ElektronikHome

Pilih Mana: TV Samsung atau TV Sharp?

Saat ini televisi menjadi salah satu alat elektronik yang dimiliki oleh banyak kalangan di seluruh dunia. Banyak orang memiliki televisi karena televisi memiliki jangkauan yang sangat. Selain sebagai media untuk hiburan, televisi juga memiliki fungsi beragam lainnya, yaitu sebagai sumber informasi, sebagai media edukasi dan sebagainya. Pada artikel ini akan kita bahas mengenai merk kedua televisi yang sudah menjadi pilihan favorit di keluarga Indonesia yaitu TV Samsung atau TV Sharp.

TV Samsung

Samsung Electronics mengungguli pesaingnya sebagai salah satu merek yang paling populer di dunia konsumen elektronik pada tahun 2004 dan 2005, dan sekarang peringkat ke 19 di dunia secara keseluruhan. Samsung menjadi perusahaan terbesar kedua setelah Nokia dengan volume dunia produsen ponsel terutama pangsa pasar terkemuka di Amerika Utara dan Eropa Barat.

Keberhasilan Samsung sebagai perusahaan penyedia teknologi terus berkembang melalui delapan puluhan seperti Samsung Electronics telah bergabung dengan Samsung Semikonduktor dan Telekomunikasi. Dengan cara ini Samsung menuju terus kuat di pasar internasional dengan produk teknologi tinggi yang akan menjadi pokok di setiap rumah. Perkembangan ini berlanjut saat tahun-tahun berikutnya.

TV-LCD, tabung gambar, printer Samsung dan produk teknologi tinggi lainnya akuisisi menjadi terkenal karena mereka berkualitas tinggi. Ketika Samsung berkelana ke industri LCD pada tahun 1993, menjadi yang terbaik di dunia sampai saat ini. Baca juga Pilih Mana: TV Samsung atau LG?

Jenis – Jenis TV Samsung

Samsung 55″ QLED 4K Flat Smart TV Q7F
Jenis layar QLED mulai banyak diaplikasikan pada layar televisi versi premium Samsung. Banyak yang menyangka bahwa QLED sama dengan jenis layar OLED, namun pada dasarnya QLED adalah layar LED, bukan OLED. karena kemampuannya menangkap range warna diperkuat sehingga menghasilkan warna yang lebih tajam.

Layar QLED pada Smart TV Q7F ini kemudian dilengkapi dengan resolusi 4K dan kemampuan HDR, sehingga menambah kualitas gambarnya.Televisi ini memiliki bahan metal dengan desain bingkai yang tipis. Pada bagian bawah televisi ini terdapat penopang berbahan metal yang mudah untuk dipasang, atau kamu juga bisa menempelkannya pada dinding.

Desain bagian belakangnya yang mulus tanpa port memungkinkan untuk menempel dengan minimal pada dinding, sedangkan semua port dan kontrol terdapat pada kotak yang terpisah dari layar, sehingga hanya butuh satu kabel kecil untuk disambungkan ke bagian belakang layar.

Samsung 55″ The Frame 4K UHD TV
Televisi ini tidak hanya berfungsi sebagai TV, tapi juga bisa difungsikan seperti sebuah lukisan. Didesain dengan layar sangat tipis, televisi ini bisa dengan mudah menyatu dengan dinding dan dipakai untuk menampilkan lukisan atau foto sehingga bisa dinikmati setiap saat. Kamu juga bisa memilih gambar dari Art Store dengan koleksi lukisan yang beragam.

Samsung 55″ UHD 4K Curved Smart TV JU7500 Series 7
Kalau kamu menyukai televisi Samsung dengan desain layar melengkung, dan juga ingin merasakan kualitas layar 4K, maka TV Samsung JU7500 ini bisa menjadi pilihan. Desain layar melengkung ini bila ditonton pada posisi ideal bisa memberikan pengalaman menonton yang lebih baik daripada televisi berlayar datar, namun kamu harus menemukan jarak dan sudut yang tepat untuk meletakkan sofa yang nyaman agar menonton menjadi lebih seru.

TV Sharp

Sharp mulai memproduksi TV hitam putih pada 1971. Kemudian, mulai memproduksi TV berwarna tahun 1975, bersamaan dengan mulainya TVRI memancarkan siaran berwarna di Tanah Air. Seiring dengan perkembangan perekonomian di Indonesia, pada 1993, produk TV tabung (cathode ray tube/CRT) Sharp mulai menguasai pasar TV nasional.

Permintaan yang cukup tinggi pada masa itu pun menjadikan Sharp mencatatkan sejarah baru dengan keberhasilannya memproduksi 3 juta unit produk TV. Melihat perkembangan zaman di mana tren TV layar datar mulai berkembang, lalu Sharp mulai memproduksi CRT TV layar datar di pabrik Pulogadung, Jakarta Timur. Keputusan Sharp memproduksi CRT TV layar datar mendulang kesuksesan.

Lihat juga:  Pilih Mana: iPhone atau Samsung?

Selain mampu menjadi market leader, CRT TV layar datar Sharp pun banyak meraih bermacam penghargaan sebagai merk TV terbaik, antara lain Indonesia Best Brand, Top Brand, Indonesia Customer Satisfaction, Superbrand, dan lainnya. Hingga pada 2008, Sharp kembali berhasil memproduksi 10 Juta unit. Keberhasilan ini melatarbelakangi Sharp untuk memproduksi LCD TV di Indonesia sampai dengan saat ini Televisi Sharp masih menjadi pilihan favorit keluarga Indonesia.

Jenis-Jenis TV Sharp

Sharp Aquos LED LC40SA5500i
Produk Sharp yang satu ini akan memberikan tampilan layar yang cemerlang berkat dukungan format High Definition. Sharp Aquos LC40SA5500i hadir dengan layar besar berukuran 40 inci dan resolusi 1920 x 1080 piksel Full HD. Resolusi Full HD tersebut mampu menghadirkan gambar yang detail dan tajam.
Selain itu, produk yang satu ini juga sudah kompatibel dengan Digital Broadcast (DVB-T2).

Jadi, kalian bisa menikmati berbagai siaran digital dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan dengan TV analog biasa. Fitur easy smart juga memungkinkan kamu untuk mengakses aplikasi seperti web browser dan YouTube melalui platform terbaru dari Sharp.

Kalian juga dapat menggunakan fitur wireless mirroring untuk menghubungkan smartphone kamu ke layar televisi agar dapat menikmati berbagai konten, seperti video atau gambar, yang terdapat pada smartphone kamu.

Sharp Aquos LED LC40SA5200i
Televisi Sharp Aquos dengan layar 40 inci berikutnya adalah LC40SA5200i. Produk Sharp kali ini sudah memiliki fitur smart eco yang memberikan konsumsi daya listrik yang rendah. Selain hemat biaya listrik, kamu juga turut menjaga lingkungan dengan penggunaan daya yang lebih efisien.

Teknologi Sharp X2 Master Engine juga akan menghadirkan warna yang lebih cerah dan gambar yang lebih tajam. Teknologi yang menggabungkan warna yang beragam dan prosesor untuk meningkatkan kontras akan memberikan pengalaman menonton yang lebih banyak warna.

Seperti produk sebelumnya, produk yang satu ini juga sudah kompatibel dengan siaran digital(DVB-T2). Jadi, kamu dapat menikmati berbagai siaran digital dengan kualitas yang lebih baik jika disandingkan dengan TV analog biasa. Fitur antenna booster yang berfungsi untuk memperkuat sinyal siaran yang ditangkap oleh televisi juga membantu mempertajam kualitas tayangan yang kamu saksikan.

Sharp Aquos LED LC-40LE295i
Produk televisi Sharp Aquos dengan layar 40 inci ini punya keunggulan pada desain refleksi suara. Desain refleksi suara yang melengkung menghasilkan suara yang tidak pecah dan terdengar enak. Fitur super-eco yang ramah lingkungan juga memberikan konsumsi daya listrik yang rendah. Kamu juga dapat menggunakan televisi ini untuk menyaksikan konten yang terdapat pada flashdisk melalui koneksi port USB yang tersedia.

Pilih Mana: TV Samsung atau TV Sharp?

TV Samsung TV Sharp
Kelebihan - Menghasilkan warna yang lebih tajam - Desain yang mewah - Fitur yang lengkap- Memiliki konsumsi daya listrik yang rendah - Dapat menikmati siaran digital dengan kualitas yang baik - Menghadirkan gambar yang detail dan tajam
Kekurangan - Harga yang relatif mahal - Tidak bisa menghemat pemakaian daya listrik- Fitur yang kurang lengkap di bandingkan Samsung - Service yang lumayan mahal

Kesimpulan

Dari artikel di atas yang kita bahas mengenai TV Samsung dan TV Sharp mempunyai keunggulannya masing-masing dalam berbagai versinya. Jika kalian mencari produk televisi yang dapat menghemat pemakaian daya listrik TV Sharp dapat menjadi pilihan, tetapi jika kalian menginginkan televisi dengan fitur yang lumayan lengkap TV Samsung dapat menjadi pilihan yang cocok. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

TV Samsung VS TV Sharp

VS

Leave a Reply