AplikasiLayanan

Pilih Mana: Traveloka atau Tiket.com?

Di era canggih seperti ini, liburan kemana saja terasa lebih mudah berkat bantuan website-website online yang bergerak di ranah pemesanan tiket dan reservasi hotel. Sebut saja Traveloka dan tiket.com, dimana dua startup raksasa di Indonesia ini terus bersaing ketat demi menempati puncak dihati masyarakat Indonesia. Namun manakah yang lebih baik menurut Anda? Traveloka atau tiket.com?

Apabila Anda ingin liburan, maka yang perlu Anda pikirkan pertama kali yaitu tiket pesawat dan tempat menginap saat sudah sampai di tujuan. Untuk membantu dalam hal ini, Anda seringkali memanfaatkan bantuan dari aplikasi seperti Traveloka atau tiket.com supaya lebih praktis dan tidak ribet. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang akan kami bahas di bawah ini.

Traveloka

Hampir semua penduduk Indonesia tahu dengan situs atau aplikasi yang reservasi tiket dan hotel ini. Memang Traveloka begitu dikenal masyarakat karena pihak mereka terus gencar melakukan promosi besar-besaran di berbagai media. Terlebih lagi Traveloka sering memberikan diskon-diskon menarik sehingga banyak diminati konsumen.

Menurut Wikipedia Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.

Perusahaan Traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang.

Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.

Beberapa fitur keren juga melengkapi aplikasi dari Traveloka ini, diantaranya adalah:

  • Pre Booking: Price Alert
    Kamu akan mendapatkan harga tiket pesawat sesuai bujet atau bahkan harga promo. Jadi, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran untuk liburan. Kedua, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga. Karena Traveloka akan mengirimkan pemberitahuan sesuai dengan pengaturan yang kamu tetapkan sebelumnya. Ini artinya, kamu tak perlu repot mengecek harga tiket secara manual setiap saat.
  • On-booking: Meal, Seat, and Extra Baggage
    Pesan tiket pesawat terbang melalui Traveloka, kamu dapat melakukan pemesanan layanan tambahan penerbangan seperti memesan makanan favorit untuk di pesawat, memilih kursi pesawat yang paling nyaman. Semua aktivitas itu bisa kamu lakukan melalui aplikasi Traveloka, tanpa harus mengunjungi website maupun counter maskapai penerbangan.
  • Post-booking: Traveloka Online Check-in
    Fitur online check-in. Ini merupakan fitur yang dapat pelanggan Traveloka gunakan saat melakukan check-in melalui aplikasi Traveloka, bahkan sebelum tiba di bandara. Persiapan perjalanan makin mudah dan  tanpa khawatir mengalami antrian panjang saat check in.
  • Pre-trip: Airport Lounge dan Flight Status
    Traveloka menghadirkan fitur layanan bandara yang membuat kamu bisa membeli tiket lounge bandara saat melakukan check-in online dengan menggunakan Traveloka dan fitur Flight Status ini bermanfaat untuk  menginformasikan jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat seiring waktu. 

Kelebihan Traveloka

Berikut beberapa kelebihan Traveloka yang perlu diketahui:

  • Keamanan Terjamin
    Kenapa Traveloka dikatakan aman? Karena website maupun aplikasi mobile Traveloka telah menggunakan jaringan HTTPS yang terenksripsi. Kemudian jika Anda ingin melakukan pembayaran via kartu kredit, Traveloka bekerjasama dengan CyberSource sehingga kartu kredit Anda tidak bisa dibaca atau digunakan oleh siapapun. Baca juga Pilih Mana: Liburan ke Bali atau Lombok?
  • Transaksi Cepat dan Sangat Efisien
    Traveloka dinilai memiliki riwayat proses transaksi yang mudah, cepat, dan efisien. Situs ini berani menawarkan harga yang begitu terjangkau dan kompetitif dari harga aslinya. Selain itu, berbagai pilihan pembayarannya pun beragam. Bahkan Anda bisa melakukan pembayaran melalui Indomaret. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengunjungi situs resmi Traveloka.
  • User Interface menarik
    Di beranda web Traveloka, Anda bisa melihat jika mereka lebih mengutamakan program pencarian tiket dan hotel. Selain itu, Traveloka juga memiliki konten original yang unik dan menarik, seperti kalimat-kalimat promosi dan penjelasan soal web itu sendiri. Kemudian penempatan template pada menu pencarian tiket tampak sangat bagus dipandang mata.

Kekurangan Traveloka

Berikut beberapa kekurangan Traveloka yang perlu diketahui:

  • Situs Terlalu Ramai dengan Icon
    Ketika masuk ke web Traveloka, mungkin Anda akan menemukan berbagai gif atau gambar bergerak, icon, dan beberapa iklan lainnya yang membuat computer konsumen dengan bandwidth lemah akan terganggu. Kemudian pengguna cukup kewalahan dengan penempatan widget box promo dan sebagainya.
  • Belum Mencakup Seluruh Wilayah Dunia
    Salah satu kekurangan Traveloka adalah belum mencakup seluruh wilayah dunia dalam penerbangan internasional. Situs ini lebih mengutamakan wilayah-wilayah favorite konsumen sehingga tempat-tempat unik di luar negeri jarang ada di Traveloka.
  • Resiko Penipuan
    Harga tiket dan reservasi hotel Traveloka memang murah, tapi karena terlalu jauh dari harga pasar, kadang membuat orang tidak percaya. Apalagi banyak pihak tak bertanggung jawab dengan menyalahgunakan kewajiban mereka dengan menggunakan nama domain yang sama. Namun, jika memang ada penipuan yang mengatasnamakan Traveloka, biasanya itu kesalahan dari konsumen itu sendiri karena kurang hati-hati.
Kelebihan TravelokaKekurangan Traveloka
- Keamanan Terjamin- Situs Terlalu Ramai dengan Icon
- Transaksi Cepat dan Sangat Efisien- Belum Mencakup Seluruh Wilayah Dunia
- User Interface menarik- Resiko Penipuan
Lihat juga:  Pilih Mana: Midtrans atau Go-pay?

Tiket.com

Tiket.com merupakan salah satu perusahaan OTA (Online Travel Agent) terbesar di Indonesia yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket secara online. Produk yang di tawarkan lebih bervariasi, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan perjalanan.

Tiket.com memungkinkan anda untuk mencari informasi produk yang Anda ingkinkan, melakukan pemesanan, pembelian, sekaligus melakukan pembayaran secara online. Melalui berbagai sistem dan fasilitas pembayaran yang telah tersedia.

Tiket.com didirikan oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto, Mikhael Gaery Undarsa pada bulan Agustus 2011.

Tak mau kalah dengan Traveloka, Tiket.com juga melengkapi fitur unggulannya pada apilakasi Tiket.com, yaitu:

  • Smart Roundtrip Melalui
    fitur ini, pengguna bisa memilih jadwal keberangkatan dan kepulangan dalam satu layar, hanya dengan menggeser ke kanan atau ke kiri.
  • Smart Traveler
    Dengan fitur ini, pengguna tak perlu mengisi data diri ketika memesan tiket untuk perjalanan yang sama di kemudian hari. Semua data diri pengguna sudah terisi di kolom pemesanan sehingga lebih menghemat waktu.
  • Smart Refund
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan proses refund hanya melalui aplikasi dan tak perlu lagi menghubungi customer service.

Kelebihan Tiket.com

Berikut beberapa kelebihan Tiket.com yang perlu diketahui:

  • Menyediakan 14 Macam Pembayaran
    Selain bisa membeli tiket pesawat, Anda juga dapat membeli tiket kereta api, hotel, dan event di Tiket.com. Situs ini memiliki sistem pembayaran yang sangat mudah, dan 14 metode pembayaran, mulai dari transfer antar bank hingga kartu kredit. Apalagi pembayaran di Tiket.com bisa dilakukan dengan ePay BRI.
  • Konten Original
    Terdapat fitur lengkap di situs Tiket.com yang melayani berbagai jenis pemesanan tiket. Selain itu, Tiket.com juga menampilan langsung menu pemesanan tiket di beranda utama. Supaya lebih mudah dipahami oleh konsumen, Tiket.com memiliki konten original yang membahas penjelasan soal web itu sendiri.
  • Transaksi Aman
    Setiap Anda mengisi data, semua data tersebut akan tersimpan secara otomatis pada sistem database payment gateway Tiket.com. Anda juga tak perlu khawatir karena bertransaksi di Tiket.com sangat aman karena didukung oleh Teknologi GeoTrust, Verified by Visa, dan MasterCard SecureCode.

Kekurangan Tiket.com

Berikut kekurangan Tiket.com yang perlu Anda ketahui:

  • Langkah Pembelian Tiket Terlalu Ribet
    Salah satu kekurangan di Tiket.com yaitu langkah-langkah pembelian tiket terlalu ribet dan banyaknya form yang perlu diisi terlebih dahulu. Karena itulah, cukup tidak efisien waktu dalam pemesanan tiket. Kemudian, pembayaran Tiket.com tidak bisa dibayar dari Indomaret.
  • User Interface Cukup Mengganggu
    Di web Tiket.com, penggunaan icon-icon tampak kurang minimalis sehingga memakan halaman. Kemudian tata letak dan ukuran beberapa widget sedikit mengganggu pandangan. Sayangnya, penggunaan Bahasa di Tiket.com juga ada yang tidak konsisten.
  • Data Harga Sering Tidak Valid
    Kekurangan lainnya dari Tiket.com yaitu data harga yang ditampilkan sering tidak valid digunakan lagi, karena Tiket.com menunjukkan harga terbaru dari hasil pencarian pelanggan terakhir, sehingga saat Anda melihat harga, nominal tersebut sudah berubah.
Kelebihan Tiket.comKekurangan Tiket.com
- Menyediakan 14 Macam Pembayaran- Langkah Pembelian Tiket Terlalu Ribet
- Konten Original- User Interface Cukup Mengganggu
- Transaksi Aman- Data Harga Sering Tidak Valid

Pilihan metode pembayaran Traveloka vs Tiket.com

Tiket.com dan Traveloka memiliki masing-masing banyak metode pembayaran, Diantaranya dengan kartu kredit, CIMB clicks, KlikBCA, Mandiri Clickpay, Transfer Online dan M-Banking, hingga BCA KlikPay, dan sebagainya. Perbedaan yang terdapat pada Tiket.com hanya bisa dibayar dengan ePay BRI tapi tidak bisa bayar di Indomaret, sebaliknya di Traveloka bisa dibayar via Indomaret tapi tidak bisa dengan ePay BRI.

Perbedaan Harga Traveloka vs Tiket.com

Berbicara soal harga dari Traveloka dan Tiket.com dimana keduanya juga sering mengadakan promo untuk pengguna setianya. Tetapi perbedaan harga terlihat dari metode pembayaran keduanya, Karena jika menggunakan aplikasi Traveloka saat kita ingin membayar total tagihan, Harga yang diberikan sudah tepat tanpa biaya pajak dll (karena sudah masuk dalam total tagihan). Namun ketika kita melakukan pembayaran total tagihan pemesanan melalui Tiket.com total harga yang di berikan belum termasuk dengan biaya pajak dll.

Pilih Mana: Traveloka atau Tiket.com?
Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Traveloka dan Tiket.com. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

TravelokaTiket.com
- Harga lebih murah- Mudah dalam pembayaran
- Transaksi aman dan cepat- Menyediakan tiket kereta api dan event
- Banyak diskon menarik- Aman bertransaksi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Traveloka dan Tiket.com, dapat kita lihat bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kalian telah menargetkan budget yang pas aplikasi Traveloka dapat menjadi pilihan karena situs ini terus update mengenai harga-harga terbaru sehingga Anda bisa menyiapkan budget lebih tepat. Namun Tiket.com juga tak kalah bermanfaat karena aplikasi ini sering mengadakan promo menarik loh!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Traveloka vs tiket.com

VS

Leave a Reply