Home

Pilih Mana: TV LED atau Tabung?

Salah satu hal penting yang juga dibutuhkan oleh manusia adalah hiburan. Manusia membutuhkan hiburan untuk menghilangkan stres dan rasa suntuk. Salah satu media yang dapat memberikan hiburan adalah televisi. Televisi tidak hanya memberikan hiburan, tapi juga memberikan banyak informasi. Banyak jenis TV yang banyak digunakan, diantaranya yaitu TV LED dan TV Tabung.

TV LED disukai karena memiliki tampilan yang elegan karena bentuknya yang tipis dan ringan. Selain itu, TV LED juga memiliki layar yang sangat baik. Saat ini, banyak orang yang memakai TV LED. Berbeda dengan TV LED, TV Tabung memiliki bentuk yang lebih besar. TV jenis ini banyak dipakai dari dahulu. Hingga saat ini TV Tabung juga masih banyak dipakai karena tahan lama dan awet.

TV LED

TV LED merupakan TV yang memiliki monitor LED (Light Emitting Diode). TV LED ini sebenarnya memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Dengan pengembangan lebih lanjut dari LCD, TV LED memiliki efek display yang lebih baik pada warna yang ditampilkan yaitu lebih banyak memiliki variasi warna. Baca juga Pilih Mana: TV Samsung atau LG?

Kelebihan TV LED

Berikut kelebihan TV LED yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Layar yang Sangat Baik

Salah satu keunggulan TV LED adalah memiliki layar yang sangat baik. Layar TV LED menggunakan backlight dari lampu LED (ligh emiting diode).Keunggulan backlight LED (layar LED) ini dapat mengangkat kapasitas resolusi pada layar menjadi berlipat ganda. TV LED juga memiliki dynamic contrast ratio yang sangat banyak, sehingga gambar yang dihasilkan pada layar LED jauh lebih bagus daripada layar TV Tabung.

  • Memiliki Ukuran Tipis dan Ringan

Kelebihan lain yang dimiliki TV LED adalah ukuran yang dimiliki. TV LED memiliki ukuran yang tipis dan lebih ringan. Dengan ukuran yang dimiliki ini, Anda dapat dengan mudah membawa TV LED ini jika ingin pindah rumah atau melakukan perbaikan. Hal ini tentunya berbeda dengan TV Tabung yang memiliki ukuran yang besar.

  • Hemat Konsumsi Daya Listrik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh TV LED ini adalah daya listrik yang dihabiskan relatif lebih kecil. Dalam hal penggunaan daya listrik, TV LED dinilai paling hemat dibandingkan TV Tabung, TV Plasma, dan TV LCD. Layar TV LED lebih juga hemat dalam hal konsumsi daya. Dikutip dari Liputan6.com TV LED bisa lebih irit hingga 50% daripada TV Tabung.

Kekurangan TV LED

Berikut kekurangan TV LED yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Mahal

Seperti yang kita tahu teknologi TV LED memiliki harga yang cukup menguras kantong. Anda membutuhkan budget yang jauh lebih besar jika ingin memiliki TV LED. TV LED tergolong paling mahal dibandingkan jenis TV lainnya seperti TV Tabung, TV Plasma dan TV LCD.

  • Peka Terhadap Sentuhan

Kekurangan lain yang dimiliki oleh TV jenis ini adalah terlalu peka terhadap sentuhan. Anda perlu hati-hati dalam membawa perangkat modern ini karena sentuhan yang cukup kuat pada layar akan mengakibatkan bercak garis pada layarnya.

  • Peka Terhadap Getaran

TV LED juga sangat peka terhadap getaran. Sebagai bahan pertimbangan, jangan menaruh speaker terlalu dekat dengan TV LED Anda karena getaran yang ditimbulkan mampu memberikan hentakan hebat pada layar TV Anda.

  • Biaya Perbaikan Cukup Tinggi

Dibandingkan TV Tabung, pesawat TV jenis ini lebih rumit dalam perbaikan karena memiliki perangkat yang terbilang modern dan menggunakan teknologi digital dengan perangkat super kecil. Karena itu, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan TV jenis ini cukup mahal. Anda perlu menyiapkan budget ekstra.

Kelebihan TV LEDKekurangan TV LED
- Memiliki layar yang sangat baik- Harga relatif mahal
- Memiliki ukuran tipis dan ringan- Peka terhadap sentuhan
- Hemat konsumsi daya listrik- Biaya perbaikan cukup tinggi

TV Tabung

TV Tabung adalah teknologi yang umumnya digunakan pada monitor PC dan televisi keluaran lama, dan merupakan cikal-bakal keluarnya jenis TV modern seperti TV Plasma, TV LCD, dan TV LED. TV jenis ini saat ini masih dipakai karena tahan lama dan awet. Karena masih bisa digunakan, masih banyak orang yang belum mengganti TV Tabungnya.

Lihat juga:  Pilih Mana: No Drop atau Dulux?

Kelebihan TV Tabung

Berikut kelebihan TV Tabung yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Salah satu kelebihan yang dimiliki TV Tabung adalah lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Telah banyak sumber yang menyatakan pendapat ini. TV Tabung memang tergolong TV yang sangat awet.

  • Harga Relatif Murah

Kelebihan lain yang dimiliki TV Tabung adalah harga yang ditawarkan relatif lebih murah. TV Tabung merupakan jenis TV yang paling murah dibandingkan jenis TV lainnya. Karena itu, TV Tabung dapat dijangkau dengan mudah oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas.

  • Mudah Diperbaiki

Jika terjadi kerusakan komponen, TV Tabung mudah untuk diperbaiki karena sparepartnya mudah untuk didapatkan. Selain itu, merawat TV Tabung juga relatif lebih mudah karena layarnya terbuat dari gelas sehingga tidak perlu khawatir jika sengaja disentuh.

  • Menghasilkan Suara yang Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki TV Tabung adalah suara yang dihasilkan cukup baik, terutama bass. Hal ini dikarenakan TV Tabung memiliki ruang yang lebih besar untuk speakernya. Karena itulah, suara yang dihasilkan bisa dikatakan baik.

Kekurangan TV Tabung

Berikut kekurangan TV Tabung yang perlu Anda ketahui:

  • Mengonsumsi Daya Listrik yang Relatif Besar

TV LED termasuk ke dalam TV yang boros dalam memakan daya listrik. Dibandingkan dengan TV LED, TV Tabung jauh lebih boros. Jika Anda membutuhkan TV yang hemat daya listrik, sebaiknya Anda menghindari TV Tabung.

  • Ukuran Terlalu Besar, Tebal dan Berat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh TV Tabung ini adalah ukurannya yang tidak menarik. TV tabung memiliki ukuran yang berat, tebal dan berat. Dengan ukuran yang seperti ini, Anda membutuhkan tempat khusus untuk meletakkan TV. Selain itu, jika ingin melakukan perbaikan atau pindah rumah, Anda akan kesulitan dalam mengangkat TV Tabung ini.

  • Memantulkan Cahaya

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh TV Tabung adalah dapat memantulkan cahaya ketika ditonton di siang hari. Hal ini bisa jadi disebabkan karena layarnya yang menggunakan bahan kaca. Untuk menghindari pantulan cahaya ini, Anda perlu menutup sumber cahaya seperti jendela atau pintu saat menonton TV.

Kelebihan TV TabungKekurangan TV Tabung
- Lebih tahan lama dan tidak mudah rusak- Mengonsumsi daya listrik yang ralatif besar
- Harga relatif murah- Ukuran terlalu besar, tebal dan berat
- Mudah diperbaiki- Memantulkan cahaya

Pilih Mana: TV LED atau TV Tabung?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara TV LED dan TV Tabung. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

TV LEDTV Tabung
- Memiliki bentuk yang tipis dan ringan- Memiliki bentuk yang tebal dan berat
- Merupakan pengembangan dari TV Tabung- Jenis TV keluaran pertama
- Harga relatif mahal- Harga relatif murah

Kesimpulan

Dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki TV Tabung dan TV LED, dapat disimpulkan bahwa TV LED memiliki bentuk, tampilan layar yang lebih baik daripada TV Tabung. TV LED juga lebih hemat menggunakan daya listrik. Namun, jika dilihat dari segi keawetan, TV Tabung lebih awet dan tahan lama. Namun, TV Tabung merupakan keluaran lama yang hampir tidak dikeluarkan lagi saat ini. Jika Anda masih memiliki TV Tabung yang memiliki kondisi yang baik, maka tidak apa-apa untuk tetap menggunakannya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TV LED vs Tabung

VS

Leave a Reply