Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Yaris atau Honda Brio?

Perkembangan zaman yang semakin modern dan semakin maju membuat produsen otomotif atau kendaraan juga banyak mengeluarkan merek-merek mobil dengan spesifikasi dan kualitasnya yang baik seperti halnya merek Toyota Yaris dan Honda Brio.

Toyota Yaris dan Honda Brio adalah mobil yang banyak diminati oleh semua orang, lantas apakah kamu sudah mengetahui spesifikasi dan juga kelebihan dan kekurangan dari kedua mobil ini? Jika belum, pada artikel kali ini akan membahasnya guys. Langsung saja baca artikelnya di bawah ini ya.

Toyota Yaris

Yaris merek mobil dari perusahaan Toyota Astra Motor atau (PT TAM) mempunyai spesifikasi yang baik dan banyak diminati oleh semua kalangan baik perempuan maupun laki-laki. Karena dari segi desain luar atau eksterior mobil Toyota Yaris ini memiliki desain yang sporty ya guys, cocok sekali nih digunakan perempuan. Baca juga Pilih Mana: Toyota 86 atau Civic Turbo?

Spesifikasi Desain, Mesin dan Fitur Pengereman Toyota Yaris

1. Desain

Dilihat dari segi tampilan eksterior pada spesifikasi Toyota Yaris ini, memang dapat dibilang kalau hampir secara totalitas mempunyai tampilan desain yang terkesan lebih sporty, futuristik, stylish, dan tentunya dengan gaya dinamisnya yang begitu elegan.

Toyota membuat ruang kabin pada hatchback buatannya ini dengan ukuran yang lebih leluasa guna memberikan ruang gerak penumpang yang lebih bebas. Tidak sampai disana saja, sisi menarik dari bagian interior pada Toyota Yaris ini yaitu pada bagian dashboard. Dimana, pihak Toyota telah mengusung konsep Complete Features pada dashboardnya yang kini berkesan lebih lapang.

2. Mesin
Hatchback andalan Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder jenis DOHC berteknologi Dual VVT-I yang mempunyai kapasitas 1.496 cc. Mesin yang diusung Toyota Yaris itu juga nantinya akan dikawinkan dengan 2 pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT.

Meski berbeda transmisinya tetapi dipastikan mobil hatchback Toyota Yaris ini akan mampu memberikan tenaga yang sama, yaitu sanggup menyemburkan power hingga 107 Ps per 6.000 rpm dan torsi maksimum 14.3 Nm per 4.200 rpm.

3. Fitur pengereman
Fitur pengereman ABS dan EBD dan juga fitur security system dengan Immobilizer key. Tentunya dengan memilki spesifkasi seperti di atas, membuat harga toyota yaris lumayan mahal. Dan juga disematkan dual SRS airbags untuk semua tipe yang si sertai 3 point saetbelt dengan potensioner dan force limiter yang berguna melindungi pengendara dan juga penumpangnya.

Tabel di bawah kisaran harga Toyota Yaris per September 2019.

Tipe Harga
Harga Toyota Yaris E M/T Rp. 224.200.000 (per September 2019)
Harga Toyota Yaris E A/T Rp. 235.000.000 (per September 2019)
Harga Toyota Yaris G M/T Rp. 232.500.000 (per September 2019)
Harga Toyota Yaris G A/T Rp. 242.500.000 (per September 2019)
Harga Toyota Yaris TRD S M/T Rp. 254.400.000 (per September 2019)
Harga Toyota Yaris TRD S A/T Rp. 265.200.000 (per September 2019)

Kelebihan Toyota Yaris

  • Tampilan yang mewah dan sporty
    Dari penjelasan spesifikasi di atas, bahwa tampilan dari mobil ini terkesan sangat mewah dan sporty. Dikemas dengan desain body yang membulat dengan paduan lekukan yang tajam membuat mobil ini terlihat seperti kapsul. Namun jika dilihat dari bagian depannya, dimana kap mesinnya memiliki lekukan tajam ke bawah yang dipadukan dengan headlamp yang unik menjadikan mobil ini terlihat berkarakter dan juga menarik.
  • Harga sparepart murah
    Sparepart yang dijual dengan harga yang murah dan banyak juga salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh mobil hatchback Toyota Yaris ini, jadi untuk kamu yang ingin membeli mobil ini tidak perlu khawatir dengan sparepartnya. Selain itu biaya perawatan yang murah dan perawatan yang sederhana juga mudah untuk dilakukan perempuan juga menjadi salah satu kelebihan yang ada pada mobil ini, ya sangat cocok untuk yang mempunyai jiwa muda
  • Mesin yang canggih dan tangguh
    Seperti penjelasan di atas pada spesifikasi mesin, bahwa mobil Toyota Yaris ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup tangguh Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder jenis DOHC berteknologi Dual VVT-I yang mempunyai kapasitas 1.496 cc.

Kekurangan Toyota Yaris

  • Harga mahal
    Mobil Toyota Yaris ini memang dijual dengan harga yang terbilang mahal, tetapi hal ini tidak menjadi patokan untuk orang yang menyukai mobil ini ya guys.
  • Mobil ini terlalu besar untuk versi hatchback
    Desain dari mobil ini terbilang sporty dan mewah guys, tetapi ukuran mobil ini memang terbilang terlalu besar untuk versi mobil hatchback.
  • Ukuran kabin sempit
    Dengan ukuran kabin yang tidak lega pastinya akan mengurangi rasa nyaman para penumpang. Kemudian sistem transmisi matic yang masih konvensional juga salah satu hal yang bisa dikategorikan kekurangan mobil ini.

Honda Brio

Brio adalah mobil dari merek atau dikeluarkan oleh perusahaan Honda, dimana Brio ini memiliki banyak peminat khususnya di kalangan perempuan. Karena desain yang cukup bagus dan juga kecil cocok sekali untuk perempuan. Honda Brio diluncurkan di Indonesia pada bulan Agustus 2012. Dan sampai saat ini Honda Brio banyak menjadi pilihan mobil untuk perempuan.

Spesifikasi Desain, Mesin dan Fitur Pengereman Honda Brio

1. Desain

Honda Brio menawarkan desain penuh gaya yang dilengkapi bumper dan grill baru yang menyatu dengan lampu utama. Mobil ini juga mengadopsi teknologi Heat Rejecting Green Tinted Glass yang membuat kaca mobil mampu mengurangi sinar UV dari matahari.

Setelah itu untuk bagian belakang memiliki desain Rear Combi Lamp yang modern. Sayangnya lampu pada tipe Brio Satya belum menggunakan teknologi LED. Dashboard pada mobil ini juga sepertinya terbilang masih sangat sederhana guys.

2. Mesin
Kelebihan pada mobil ini juga pada mesinnya yaitu pada mesin mobil ini menawarkan mesin 1.2 Liter i-VTEC yang memiliki tenaga maksimal sebesar 90 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 110 Nm pada 4.800 rpm. Tidak perlu khawatir boros bensin, karena mesinnya hemat bahan bakar.

Agar performa mesin semakin optimal, maka Honda melengkapinya dengan sistem elektronik Drive By Wire yang bermanfaat untuk mengendalikan buka tutup throttle valve, sehingga kemampuan akselerasinya terus menjadi maksimal tetapi tetap hemat bahan bakar. Mesin yang dimilikinya juga dioptimalkan oleh sistem pembakaran PGM-FI, sehingga terus menjadi hemat bahan bakar.

3. Fitur pengereman
Salah satunya teknologi pengereman ABS+EBD yang siap membantu pengemudi dalam mengendalikan laju mobil ini secara lebih sempurna dan mencegah terjadinya ban selip saat terjadi pengereman mendadak. Tidak hanya itu, Dual Front i-SRS Airbags pun juga turut dibenamkan pada bagian jok depan untuk melindungi penumpang dari tabrakan, terutama tabrakan dari depan.

Tabel di bawah kisaran harga Honda Brio per September 2019.

Tipe Harga
Honda Brio Satya S MTRp. 139.000.000 (per September 2019)
Honda Brio Satya E MTRp. 147.500.000 (per September 2019)
Honda Brio Satya E CVTRp. 162.500.000 (per September 2019)
Honda Brio RSRp. 175.000.000 (per September 2019)
Honda Brio RS CVTRp. 190.000.000 (per September 2019)

Kelebihan Honda Brio

  • Handling cukup stabil
    Mobil Brio ini pun juga memiliki sistem handling yang cukup stabil ketika digunakan, hal ini lah yang membuat sistem kemudinya tidak gampang loss. Sehingga baik wanita sekalipun akan sangat mudah mengendarai mobil ini.
  • Mudah dikendarai jalanan sempit
    Kelebihan lainnya terletak pada desain eksterior mobil ini. Desain eksterior dari Honda Brio memang kecil, hal ini dapat memudahkan pengemudi untuk dapat membawa mobil pada jalanan-jalanan yang sempit sekalipun. Bahkan tidak terlalu sulit bagi pengemudi untuk menggerakkan mobil meskipun kondisi jalanan terbatas.
  • Ramah lingkungan
    Karena mengusung konsep LCGC (Low Car Green Car), mobil ini memang diproduksi dengan tujuan yang ramah lingkungan serta dengan harga yang murah.

Kekurangan Honda Brio

  • Kursi bagian belakang
    Kekurangan dari Honda Brio ini dapat anda lihat pada kursi yang terletak pada bagian belakang yang memang kurang nyaman ketika ditempati oleh orang-orang dewasa. Kaki penumpang yang duduk di bagian belakang akan mentok, karena tidak adanya area yang luas sekitar yang dapat membuat bebas bergerak.
  • Bagasi yang terasa sempit
    Hal lainnya yang menjadi kekurangan dari Honda Brio adalah ukuran bagasi nya yang sempit. Meskipun di luar terlihat cukup bongsor, namun ukuran dari bagasi mobil ini nyatanya sangat kecil. Sehingga bagi kamu yang bepergian jauh dan membawa banyak barang, tentunya tidak semua barang-barang dapat kamu masukkan ke dalam mobil ini.
  • Desain interior kurang bagus
    Meskipun desain eksterior mobil nya terlihat keren dan sporty, namun itu berbanding terbalik dengan desain interior mobil ini. Kamu dapat melihatnya pada bagian dashboard mobil yang didesain masih sangat sederhana, berbeda dengan mobil-mobil masa kini.

Pilih Mana: Toyota Yaris atau Honda Brio?

Toyota YarisHonda Brio
Kelebihan- Tampilan yang mewah dan sporty - Harga sparepart mudah didapatkan dan murah - Mesin yang canggih dan tangguh - Handling cukup stabil - Mudah dikendarai jalanan sempit - Ramah lingkungan
Kekurangan- Harga yang terbilang mahal - Mobil ini terlalu besar untuk versi hatchback - Ukuran kabin sempit - Kursi bagian belakang - Bagasi yang terasa sempit - Desain interior kurang bagus

Kesimpulan

Pada penjelasan di atas mengenai mobil Toyota Yaris dan Honda Brio, keduanya banyak menjadi pilihan untuk orang baik untuk perempuan maupun laki-laki. Keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi jika kamu ingin memiliki ruang kabin yang cukup luas pada interior mobil maka Toyota Yaris bisa menjadi pilihan kamu, tetapi jika kamu ingin mobil yang bisa melewati jalan sempit sekalipun Honda Brio bisa menjadi pilihan kamu. Semua tergantung dengan selera kamu ya, semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Yaris vs Honda Brio

VS

Leave a Reply