Aplikasi

Pilih Mana: UC Browser atau UC Turbo?

Aplikasi browser memiliki fungsi untuk menghubungkan kamu ke internet dan akan membuat kamu melakukan berbagai aktivitas seperti menjelajah web. Kamu bisa melakukan pencarian berbagai informasi hingga mencari hiburan dengan memanfaatkan aplikasi browser ini.

Terdapat berbagai macam aplikasi browser yang dapat kamu gunakan, dua di antaranya adalah UC Browser dan UC Turbo. Dari kedua aplikasi browser tersebut manakah yang akan kamu pilih guys? UC Browser atau UC Turbo? Sebelum memilihnya, yuk langsung saja baca artikelnya di bawah ini guys.

UC Browser

UC Browser merupakan suatu aplikasi penjelajah web untuk telepon genggam yang diluncurkan pada tahun 2004. UC Browser bisa dipakai di semua sistem operasi telepon genggam. Pada Juni 2011, UCWeb merilis U3 kernel, produk hak milik perusahaan( mirip seperti mesin mobil).

Browser yang mempunyai U3 bisa memberikan user pengalaman website surfing yang kilat, nyaman dan aman. Saat ini, UCWeb lalu berkembang dengan cepat, 80% dari 1000 lebih karyawannya lalu aktif dalam penelitian dan pengembangan produk. UCWeb sudah mendapatkan dan sedang dalam proses pengajuan lebih dari 200 paten di bidang mobile browser.

UCWeb pencitpa UC Browser telah membuat jaringan server independen di Asia, Amerika Utara dan Eropa. melayani lebih dari 500 juta user di lebih dari 150 negara dan wilayah di seluruh dunia. UC Browser tersedia dalam 11 bahasa termasuk Bahasa Indonesia, Inggris, Rusia dan Vietnam.

Sejak September 2011, UC Browser sudah didownload lebih dari 1.5 milyar kali di seluruh dunia dan page view setiap bulannya lebih dari 160 milyar. Dengan dibukanya kantor cabang luar negri pertamanya di India pada September 2011, UCWeb berharap dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk basis pengguna internasionalnya. Baca juga Pilih Mana: Mozilla Firefox atau Google Chrome?

Fitur UC BrowserKeterangan
Unduh cepatDengan fitur unduh cepat kamu dapat mengunduh file atau mendownload file secara bersamaan 6 unduhan sekaligus
TemaDengan fitur yang di miliki UC Browser yaitu tema,kamu dapat mengubah tema sesuka hati dengan menggunakan gambar bawaan UC Browser atau dengan memilih foto yang kamu miliki dari galeri.
Mode siang dan malamDengan Mode siang dan malam kamu dapat berselancar dengan aman di saat malam hari untuk kesehatan mata kamu.
Add-onsDengan menu add-ons kamu dapat fitur tambahan yang perlu kamu download terlebih dahulu, caranya pergi ke menu dan pilih add-ons, pilih menu tambahan sesuai kebutuhan kamu.

Kelebihan UC Browser

  • Kompres atau pangkas data saat browsing
    UC Browser dapat memangkas data yang kita ambil hingga 90%, sehingga kita dapat menghemat paket data handphone yang kita gunakan, tetapi fitur ini terkadang kita akan mendapatkan gambar yang sedikit buram dan tidak terlalu jelas dan jernih.
  • Smart download
    Fitur ini dapat mengelola unduhan anda secara bebas, kamu juga bisa mendownload file secara bersamaan dengan catatan hanya 3 file yang di download berjalan bersama, kamu juga dapat melakukan stop, start atau pause pada file yang sedang di download, dan inilah keunggulan UC Browser yang paling mencolok dari browser lain dan menjadi pilihan banyak orang.
  • Keamanan privasi
    Pengguna UC Browser tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan privasi saat melakukan jelajah data, karena UC Browser telah menjamin keamanan privasi penggunanya, bahkan kamu bisa melakukan jelajah tanpa jejak.

Kekurangan UC Browser

  • Download sering gagal
    Salah satu keunggulan UC browser yaitu pada fitur download nya yg lebih cepat daripada aplikasi browser yg lain tetapi tidak jarang juga banyak pengguna UC Browser yg mengeluhkan file yg telah di download nya seringkali mengalami kegagalan alias error , hal ini juga yg sering banyak dirasakan pada saat mendownload video.
  • Banyak iklan
    UC Browser memakai fitur adblock otomatis pada salah satu fitur nya tetapi juga menampilkan banyak sekali iklan yang ditampilkan bahkan pada saat kamu sedang membuka situs tertentu akan muncul iklan dari UC Browser yg ditampilkan pada bagian paling bawah di halaman situs yg sedang kamu buka.
  • Berita terkadang berisi foto seksi
    salah satu cabang aplikasi UC Browser adalah UC News yg berisi berita dan juga terpasang pada Web Browser UC seringkali menampilkan foto thumbnail yg vulgar atau seksi , hal ini sebenarnya berasal dari para penulis UC News yg mencari keuntungan besar karena semakin banyak jumlah penonton pada artikel UC News akan semakin banyak pula uang dollar yg akan terkumpul.

UC Turbo

UC Browser Turbo adalah salah satu aplikasi browser untuk android yang diluncurkan oleh UCWebs Inc.  Turbo adalah browser dengan desain yang sangat minimalis UC Turbo ini adalah produk terbaru dari tim UC Browser.

UC Turbo seperti namanya “Turbo” yang membuat aktivitas browsing kamu semakin menarik. Browser ini tidak memiliki aliran berita atau pesan push (diklaimnya), tetapi tersedia fungsi pemblokir iklan yang canggih, sehingga membuat pengalaman penelusuran kamu menjadi benar-benar bersih.

Lihat juga:  Pilih Mana: Stockbit atau Ipotgo?

Tetapi fungsi pemblokiran ini pada UC Turbo tidak begitu menjadi membantu karena kebanyakan orang atau review juga bilang bahwa pemblokiran itu tidak berjalan sempurna. Selain itu juga ada beberapa fungsi lainnya seperti fungsi unduhan cepat, halaman beranda yang dapat disesuaikan, cache video, dan mode penyamaran untuk mengoptimalkan penelusuran kamu.

Fitur UC TurboKeterangan
Download file besarSalah satu fitur unggulannya yaitu dapat mendownload bebrbagai jenis file dengan kecepatan tinggi. Bagi kamu yang suka mendownload file besar, maka kamu wajib menggunakan browser ini.
PrivatePrivate adalah yang mana fungsi fitur ini adalah untuk menjaga keamanan privasi anda saat berselancar di internet.
AD-Block AD-Block yang mana dapat membantu kamu untuk memblokir iklan-iklan mengganggu ketika sedang browsing ataupun streaming.
Cache video.Yang artinya ketika kamu streaming video, maka akan secara otomatis menyimpan cache video tersebut sehingga kamu dapat menontonnya nanti secara offline.

Kelebihan UC Turbo

  • Browsing yang cepat
    UC Turbo ini memiliki kemampuan untuk browsing yang cepat, sudah banyak orang mereview atau hanya sekedar sharing bahwa aplikasi ini memiliki kemampuan browsing yang cukup baik nih guys. Gimana dengan kamu guys? Sudah mencoba menggunakan UC Turbo?
  • Fitur yang bagus
    Pada aplikasi UC Turbo ini memiliki berbagai fitur yang sangat baik nih guys seperti desain yang minimalis dalam artian bebas aliran berita, bebas pesan push, dan desainnya yang sederhana namun cerdas akan menghadirkan pengalaman penelusuran yang bersih dan nyaman. Dan juga halaman beranda dapat disesuaikan kamu dapat menetapkan halaman beranda kamu sendiri. Tambahkan situs favorit kamu ke beranda dari bookmark (tambahkan situs ke bookmark dulu), atau hapus semua situs bawaan agar beranda kosong. Kamu juga dapat mengatur gambar kamu sendiri sebagai wallpaper yang unik. Semua terserah di kamu guys.
  • Proses pemutaran video yang cepat
    Kelebihan pada UC Turbo juga adalah proses pemutaran video terbilang cepat, banyak juga review dari aplikasi ini merasakan hal yang sama, boleh nih kamu coba guys download dulu aplikasinya ya jika kamu belum mendownloadnya.

Kekurangan UC Turbo

  • Fitur adblock kurang ampuh
    Fitur adblock kurang ampuh, iklan masih sering tampil, apalagi iklan pop up yg ganggu banget tidak bisa di block, loading web kecepetan sehingga kadang halaman web tampil tidak sempurna, kadang gak ada gambarnya, kadang tulisanya sepotong, apalagi kalo buka url short. Jadi, fitur pemblokiran iklan memang tidak begitu ampuh pada UC Turbo ini.
  • Adanya iklan
    Sama halnya dengan UC Browser, bahwa UC Turbo juga terdapat banyak iklan dan hal itu memang menjadi sangat mengganggu beberapa pengguna. Apalagi memang fitur pemblokiran iklan tidak berfungsi sempurna.
  • Kurang bagus untuk mendownload file besar
    Kekurangan yang terakhir pada aplikasi UC Turbo ini adalah, bahwa untuk mendownload file yang besar selalu terjadi kesalahan bahkan terjadi kegagalan. Hal ini banyak membuat orang kecewa lantaran namanya sendiri “Turbo” tetapi kualitasnya tidak turbo nih guys sayang sekali ya, banyak yang merasa kecewa akan hal ini guys.

Pilih Mana: UC Browser atau UC Turbo?

UC BrowserUC Turbo
Kelebihan- Kompres atau pangkas data saat browsing - Smart download - Keamanan privasi - Browsing yang cepat - Fitur yang bagus - Proses pemutaran video yang cepat
Kekurangan- Download sering gagal - Banyak iklan - Berita terkadang berisi foto seksi - Fitur adblock kurang ampuh - Adanya iklan - Kurang bagus untuk mendownload file besar

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai aplikasi penjelajah web tersebut UC Browser dan UC Turbo keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengklaim banyak kelebihan pada aplikasi tersebut, tetapi banyak orang yang mereview bahwa keduanya hampir sama akan kekurangannya.

Jadi untuk kamu yang ingin memilih antara kedua aplikasi penjelajah web ini, pilih sesuai selera kamu saja ya karena keduanya tidak begitu berbeda guys, jika ingin mendownload dengan file yang besar UC Turbo bisa menjadi pilihan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

UC Browser vs UC Turbo

VS

Leave a Reply