Aplikasi

Pilih Mana: Traveloka atau Agoda?

Travelling merupakan aktivitas yang menyenangkan, terlebih jika dilakukan dengan sahabat, keluarga maupun kekasih hati. Dengan begitu kebutuhan menginap tentu menjadi pertimbangan tersendiri agar aktivitas travelling kamu jadi lebih berwarna. Tenang saja, karena kamu bisa memilih dan memesan hotel secara online melalui aplikasi pesan hotel Traveloka atau Agoda.

Traveloka dan Agoda sendiri sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa promo menarik yang membuat aplikasi ini menjadi andalan setiap orang. Harga yang ditawarkan pun cukup ekonomis jadi tidak perlu bingung lagi untuk kamu yang memiliki budget tipis.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas lebih dalam mengenai Traveloka atau Agoda sehingga bisa kamu jadikan perbandingan dan referensi ketika hendak memesan hotel secara online. Disini aja ya guys!

Traveloka atau Agoda

Traveloka

Traveloka merupakan badan yang menyediakan layanan reservasi tiket pesawat serta hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Traveloka berdiri pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma dan Albert Zhang. Traveloka berguna sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari bermacam tempat lainnya.

Pada pertengahan tahun 2013 traveloka akhirnya diganti menjadi tempat reservasi tiket pesawat dimana pengguna dapat melayani reservasi di tempat resminya.

Bekerja sama dengan lebih dari 100 maskapai domestik dan internasional, Traveloka melayani lebih dari 200.000 rute penerbangan ke seluruh dunia. Traveloka juga mempunyai inventori pemesanan akomodasi terbesar, bervariasi mulai dari hotel, apartemen, guest house, homestay, villa, serta resor.

Traveloka atau Agoda

Semua itu disupport oleh lebih dari 40 metode pembayaran untuk seluruh konsumen di di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina, serta customer service yang siap melayani selama 24 jam dalam bahasa lokal. Baca juga Pilih Mana: Traveloka atau Tiket.com? 

Kelebihan Traveloka

  • Keamanan terjamin
    Kenapa Traveloka aman? Situs web atau aplikasi seluler Traveloka memakai jaringan HTTPS terenkripsi. Jika kamu ingin melakukan pembayaran dengan kartu kredit, Traveloka akan bekerja dengan Cyber Source sehingga kartu kredit kamu tidak bisa dibaca atau dipakai oleh siapa pun.
  • Harga termurah
    Traveloka menawarkan harga terendah dibanding dengan agen penjualan tiket online. Kunjungi situs website Traveloka. com dan bandingkan harga maskapai favorit kamu. Harga termurah ini merupakan salah satunya, sebab Traveloka tidak menggunakan biaya kepada pengguna untuk biaya transaksi. Kamu cuma diwajibkan membayar tiket yang Kamu pesan.
  • 24 jam sehari, 365 hari korespondensi
    Seiring dengan peningkatan lalu lintas pemesanan tiket oleh konsumen, Traveloka senantiasa berusaha untuk memberikan layanan terbaik. Kamu bisa menunggu 24 jam serta menghubungi layanan pelanggan dan akan membantu kamu jika mengalami masalah dengan proses perdagangan atau keluhan lainnya.

Kekurangan Traveloka

  • Penuh dengan ikon
    Ketika kamu mengunjungi situs web Traveloka, kamu bisa melihat berbagai GIF, video, ikon, serta beberapa iklan lainnya, yang bisa mengurangi bandwidth komputer konsumen. Akibatnya, konsumen sangat kewalahan dengan penempatan widget kotak promo dan sebagainya.
  • Tidak mencakup semua area
    Salah satu kelemahan dari Traveloka yaitu kalau aplikasi ini tidak mencakup semua wilayah di dunia dengan penerbangan internasional. Situs ini mengutamakan area favorit pelanggan sehingga tempat-tempat unik di luar negeri jarang tersedia di Traveloka.
  • Resiko penipuan
    Harga dan pemesanan tiket hotel Traveloka memang ekonomis, namun seringkali orang tidak percaya sebab mereka terlalu jauh dari harga pasar. Selain itu, banyak pihak tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan kewajiban mereka dengan memakai nama domain yang sama. Untuk itu senantiasa cermat dan berhati-hati, karena pastinya hal itu merupakan diluar tanggung jawab Traveloka.

Agoda

Agoda merupakan web reservasi hotel online terbesar di Asia Pasifik saat ini. Mungkin untuk kamu yang terbiasa booking hotel secara Online saat bepergian keluar kota atau keluar negeri, sudah tidak asing lagi dengan situs reservasi hotel online tersohor ini.

Traveloka atau Agoda

Ide awal berdirinya perusahaan “pemesanan hotel secara online” ini dicetuskan oleh Michael Kenny yang berawal dari Long Island, New York. Pada tahun 90-an ia pindah ke Thailand.

Kemajuan teknologi serta kecanggihan mesin pencari menjadi dasar konsep Kenny untuk membuat suatu sistem operasi yang berada dalam perusahaan situs reservasi hotel onlinenya. Planet holiday merupakan nama yang dipakai oleh Kenny sebelum berganti jadi Agoda.

Sampai sekarang Agoda masih menjadi andalan sebagian orang yang ingin membooking hotel dari jauh-jauh hari dengan promo dan harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan aplikasi penginapan lainnya.

Lihat juga:  Pilih mana: Gmail vs Outlook?

Kelebihan Agoda

  • Harga ekonomis
    Harga yang ditawarkan bersaing, team dari agoda selalu memantau harga hotel yang ada di agen online lainnya, dan mengirim pemberitahuan jika ditemukan perbandingan harga, sehingga berani memberikan “jaminan harga terbaik” bila kamu dapat menemukan harga lebih rendah dari agoda di tempat lainnya di tanggal sama, maka agoda akan menyamakan harga tersebut atau bisa lebih murah.
  • Memiliki sistem Cash Reward
    Agoda juga memberikan sistem Cash Reward berupa poin, yang bisa dipakai saat pemesanan hotel di lain waktu. Hal ini cocok sekali untuk kamu yang hobi travelling. Poin itu dapat dikumpulkan, setelah banyak dapat ditukarkan dengan tawaran yang diberikan Agoda.
  • Bermitra dengan banyak hotel di seluruh dunia
    Lebih dari 390.000 hotel yang sudah bermitra dengan agoda di seluruh dunia. Dengan begitu, kamu bisa dengan leluasa memilih hotel favorit kamu sesuai selera dan kebutuhan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kekurangan Agoda

  • Metode pembayaran masih sedikit
    Customer hanya dapat memesan dengan cuma memakai kartu kredit dan paypal tidak bisa melalui bank transfer atau yang lainnya. Beberapa hotel juga mempunyai kebijakan non refundable (tentu dengan jaminan harga terbaik), sehingga uang tidak dapat dikembalikan ini tergantung kebijakan di tiap‐tiap penginapan, kamu dapat membaca informasi kebijakan di setiap hotelnya.
  • Tidak bisa kontak langsung dengan hotel
    Kamu tidak dapat kontak langsung dengan hotel, sebelum proses pemesanan tersebut konfirm. Hal ini tentu menjadi kekurangan tersendiri jika kita ingin bertanya lebih dalam mengenai hotel tersebut. Namun jangan khawatir, karena setelah voucher kamu dapat kamu bisa komunikasi langsung dengan hotelnya.
  • Resiko penipuan
    Sama halnya dengan traveloka, di Agoda sendiri tentu memiliki resiko penipuan yang cukup tinggi. Senantiasa cermat dan berhati-hati dalam penawaran menginap dengan harga yang tidak masuk akal ya guys.
TravelokaAgoda
FiturBisa juga untuk membayar tagihan listrik, bioskop dan lain sebagainyaHanya menampilkan banyaknya varian katalog hotel
Katalog hotelTidak cukup banyakSangat banyak
HargaSebagian besar lebih murah Sebagian besar tidak lebih murah dari Traveloka

Traveloka atau Agoda

Tips memilih hotel yang nyaman:

1. Pilih hotel yang dekat dengan destinasi tujuan
Sebelum berangkat, mesti sudah ada daftar destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Perihal ini penting karena berkaitan dengan pemilihan hotel untuk menginap. Tentunya akan lebih bagus bila memilih hotel yang dekat dengan destinasi wisata tujuan.

2. Sesuaikan fasilitas hotel dengan kebutuhan
Jika tujuan menginap di hotel hanyalah untuk tempat singgah sementara dan meletakkan barang bawaan, maka seleksi hotel yang cuma menawarkan kebutuhan dasar seperti tidur dan mandi.

3. Cek tingkat kenyamanan hotel
Tingkat kenyamanan hotel penting untuk semakin mengoptimalkan saat beristirahat. Sekali lagi melalui kemajuan teknologi, informasi ini sekarang mudah diperoleh. Salah satu caranya yaitu melalui fitur review.

4. Pilih hotel sesuai budget
Usai mengecek kondisi hotel, satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu tarif hotel. Saat berlibur, pilih hotel tempat menginap yang harganya sesuai dengan budget. Jika terlalu mahal, budget untuk jalan-jalan akan semakin menipis sehingga kurang bebas untuk berwisata.

5. Memakai promo dan diskon
Jika mau mendapat harga hotel yang lebih ekonomis, maka senantiasa periksa aplikasi pemesanan hotel di layar ponsel. Tidak jarang pihak hotel atau aplikasi memberikan diskon atau promo sehingga harga hotel juga semakin ekonomis.

Pilih Mana: Traveloka atau Agoda?

TravelokaAgoda
Kelebihan- Keamanan terjamin - Harga termurah - 24 jam sehari, 365 hari korespondensi - Harga ekonomis - Memiliki sistem Cash Reward - Bermitra dengan banyak hotel di seluruh dunia
Kekurangan- Penuh dengan ikon - Tidak mencakup semua area - Resiko penipuan - Metode pembayaran masih sedikit - Tidak bisa kontak langsung dengan hotel - Resiko penipuan

Kesimpulan

Traveloka atau Agoda merupakan aplikasi yang mudah digunakan untuk memesan hotel secara online. Kamu bisa dengan mudah mencari hotel dengan harga yang sesuai dengan kantong kamu. Kamu juga bisa melihat beberapa fasilitas dan layanan yang disediakan setiap hotel di kedua aplikasi ini. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan sesuai dengan selera dan kebutuhan ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Traveloka vs Agoda

VS

Leave a Reply