HomeLayanan

Pilih Mana: Transvision atau MNC Vision?

TV kabel merupakan salah satu sarana hiburan masa kini yang sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup masyarakat modern. Oleh sebab itu kebutuhan  TV kabel di Indonesia semakin meningkat. Pada artikel kali ini kami akan membandingkan kedua TV kabel yang banyak di minati oleh masyarakat Indonesia yaitu Transvision dan MNC Vision.

Bagi kalian sedang bingung memilih TV kabel antara Transvision maupun MNC Vision. Jangan khawatir dalam artikel kali ini kalian akan menemukan jawabannya. Stay tune!

Transvision atau MNC Vision

Transvision

Transvision didirikan pada tanggal 7 Mei 1997 dengan nama TelkomVision dan layanan hingga tahun 2008 sudah mengalami beberapa kali perubahan baik dari susunan pengurus perseroan maupun kepemilikan saham. Baca juga Pilih Mana: Indovision atau Transvision?

Transvision (sebelumnya dikenal sebagai TelkomVision dan YesTV) adalah perusahaan Trans Media, Trans Corp dan Telkom Indonesia yang bergerak di bidang layanan televisi berlangganan dengan kantor pusat yang berada di Jakarta, Indonesia.

Transvision merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang jasa penyiaran TV berbayar dengan memiliki izin penyelenggara siaran berbasis kabel dan satelit. Untuk layanan berbasis kabel cakupan telah tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Transvision hadir dengan teknologi terbaik yang menghasilkan kualitas gambar super tajam kualitas HD terbaik. Hadir dengan total 123 channel dan 52 HD, memiliki semua channel pilihan favorit keluarga. Film blockbuster, tayangan anak premium, drama korea lengkap, olah raga, hiburan berkualitas pilihan hingga channel inhouse dan channel eksklusif.

Kelebihan Transvision

  • Pilihan chanel yan beragam dan lengkap
    Sama halnya dengan Indovision. Transvision juga memiliki channel yang cukup lengkap. Bahkan untuk anak juga tersedia banyak channel. Jangan khawatir untuk channel anak yang kurang ada, karena pada Transvision lengkap berbagai channel anak yang dikembangakan.
  • Menggunakan dekoder terbaru
    Transvision Internet TV menggunakan dekoder terbaru Android TV OS Oreo, dimana pelanggan dapat menjadikan TV biasa sebagai Smart TV serta memberi akses hiburan terkini dengan berbagai pilihan pre-installed aplikasi menarik yang telah tersedia dan dapat langsung digunakan.
  • Dilengkapi dengan teknologi adaptive bitrate
    Transvision mengadopsi teknologi adaptive bitrate, di mana hanya dengan menggunakan internet minimal 2 Mbps pelanggan dapat menikmati berbagai layanan interaktif Transvision. Pelanggan secara fleksibel dapat menggunakan koneksi internet dari provider manapun untuk menjalankan dekoder tersebut.

Kekurangan Transvision

  • Beberapa gambar masih kurang jernih
    Kekurangan lainnya adalah gambar masih kurang jernih apabila dibandingkan pesaingnya. Mungkin bisa dimaklumi karena faktor usia satelit yang sudah tua. Selain itu semenjak berganti nama jadi Transvision, paket prabayar dihapus padahal saat masih bernama TelkomVision sistem prabayar ini jadi andalan utama dalam merebut hati penonton.
  • Saluran sering terjadi putus koneksi
    Kekurangan yang pertama dari Transvision ini adalah yaitu banyaknya review yang mengatakan bahwa saluran dari Transvision jika terjadi hujan tidak akan bisa menonton TV dengan baik. Apalagi hujan lebat TV tidak akan terkoneksi dengan baik.
  • Terdapat denda jika pencabutan kurang dari 1 tahun
    Sering terjadi pinalti jika di berbagai tempat yang menyediakan TV berlangganan. Sama hal dengan Transvision ini banyaknya review yang ada mengatakan bahwa adanya denda kurang dari 1 tahun pemakaian.

Transvision atau MNC Vision

MNC Vision

MNC Vision fokus di bisnis satelit siaran langsung berbasis langganan . MNC Vision merupakan pemimpin pasar bisnis TV berlangganan berbayar berbasis DTH dengan pangsa pasar 96% atau sekitar 2,5 juta pelanggan.

MNC Vision merupakan pemimpin industri TV berlangganan berbasis satelit di Indonesia. Memiliki 138 channel dengan 33 channel eksklusif yang menghadirkan variasi genre terbaik dan terlengkap seperti saluran anak-anak, berita, film, dan olahraga, serta didukung dengan 101 kantor perwakilan, MNC Vision adalah penyedia layanan TV berlangganan dengan distribusi dan cakupan layanan terluas di seluruh penjuru Indonesia.

Kelebihan MNC Vision

  • Memiliki kualitas gambar yang tajam
    Para Pelanggan juga dapat menikmati tayangan dengan gambar super tajam karena MNC Vision dilengkapi dengan fitur High Definition (HD). Ada 20 saluran yang telah menggunakan fitur HD ini. Hal ini lah yang membuat menonton film semakin seru.
  • Tahan terhadap cuaca
    MNC Vision ini memiliki fitur dengan teknologi satelit S band yang memiliki keunggulan lebih. Selain tidak membutuhkan parabola yang berukuran besar dan memakan tempat, tenologi S Band ini juga tahan terhadap ganguan cuaca. Jadi, pengalaman saya yang kehilangan sinyal saat hujan deras, tidak akan kamu alami.
  • Kualitas audio terbaik
    MNC Vision dengan kualitas audio terbaik dilengkapi fitur Dolby Audio. Dolbie Audio mampu menghadirkan kualitas suara yang jernih dan kaya yang memungkinkan pendengar mengenali seluruh dialog, dentuman suara, maupun detail – detail momen lainnya yang akan membawa pengalaman menonton tayangan di televisi menjadi semakin nyata.

Kekurangan MNC Vision

  • Layanan perbaikan kurang cepat
    Pengalaman para pelanggan yaitu jika kabel putus para pihak MNC Vision  cenderung lambat dalam menangani kasus ini. Tentu ini menjadi salah satu kekurangan yang merugikan para pelanggannya yang harus menunggu dengan waktu yang cukup lama.
  • Jangkauan jaringannya kurang luas
    Jadi jika rumah, atau kantor kamu terletak di daerah terpencil jangan terlalu berharap sama MNC ini, karena jangkauan jaringannya kurang luas sehingga menyulitkan jika ingin berselancar di dunia maya.
  • Koneksi kerap terputus
    Hal ini adalah masalah yang kerap dialami oleh kebanyakan para pelanggan MNC Vision. Jika sudah terjadi, maka pihak MNC Vision akan tiba kerumah untuk memperbaiki dan menurut beberapa review hal ini terjadi bergantian antara 1 pemakai dengan pemakai lainnya di daerah yang sama.
TransvisionMNC Vision
Tahun Berdiri Perushaan Tahun 1997. Tahun 1988.
PemilikTrans Media.MNC Sky Vision.
JenisTV satelit berlangganan.TV satelit berlangganan.
Moto"Transformasi Hiburan Keluarga""Bukan yang lain"

Transvision atau MNC Vision

Manfaat Berlangganan TV Kabel

1. Siaran eksklusif
Bagi Anda yang berlangganan TV berbayar akan mendapatkan siaran televisi eksklusif. Baik itu sport, news, sampai hiburan. Sehingga dapat menonton berbagai chanel yang lebih beragam dan banyak pilihan.

2. Ada filter tayangan
Dengan adanya fitur ini para orangtua tidak perlu khawatir lagi anak melihat tayangan yang tidak sesuai dengan usianya. Orangtua dapat mengunci siaran-siaran tertentu di pay TV. Sesuatu yang tidak mungkin dilakukan di siaran free to air.

3. Siarannya sangat lengkap dan terklasifikasi
TV kabel berbayar menyajikan siaran televisi yang lengkap selama 24 jam penuh. Siaran-siaran itu bisa diklasifikasikan seperti televisi spesialis sport, musik, film, kartun, news, fashion, dan lifestyle. Kita bebas memilih tontonan yang kita suka.

4. Kualitas gambar
TV kabel berbayar pastinya menyodorkan kenikmatan menonton dengan menawarkan kualitas gambar dan suara digital selevel DVD maupun HD (High Definition). Gambar menjadi lebih jernih, bening, dan nyaman di mata.

5. Siarannya berperspektif internasional
Benefit ini tak mungkin didapat siaran free to air. TV kabel berbayar menawarkan tayangan dengan perspektif internasional dan banyak konten yang terkait ilmu pengetahuan. Sebut saja Animal Planet, National Geographic, Discovery Channel, dan lain-lain.

6 Tersedia tayangan ulang

Kelebihan lain langganan televisi berbayar yaitu tidak perlu takut kelewatan acara yang jadi favorit. Karena, siaran tersebut akan ada ulangannya dalam hitungan hari maupun pekan.

Dengan begitu banyaknya kelebihan pay tv dan tingginya permintaan masyarakat akan tontonan berkualitas, tak heran belakangan ini banyak operator TV kabel berbayar yang menawarkan jasa. Nah, penting untuk menyeleksi dan memilih paket siaran berbayar yang sesuai kebutuhan.

Pilih Mana: Transvision atau MNC Vision?

TransvisionMNC Vision
Kelebihan- Pilihan chanel yan beragam dan lengkap. - Menggunakan dekoder terbaru. - Dilengkapi dengan teknologi adaptive bitrate. - Memiliki kualitas gambar yang tajam. - Tahan terhadap cuaca. - Kualitas audio terbaik.
Kekurangan- Beberapa gambar masih kurang jernih. - Saluran sering terjadi putus koneksi. - Terdapat denda jika pencabutan kurang dari 1 tahun. - Layanan perbaikan kurang cepat. - Jangkauan jaringannya kurang luas. - Koneksi kerap terputus.

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa kedua layanan antara Transvision dan MNC Vision menawarkan berbagai keunggulan dalam memberikan pelayan terbaik untuk menyajikan siaran terbaik untuk keluarga Indonesia. Namun keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun, dapat kami rekomendasikan untuk layanan yang memiliki chanel yang lebih banyak yaitu Transvision. Sedangkan untuk layanan yang memiliki gambar yang lebih tajam dapat memilih MNC Vision.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Transvision vs MNC Vision

VS

Leave a Reply