ElektronikHome

Pilih Mana: TV LG atau TV Sharp?

Semakin berkembangnya zaman elektronik juga akan semakin berkembang salah satu elektronik yang saat ini banyak dikeluarkan produsen elektronik adalah televisi (TV). TV LG dan TV Sharp adalah salah satu merek televisi yang saat ini banyak mengeluarkan berbagai tipe televisi yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

Apakah kamu sedang mencari televisi untuk memenuhi kebutuhan kamu dirumah atau di kosan kamu? Nah guys, TV LG dan TV Sharp bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Tetapi kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan terlebih dahulu dari kedua merek tersebut. Artikel saya kali ini akan membahas kedua merek TV tersebut.

TV LG

LG perusahaan multinasional dari Korea Selatan. LG Electronics adalah perusahaan Korea Selatan kedua terbesar dalam bidang perangkat elektronika dan terbesar ketiga di dunia dalam bidang pembuatan perangkat serupa. Baca juga Pilih Mana: TV LG atau Panasonic?

LG banyak mengeluarkan produk elektronik dengan kualitas yang baik yang banyak diminati oleh semua orang untuk dapat memenuhi kebutuhannya dirumah atau di kos atau sebagainya salah satu elektronik dari LG ini yang banyak peminatnya yaitu adalah TV (televisi).

Kelebihan TV LG

  • Layar berkualitas bagus
    Jika membahas layar, maka TV keluaran LG ini menjadi pemenangnya. Pasalnya TV dari merek ini memiliki kualitas layar TV dengan kerapatan pixel dan resolusi yang baik sehingga terlihat terang dan jelas.
  • Suara yang jelas dan bagus
    LG menghadirkan sebuah TV dengan fitur suara yang bisa dikatakan luar biasa, LG memberikan suara luar biasa dari Dolby Digital Plus yang pastinya akan membuat setiap pengalaman menonton pengguna TV LG jadi lebih mendebarkan.
  • Banyak ditemukan di berbagai toko
    TV LG sudah bisa kamu temukan di berbagai toko ya guys mudah untuk kamu dapatkan, misalnya saja kamu ingin membeli merek TV LG ini tidak di tempat resmi toko LG tetapi diseluruh toko elektronik yang menjual berbagai jenis TV lainnya.

Kekurangan TV LG

  • Harga yang cukup mahal
    Harga yang dijual TV LG ini bisa dibilang memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan merek TV lainnya. Tetapi hal ini tidak menjadi hambatan jika memang orang suka dengan kualitas TV dari merk LG ini.
  • Daya yang cukup besar
    Beberapa pengguna TV LG ini banyak yang mereview bahwa daya pada TV ini cukup besar, bisa sampai 256 watt.
  • Biaya perbaikan yang mahal
    Hal ini adalah kekurangan yang sebenarnya dimiliki oleh seluruh merek TV LED pada berbagai TV. Karena LG adalah merek TV yang banyak mengeluarkan TV LED maka jika terjadi kerusakan pada TV tersebut harga perbaikannya relatif mahal guys.

Rekomendasi TV LG

1. LG OLED55C7T
Televisi dengan body ramping ini memiliki dimensi tipis dengan bagian bawah yang menggembung karena menampung semua konektivitas, driver, dan speaker. Memiliki layar 3.840 x 2.160 piksel dengan teknologi OLED yang berarti setiap piksel pada layar ini menghasilkan cahayanya sendiri, sehingga bisa berbentuk ramping tanpa perlu tambahan body untuk menampung lampu LED seperti pada layar LCD.

Layar 4K LG OLED55C7T ini juga sudah didukung oleh Dolby Vision yang menambah kepekatan warna hitam, serta ketajaman gambar, sehingga detail gambar menjadi lebih terlihat jelas dan tajam.

2. LG 43UK6300
LG 43UK6300 adalah Smart TV terlebar yang ada di daftar ini. LG menghadirkan LCD TV dengan 4K resolution dan tampilan HDR yang memaksimalkan kualitas layar.

Warna yang ditampilkan dari tipe LG 43UK6300 juga cerah dan nyata, cocok untuk menonton film dan gaming. Fitur lain yang dimilikinya adalah ThinQ AI, Magic Remote, 360 VR Play, dan Magic Zoom.

3. LG 55UJ652T

TV LG ini merupakan televisi berpanel LED dengan fungsi panel IPS 4K. Televisi ini juga masih membawa desain yang tipis, dengan ketajaman gambarnya yang baik dan sudah mendukung fitur HDR.

Sudut pandang dari panel IPS ini termasuk lebar, sehingga masih nyaman walau ditonton walau tidak persis lurus dengan bagian depan layar.

Di bawah ini adalah tabel harga dari beberapa rekomendasi TV LG di atas.

Tipe TV LGHarga
LG OLED55C7T Rp. 22.000.000 (per September 2019)
LG 43UK6300 Rp. 4.500.000 (per September 2019)
LG 55UJ652T Rp. 8.000.000 (per September 2019)

TV Sharp

Sharp Corporation merupakan salah satu perusahaan yang merancang dan memproduksi peralatan elektronik yang berbasis di Osaka, Jepang. Sharp pertama kali didirikan sejak 15 Oktober 1912 saat Tokuji Hayakawa mulai mendirikan sebuah toko logam di Tokyo.

Sharp banyak mengeluarkan berbagai elektronik yang bisa memenuhi kebutuhan kamu, salah satu elektronik sharp yang banyak menjadi pilihan orang adalah televisinya (TV). Karena berbagai tipe dari TV Sharp memiliki kualitas yang baik.

Kelebihan TV Sharp

  • Desain menarik
    Pada desain TV Sharp ini kebanyakan memiliki spesifikasi desain yang cantik, elegan dan menarik tentunya. Hal ini banyak menjadi kesukaan orang saat ingin membeli TV pasti akan melihat bentuk desainnya terlebih dahulu. Salah satu tipe TV Sharp yang memiliki desain yang bagus adalah Sharp Aquos LED LC-40LE295i.
  • Performa suara TV yang bagus
    Performa suara yang bagus dari berbagai tipe TV Sharp memiliki suara yang lebih baik dibandingkan dengan berbagai merek TV lainnya. Hal ini banyak dirasakan oleh konsumen pengguna TV sharp. Selain itu juga kualitas gambar dari TV ini juga sangat tajam guys.
  • Adanya berbagai fitur yang canggih
    Adanya fitur easy smart juga memungkinkan kamu untuk mengakses aplikasi seperti web browser dan youtube melalui platform terbaru dari Sharp. Kamu juga bisa menggunakan fitur wireless mirroring untuk menghubungkan smartphone kamu ke layar televisi agar dapat menikmati berbagai konten, seperti video atau gambar, yang terdapat pada smartphone kamu. Hal ini ada di tipe Sharp Aquos LED LC-40SA5500i.

Kekurangan TV Sharp

  • Biaya perbaikan TV mahal
    Setelah menjelaskan beberapa kelebihan yang terdapat pada TV Sharp, ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki TV Sharp ini salah satunya biaya perbaikan TV yang termasuk mahal harga yang harus dibayarkan bisa dibilang hampir sama seperti membeli televisi yang baru.
  • Komponen TV termasuk mahal
    Tidak hanya biaya perbaikan pada TV saja yang mahal, tetapi komponen lain yang berada di bagian belakang TV juga tidak kalah mahal. Komponen yang juga memiliki harga tinggi antara lain main board dan modul power supply. Kalau komponen-komponen ini sampai rusak, pengguna pun akan pusing tujuh keliling memikirkan dana yang harus dikeluarkan.
  • Daya listrik yang besar
    Kekurangan lainnya adalah daya listrik yang besar hal ini banyak dialami oleh pengguna TV Sharp. Padahal memang besar kecilnya daya listrik semua tergantung dengan pemakaian ya guys. Tetapi memang sangat disayangkan review yang mengatakan bahwa daya listrik TV Sharp besar.

Rekomendasi TV Sharp

1. Sharp Aquos LED LC-40SA5500i
Produk yang satu ini juga sudah kompatibel dengan Digital Broadcast (DVB-T2) ukuran 40 inci . Jadi, kamu dapat menikmati berbagai siaran digital dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan TV merek biasa.

Fitur easy smart juga memungkinkan kamu untuk mengakses aplikasi seperti web browser dan youtube melalui platform terbaru dari Sharp. Kamu juga bisa menggunakan fitur wireless mirroring untuk menghubungkan smartphone kamu ke layar televisi agar dapat menikmati berbagai konten, seperti video atau gambar, yang terdapat pada smartphone kamu.

2. Sharp Aquos LED LC-40LE295i
Produk televisi Sharp Aquos dengan layar ukuran 40 inci yang satu ini memiliki kelebihan pada desain refleksi suara. Desain refleksi suara yang melengkung menghasilkan suara yang tidak pecah dan terdengar sempurna.

Fitur super eco yang ramah lingkungan juga memberikan konsumsi daya listrik yang rendah. Kamu juga dapat menggunakan televisi ini untuk menyaksikan konten yang terdapat pada flashdisk melalui koneksi port USB yang tersedia.

3. Sharp 32LE185 LED TV
Sharp 32LE185 LED TV ukuran 32 inci hadir dengan fitur Antenna Booster yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang diterima oleh antena, sehingga dapat berpengaruh besar untuk memperjernihkan kualitas gambar serta menghilangkan gambar berbayang.

Sharp 32LE185 LED TV ini memiliki koneksi Port USB ini Aquos dapat memutar file foto dan musik yang disimpan dalam flashdisk.

Di bawah ini adalah tabel harga dari beberapa rekomendasi TV Sharp di atas.

Tipe TV SharpHarga
Sharp Aquos LED LC-40SA5500i Rp. 4.500.000 (per September 2019)
Sharp Aquos LED LC-40LE295i Rp. 3.500.000 (per September 2019)
Sharp 32LE185 LED TV Rp. 3.000.000 (per September 2019)

Pilih Mana: TV LG atau TV Sharp?

TV LGTV Sharp
Kelebihan- Layar berkualitas bagus - Suara yang jelas dan bagus - Banyak ditemukan di berbagai toko - Desain menarik - Performa suara TV yang bagus - Adanya berbagai fitur yang canggih
Kekurangan- Harga yang cukup mahal - Daya yang cukup besar - Biaya perbaikan yang mahal - Biaya perbaikan TV mahal - Komponen TV termasuk mahal - Daya listrik yang besar

Kesimpulan

TV LG dan TV Sharp adalah kedua televisi yang banyak diminati oleh semua orang, dari penjelasan di atas bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk pemilihan televisi memang bisa kamu pilih saja dengan kebutuhan kamu ya guys. Misalnya untuk ditempatkan di kosan mungkin televisi atau TV LED yang ukuran kecil baik, jangan lupa juga semuanya disesuaikan dengan budget kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TV LG vs TV Sharp

VS

Leave a Reply