Photography

Pilih mana: Tripod vs Monopod?

Saat ini memotret dan membuat video sangatlah mudah. Anda tidak perlu harus membeli kamera mahal guna melengkapi aktivitas Anda dalam menghasilkan gambar yang berkualitas seperti profesional handal.

Anda hanya memerlukan kamera hp dan menggunakan alat bantu seperti tripod dan monopod maka Anda sudah bisa mendapatkan hasil gambar dan foto layaknya fotografer terkenal.

Nah, seringkali saat pengambilan gambar di dalam keadaan yang tidak memungkinkan membuat Anda kesulitan. Seringkali gambar dan foto yang Anda ambil tidak stabil dan buram. Namun, kini Anda tidak perlu bingung lagi.

Kini sudah hadir alat bantu penyangga kamera yang memudahkan Anda dalam pengambilan gambar. Salah satu nya ada dari tripod dan monopod. Keduanya meski memiliki fungsi yang sama sebagai penyangga.

Tetapi, keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai pertimbangan dalam membeli nanti ada baiknya Anda menyimak ulasan perbandingannya di Selera. id sekarang juga.

Tripod vs Monopod

Tripod

Tripod menjadi salah satu pendamping kamera yang cukup penting ada dalam aktivitas pemotretan. Tripod merupakan alat yang penting bagi fotografer profesional maupun amatir, tapi karena perkembangan fotografi digital yang cepat, tripod mulai redup pesonanya.

Namun, tanpa sadar masih ada beberapa orang yang lebih memilih menggunakan tripod untuk menjaga keseimbangan untuk menopang bodi kamera saat memotret.

Apalagi cara penggunaannya yang cukup mudah sehingga Anda bisa memotret dengan lebih nyaman dan sempurna. Meskipun terdengar biasa saja. Tapi, ada beragam keunggulan yang bisa Anda dapatkan.

Nah, jika Anda memutuskan untuk memilih produk tripod ini sebagai referensi dalam memotret nanti. Maka tenang, kami telah memaparkannya lengkap untuk Anda. Berikut pembahasan kelebihan dan kekurangannya di bawah ini:

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Canon EOS 550D atau Canon EOS 1200D?

Kelebihan Tripod

Berikut ini Kelebihan Tripod:

  • Memiliki banyak varian jenis
    Tripod dikenal sebagai penyangga yang memiliki tiga kaki dan berfungsi untuk menopang kamera atau HP. Tripod untuk ponsel biasanya berukuran lebih kecil, tetapi ada juga jenis tripod yang bisa digunakan untuk kamera dan disesuaikan untuk HP. Kelebihan ini yang membuat produk tripod masih diminati.
  • Menghasilkan gambar yang stabil
    Kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari produk tripod ini yaitu hasil gambar yang stabil dan fokus. Jadi, Bagi Anda yang menginginkan hasil gambar yang maksimal dan tidak blur maka Anda perlu memiliki produk ini.
  • Desain yang praktis
    Desain tripod juga dibuat dengan bentuk praktis, sangat mudah untuk dibawa ke mana saja sehingga bisa dibawa di tas tanpa mengganggu aktivitas Anda. Penyimpanannya juga tidak butuh ruang yang banyak dan besar loh. So, sangat berguna untuk Anda yang memiliki ruang yang minim dan seadanya.

Tripod vs Monopod

Kekurangan Tripod

Berikut ini Kekurangan Tripod:

  • Bobotnya yang cenderung berat
    Kekurangan yang ada pada tripod ini ada pada bobotnya yang cukup berat. Meski praktis dan mudah dibawa namun cukup menguras energi jika harus menentengnya dalam waktu yang agak lama. Tripod bisa berbobot 3 kali lebih berat dibanding monopod. Belum lagi bentuknya yang lebih tebal meskipun sudah dilipat.
  • Pengoperasiannya cukup ribet
    Berbeda dengan pesaingnya monopod, Tripod memiliki pengoperasian yang cukup ribet. Jika Anda gunakan untuk memotret di medan yang cenderung ekstrim mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan mengoperasikannya. Cara penggunaannya juga cukup ribet, Anda harus merentangkan ketiga kakinya satu persatu. Jika permukaan tidak rata membuat tripod tidak seimbang.
  • Harganya relatif mahal
    Kekurangan lain yang dihadirkan dari produk Tripod ini terletak pada harganya. Harga yang ditawarkan oleh produk tripod ini relatif mahal jika disandingkan dengan pesaingnya monopod. Meskipun begitu, kualitas tripod ini sangat relate kok dengan harganya. Produk ini akan sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget yang cukup besar.
Lihat juga:  Pilih mana: Kamera Panasonic Lumix G7 vs Kamera Sony RX100 VI?

Monopod

Monopod merupakan peralatan fotografi yang fungsinya menunjang atau mempermudah proses pengambilan gambar. Seringkali monopod disamakan dengan tripod, padahal keduanya berbeda. Monopod sendiri hanya memiliki satu kaki.

Monopod kamera biasanya digunakan untuk memotret pertandingan sepak bola atau memotret burung. Untuk Anda yang suka traveling pasti sudah tidak asing dengan benda satu ini. Bisa dibilang, monopod merupakan peralatan wajib yang harus Anda bawa.

Monopod memiliki fungsi dan kelebihan sendiri. Secara umum monopod tidak akan menggantikan fungsi tripod, seperti memotret bulb. Begitupun sebaliknya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut. Anda bisa simak pembahasannya di bawah ini. Baca artikel lainnya 10 Merk Tripod Terbaik 2020

Tripod vs Monopod

Kelebihan Monopod

Berikut ini Kelebihan Monopod:

  • Lebih lincah dan fleksibel
    Monopod sendiri lebih ideal digunakan pada kondisi dan situasi dimanapun Anda butuh stabilitas dan butuh kelincahan bergerak. Karena bodinya yang ringan dan simpel, membuat monopod menjadi alat fotografer favorit saat pengambilan gambar pertandingan olahraga. Kelebihan ini sangat memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dalam keadaan tidak stabil sekalipun.
  • Harganya sangat terjangkau
    Jika dibandingkan dengan pesaingnya tripod. Harga yang ditawarkan oleh monopod sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan alat ini dengan harga Rp 500 ribu saja. Dan tentu dengan kualitas yang baik yang bahkan mampu menahan beban seberat 10 kg. Nah, ada baiknya Anda mempersiapkan budget terlebih dahulu. Agar Anda tidak perlu repot untuk membeli lagi.
  • Penggunaannya yang mudah
    Jika bicara mengenai penggunaannya, kelebihan dari monopod sendiri yaitu mampu dirakit dengan mudah dan ringkas. Anda bisa menggunakan monopod hanya dengan mengulurkan monopod ,kemudian memasang kamera dan memposisikan monopod ke tanah sebelum digunakan. Karena hanya memiliki satu kaki penyangga menjadikan monopod sangat mudah untuk Anda aplikasikan.

Kekurangan Monopod

Berikut ini Kekurangan Monopod:

  • Varian dan tipe terbatas
    Bila tripod memiliki ragam fitur dan varian jenis, maka monopod sebaliknya. Nah, untuk Anda yang sedang mencari perangkat penyangga yang memenuhi selera dan kebutuhan Anda maka monopod kurang cocok untuk Anda jadikan opsi. Karena tidak banyak menghadirkan varian.
  • Desain yang kurang menarik
    Meski pemakaiannya terdengar simpel dan praktis namun desain yang ditawarkan monopod begitu kurang menarik. Apalagi produknya yang tidak banyak hadir dengan beragam tipe dan jenis. Membuat Anda sedikit kesulitan untuk memilih.
  • Hasil gambar kurang maksimal
    Kekurangan lain yang dimiliki oleh monopod yang tidak ada di tripod yaitu saat memotret long exposure. Jika Anda ingin hasil foto yang tajam dan gambar yang maksimal maka tripod masih lebih jago.

Pilih mana: Tripod vs Monopod?

Keterangan Tripod Monopod
Kelebihan-Memiliki banyak varian jenis -Menghasilkan gambar yang stabil -Desain yang praktis-Lebih lincah dan fleksibel -Harganya sangat terjangkau -Penggunaannya yang mudah
Kekurangan -Bobotnya yang cenderung berat -Pengoperasiannya cukup ribet -Harganya relatif mahal-Varian dan tipe terbatas -Desain yang kurang menarik -Hasil gambar kurang maksimal

Kesimpulan

Dari perbandingan produk Tripod dan Monopod yang dibahas di atas bisa disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika Anda mencari alat yang membantu menstabilkan kamera dari guncangan atau memotret dalam ruang atau kondisi yang minim cahaya, Anda bisa gunakan monopod sebagai alat bantunya. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa mencoba membeli produk tripod. Semoga Bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Tripod vs Monopod

VS

Leave a Reply