Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Yaris atau Suzuki Ignis?

Pemilihan sebuah kendaraan khusnya mobil tentunya tidak terlepas dari spesifikasi yang ada pada kendaraan mobil itu sendiri. Selain itu juga, sebelum kamu membeli sebuah kendaraan mobil tersebut pastikan kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan pada mobil itu sendiri.

Banyak sekali merek mobil yang dikeluarkan oleh produsen otomotif hingga saat ini. Toyota Yaris dan Suzuki Ignis adalah kedua contoh dari banyaknya merek mobil yang dikeluarkan oleh produsen otomotif. Keduanya saat ini banyak menjadi pilihan oleh semua orang.

Apakah kamu sedang ingin membeli merek diantara kedua merek mobil tersebut yaitu Toyota Yaris atau Suzuki Ignis? Jika iya atau bahkan baru ingin mencari informasi, maka artikel di kali ini sangat cocok untuk kamu guys. Karena saya akan membahas mengenai kedua mobil tersebut.

Toyota Yaris

Toyota Yaris awal pertama kali diluncurkan dan dikenalkan dengan masyarakat Indonesia pada tahun 2006 lalu. Terakhir, pada awal 2018 TAM menghadirkan New Yaris dengan tampilan yang lebih modern. Bahasa desainnya mengusung tema Sporty and Aggressive Design, sehingga memiliki garis aerodinamis modern, dan stylish. Baca juga Pilih Mana: Honda Jazz atau Suzuki Swift?

Semenjak kemunculan Toyota Yaris mampu membuat persaingan di pasar otomotif semakin ketat, apalagi pada mobil Toyota Yaris ini memiliki eksterior yang stylish nan aerodinamis yang mampu memikat para pecinta otomotif di indonesia. Selain eksterior yang stylish, toyota yaris juga memiliki interior yang terdapat fitur-fitur yang memberikan kenyamanan saat berkendara.

Kelebihan Toyota Yaris

  • Tampilan yang mewah 
    Tampilan dari mobil ini terkesan sangat mewah dan sporty. Dikemas dengan desain body yang membulat dengan paduan lekukan yang tajam membuat mobil ini terlihat seperti kapsul. Namun jika dilihat dari bagian depannya, dimana kap mesinnya memiliki lekukan tajam ke bawah yang dipadukan dengan headlamp yang unik menjadikan mobil ini terlihat berkarakter dan juga menarik.
  • Harga sparepart mudah didapatkan dan murah
    Kelebihan yang ditawarkan oleh mobil hatchback Toyota Yaris ini, mempunyai harga sparepart yang murah dan mudah untuk kamu dapatkan, jadi untuk kamu yang ingin membeli mobil ini tidak perlu khawatir dengan sparepartnya. Selain itu biaya perawatan yang murah dan perawatan yang sederhana juga mudah untuk dilakukan perempuan juga menjadi salah satu kelebihan yang ada pada mobil ini, ya sangat cocok untuk yang mempunyai jiwa muda
  • Mesin yang canggih dan tangguh
    Toyota Yaris ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup tangguh Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder jenis DOHC berteknologi Dual VVT-I yang mempunyai kapasitas 1.496 cc.

Kekurangan Toyota Yaris

  • Harga mahal
    Mobil Toyota Yaris ini memang dijual dengan harga yang terbilang mahal, tetapi hal ini tidak menjadi patokan untuk orang yang menyukai mobil ini ya guys. Versi terendah harga Ro. 224.200.000 (per September 2019) dan versi tertinggi Rp. 265.200.000 (per September 2019).
  • Mobil ini terlalu besar untuk versi hatchback
    Desain dari mobil ini terbilang sporty dan mewah guys, tetapi ukuran mobil ini memang terbilang terlalu besar untuk versi mobil hatchback. Tetapi hal ini tidak menjadi penghalang untuk orang yang menyukai mobil Yaris ini ya guys.
  • Kabin yang tidak begitu leluasa
    Dengan ukuran kabin yang tidak lega atau kabin tidak begitu leluasa pastinya akan mengurangi rasa nyaman para penumpang. Kemudian sistem transmisi matic yang masih konvensional juga salah satu hal yang bisa dikategorikan kekurangan mobil ini.

Suzuki Ignis

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada 17 April 2017, PT Suzuki Indomobil Sales secara resmi telah merilis Suzuki Ignis terbaru. Mobil buatan pabrik asal Jepang ini merupakan tipe SUV yang hadir dengan mengusung gaya stylish dan sporty dan siap bersaing dengan para kompetitornya.

Tidak hanya itu saja, Suzuki Ignis juga menawarkan bekalan spesifikasi cukup tangguh dengan segudang fitur yang cukup fungsional nan cukup canggih guna menunjang kenyamanan maupun keselamatan pengguna yang cukup menarik, jika dibandingkan dengan mobil tipe LCGC yang dikenal sebagai mobil murah ramah lingkungan.

Suzuki Ignis pun juga akan dijual dengan harga yang cukup kompetitif. Tentu, hal itu merupakan nilai plus tersendiri bagi SUV besutan Suzuki ini. Suzuki Ignis yang bakal menjadi pesaing mobil-mobil lain dikelasnya ini pun juga akan menawarkan performa dapur pacu handal dan fitur-fitur berkelas.

Kelebihan Suzuki Ignis

  • Desain garang khas SUV modern
    Kelebihan pertama terletak pada desain yang sporty dan stylish. Suzuki seakan mengubah desain mobil yang memiliki basic LCGC ini dengan tema ”Clamshell Bonnet”, kamu bisa melihatnya dari lampu utama mobil ini yang terbalut LED di sekeliling headlight. Selain itu, lampu utama sudah berteknologi projecto sehingga lebih maksimal dalam hal penerangan. Tidak lupa juga.
  • Fitur keselamatan dan keamanan lengkap
    Hal yang tidak boleh dilupakan dalam sebuah SUV adalah fitur keamanan. SUV kental dengan nuansa touring dan offroad. Oleh karena fitur keselamatan sangatlah penting pada mobil jenis ini. Kabar baiknya, ignis sudah dilengkapi dengan beberapa fitur ini antara lain Dual SRS Airbag, ABS, EDB, ISOFIX.
  • Mesin irit
    Mengusung mesin bensin berkapasitas 1.2 L dengan teknologi Multi Point Fuel Injection, membuatnya semakin irit dan ramah lingkungan. Kamu akan menghemat biaya pengeluaran jika memiliki sebuah mobil yang irit dan ramah lingkungan.

Kekurangan Suzuki Ignis

  • Desain body belakang kurang menarik
    Memang soal tampilan tergantung selera masing-masing. Masalahnya, banyak pecinta otomotif yang merasa bentuk belakang Ignis tidak serasi dengan wajahnya yang modern. Proporsinya yang ‘nungging’ terkesan kurang modern membuat Ignis kurang enak dipandang dari belakang. Bagian belakangnya ini, sebetulnya terinspirasi dari desain klasik Suzuki Fronte tahun 1970 an. Ini karena garis pinggul di bagian sisinya yang menanjak ke atas ala mobil coupe. Lalu ada aksen tiga garis mirip logo adidas di pinggulnya itu.
  • Bobot terlalu ringan
    Selain kapasitas mesin yang cukup kecil, Kekurangan Suzuki Ignis yang lainnya yaitu bobot mobil yang terlalu ringan, banyak orang yang mengkhawatirkan akan kestabilan pada mobil ini saat berjalan pada kecepatan yang maksimal. Karena bobot mobil yang ringan bisa membuat mobil limbung.
  • Kapasitas mesin yang kecil
    Kekurangan Suzuki Ignis yang banyak orang menyayangkan yaitu kapasitas mesin yang kecil, padahal seharusnya untuk mobil min meskipun irit akan bahan bakar, mobil Ignis ini dibekali dengan kapasitas mesin diatas 1.200 cc.

Berikut beberapa perbandingan spesifikasi dari kedua mobil tersebut.

Desain
Toyota Yaris memiliki desain yang sangat elegan dan mewah dengan harganya yang cukup mahal atau bahkan terbilang mahal sangat cocok dengan desain yang akan didapatkan baik bagian interior maupun eksteriornya.

Suzuki Ignis memiliki desain yang cukup menarik nih guys mobil kecil mungil ini juga banyak orang yang beranggapan bahwa desainnya sporty guys. Bagaimana dengan kamu? Apakah sependapat? Tetapi bagian desain body belakang mobil ini sangat disayangkan karena desain yang tidak terlalu bagus guys.

Ukuran
Toyota Yaris ini masih memiliki ukuran dimensi yang sama dengan varian sebelumnya, yaitu dengan panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm menunjukkan dimensi yang kian membesar. Sedangkan di sisi lain, untuk wheelbase tetap 2.550 mm.

Suzuki Ignis mobil ini memiliki panjang 3.700 mm, lebarnya 1.690 mm, tinggi 1.595 mm, dengan jarak poros roda (sumbu roda) 2.435 mm. Mengetahui dimensi tersebut maka tak heran jika bodi yang dibawa Suzuki Ignis ini dinilai sudah cukup pas dan membuat sisi interiornya cukup luas.

Harga
Toyota Yaris E Grade M/T Rp. 235.400.000 (per September 2019).
Toyota Yaris G Grade M/T Rp. 243.700.000 (per September 2019).
Toyota Yaris E Grade CVT Rp. 247.200.000 (per September 2019).
Toyota Yaris G Grade CVT Rp. 254.700.000 (per September 2019).
Toyota Yaris TRD Sportivo M/T Rp. 264.100.000 (per September 2019).
Toyota Yaris TRD Sportivo CVT Rp. 275.900.000 (per September 2019).

Suzuki Ignis GL MT Rp. 139.500.000 (per September 2019).
Suzuki Ignis GLX MT Rp. 159.500.000 (per September 2019).
Suzuki Ignis GLX AGS Rp. 169.500.000 (per September 2019).

KeteranganToyota YarisSuzuki Ignis
MerekYarisIgnis
PerusahaanPT Toyota Astra Motor PT Suzuki Indomobil Sales
Tahun pertama diluncurkan20062017

Pilih Mana: Toyota Yaris atau Suzuki Ignis?

Toyota YarisSuzuki Ignis
Kelebihan- Tampilan yang mewah dan sporty - Harga sparepart mudah didapatkan dan murah - Mesin yang canggih dan tangguh - Desain garang khas SUV modern - Fitur keselamatan dan keamanan lengkap - Mesin irit
Kekurangan- Harga yang terbilang mahal - Mobil ini terlalu besar untuk versi hatchback - Ukuran kabin sempit - Desain body belakang kurang menarik - Bobot terlalu ringan - Kapasitas mesin yang kecil

Kesimpulan

Kedua mobil tersebut Toyota Yaris dan Suzuki Ignis adalah mobil yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan diantara kedua ini memang cukup berbeda ya guys jika kamu ingin yang murah dan body yang kecil Suzuki Ignis bisa menjadi pilihan kamu. Jika ingin yang mewah dan tingkat menengah keatas Toyota Yaris bisa menjadi pilihan kamu dan varian tipenya juga cukup banyak. Untuk membeli mobil juga bisa kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu guys, dan tentunya dengan budget kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Yaris vs Suzuki Ignis

VS

Leave a Reply