota Land Cruiser model tahun 2016 yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Baca juga Pilih Mana: Mitsubishi Triton atau Toyota Hilux 2019?

Desain Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser ini mempunyai desain yang terasa segar, modern, elegan dan stylish buat suatu mobil SUV yang kuat buat kebutuhan off road. Pada bagian fascia depannya nampak sangat garang serta elegan dengan grill berdimensi besar beraksen chrome yang terlihat menyambung dengan lampu utama juga berukuran besar membuat Toyota Land Cruiser ini semakin kelihatan futuristik.

Lampu depannya yang mempunyai headlamp projector memakai HID, lampu kota berjenis LED bakal membagikan pencahayaan yang maksimum pada saat petang atau malam hari. Sebaliknya buat bumper komponen depannya yang menyatu dengan bodi dan mempunyai foglamp fungsionalitas bakal menambahkan kesan garang pada Toyota Land Cruiser ini. Buat bagian sampingnya terlihat menarik serta elegan sebab garis komponen bawah dengan aksen chrome dan velg yang mempunyai desain kokoh.

Mobil ini mampu menampung sampai 8 orang termasuk pengendara dengan material bahan interior yang terbaik dan dengan ruang yang cukup besar maka bakal membagikan kenyamanan penuh dikala melakukan perjalanan. Pada komponen dashboard depannya Toyota Land Cruiser diberikan panel yang sangat lengkap sehingga bakal mempermudah pengemudi ataupun penumpang bagian depan buat mengaktifkan fitur yang kamu untuk memanjakan perjalanan menuju destinasi tujuan

Mesin Toyota Land Cruiser

Mobil ini memakai mesin 1 VD-FTV Diesel with Intercooler berkonfigurasi V8 berkapasitas 4.5 liter yang mempunyai 32 katup DOHC menciptakan daya maksimum sampai 235 PS pada putaran mesin 3.200 RPM dengan torsi maksimum menggapai 62.8 pada putaran mesin 1.800 hingga 2.200 RPM. Dengan daya Toyota Land Cruiser yang lebih besar torsinya maka bakal menciptakan ketangguhan akselerasi atau buat kebutuhan off road dengan ajang berat yang menanjak.

Walaupun top speednya buat jalanan on road juga bisa diandalkan karena mempunyai tenaga atau daya kuda yang besar. Detail Toyota Land Cruiser memakai sistem pemasokan bahan bakar yaitu generasi ke 3 Common rail with Twin Turbo bakal memberikan konsumsi bahan bakar yang stabil serta efisien dan semakin memberikan performa yang maksimal.

Fitur Toyota Land Cruiser

Mulai dari fitur hiburan yang mempunyai JBL synthesis audio system bakal menciptakan pemutaran Radio maupun MP3/ WMA dengan mutu audio yang memanjakan kuping penumpang maupun pengendara. Kemudian buat kebutuhan kesejukannya Toyota Land Cruiser dibenamkan 4 Zone Climate Control with 28 Air Roulets yang menciptakan kesejukan menyeluruh buat seluruh penumpang serta pengemudi pada bagian kabin.

Terdapat juga pengaturan bangku pengemudi serta penumpang yang bakal gampang dicoba lewat kontrol perangkat elektronik sehingga semakin membagikan kenyamanan pada siapa pun di dalam Toyota Land Cruiser ini.

Hill Start Assist Control juga bakal semakin menolong pengendara dalam memandu Toyota Land Cruiser ini cuma dengan menginjak pedal rem dikala tanjakan atau turunan dan senantiasa melindungi mobil tidak beranjak maju maupun mundur.

Mobil ini juga mempunyai fitur Turn Assist Function pula bakal menolong pengendara buat melakukan belok arah pada ajang offroad yang berat dengan melindungi Toyota Land Cruiser dalam rute yang seharusnya sehingga bakal meminimalisir keadaan yang tidak diinginkan.

Detail Toyota Land Cruiser dilengkapi pula dengan Smart Key yang bakal berperan buat memberikan keamanan dengan mudah sebab hanya dengan menekan tombol fitur ini pintu akan otomatis terkunci. Kemudian sebagian Camera pula dilengkapi pada Toyota Land Cruiser ini yang semakin membantu pengendara dalam melewati medan offroad berat. Lalu didukung dengan The Ability to Perform Extremely bakal membagikan kenyamanan serta kekuatan melewati ajang offroad terberat sekalipun.

Harga Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser 200 Standar Spec A/T Diesel Rp 1.840.700.000
Toyota Land Cruiser 200 Full Spec A/T Diesel Rp 2.147.483.647

Toyota Fortuner

Kedatangan All New Fortuner ini semakin melengkapi line-up Toyota di kategori high- class vehicle yang sebelumnya juga sudah kedatangan All New Kijang Innova, yang diluncurkan akhir tahun 2015 yang lalu. Mengangkat tema ‘Leading the World’ plus embel-embel ‘All New’ di depan namanya, Toyota Fortuner saat ini benar- benar hadir dengan penyegaran menyeluruh di komponen interior serta eksterior yang berkonsep‘ Stylish and Confidence’. Rancangan konsep terkini pada All New Toyota Fortuner ini mempunyai nuansa yang lebih fresh, semakin stylish, dan pastinya semakin gagah.

Muncul sebagai pengisi segmen high SUV, All New Toyota Fortuner membawa konsep yang benar-benar baru. Kali ini All New Fortuner tampil dengan konsep lebih gagah dengan menganut konsep‘ New Tough and Bold Design’. Tidak seperti generasi lawasnya yang terlihat lebih simpel, pada All New Toyota Fortuner ini kita bakal menjumpai sosok SUV yang berdesain lebih elegan serta berkelas.

Lihat juga:  Pilih Mana: Meguiar's atau Turtle Wax?

Desain Toyota Fortuner

All New Fortuner sukses tampil lebih modern dengan konsep headlamp berteknologi Bi- Beam Hi Tech LED Projector yang lebih slim dari tipe sebelumnya. Headlamp- nya sendiri telah terintegrasi dengan DRL serta Auto Leveling alhasil tidak menyilaukan mata pengemudi yang berada di depannya.

Tidak hanya itu, All New Toyota Fortuner pula terlihat semakin garang berkat konsep prominent front grill yang dibuat lebih mencolok, kemudian dipadukan dengan foglamp berukuran besar yang sekilas terlihat agresif. Berpindah pada komponen body samping, All New Toyota Fortuner tampak cukup gagah serta maskulin dengan bentuk kaca belakang yang menyempit ke belakang. Garis body pula minimalis sebagaimana bentuk SUV kebanyakan.

Dengan diberi sentuhan aksen kayu, dashboard Toyota Fortuner memang nampak lebih eksklusif. Kabinnya yang didesain berwarna hitam masih cukup lapang dengan sebagian instrument panel yang harmonis seperti mobil SUV masa kini.

Tidak hanya itu, pada setir kemudi pula diberi sentuhan anyar mempunyai fitur steering switch, paddle shift and sequential, fotur Eco atau Power Mode, rear Diff Lock, dan juga fitur paddle shift sehingga membuat pengendara bakal semakin dimanjakan oleh All New Toyota Fortuner ini. Setelah itu, All New Fortuner buat jenis tertentu pula telah muncul dengan konsol meter model baru berdimensi 4,2 inci TFT color yang sanggup menunjukkan data melalui MID dengan informatif.

Mesin Toyota Fortuner

All New Toyota Fortuner bakal muncul dengan 2 pilihan mesin, ialah mesin Diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393cc dan mesin bensin 2.7L Dual VVTi berkapasitas 2.694cc. Buat mesin dieselnya, All New Fortuner sanggup menciptakan daya maksimal sebesar 149,6 Ps pada putaran 3.400 rpm serta torsi puncak 40,81 Kgm pada putaran 1.600–2.000 rpm.

Sebaliknya pada mesin bensinnya, All New Toyota Fortuner mampu muntahkan daya 163 Ps pada putaran 3.400 rpm serta torsi 24,7 pada putaran 4.000 rpm. Perbedaan berikutnya, buat mesin diesel All New Fortuner disematkan suplai bahan bakar Common Rail Type, sedangkan buat mesin bensinnya telah memakai sistem pasokan bahan bakar Fuel Injection.

Bersumber pada penggolongan mesinnya, All New Toyota Fortuner memang bakal ditawarkan jadi beberapa versi, antara lain All New Fortuner dengan mesin bensin dan juga diesel berpenggerak 4×4 atau 4×2. Tiap-tiap mesin terkini pada All New Toyota Fortuner mempunyai karakter berbeda-beda. Buat mesin dieselnya yang berkode GD telah dijejali dengan teknologi pembaruan yang terkini, diklaim sanggup menciptakan daya maksimal namun senantiasa hemat bahan bakar.

Sebaliknya buat karakteristik mesin All New Fortuner bensin berkode 4TR mempunyai akselerasi yang responsif dengan peningkatan daya dan juga hemat bahan bakar. Baik jenis manual ataupun otomatis, detail Toyota Fortuner generasi terkini ini bakal digerakkan oleh transmisi 6-percepatan.

Fitur Toyota Fortuner

Kali ini All New Toyota Fortuner sudah setahap lebih maju dengan segudang fitur yang dipunyanya, antara lain sistem audio terbaru yang sudah berdimensi 8 inci, Toyota Move, Navigation, serta Mirror Cast. Fitur yang terakhir ini ialah fitur terkini pada Toyota Fortuner yang bisa menunjukkan display layar handphone pada layar head unit.

Setelah itu, terdapat pula fitur Auto AC dengan control digital yang dapat dikendalikan dari bangku kedua. Lalu terdapat fitur Air Gesture dan juga pengaturan jok model elektrik. Bahkan buat All New Toyota Fortuner jenis SRZ serta VRZ sudah terdapat layar monitor tambahan yang ditempatkan pada langit- langit mobil buat penumpang baris kedua. Kemudian di depan bangku baris kedua, di komponen tengah juga ada soket buat mengisi baterai smartphone dengan energi 12 volt serta lengkap dengan tempat menyimpan smartphone.

Sedangkan buat fitur keselamatannya, kabin Toyota Fortuner juga sudah lengkap dengan fitur Triple SRS airbag dan juga Isofix atau jok tempat bayi. Kemudian pada komponen pengeremannya telah dilengkapi dengan fitur ABS dan juga EBD. Tidak lupa, All New Toyota Fortuner juga dibekali dengan fitur Vehicle Stability Control buat jenis 4×4 VRZ, Trailer Sway Control buat jenis 4×4 VRZ, Emergency Brake Signal, A- TRC/ Active Traction Control, dan Hill Start Assist yang saat ini mulai jadi fitur kendaraan standar global.

Kemudian terdapat pula fitur peringatan lampu hazard yang otomatis menyala, baik lampu depan serta lampu belakang, dikala pengemudi melakukan pengereman secara tiba- tiba buat Fortuner jenis 4×4 VRZ. Terakhir buat memenuhi detail Toyota Fortuner pada fitur keamanannya juga ada fitur rear parking camera serta all around sensor, dan antena berupa sirip hiu.

Harga Toyota Fortuner

4×2 2.4 G M/T Diesel Rp. 474.050.000
4×2 2.4 G A/T Diesel Rp. 492.050.000
4×2 2.4 VRZ A/T Diesel Rp. 522.650.000
4×2 2.4 VRZ A/T Diesel TRD Rp. 534.650.000
4×2 2.7 SRZ A/T Bensin Rp. 548.050.000
4×2 2.7 SRZ A/T Bensin TRD Rp. 560.050.000
4×4 2.4 G A/T Diesel Rp. 594.550.000
4×4 2.4 VRZ A/T Diesel Rp. 666.150.000

Pilih Mana: Toyota Land Cruiser atau Toyota Fortuner?

Toyota Land CruiserToyota Fortuner
Kelebihan - Memiliki mesin yang energik - Lampu utama memakai LED - Memiliki fitur SRS airbags sistem - Memiliki fitur Power Mode - Memiliki fitur Eco Mode - Memiliki daya angkut yang banyak
Kekurangan- Harga mahal - Sulit digunakan bermanuver dijalan ramai - Belum memiliki fitur sunroof - Memiliki transmisi dibawah rivalnya

Kesimpulan

Meskipun harga dari kedua mobil ini terbilang mahal, namun spesifikasi nya tentu sudah sangat mumpuni untuk dibawa ke jalanan kota. Hujan, panas, kerikil tidak menjadi masalah besar untuk kedua mobil ini. Tentukan pilihan mobil mu sesuai dengan kebutuhan dan selera kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Land Cruiser vs Toyota Fortuner

VS

Leave a Reply