Finance

Pilih Mana: Unit Link atau Asuransi Murni?

Asuransi sangat penting bagi kehidupan seseorang, karena dengan memiliki asuransi Anda akan lebih ringan dalam mengeluarkan uang, seperti misalnya membayar biaya pengobatan, dan lain sebagainya. Saat ini, terdapat banyak perusahaan yang menawarkan asuransi, dan jenis asuransi yang ditawarkan bervariasi, mulai dari asuransi pendidikan, kesehatan, properti, kendaraan, dan masih banyak lagi. Dari banyaknya jenis-jenis asuransi, umumnya masyarakat lebih memilih untuk memiliki asuransi kesehatan. Dan ternyata asuransi kesehatan terbagi menjadi dua jenis, pilih mana: unit link atau asuransi murni? Mari kita kupas perbedaan diantara keduanya.

Semua masalah akan ringan, jika menggunakan asuransi. Asuransi merupakan strategi penting untuk menjaga kehidupan Anda dari kerugian finansial. Apalagi setiap hari seluruh kebutuhan dan keperluaan hidup semakin meningkat tinggi, Oleh karenanya Anda serta keluarga perlu melindungi masa depan dari kesulitan keuangan. Untuk itu segera pilih asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Secara garis besar, asuransi yang paling banyak dipilih dan diminati di Indonesia adalah asuransi kesehatan. Ini adalah jenis produk asuransi yang khusus hanya menjamin biaya kesehatan atau perawatan para nasabah pengguna asuransi tersebut. Jenis ini dipilih untuk meringankan dana atau biaya ketika pemilik asuransi mengalami kecelakaan atau menderita suatu penyakit. Maka dari itu setiap individu sangat disarankan untuk memiliki asuransi agar dapat perlindugan khusus di masa yang akan datang. Pada umumnya jaminan yang ditawarkan dari asuransi kesehatan ialah adanya jaminan rawat inap dan juga rawat jalan.

Para pemegang unit link dimayoritasi dengan individu yang tergabung dalam sebuah perusahan atau instansi-instansi pemerintahan maupun swasta. Mungkin ini karena asuransi unit link adalah jenis asuransi kesehatan modern di Indonesia yang menawarkan nasabah untuk ikut memiliki asuransi sekaligus berinvestasi. Karena terdapat manfaat investasi secara otomatis premi asuransi yang harus nasabah bayarkan lebih tinggi dibanding asuransi murni.

Baik itu unit link ataupun asuransi murni, keduanya sama-sama bermanfaat untuk memberikan perlindungan kesehatan. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan manfaat yang diberikan oleh keduanya. Anda hanya harus mempelajari risiko keduanya. Penting bagi Anda untuk memperhatikan apa yang tercantum pada polis asuransi jangan sampai Anda kecewa dalam memilih perlindungan. Perlu pertimbangan hati-hati sebelum menjatuhkan pilihan antara asuransi unit link atau asuransi murni. Yang pasti, harus disesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan Anda dalam memilih asuransi di masa depan.

Unit Link

Jenis asuransi kesehatan yang terdiri dari proteksi dan investasi. Jadi, premi yang Anda bayarkan berisi dana tabungan yang bisa dicairkan nantinya. Umumnya dana dicairkan bila masa asuransi sudah tercapai. Nasabah masih memiliki dana investasi yang dapat dicairkan setiap saat serta jika dalam masa perlindungan Anda mengalami musibah, maka uang pertanggungan akan diberikan sesuai dengan jumlah yang tercantum pada polis asuransi. Oleh sebab itu, premi yang dibayarkan pada unit link umumnya relatif lebih mahal. Baca juga Pilih Mana: Unit Link atau Reksadana?

Dalam asuransi unit link, uang premi yang Anda bayar setiap bulan akan diinvestasikan oleh perusahaan asuransi ke berbagai jenis investasi. Jadi, selain Anda mendapatkan manfaat perlindungan kesehatan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari hasil investasi. Intinya, uang premi yang Anda bayarkan akan meningkat nominalnya saat Anda akan mengambil hasil investasi tersebut.

Manfaat Unit Link

Unit link menawarkan berbagai asuransi tambahan, seperti asuransi kesehatan, penyakit kritis, cacar, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda sebagai nasabah tidak perlu repot mencari asuransi tambahan lainnya. Membayar premi sudah memiliki fungsi investasi dan perlindungan juga. Tidak hanya itu saja manfaat lainnya nasabah tidak perlu repot memproses, mencari, dan mengelola investasi. Berbagai pilihan instrumen investasi sudah disediakan oleh unit link. Anda cukup memilih profil risiko yang sesuai. Laporan pemantauan perkembangan investasi bulanan akan dikirim ke pemegang polis.

Kelebihan Unit Link

– Dana bisa dicairkan meski tidak ada klaim
– Premi berbayar tidak hangus
– Bisa ikut berinvestasi tanpa membayar investasi karena sudah mencakup dalam premi asuransi
– Berlaku seumur hidup (tergantung pada perusahaan asuransi untuk batas usia)

Kekurangan Unit Link

– Tidak bisa optimal karena terbagi atas asuransi dan investasi
– Karena berjangka waktu lama atau seumur hidup sehingga ketika menentukan unit link tidak dapat berubah
– Tidak ada jaminan keuntungan investasi
– Harga premi jauh lebih mahal
– Terdapat persyaratan untuk mendapatkan pengembalian premi jika tidak ada klaim dalam beberapa tahun atau ada perusahaan asuransi yang jika dalam waktu 10 tahun tidak ada klaim maka dana tersebut akan dikembalikan 100%
– Nilai proteksi lebih kecil dibanding asuransi murni
– Butuh waktu lama untuk mencairkan keuntungan atas hasil investasi
– Ada kemungkinan investasi gagal, uangnya hilang atau sedikit berkurang

Asuransi Murni

Pada asuransi murni, premi yang dibayarkan lebih murah dari unit link. Sebab, pada asuransi murni Anda hanya mendapatkan perlindungan kesehatan saja, tidak ditambah dengan investasi. Karena itu, jika Anda sama sekali tidak mengajukan klaim, uang premi yang telah Anda bayar bisa ditarik kembali, tetapi jumlahnya tidak meningkat, bahkan di beberapa perusahaan asuransi uang premi akan dipotong sekian persen. Premi yang telah dibayarkan oleh Anda akan difokuskan pada jiwa yang diasuransikan dimana tidak ada intervensi investasi dalam pengelolaannya. Asuransi dapat diklaim oleh ahli waris jika terjadi risiko kematian.

Manfaat Asuransi Murni

Setiap nasabah pemegang asuransi murni akan merasa aman terhadap risiko kesehatan, karena dengan membayar premi bulanan nasabah akan terlindungi dari hampir semua jenis penyakit dan kecelakaan. Uang itu murni untuk menutupi biaya pengobatan nantinya. Selain itu manfaat lain yang didapat ialah memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang disebabkan oleh risiko ketidakpastian untuk perencanaan usia tua yang bahagia.

Kelebihan Asuransi Murni

– Harga premium lebih murah
– Memiliki jangka waktu yang lebih pendek dalam satu periode sehingga Anda bisa memutuskan apakah akan berlanjut atau tidak periode berikutnya
– Cover kesehatan lebih lengkap dan biaya tanggungan yang lebih besar
– Premi bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan Asuransi Murni

– Dana bisa hilang atau hangus jika tidak ada klaim
– Uang premi tetap dan tidak meningkat
– Cover asuransi hanya fokus pada kesehatan saja tanpa investasi

Unit LinkAsuransi Murni
- Terdiri dari proteksi jiwa dan investasi- Murni hanya pembayaran untuk proteksi jiwa
- Premi yang dibayarkan lebih mahal- Premi yang dibayarkan lebih murah
- Jangka waktu lebih lama- Jangka waktu lebih singkat

Kesimpulan

Dengan demikian, asuransi dibeli bukan untuk mengejar keuntungan tapi untuk mendapatkan manfaatnya. Jika Anda termasuk kriteria yang lebih mementingkan perlindungan, maka pilihlah Asuransi Murni, namun jika Anda termasuk kriteria yang ingin memiliki asuransi kesehatan sekaligus bisa berinvestasi, maka pilih Asuransi Unit Link. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai yang telah kami uraikan diatas. Pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terlalu cepat membuat keputusan, pelajari dengan detail manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengambil Asuransi tersebut.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Unit Link vs Asuransi Murni

VS

Leave a Reply