AplikasiLayanan

Pilih Mana: Traveloka atau Tiket.com?

Di era canggih seperti ini, liburan kemana saja terasa lebih mudah berkat bantuan website-website online yang bergerak di ranah pemesanan tiket dan reservasi hotel. Sebut saja Traveloka dan tiket.com, dimana dua startup raksasa di Indonesia ini terus bersaing ketat demi menempati puncak dihati masyarakat Indonesia. Namun manakah yang lebih baik menurut Anda? Traveloka atau tiket.com?

Apabila Anda ingin liburan ke Bali atau Lombok, maka yang perlu Anda pikirkan pertama kali yaitu tiket pesawat dan tempat menginap saat sudah sampai di tujuan. Untuk membantu dalam hal ini, Anda seringkali memanfaatkan bantuan dari aplikasi seperti Traveloka atau tiket.com supaya lebih praktis dan tidak ribet. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang akan kami bahas di bawah ini.

Traveloka

Hampir semua penduduk Indonesia tahu dengan situs atau aplikasi yang reservasi tiket dan hotel ini. Memang Traveloka begitu dikenal masyarakat karena pihak mereka terus gencar melakukan promosi besar-besaran di berbagai media. Terlebih lagi Traveloka sering memberikan diskon-diskon menarik sehingga banyak diminati konsumen. Tak heran jika Traveloka menjadi salah satu situs pencarian tiket dan hotel ternama di Asia Tenggara karena melayani hampir 20.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik.

Kelebihan Traveloka

Berikut beberapa kelebihan Traveloka yang perlu diketahui:

  • Keamanan Terjamin

Kenapa Traveloka dikatakan aman? Karena website maupun aplikasi mobile Traveloka telah menggunakan jaringan HTTPS yang terenksripsi. Kemudian jika Anda ingin melakukan pembayaran via kartu kredit, Traveloka bekerjasama dengan CyberSource sehingga kartu kredit Anda tidak bisa dibaca atau digunakan oleh siapapun.

  • Transaksi Cepat dan Sangat Efisien

Traveloka dinilai memiliki riwayat proses transaksi yang mudah, cepat, dan efisien. Situs ini berani menawarkan harga yang begitu terjangkau dan kompetitif dari harga aslinya. Selain itu, berbagai pilihan pembayarannya pun beragam. Bahkan Anda bisa melakukan pembayaran melalui Indomaret. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengunjungi situs resmi Traveloka.

  • User Interface menarik

Di beranda web Traveloka, Anda bisa melihat jika mereka lebih mengutamakan program pencarian tiket dan hotel. Selain itu, Traveloka juga memiliki konten original yang unik dan menarik, seperti kalimat-kalimat promosi dan penjelasan soal web itu sendiri. Kemudian penempatan template pada menu pencarian tiket tampak sangat bagus dipandang mata.

Kekurangan Traveloka

Berikut beberapa kekurangan Traveloka yang perlu diketahui:

  • Situs Terlalu Ramai dengan Icon

Ketika masuk ke web Traveloka, mungkin Anda akan menemukan berbagai gif atau gambar bergerak, icon, dan beberapa iklan lainnya yang membuat computer konsumen dengan bandwidth lemah akan terganggu. Kemudian pengguna cukup kewalahan dengan penempatan widget box promo dan sebagainya.

  • Belum Mencakup Seluruh Wilayah Dunia

Salah satu kekurangan Traveloka adalah belum mencakup seluruh wilayah dunia dalam penerbangan internasional. Situs ini lebih mengutamakan wilayah-wilayah favorite konsumen sehingga tempat-tempat unik di luar negeri jarang ada di Traveloka.

  • Resiko Penipuan

Harga tiket dan reservasi hotel Traveloka memang murah, tapi karena terlalu jauh dari harga pasar, kadang membuat orang tidak percaya. Apalagi banyak pihak tak bertanggung jawab dengan menyalahgunakan kewajiban mereka dengan menggunakan nama domain yang sama. Namun, jika memang ada penipuan yang mengatasnamakan Traveloka, biasanya itu kesalahan dari konsumen itu sendiri karena kurang hati-hati.

Kelebihan TravelokaKekurangan Traveloka
- Keamanan Terjamin- Situs Terlalu Ramai dengan Icon
- Transaksi Cepat dan Sangat Efisien- Belum Mencakup Seluruh Wilayah Dunia
- User Interface menarik- Resiko Penipuan

Tiket.com

Tiket.com adalah situs pemesanan tiket dan reservasi online yang menyajikan informasi terupdate untuk perjalanan liburan Anda. Di Tiket.com,‎ Anda akan melihat daftar harga tiket mulai dari pesawat, kereta api, sewa mobil, booking hotel, serta informasi event-event besar di Indonesia secara lengkap. Sudah tersedia lebih dari 100.000 hotel di seluruh dunia, 7000 rute pesawat dan tiket kereta api.

Kelebihan Tiket.com

Berikut beberapa kelebihan Tiket.com yang perlu diketahui:

  • Menyediakan 14 Macam Pembayaran

Selain bisa membeli tiket pesawat, Anda juga dapat membeli tiket kereta api, hotel, dan event di Tiket.com. Situs ini memiliki sistem pembayaran yang sangat mudah, dan 14 metode pembayaran, mulai dari transfer antar bank hingga kartu kredit. Apalagi pembayaran di Tiket.com bisa dilakukan dengan ePay BRI.

  • Konten Original

Terdapat fitur lengkap di situs Tiket.com yang melayani berbagai jenis pemesanan tiket. Selain itu, Tiket.com juga menampilan langsung menu pemesanan tiket di beranda utama. Supaya lebih mudah dipahami oleh konsumen, Tiket.com memiliki konten original yang membahas penjelasan soal web itu sendiri.

  • Transaksi Aman

Setiap Anda mengisi data, semua data tersebut akan tersimpan secara otomatis pada sistem database payment gateway Tiket.com. Anda juga tak perlu khawatir karena bertransaksi di Tiket.com sangat aman karena didukung oleh Teknologi GeoTrust, Verified by Visa, dan MasterCard SecureCode.

Kekurangan Tiket.com

Berikut kekurangan Tiket.com yang perlu Anda ketahui:

  • Langkah Pembelian Tiket Terlalu Ribet

Salah satu kekurangan di Tiket.com yaitu langkah-langkah pembelian tiket terlalu ribet dan banyaknya form yang perlu diisi terlebih dahulu. Karena itulah, cukup tidak efisien waktu dalam pemesanan tiket. Kemudian, pembayaran Tiket.com tidak bisa dibayar dari Indomaret.

  • User Interface Cukup Mengganggu

Di web Tiket.com, penggunaan icon-icon tampak kurang minimalis sehingga memakan halaman. Kemudian tata letak dan ukuran beberapa widget sedikit mengganggu pandangan. Sayangnya, penggunaan Bahasa di Tiket.com juga ada yang tidak konsisten.

  • Data Harga Sering Tidak Valid

Kekurangan lainnya dari Tiket.com yaitu data harga yang ditampilkan sering tidak valid digunakan lagi, karena Tiket.com menunjukkan harga terbaru dari hasil pencarian pelanggan terakhir, sehingga saat Anda melihat harga, nominal tersebut sudah berubah.

Kelebihan Tiket.comKekurangan Tiket.com
- Menyediakan 14 Macam Pembayaran- Langkah Pembelian Tiket Terlalu Ribet
- Konten Original- User Interface Cukup Mengganggu
- Transaksi Aman- Data Harga Sering Tidak Valid

Pilih Mana: Traveloka atau tiket.com?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Traveloka dan Tiket.com. Untuk lebih jelasnya, kami merangkum perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

TravelokaTiket.com
- Harga lebih murah- Mudah dalam pembayaran
- Transaksi aman dan cepat- Menyediakan tiket kereta api dan event
- Banyak diskon menarik- Aman bertransaksi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Traveloka dan Tiket.com, dapat kita lihat bahwa keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan, kami akan merekomendasikan Traveloka karena situs ini terus update mengenai harga-harga terbaru sehingga Anda bisa menyiapkan budget lebih tepat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Traveloka vs tiket.com

VS

Leave a Reply