Elektronik

Pilih Mana: TV Kabel atau Satelit?

Hiburan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia. Banyak media atau sarana yang dapat menyediakan hiburan. Sarana yang paling mudah untuk dijangkau semua kalangan masyarakat adalah televisi. Hampir semua rumah memiliki televisi. Televisi atau TV juga terbagi ke dalam beberapa jenis, dua di antaranya yaitu TV kabel dan TV satelit. Manakah yang paling sesuai untuk Anda gunakan? TV kabel atau satelit?

TV kabel dan TV satelit merupakan sama-sama sarana dan media hiburan. TV kabel banyak digunakan oleh orang-orang yang berada di area perkotaan dan mudah dijangkau. Sedangkan TV satelit banyak digunakan oleh banyak orang yang berada di area yang beragam.

TV Kabel

TV kabel merupakan TV yang sistem penyiaran acaranya melalui isyarat frekuensi radio. Frekuensi ini selanjutnya ditransmisikan melalui serat optik tetap atau melalui kabel coaxial. TV kabel ini tidak membutuhkan antena seperti siaran TV biasa. Baca juga Pilih Mana: TV LED vs TV Tabung.

Kelebihan TV Kabel

Berikut beberapa kelebihan TV kabel yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Jumlah Chanel yang Lebih Banyak

Salah satu kelebihan TV kabel adalah menyediakan chanel yang lebih banyak jika dibandingkan dengan TV satelit. TV kabel menyediakan saluran TV hingga 300 saluran atau chanel sedangkan TV satelit hanya mampu memberikan atau menayangkan 250 saluran.

  • Harga Relatif Lebih Terjangkau

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh TV kabel adalah harga yang ditawarkan lebih terjangkau daripada TV satelit. Namun, saat ini baik TV kabel ataupun TV satelit telah menyediakan paket-paket yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan Anda berlangganan.

  • Perangkat yang Digunakan Lebih Sederhana

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki TV kabel adalah perangkat yang digunakan untuk mendukung TV jenis ini lebih sederhana sehingga tidak akan menyulitkan. TV kabel lebih unggul karena hanya membutuhkan kabel coaxial sebagai penghantar jaringan dan sebuah receiver digital saja.

Kekurangan TV Kabel

Berikut beberapa kekurangan TV kabel yang perlu Anda ketahui:

  • Jangkauan Area Kurang Luas

Salah satu kekurangan TV kabel adalah tidak bisa menjangkau area lebih luas. TV kabel biasanya digunakan pada kota-kota besar atau pada perkantoran karena memiliki jangkauan area yang terbatas. Jadi, lokasi menjadi penentu untuk menggunakan layanan TV kabel. Hal ini berbeda dengan TV satelit yang dapat menjangkau area lebih luas. Selain itu, dikutip dari Viva.co.id TV kabel di Indonesia masih menghadapi banyak permasalahan, terutama menyangkut penggunaan tiang tumpu PLN yang tidak ada kejelasan untuk pihak operator TV kabel.

  • Kualitas Gambar Masih Belum Maksimal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh TV kabel adalah kualitas gambar yang diberikan masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan TV kabel menggabungkan sinyal digital dan analog yang membuat kapasitas kabel harus terbagi. Karena itulah gambar yang ditampilkan belum bisa sejernih TV satelit.

  • Tidak Mendukung Mobilitas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki TV kabel adalah tidak bisa mendukung mobilitas. Jika Anda harus pindah tempat tinggal, Anda harus melakukan pemasangan atau instalasi ulang jika alamat baru Anda tidak bisa dijangkau oleh penyedia jasa layanan TV kabel.

Kelebihan TV Kabel Kekurangan TV Kabel
- Memiliki jumlah chanel yang lebih banyak - Jangkauan area kurang luas
- Harga relatif lebih terjangkau - Kualitas gambar masih belum maksimal
- Perangkat yang digunakan lebih sederhana- Tidak mendukung mobilitas

TV Satelit

TV satelit merupakan TV yang dipancarkan dengan cara yang hampir sama dengan komunikasi satelit. Dalam penggunaannya TV satelit membutuhkan antena berupa parabola untuk menangkap sinyal.

Lihat juga:  Pilih Mana: Kipas Angin Maspion atau Miyako?

Kelebihan TV Satelit

Berikut beberapa kelebihan TV satelit yang perlu Anda ketahui:

  • Menjangkau Area Lebih Luas

Salah satu kelebihan TV satelit adalah dapat menjangkau wilayah lebih luas daripada TV kabel. Anda dapat menggunakan TV satelit tanpa dibatasi oleh lokasi tempat tinggal. Anda tetap bisa menggunakan TV satelit meskipun tempat tinggal berada jauh dari kota dan jauh dari kantor penyedia layanan TV satelit. Karena cakupan wilayah dapat lebih luas dengan menggunakan parabola sebagai receiver.

  • Memiliki Kualitas Gambar yang Lebih Baik

Kelebihan lainnya yang dimiliki TV satelit adalah memiliki kualitas gambar yang sangat baik dan sangat jernih. Gambar yang ditampilkan bahkan bisa berkualitas HD, TV satelit hanya menggunakan sinyal digital dan dapat memberikan kualitas gambar yang jernih.

  • Mendukung Mobilitas yang Tinggi

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki TV satelit adalah dapat mendukung mobilitas para pengguna. Jika Anda diharuskan untuk pindah rumah, perlengkapan pada TV satelit dapat dengan mudah Anda pindahkan dan dapat berfungsi dengan baik.

Kekurangan TV Satelit

Berikut beberapa kekurangan TV satelit yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Salah satu kekurangan TV satelit adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada TV kabel. Namun, harga ini sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh TV satelit. Saat ini juga telah tersedia banyak paket berlangganan yang relatif terjangkau untuk Anda pakai.

  • Jumlah Chanel Belum Bisa Menyaingi TV Kabel

Kekurangan lainnya yang dimiliki TV satelit adalah jumlah saluran atau chanel yang dimiliki belum bisa menyaingi TV kabel. Jumlah saluran atau chanel yang disediakan TV satelit adalah sebanyak 250 chanel saja.

  • Perangkat yang Digunakan Lebih Rumit

TV satelit membutuhkan perangkat pendukung yang lebih banyak dan lebih rumit jika dibandingkan dengan TV kabel. TV satelit membutuhkan receiver digital dan sebuah antena berupa parabola untuk bisa menangkap sinyal digital dari satelit.

Kelebihan TV Satelit Kekurangan TV Satelit
- Menjangkau area lebih luas - Harga relatif lebih mahal
- Memiliki kualitas gambar yang lebih baik - Jumlah chanel belum bisa menyaingi TV kabel
- Mendukung mobilitas yang tinggi - Perangkat yang digunakan lebih rumit

Pilih Mana: TV Kabel atau Satelit?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara TV kabel dan satelit. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua jenis TV tersebut:

TV kabelTV Satelit
- Harga relatif lebih murah - Harga relatif lebih mahal
- Kualitas gambar kurang baik - Kualitas gambar sangat baik
- Area yang dapat dijangkau terbatas - Menjangkau area lebih luas

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai TV kabel dan TV satelit di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. TV kabel memiliki chanel yang banyak namun tidak bisa menjangkau area yang lebih luas. Sedangkan TV satelit memiliki kualitas yang jernih dan dapat menjangkau area lebih luas. Jika Anda berada di area yang dekat dengan kota, maka tidak masalah untuk menggunakan TV kabel. Tapi jika Anda berada di area yang jauh dari kota sebaiknya Anda menggunakan TV satelit.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TV Kabel vs Satelit

VS

Leave a Reply