Pilih Mana: Treadmill atau Cross Trainer?

Loading...

Kesehatan merupakan harta yang sangat mahal dan tidak dapat di beli. Semua orang pastinya ingin selalu sehat dan memiliki tubuh yang segar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Salah satu caranya yaitu berolahraga. Anda yang sering menggunakan alat untuk berolahraga pasti tidak asing dengan treadmill dan Cross Trainer. Dari kedua alat olaharaga tersebut, manakah yang menjadi pilihan Anda berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh? Treadmill atau Cross Trainer?

Treadmill

Treadmill adalah alat kebugaran yang dapat Anda miliki di rumah sehingga Anda dapat berolahraga lari dengan nyaman sembari menonton televisi dengan susasana yang nyaman di rumah. Treadmill memiliki fitur-fitur yang beragam, mulai dari fitur pengukur waktu, fitur pengukur jarak, fitur pengatur kecepatan, fitur pengukur detak jantung, dan sebagainya. Semua fitur tersebut akan mendukung program diet dan menjaga kebugaran Anda. Alat olahraga Treadmill dapat anda beli di toko perlengkapan olahraga atau di ACE Hardware setempat.

Treadmill dengan fitur yang lengkap biasanya dapat Anda dapatkan di pusat-pusat kebugaran. Harga treadmill memang sedikit lebih mahal. Tak perlu khawatir, banyak treadmill yang memang diperuntukkan untuk pemakaian di rumah. Biasanya treadmill untuk di rumah memiliki harga yang lebih terjangkau. Pada kesempatan sebelumnya, kami juga telah mengulas tentang Pilih Mana: Sepeda Polygon atau United?

Manfaat Treadmill

– Menurunkan berat badan
– Membentuk otot
– Meningkatkan fungsi otak dan menghilangkan stres
– Baik untuk kesehatan jantung
– Meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis
– Meningkatkan fleksibilitas sendi

Jenis-Jenis Treadmill

Total Fitness TL-607 Electric Treadmill
Alat yang praktis ini cocok untuk menemani jogging Anda di rumah treadmill listrik ini memiliki dua belas fitur otomatis yang bisa Anda bisa gunakan. Memiliki kecepatan 1 km/jam sampai 12,8 km/jam, alat ini dapat digunakan untuk berjalan kaki sampai jogging. Anda bisa berolahraga dengan nyaman karena area larinya memiliki panjang 100 cm dan lebar 39 cm.

Total Fitness TL-607 memiliki fitur yang membantu Anda memonitor detak jantung, kecepatan, jarak tempuh, waktu dan juga banyaknya kalori yang dibakar selama olahraga. Alat ini tidak memakan tempat karena bisa dilipat dan alat ini juga memiliki fungsi sit up serta fungsi getar. Alat ini akan sangat berguna bagi Anda yang berolahraga untuk mengurangi lemak tubuh di rumah tanpa ribet.

Idachi ID 9938 DC – Motorizer Treadmill
Treadmill yang besar dan kokoh ini sangat cocok untuk berada pusat kebugaran dan pemakaian di rumah. Dengan bentuk yang kokoh, Idachi ID 9938 DC memiliki layar LCD yang besar. Layar ini menampilkan kecepatan lari, jarak, waktu tempuh, kalori, dan juga denyut nadi. Anda akan mudah memantau kondisi tubuh saat berolahraga. Dengan alat ini, Anda bisa mengatur kemiringan area lari secara otomatis dengan menekan tombol di bagian pegangan treadmill.

Area larinya cukup besar dengan lebar 52 cm dan panjang 150 cm. Dengan demikian, Anda dapat berlari dengan leluasa di atas treadmill ini. Alat ini bisa menahan bobot penggunanya hingga 140 kg. Kecepatannya mulai 1 hingga 20 km/jam. Anda dapat berolahraga dengan diiringi musik karena alat ini memiliki slot USB dan MP3 serta pengeras suara.

OB FIT OB-1041 Electric Treadmill with High Technology
Mau sensasi Berlari keliling dunia dari rumah? Wah gimana ya Pasti seru!
OB-1041 dari OB FIT adalah jenis treadmill elektrik dengan kecepatan 1 km/jam hingga 18 km/jam. Memiliki area lari 130 cm x 45 cm, alat ini sangat bagus untuk berjalan pelan dan juga berlari cepat. Mampu menahan bobot hingga 120 kg, sabuk konveyornya berputar dengan lancar dan memiliki peredam yang bagus sehingga tidak berguncang saat Anda berlari di atasnya.

Loading...

Alat Treadmill jenis ini dilengkapi dengan Bluetooth yang bisa disambungkan ke smartphone Anda. Alat ini juga dilengkapi dengan peta dunia yang terintegrasi dengan Wi-Fi. Anda bisa menampilkan peta atau pemandangan jalan sesuai peta di layar LCD treadmill ini. Berlari menggunakan treadmill ini akan memberikan pengalaman yang berbeda. Anda bisa berkeliling dunia tanpa meninggalkan rumah Anda.

Cross Trainer

Cara kerja alat ini seperti halnya jogging, namun pada alat ini tubuh lebih bergerak karena  dengan menggunakan alat ini terjadi gerakan meng-cross antara kaki dan tangan sehingga dalam gerakan olahraga ini pun membuat kita lebih optimal. Alat ini merupakan bentuk inovasi antara treadmill dan elipstical, sehingga menjadikan alat ini lebih sempurna. Karena sudah tidak menghasilkan cedera yang membuatnya lebih safety dibandingkan alat yang lain.

Selain itu alat ini dapat melatih semua tubuh, karena dalam gerakannya kaki dan tangan secara bersamaan bergerak secara cros yang berefek pada seluruh tubuh dan semua gerakan yang terjadi dikeluarkan dengan power sendiri tanpa bantuan alat. Oleh sebab itu gerakan jogging yang terjadi berbeda dengan yang dihasilkan treadmill, karena dalam alat treadmill yang bergerak. Gerakan tangannya pun berbeda, jika dalam treadmill tangan hanya sekedar mengayun namun pada cross tainer selain mengayun tangan juga menari sehingga merespon otot.

Manfaat Cross Trainer

– Menurunkan Berat Badan
– Menjaga dan Melindungi Sendi
– Seluruh badan dapat merasakan manfaatnya

Jenis-Jenis Cross Trainer

Programmable Elliptical Trainer ID-909A
Programmable Elliptical Trainer ID-909A adalah jenis Cross Trainer komersil fitness center, dengan transmisi putaran yang lembut dan tidak berisik, dan resistansi dikendalikan system control tegangan elektronik yang dapat disesuaikan.
Spesifikasi :
– Roda magnetik berat flywheel 8 kg dengan sistem dua arah, dan transmisi yang lembut dan tidak berisik.
– Program : pengaturan pengguna, preset, kontrol watt, kontrol pulsa, pulsa pemulihan- Tampilan monitor : rpm, waktu, kecepatan, jarak, kalori, watt, pulsa, lemak tubuh
– Sudut Stang Tetap
– Max pengguna berat 120 kg

Sportop CrossTrainer E60 (Semi-Commercial)
Memperkenalkan seri Cross Trainer E60 Spin-fit baru dari Sportop. Sportop telah merancang oalahraga dengan cara silang, E60 hadir untuk menjadi yang pertama dalam jenisnya yang menggunakan roda baja 12kg untuk rasa yang sangat halus. Menampilkan desain modern ramping dan baru sehingga tampak elegan, pelapis warna hitam yang tahan lama sehingga warna awet dan terkesan mewah selain itu mempunyai tekstur yang premium, konstruksi bingkai yang sempurna membuat alat ini tampak kokoh, E60 akan menambahkan gaya di rumah rumah Anda selain dari fungsinya untuk olahraga.

Pilih Mana: Treadmill atau Cross Trainer?

TreadmillCross Trainer
Kelebihan - Menurunkan berat badan - Baik untuk kesehatan jantung - Meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis - Manfaat yang lebih besar karena semua bagian tubuh ikut bergerak - Bagus untuk peregangan otot-otot tubuh - Mambuat tubuh lebih bugar dan kencang
Kekurangan- Perawatan harus telaten (paling tidak 1 bulan sekali Anda harus menetesi minyak pelumas) - Untuk treadmill elektrik berarus DC, durasi penggunaannya tidak boleh lebih dari 1 jam sekali jalan- Sering melakukan olahraga dengan Cross Trainer memicu dehidrasi tingkat tinggi yang fatal. - Memakan banyak ruang

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai Treadmill dan Cross Trainer dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya memiliki fungsi yang sama-sama menyehatkan tergantung fungsi dari masing masing alat tersebut. Pilihan alat yang baik tergantung dari tujuan dan kondisi Anda sendiri. Jika Anda ingin lari dengan rutin dan ingin melatih otot kaki cocok untuk anda menggunakan Treadmill, Tapi jika Anda ingin olahraga yang semua bagian tubuh anda ikut bergerak mulai dari tangan dan kaki solusi yang tepat anda dapat gunakan Cross Trainer.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Treadmill vs Cross Trainer

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *