FashionTrends

Pilih Mana: Uniqlo atau H&M?

Untuk menunjang kepercayaan diri tentunya dibutuhkan aksesoris seperti pakaian yang bagus dan nyaman saat dipakai. Saat ini pun sudah banyak produsen pakaian yang merilis produknya dengan bermacam bentuk, warna dan model yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu, seperti Uniqlo dan H&M.

Uniqlo sendiri berasal dari Jepang dan H&M sendiri berasal dari Swedia. Kedua merek pakaian ini sudah terkenal di seluruh dunia. Produk yang ditawarkan pun memiliki kualitas yang baik dan sangat bervariasi sehingga kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilihnya.

Pada artikel kali ini akan membahas lebih dalam mengenai detail dari Uniqlo dan H&M sehingga bisa kamu jadikan referensi dalam memilih pakaian idaman kamu. Disini aja ya!

Uniqlo

Uniqlo Co., Ltd. (株式会社ユニクロ Kabushiki-gaisha yunikuro) merupakan perusahaan Jepang dalam bidang perencanaan produk, produksi, distribusi pakaian kasual. Perusahaan ini membuka toko eceran pakaian kasual dengan merk Uniqlo (ユニクロ).

Kantor pusat Uniqlo di Sayama, Kota Yamaguchi, Prefektur Yamaguchi. Walaupun begitu, fungsi kantor pusat dipegang oleh Kantor Tokyo di Midtown Tower, Akasaka, Minato, Tokyo. Uniqlo Co., Ltd. yaitu anak perusahaan dari Fast Retailing.

Nama Uniqlo berasal dari nama toko pertama bernama Unique Clothing Warehouse yang dibuka Tadashi Yanai di Kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima pada 2 Juni 1984. Konsep tokonya sebagai “sebuah gudang raksasa dengan opsi konstan”.

Ide didapat Yanai saat berkunjung ke Amerika Serikat. Ia mendatangi koperasi universitas yang ramai didatangi remaja sebab menjual pakaian kasual berharga ekonomis seperti orang membeli majalah.

Bahan Fleece menjadi salah satu produk terlaris pada masanya yang terjual sebanyak 2 juta helai, sejak saat itu semakin berani menginovasi hal-hal baru dan tentunya berkonsep casual.

Sampai saat ini Uniqlo telah menempatkan pamornya di benak masyarakat, bila mau mencari pakaian casual namun tetap stylish, Uniqlo adalah tempatnya. Baca juga Pilih Mana: Kemeja atau Kaos?

Kelebihan Uniqlo

  • Memiliki jeans dengan kualitas baik
    Dibuat dengan benang denim dengan proses yang diulang-ulang, hasilnya lebih kuat dan tahan lama. Yang banyak disukai yaitu jeans ultra stretch yang berbahan lentur dan menyesuaikan bentuk tubuh. Potongan di bagian kaki meruncing untuk membuat kaki terlihat lebih panjang serta dramatik.
  • Pilihan flanel beragam
    Outfit jenis ini tidak cuman digunakan untuk acara formal saja, tetapi juga bisa untuk nongkrong bareng temen, jalan-jalan, atau bisa jadi outer yang ciamik untuk dipadukan dengan baju polos. Untuk di Uniqlo sendiri kemeja berbahan flanel ini bisa kamu dapatkan seharga 300 ribu, walaupun terkesan lumayan mahal namun percayalah, pakaian ini akan bertahan lama.
  • Desain kaos yang unik
    Namanya saja sudah Uniqlo, pastinya desain yang disematkan juga cukup unik. Kamu bisa memilih desain dari Uniqlo sesuai dengan selera kamu seperti tokoh terkenal Snoopy, Disney dan beberapa tokoh lainnya. Uniqlo juga sering berkolaborasi dengan beberapa merk pakaian ternama lainnya sehingga menambah beberapa varian pakaian lainnya.

Kekurangan Uniqlo

  • Toko resmi masih belum terlalu banyak
    Di Indonesia sendiri Uniqlo tidak terlalu banyak membuka toko resmi nya dan hanya ada pada kota-kota besar saja. Namun kamu jangan khawatir karena kamu bisa membeli pakaian Uniqlo ini secara online.
  • Desain kaos kurang cocok untuk pecinta pakaian elegan
    Desain kaos dari Uniqlo sendiri terbilang simpel dan cenderung memakai tokoh kartun terkenal. Hal ini tidak sesuai buat kamu yang ingin membeli kaos dengan desain yang elegan dan berkarisma.
  • Varian pakaian belum sebanyak H&M
    Jika dibandingkan dengan H&M, Uniqlo masih belum bisa dikatakan sejajar untuk masalah varian pakaian. Uniqlo cenderung memiliki banyak varian di segmen kaos nya saja.
Spesifikasi Uniqlo Keterangan
PendiriTadashi Yanai
Tahun berdiriTahun 1984
Ciri khasDesain kaos yang diambil dari tokoh kartun yang unik

H&M

H&M (Hennes & Mauritz AB) merupakan perusahaan retail pakaian Swedia, mereka terkenal sebagai brand untuk produk pakaian fast-fashion. Mereka menjual produknya untuk semua kalangan, pria, wanita, remaja, serta anak-anak.

Brand ini telah mendunia, hadir di 43 negara. Jumlah karyawannya tahun 2011 mencapai sekitar 94. 000 orang. Pada akhir tahun 2011, mereka mempunyai 2.325 toko, dan pada Agustus 2012 mereka mempunyai 2.629 toko. H&M merupakan retailer global pakaian terbesar kedua.

Mereka senantiasa mengontrol kualitas produk mereka, tim desain mereka mengontrol langkah-langkah produksi mulai dari planning, sampai produksi yang melibatkan 800 pabrik di Eropa dan Asia.

Lihat juga:  Pilih Mana: Jam Tangan Guess atau Fossil?

Untuk Asia, mereka pertama kali membuka toko di Dubai, Uni Emirat Arab, tahun 2006. Tahun 2007 mereka mengembangkan sayap dengan membuka toko di Hongkong. Tahun 2008 mereka membuka toko pertama di Jepang. Setelah itu mereka bergerak ke Korea Selatan, serta membuka toko Myeongdong, Seoul.

Untuk Asia Tenggara, mereka membuka toko di Singapura tahun 2011, dan di Thailand dan Malaysia tahun 2012 ini. Untuk produk wanita mereka menjual produk seperti lingerie, jaket, mantel, kaos, blus, gaun, rok, pakaian atasan serta bawahan.

Kelebihan H&M

  • Mendapatkan penghargaan sebagai Best Global Brand
    Best Global Brand sendiri merupakan suatu ajang penghargaan dari perusahaan konsultan milik Omnicom Group yang membuat daftar 100 brand paling populer di dunia. Penilaian mencakup sebagian kategori seperti performa keuangan, kemampuan brand dalam mempengaruhi konsumen dan kemampuan perusahaan untuk mendukung kelompok usahanya.
  • Desain pakaian menarik
    Sama halnya dengan Uniqlo, H&M sendiri memiliki ciri khas desain yang menarik, elegan dan simpel. Hal inilah yang membuat H&M digemari banyak orang dan masih eksis sampai saat ini.
  • Memiliki banyak varian kebutuhan pakaian
    Sudah memiliki pengalaman selama puluhan tahun membuat H&M mengerti akan selera dan kebutuhan manusia dalam urusan berpakaian. H&M sendiri memiliki banyak varian jenis pakaian seperti kaos, kemeja, celana, kaos kaki, jaket dan lain sebagainya.

Kekurangan H&M

  • Hanya tersedia di kota-kota besar
    Sama halnya dengan Uniqlo, H&M juga hanya tersedia di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Hal ini tentu menjadi kesulitan tersendiri untuk mereka yang ingin memiliki koleksi H&M namun belum adanya gerai resmi di kota mereka.
  • Harga yang mahal
    Dibandingkan dengan Uniqlo, H&M sendiri cenderung memiliki harga yang lebih mahal daripada Uniqlo. Namun hal ini tentunya sesuai dengan kualitas dan kenyamanan yang diberikan oleh H&M bagi para pemakainya.
  • Potongan bentuk pakaian kerap tidak sesuai
    Beberapa dari item berbahan dasar seperti T-shirt, tank, dan staples terkadang mempunyai potongan bentuk yang tidak sesuai satu sama lain, sehingga membuat para konsumen kurang puas terhadap item ini.
Spesifikasi H&MKeterangan
PendiriErling Persson
Tahun berdiriTahun 1947
Ciri khasDesain pakaian yang elegan dan menarik

Tips memilih pakaian yang bagus

Ketika akan membeli pakaian tentunya harus memperhatikan detail-detail yang ada agar kamu senantiasa nyaman kala memakainya dan awet tahan lama. Berikut ini beberapa tips memilih pakaian yang bagus.

  1. Kamu mesti memeriksa jahitannya dengan menarik masing-masing sisi yang dijahit. Bila ada celah nya, jangan pernah membeli pakaian tersebut, sebab pakaian yang kualitasnya bagus tidak akan ada celah jahitan ketika ditarik.
  2. Pastikan untuk membeli pakaian atau aksesoris dengan resleting logam yang tersembunyi.
  3. Pakaian yang berkualitas umumnya mempunyai jahitan keliman atau jahitan tepi selebar 2-4 cm.
  4. Pakaian yang kualitasnya baik itu saat ditarik akan kembali ke ukuran semula, bukannya makin melar.
  5. Ketika membeli pakaian yang ada resletingnya, coba lihat dahulu apakah resletingnya mempunyai tinggi yang sejajar serta warnanya matching.
  6. Jangan pernah menyepelekan label sebab label bisa berbicara mengenai kualitas pakaianmu. Pakaian yang dibuat dari katun 100% lebih gampang menyusut setelah dicuci. Oleh sebab itu, pilihlah pakaian pakaian yang terbuat dari campuran bahan lainnya.

Pilih Mana: Uniqlo atau H&M?

Uniqlo H&M
Kelebihan- Memiliki jeans dengan kualitas baik - Pilihan flanel beragam - Desain kaos yang unik - Mendapatkan penghargaan sebagai Best Global Brand - Desain pakaian menarik - Memiliki banyak varian kebutuhan pakaian
Kekurangan- Toko resmi masih belum terlalu banyak - Desain kaos kurang cocok untuk pecinta pakaian elegan - Varian pakaian belum sebanyak H&M - Hanya tersedia di kota-kota besar - Harga yang mahal - Potongan bentuk pakaian kerap tidak sesuai

Kesimpulan

Uniqlo dan H&M sendiri tentunya sudah sangat terkenal, dan para pembaca Selera.id pun pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua merk ini. Lalu yang mana pilihan kamu? Tentukan pakaian andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Uniqlo vs H&M

VS

Leave a Reply