Kendaraan

Pilih Mana: Toyota Yaris atau Toyota Agya?

Toyota Yaris dan Toyota Agya adalah kedua mobil keluaran dari Toyota yang banyak diminati oleh semua orang terutama di kalangan perempuan. Karena dari sisi desain kedua mobil ini memiliki desain yang cocok untuk perempuan. Apakah kamu berkeinginan membeli diantara kedua mobil ini? Jika iya, artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan kedua mobil tersebut ya guys tentunya keluaran terbaru dari mobil tersebut. Selamat membaca artikel ini.

Toyota Yaris

PT Toyota Astra Motor diresmikan pada tanggal 12 April 1971. Peranan TAM semula hanya sebagai importir kendaraan Toyota, namun setahun kemudian sudah berfungsi sebagai distributor. Banyak mobil yang dikeluarkan oleh Toyota ini salah satu yang banyak menjadi pilihan semua orang adalah merek Yaris pertama kali diluncurkan tahun 2006.

Semenjak kemunculan Toyota Yaris mampu membuat persaingan di pasar otomotif semakin ketat, apalagi pada mobil Toyota Yaris ini memiliki eksterior yang stylish nan aerodinamis yang mampu memikat para pecinta otomotif di indonesia. Selain eksterior yang stylish, toyota yaris juga memiliki interior yang terdapat fitur-fitur yang memberikan kenyamanan saat berkendara.

Dengan diberikan fitur-fitur yang lebih canggih, tentunya akan merasa akan nyaman apalagi bila berkendara bersama keluarga tercinta. Untuk memenuhi para konsumennya, pihak Toyota melakukan beberapa perubahan dari Toyota Yaris seperti eksterior yang terjadi perubahan yang nampak lebih stylish. Apalagi bila kamu lihat dari depan, samping dan belakang jelas tampak perubahan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk Toyota Yaris. Baca juga Pilih Mana: Honda Jazz atau HR-V?

Kelebihan Toyota Yaris

  • Tampilan yang mewah dan sporty
    Tampilan dari mobil ini terkesan sangat mewah dan sporty. Dikemas dengan desain body yang membulat dengan paduan lekukan yang tajam membuat mobil ini terlihat seperti kapsul. Namun jika dilihat dari bagian depannya, dimana kap mesinnya memiliki lekukan tajam ke bawah yang dipadukan dengan headlamp yang unik menjadikan mobil ini terlihat berkarakter dan juga menarik.
  • Sparepart mudah didapatkan
    Sparepart yang dijual dengan harga yang murah dan banyak juga salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh mobil hatchback Toyota Yaris ini, jadi untuk kamu yang ingin membeli mobil ini tidak perlu khawatir dengan sparepartnya.
Selain sparepart yang murah Toyota Yaris juga memiliki biaya perawatan yang murah dan perawatan yang sederhana juga mudah untuk dilakukan perempuan juga menjadi salah satu kelebihan yang ada pada mobil ini, ya sangat cocok untuk yang mempunyai jiwa muda
  • Mesin yang canggih dan tangguh
    Toyota Yaris ini memiliki spesifikasi mesin yang cukup tangguh Toyota ini mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder jenis DOHC berteknologi Dual VVT-I yang mempunyai kapasitas 1.496 cc. Hal ini banyak diminati oleh orang, khususnya laki-laki.

Kekurangan Toyota Yaris

  • Harga mahal
    Mobil Toyota Yaris ini memang dijual dengan harga yang terbilang mahal, tetapi hal ini tidak menjadi patokan untuk orang yang menyukai mobil ini ya guys. Versi terendah harga Ro. 224.200.000 (per September 2019) dan versi tertinggi Rp. 265.200.000 (per September 2019).
  • Mobil ini terlalu besar untuk versi hatchback
    Desain dari mobil ini terbilang sporty dan mewah guys, tetapi ukuran mobil ini memang terbilang terlalu besar untuk versi mobil hatchback.
  • Ukuran kabin sempit
    Dengan ukuran kabin yang tidak lega pastinya akan mengurangi rasa nyaman para penumpang. Kemudian sistem transmisi matic yang masih konvensional juga salah satu hal yang bisa dikategorikan kekurangan mobil ini.
Tipe Toyota YarisHarga (per September 2019)
Harga Toyota Yaris E M/T Rp. 224.200.000.
Harga Toyota Yaris E A/T Rp. 235.000.000.
Harga Toyota Yaris G M/T Rp. 232.500.000.
Harga Toyota Yaris G A/T Rp. 242.500.000.
Harga Toyota Yaris TRD S M/T Rp. 254.400.000.
Harga Toyota Yaris TRD S A/T Rp. 265.200.000.

Toyota Agya

Toyota Agya adalah mobil kota (city car) yang dirancang oleh Daihatsu dengan “basic platform” “Daihatsu Mira e:s” dan “Toyota Pixis Epoch” (Jepang) pada September 2011 kemudian dikembangkan kembali dan diproduksi di Indonesia untuk pasar domestik. Itulah mengapa adanya juga Daihatsu Ayla, karena memang rancangannya bersamaan dengan Toyota Agya.

Mobil ini ditampilkan pertama kali di Indonesia International Motor Show 2012. Produksi mobil ini dimulai pada tanggal 25 Oktober 2012 di pabrik Karawang. Penjualannya sudah dimulai sejak diluncurkan tanggal 9 September 2013 karena sudah melewati tes LCGC (Low Cost Green Car) dari pemerintah.

Nama “Agya” diambil dari kata sanskerta, yang berarti “cepat”. Mobil ini mobil ramah lingkungan yang memang memiliki harga murah untuk sejenis kendaraan mobil. Banyak juga yang berminat dengan mobil kok guys, karena memang bentuknya yang kecil cocok untuk perempuan masa kini guys.

Kelebihan Toyota Agya

  • Desain cukup menarik
    Untuk kelebihan Toyota Agya yang pertama tentunya dapat kita lihat dari desain eksterior, dimana untuk desain eksterior Toyota Agya terbaru ini sudah tampak begitu sporty dan juga modern. Hal tersebut pastinya akan membuat para penggunanya akan lebih merasa percaya diri saat berkendara dgn menggunakan mobil Toyota yang satu ini. Interior Toyota Agya ini telah dirancang dengan model yang cukup modern dan elegan.
  • Harga yang murah
    Kelebihan mobil ini tentunya dijual dengan harga yang cukup murah guys, untuk versi termahal yaitu Agya TRD S Automatic yang dijual dengan harga Rp. 157.000.000 (per September 2019) jutaan, sedangkan untuk versi termurah adalah tipe Tipe E Manual yang dijual dengan harga 138.000.000 (per September 2019).
  • Konsumsi BBM yang irit
    Toyota Agya ini irit atau hemat akan bahan bakar atau minyak guys, hal ini sudah banyak terbukti oleh orang pengguna mobil ini.

Kekurangan Toyota Agya

  • Tidak ada pengaturan ketinggian setir
    Posisi mengemudi mempengaruhi kenyamanan dan konsentrasi. Apalagi saat menempuh perjalanan cukup jauh. Nah, karena Agya termasuk dalam LCGC, maka beberapa fitur nonessential terpaksa ditiadakan. Salah satunya fitur tilt steering. Fitur ini memungkinkan pengemudinya mengatur ketinggian lingkar kemudi. Memang posisi setir Agya sudah mempertimbangkan postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Namun bagi sebagian orang yang bertubuh kecil, posisi setir yang agak ‘ketinggian’ membuat lengan mengangkat terlalu tinggi, sehingga cepat lelah pengemudinya.
  • Tidak ada handle pintu bagasi
    Absennya tuas pintu bagasi belakang juga cukup banyak dikeluhkan para pemilik Agya. Masalahnya, pengemudi harus membuka pintu bagasi belakangnya menggunakan anak kunci atau melalui tuas kecil di dekat kursi pengemudi.
Tidak adanya handle pintu bagasi pada mobil Toyota Agya ini akan membuat akses memuat barang ke bagasi tak semudah kalau Toyota menyematkan tuas atau handle pembuka pintu bagasi.
  • Bobot terbilang sangat ringan
    Bobot dari mobil Toyota Agya ini juga dirasa masih terlalu ringan, menjadikan mobil Toyota Agya akan terasa melayang ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi. Terlebih lagi ketika hanya digunakan oleh kamu sendirian guys.
Tipe Toyota AgyaHarga (per September 2019)
Toyota Agya 1.0 G M/T Rp. 138.200.000
Toyota Agya 1.2 G M/T Rp. 141.300.000.
Toyota Agya 1.2 G A/T Rp. 154.300.000.
Toyota Agya 1.2 M/T TRD Rp. 145.500.000.
Toyota Agya 1.2 A/T TRD Rp. 157.350.000.

Pada penjelasan di atas sudah menjelaskan mengenai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, pada pembelian kendaraan mobil khususnya tidak terlepas untuk kamu mengetahui spesifikasi mesinnya benar bukan?.

Ya, karena mesin pada mobil sangat mempengaruhi sekali guys. Karena mesin ada di dalam mobil, beda halnya dengan desain yang jika dari segi eksterior bisa kamu lihat, maka disini akan dijelaskan mesin dari Toyota Yaris dan Toyota Agya.

Mesin Toyota Yaris vs Mesin Toyota Agya

  • Toyota Yaris
    Mempertahankan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC berteknologi Dual VVT-I yang memiliki kapasitas 1.496 cc. Mesin yang diusung Toyota Yaris tersebut pun nantinya akan dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT. Meski berbeda transmisinya namun dipastikan bakal sanggup memberikan tenaga yang sama, yaitu mampu menyemburkan power hingga 107 Ps per 6.000 rpm dan torsi maksimum 14.3 Nm per 4.200 rpm. Selain itu, pada bagian permesinan yang dibawa hatchback ini pun juga akan dilengkapi fitur tambahan Fun to Drive, khususnya pada New Yaris TRD Sportivo pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT atau ECO Mode. Sementara itu, untuk sistem suplai bahan bakarnya sendiri sudah menggunakan Fuel Injection yang dipastikan bakal memberikan kualitas efisiensi bahan bakar.
  • Toyota Agya
    Semua tipe Toyota Agya 1.0 dilengkapi dengan mesin 3 cylinder, 12 Valves, DOHC VVT-i. Kapasitas mesin 998 cc atau 1 liter. Jika mobil tidak dalam keadaan penuh penumpang dan barang, tenaga yang dikeluarkan mesin ini cukup bertenaga untuk penggunaan dalam kota. Dengan menggunakan mesin kecil, tentunya akan jauh lebih menghemat bahan bakar dan sangat ramah lingkungan. Sedangkan untuk tipe G dan TRD 1.2, menggunakan mesin 4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i, isi silinder 1,197 cc.

Pilih Mana: Toyota Yaris atau Toyota Agya?

Toyota YarisToyota Agya
Kelebihan- Tampilan yang mewah dan sporty - Harga sparepart mudah didapatkan dan murah - Mesin yang canggih dan tangguh - Desain cukup menarik - Harga yang murah - Konsumsi BBM yang irit
Kekurangan- Harga yang terbilang mahal - Mobil ini terlalu besar untuk versi hatchback - Ukuran kabin sempit - Tidak ada pengaturan ketinggian setir - Tidak ada handle pintu bagasi - Bobot terbilang sangat ringan

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari artikel di atas bahwa keduanya Toyota Yaris dan Toyota Agya adalah kedua mobil keluaran dari Toyota yang memililki kualitas berbeda. Dari segi harga juga berbeda, jika kamu ingin tampil elegan dan mewah Toyota Yaris adalah pilihan yang tepat guys tetapi harganya memang mahal ya dibandingkan Toyota Agya yang jauh lebih murah tetapi desain biasa saja banyak kekurangannya dibandingkan Toyota Yaris. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Toyota Yaris vs Toyota Agya

VS

Leave a Reply