Elektronik

Pilih Mana: TV LCD atau LED?

Televisi merupakan salah satu media yang memiliki banyak fungsi, baik sebagai hiburan ataupun media informasi. Sebagai media yang cukup penting, Anda perlu menentukan mana TV yang paling baik untuk digunakan. Dua jenis TV yang dapat Anda gunakan di antaranya yaitu TV LCD atau LED.

TV LED sebenarnya merupakan pengembangan dari TV LCD. Dengan demikian, banyak kesamaan antara kedua jenis TV ini. Meskipun demikian, TV LED hadir dengan teknologi yang lebih mumpuni daripada TV LCD.

TV LCD

TV LCD merupakan sebuah televisi yang layarnya merupakan panel display yang memiliki fungsi memantulkan cahaya dari luar dan dalam proses penampilan gambar. TV LCD menggunakan backlight yang dapat memberikan pantulan cahaya. Baca juga Pilih Mana: TV Samsung atau LG?

Kelebihan TV LCD

Berikut beberapa kelebihan TV LCD yang perlu Anda ketahui:

Harga Lebih Terjangkau
Salah satu kelebihan TV LCD adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan TV LED. Jika harga menjadi perhatian utama, TV LCD adalah pilihan yang jelas karena harganya telah turun sejak TV LED mulai menjadi lebih umum digunakan.

Cocok untuk Gaming
Jika Anda memiliki rencana untuk menghubungkan konsol game Anda ke monitor Anda, maka TV LCD merupakan pilihan yang tepat. Dalam jangka panjang, TV LCD direkomendasikan oleh banyak orang sebagai pilihan yang lebih baik karena elemen-elemen head-up display (HUD) di beberapa gim video dapat menciptakan gambar-gambar permanen yg baik di layar ketika digunakan untuk waktu yang lama. Selain itu, burn-in juga memiliki sedikit kemungkinan terjadi dengan TV LCD.

Tidak Ada Radiasi yang Dipancarkan
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki TV LCD adalah tidak menghasilkan radiasi atau tidak ada radiasi yang dipancarkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan adanya bahaya atau berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh radiasi. Jika Anda menginginkan TV yang tidak memancarkan radiasi, maka TV LCD merupakan pilihan yang sangat tepat.

Kekurangan TV LCD

Berikut beberapa kekurangan TV LCD yang perlu Anda ketahui:

Menggunakan Daya Lebih Banyak
Salah satu kekurangan TV LCD adalah menggunakan daya lebih banyak atau lebih boros jika dibandingkan dengan TV LED. Dari berbagai jenis TV, TV LED memang merupakan TV yang paling hemat dalam menggunakan daya atau energi listrik. Jika Anda menginginkan TV yang lebih hemat dalam penggunaan daya, maka TV LED lebih tepat untuk Anda gunakan.

Kualitas Gambar Lebih Rendah
Kekurangan lain yang dimiliki oleh TV LCD adalah memiliki kualitas gambar yang lebih rendah jika dibandingkan dengan TV LED. TV LED merupakan pengembangan dari TV LCD, jadi wajar saja jika TV LED memiliki kualitas gambar yang lebih baik. Meskipun demikian, perbedaan kualitas gambar ini tidak terlalu signifikan. Dengan harga yang lebih murah, Anda tetap bisa menikmati gambar dengan kualitas yang cukup baik pada TV LCD.

Memiliki Ukuran Sedikit Lebih Tebal
TV LCD dan LED merupakan dua jenis TV yang sebenarnya sama-sama memiliki ukuran yang tidak terlalu tebal. Namun, kedua TV ini memiliki perbedaan ukuran. TV LCD memiliki ukuran yang sedikit lebih tebal daripada TV LED. Namun perbedaan ini tidak terlalu signifikan. Jika Anda menginginkan TV yang lebih ramping, maka TV LED lebih baik dibandingkan TV LCD.

Kelebihan TV LCDKekurangan TV LCD
- Harga lebih terjangkau - Menggunakan daya lebih banyak
- Cocok untuk gaming- Kualitas gambar lebih rendah
- Tidak ada radiasi yang dipancarkan- Memiliki ukuran sedikit lebih tebal

TV LED

TV LED merupakan sebuah televisi yang menggunakan teknologi dioda yang dapat memancarkan cahaya pada saat mendapat arus bias. Dengan artian lain, saat diberikan aliran atau tegangan listrik, TV LED akan memancarkan cahaya.

Kelebihan TV LED

Berikut beberapa kelebihan TV LED yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Kualitas Gambar yang Lebih Baik
Salah satu kelebihan TV LED adalah memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan TV LCD. TV LED umumnya memiliki tingkat warna dan kontras yang lebih baik daripada TV LCD. Akurasi warna juga sedikit lebih baik pada TV LED. Sementara TV LCD tidak terlalu baik pada akurasi warna dibandingkan dengan TV LED. Untuk mengetahui harga berbagai macam TV LED, Anda dapat mengaksesnya di Merdeka.com. 

Lebih Hemat Energi
Jika konsumsi daya menjadi perhatian utama maka apa yang Anda butuhkan adalah televisi hemat energi. TV LED menjadi pilihan terbaik di sini karena menggunakan lebih sedikit cahaya untuk menampilkan gambarnya. Ini dirancang untuk menghasilkan gambar berkualitas lebih baik sementara juga menggunakan daya yang lebih kecil daripada model LCD.

Memiliki Ukuran yang Lebih Ramping
Dalam hal ukuran, TV LED lebih ramping dibandingkan dengan TV LCD tetapi terlalu signifikan. Lampu LED dapat dipasang di tempat yang lebih kecil, memungkinkan produsen untuk memangkas berat yang tidak perlu. Jika ruang adalah masalah, lebih baik untuk mempertimbangkan ukurannya sebelum membeli perangkat TV terbaru Anda.

Kekurangan TV LED

Berikut beberapa kekurangan TV LED yang perlu Anda ketahui:

Harga Relatif Mahal
Salah satu kekurangan TV LED adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan TV LCD. Namun meskipun memiliki harga yang lebih mahal, TV LED mampu memberikan kualitas gambar, tampilan, ukuran dan banyak hal baik lainnya yang membuat TV LED memiliki banyak pengguna. Harga yang lebih mahal ini tentunya sesuai dengan kualitas yang diberikan TV LED.

Kurang Cocok untuk Gaming
Jika Anda berniat untuk memanfaatkan monitor Anda untuk gaming dan memasangkan konsol pada monitor, TV LED bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan karena elemen-elemen head-up display (HUD) di beberapa gim video dapat menciptakan gambar-gambar permanen di layar ketika digunakan untuk waktu yang lama dan akan membuat monitor LED menjadi tampak kurang baik. Untuk aktivitas ini, jenis TV LCD lebih baik untuk Anda gunakan.

Memiliki Biaya Perawatan yang Mahal
Kekurangan selanjutnya yang dimiliki TV LED adalah membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal. Tidak hanya memiliki harga yang mahal, biaya perawatan serta komponen TV LED juga mahal. Jika harga TV LED sekitar 2,5 jutaan, harga panel yang ditawarkan bisa mencapai 2 jutaan, sehingga hampir sama dengan harga TV tersebut. Karena itulah jika terjadi kerusakan, biaya perbaikan atau penggantian komponen terbilang cukup mahal.

Kelebihan TV LED Kekurangan TV LED
- Memiliki kualitas gambar yang lebih baik - Harga relatif mahal
- Lebih hemat energi- Kurang cocok untuk gaming
- Memiliki ukuran yang lebih ramping- Memiliki biaya perawatan yang mahal

Pilih Mana: TV LCD atau LED?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara TV LCD dan TV LED. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

TV LCDTV LED
- Harga lebih terjangkau - Harga relatif lebih mahal
- Lebih cocok untuk gaming- Kurang cocok untuk gaming
- Kualitas gambar lebih rendah - Kualitas gambar lebih baik

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai TV LCD dan TV LED di atas, dapat disimpulkan bahwa TV LED memiliki teknologi, tampilan, dan poin lainnya yang lebih baik. Namun, harga TV LED memang lebih mahal dibandingkan dengan TV LCD.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TV LCD vs LED

VS

Leave a Reply