Auto TechKendaraanOtomotif

Pilih Mana: Toyota Rush atau Honda Mobilio?

Menjelang akhir tahun, biasanya banyak orang yang melakukan pembelian mobil. Entah itu mobil baru maupun mobil bekas. Alasannya bermacam-macam, karena ingin pulang kampung atau hanya sekadar ingin berlibur bersama keluarga besar.

Dari banyaknya jenis mobil yang dicari adalah Toyota Rush dan Mobilio. Sebab, kedua mobil ini dirasa lebih tangguh untuk perjalanan jarak jauh, bagian dalamnya nyaman karena cukup luas, tampilannya pun cukup gagah. Namun untuk lebih mengetahui fitur dan kelebihan apa saja dari kedua mobil ini, ada baiknya menyimak artikel ini sampai habis.

Toyota Rush

Toyota Rush saat ini masuk generasi kedua. Generasi pertama Toyota Rush dimulai pada tahun 2006 hingga tahun 2016. Pertama kali muncul, mobil ini hadir dengan tiga varian, yakni G MT 5 percepatan, S MT 5 percepatan, dan S AT 4 percepatan. Selain itu, mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.500 cc dan mampu menghasilkan tenaga hingga 109 PS dan torsi 145 Nm. Baca Juga Pilih Mana: Toyota Agya atau Daihatsu Sirion?

Di tahun 2010, Toyota Rush hadir varian G AT alias dengan transmisi otomatis. Terdapat beberapa penyegaran di bagian eksteriornya, seperti sentuhan aksen krom di beberapa bagian. Pada bagian interior, Toyota menawarkan opsi dua jok tambahan di bagian belakang. Sehingga, kapasitasnya menjadi 7 penumpang.

Tahun 2017, Toyota kembali reborn dengan nama All New Rush. Kali ini tampilannya dibuat modern namun tetap kental dengan aura SUV perkotaan. Jika sebelumnya ban cadangan atau ban serep yang terletak di pintu belakang, pada All New Rush sudah dipindahkan ke bagian bawah. Kapasitasnya pun sudah 7 penumpang dan tiap penumpang mendapatkan seat belt tiga titik, serta 7 head rest.

Terdapat dua varian All New Rush, yakni G dan TRD Sportivo. Masing-masing varian ini telah dilengkapi dengan teknologi start stop engine. Selain itu pada bagian interior, panel depannya sudah dilapisi dengan material soft touch yang membuatnya semakin elegan.

Kelebihan Toyota Rush

1. Desain Eksterior Lebih Modern
Berbicara menegenai desain, dilihat dari eksteriornya Toyota Rush generasi kedua jauh lebih modern, sporty, dan agresif, dibandingkan generasi pertama. Bagian eksterior yang lebih melengkung dengan tarikan garis yang tegas membuatnya terlihat sporty, serta terkesan dimensi yang lebih luas. Ada 6 varian warna yang dapat dipilih, yakni White, Silver Mica Metallic, Bronze Mica Metallic, Black Mica, Dark Red Mica Metallic, dan Deep Maroon Mica.

2. Interior Lebih Lega
Pada interiornya, Toyota Rush generasi kedua lebih lega jika dibandingkan generasi sebelumnya. Toyota All New Rush sudah memiliki kapasitas hingga 7 orang penumpang. Mobil ini masuk dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV). Dimensi interiornya lebih panjang 150 mm dibandingkan Toyota Rush lama.

3. Fitur Keselamatan Lebih Lengkap
Pada Toyota All New Rush sudah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control. Sehingga, mobil tetap terjaga pada jalurnya agar pengemudi lebih mudah mengendalikan motor. Adanya fitur ini membantu mencegah selipnya roda akibat kehilangan traksi. Mesin akan mengurangi tenaga mesin dan melakukan pengereman secara efektif pada setiap rodanya.

4. Fitur Canggih
All New Rush memiliki fitur canggih, sebab, dasbornya sudah dilengkapi dengan DVD AVX 7 dengan internet. Sehingga, head unit tersebut mampu mengakses DVD atau musik dengan sambungan USB, Bluetooth, iPod atau iPhone, Miracast, Weblink, Support Multitasking, Smart Phone Remote App.

Fitur lain pada Toyota Rush generasi kedua dibekali 3 ACC Connectior untuk tipe tertinggi, yang ada di bagian depan, baris kedua, dan baris ketiga. Untuk tipe G, ACC Connector hanya ada di baris depan.

5. Anti Lock Bracking System
Selain itu, semua tipe Toyota Rush generasi kedua juga sudah dibekali Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Dengan adanya EBD, pengereman akan terbagi rata ke masing-masing roda mobil. Tekanannya akan disesuaikan dengan daya yang bervariasi, tergantung dengan kondisi beban di setiap roda.

Kekurangan Toyota Rush

1. Desain Eksterior
Tampilan All New Rush memang terlihat lebih modern dibandingkan yang lama, namun tampilan ini membuatnya mirip dengan beberapa mobil lainnya. Banyak yang mengatakan desainnya jadi tidak memiliki karakter atau kehilangan ciri khasnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Sepeda United atau Sepeda Element?

2. Mesin 2NR-VE Kurang Agresif
Mesin 2NR-VE yang digunakan pada Toyota Rush generasi kedua memiliki karakter dengan torsi yang lebih merata di setiap putaran. Namun, hal ini membuat pengemudi jadi membutuhkan tenaga lebih untuk membuat mobil mengeluarkan seluruh tenaganya.

Apalagi Toyota All New Rush memiliki tenaga yang lebih sedikit dibandingkan Toyota Rush lama. Mesin 2NR-VE hanya memiliki tenaga 102 HP, sedangkan mesin 3SZ-VE tenaganya mencapai 108 HP.

Mobilio

Honda merupakan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia. Brand dengan logo H ini memiliki banyak sekali produk kendaraan yang sudah teruji dan menjadi favorit masyarakat mulai dari kenyamanan dan juga dari segi kualitasnya.

Salah satu mobil Honda yang banyak di buru orang-orang adalah Honda Mobilio. Mobil ini mulai ramai beredar dipasaran sejak 2013 lalu, dengan mobil tipe MPV atau Low Multi Purpose Chicle Honda Mobilio ini mampu menampung penumpang hingga 7 orang sehingga mobil ini sangat cocok digunakan untuk keluarga.

Kelebihan Honda Mobilio

1. Desain Eksterior Sporty
Honda Mobilio memiliki desain yang berkelas jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Mobil ini dirancang khusus untuk menjadi kendaraan keluarga yang sporty.

2. Sistem Kendali Lebih Baik
Sistem kendali yang dimiliki oleh Honda Mobilio ini memiliki handling sudah sangat baik. Body roll dan feedback setir mobil ini masih lebih baik dibandingkan mobil-mobil sekelasnya, walaupun ketika menggunakan EPS akan mengurangi feeling mengemudi.

2. Performa Mesin Irit
Kapasitas mesin yang dimiliki oleh Honda Mobilio yaitu 1.500 cc L 15Z1. Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin mobil Honda Mobilio ini adalah 118 Hp. Pengurangan tenaga ini untuk menekan konsumsi bahan bakar agar lebih irit dan lebih hemat.

4. Kabin Luas dan Lega
Dilihat dari eksterionya, Mobilio merupakan mobil yang paling rendah dari segi ketinggiannya. Namun, kabin mobil ini jauh lebih luas dan lega dibandingkan dengan mobil MPV sekelasnya.

5. Bagasi Yang Luas
Bagasi Honda Mobilio memang sangat luas. Bahkan, dikatakan paling luas di kelasnya. Luas bagasinya diklaim lebih besar jika dibandingkan dengan Kijang Innova. Selain itu, Honda menempatkan dongkrak dan toolkit di tempat yang tersembunyi dan tidak mengurangi ruang bagasi.

Kekurangan Honda Mobilio

1. Desain Interior Kurang Menarik
Bagi sebagian orang, mungkin Honda Mobilio kurang begitu menarik. Hal ini dinilai dengan kualitas material dan finishingnya tidak begitu baik. Jika dilihat, interior Honda Mobilio ini sama persis desainnya dengan Honda Brio, kecuali pada pewarnaan yang diberikan.

2. Suspensi Kurang Nyaman
Saat melewati jalan bergelombang, maka Anda harus membawanya secara perlahan, terlebih pada suspensi belakang. Hal ini membuatnya kurang nyaman saat dikendarai terlebih membawa barang yang banyak.

3. Kabin Tidak Kedap Suara
Saat Anda dalam kondisi kecepatan rendah, suara mesin mobil akan sangat tenang dan tidak terasa. Namun, ketika anda memacu mobil dengan kecepatan di atas 80 km/ jam, maka kekedapan kabin tidak dirasakan kembali. Suara mesin, angin, dan ban sangat mengganggu.

Pilih Mana: Toyota Rush atau Honda Mobilio?

Keterangan Toyota RushHonda Mobilio
Kelebihan - Desain Eksterior Lebih Modern - Interior Lebih Lega - Fitur Keselamatan Lebih Lengkap - Fitur Canggih - Anti Lock Bracking System- Desain Eksterior Sporty - Sistem Kendali Lebih Baik - Performa Mesin Irit - Kabin Luas dan Lega - Bagasi Yang Luas
Kekurangan - Desain Eksterior - Mesin 2NR-VE Kurang Agresif- Desain Interior Kurang Menarik - Suspensi Kurang Nyaman - Kabin Tidak Kedap Suara

Kesimpulan

Itu semua kelebihan dan kekurangan Toyota All New Rush dan Honda Mobilio yang dapat menjadi tambahan informasi Anda. Sebelum beli mobil, ada baiknya mempertimbangkan poin-poin tersebut terlebih dahulu agar nantinya tidak terjadi kesalahan setelah membelinya. Semoga bermanfat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Rush atau Honda Mobilio

VS