HomeKecantikanKesehatan

Pilih Mana: Urang Aring atau Lidah Buaya?

Rambut merupakan aset terbaik untuk manusia baik pria maupun wanita agar selalu tampil percaya diri, terlebih untuk mereka yang masih muda dan memiliki banyak aktivitas diluar rumah. Untuk itu diperlukan sebuah kandungan nutrisi agar rambut senantiasa sehat dan berkilau. Salah satu kandungan yang bisa membuat rambut begitu indah adalah Urang Aring dan Lidah Buaya.

Urang Aring dan Lidah Buaya banyak digunakan oleh beberapa orang karena kandungan yang terdapat di dalamnya memiliki manfaat yang baik. Saat ini Urang Aring dan Lidah Buaya terdapat di dalam beberapa kandungan produk shampo dan hair mist terkenal yang banyak dijual dipasaran.

Di dalam artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai Urang Aring dan Lidah Buaya serta beberapa rekomendasi produk shampo dan hair mist yang mampu membuat rambut kamu jadi lebih sehat dan terawat. Stay tune ya!

Urang Aring

Minyak urang aring merupakan salah satu olahan dan ektraksi dari daun urang aring yang sudah populer dan juga banak dipakai oleh sebagian besar orang. Walaupun bernama minyak urang aring, tapi dasarnya urang aring bukanlah minyak melainkan ekstraksi dari daun urang aring dengan menggunakan air. Jadi secara garis besar, minyak urang aring tidak dibuat dengan berdasarkan prinsip pembuatan minyak. 

Urang aring ini pada dasarnya merupakan tumbuhan liar yang dapat kamu temukan di semak-semak belukar. Akan tetapi, walaupun dianggap tanaman liar, tanaman ini mempunyai banyak manfaat yang banyak, terutama pada bagian minyaknya. Baca juga Pilih Mana: Minyak Kemiri atau Urang Aring?

Kelebihan Urang Aring

  • Sebagai bahan dasar penghitam rambut
    Alasan utama mengapa kita kerap menemukan kandungan minyak urang aring pada shampoo yaitu karena minyak urang aring memiliki manfaat yang amat penting dalam menjaga kepekatan dari warna hitam rambut. Untuk kamu yang senantiasa ingin supaya rambutnya tampak lebih hitam dan cerah berkilau, maka kamu bisa mencoba memakai ramuan minyak urang aring ini.
  • Menyuburkan rambut
    Selain bisa menolong menghitamkan dan juga mengkilapkan rambut, minyak urang aring juga amat baik untuk menyuburkan rambut kamu. Untuk kamu yang suka berganti ganti gaya rambut dan mau cepat mengubah gaya rambut kamu dengan cara memanjangkannya secara alami, maka ramuan dari minyak urang aring sangatlah tepat buat kamu gunakan secara teratur.
  • Menghilangkan ketombe
    Manfaat lainnya dari minyak urang aring yaitu bisa untuk menghilangkan dan juga kurangi ketombe pada rambut kamu. Perihal ini tidak lain dan tidak bukan yaitu sebab manfaat dari minyak urang aring dalam menjaga kelembaban kulit kepala, dan juga bisa mendinginkan kulit kepala kamu, sehingga bisa mencegah kemunculan ketombe secara alami.

Kekurangan Urang Aring

  • Dapat membuat rambut keriting
    Jika kamu memiliki rambut yang lurus maka kamu harus siap-siap dengan resiko rambut menjadi keriting ketika menggunakan minyak urang aring untuk rambut kamu. Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan ini, namun tidak sedikit juga yang gelisah akan hal ini.
  • Susah dibersihkan
    Membersihkan mesti memakai shampoo untuk membersihkan rambut dari minyak urang aring yang sudah dioleskan di rambut dan tidak bisa cuma pakai air saja untuk membersihkan karena sangat berminyak. Namun saat ini sudah banyak shampoo yang sudah mengandung urang aring yang mudah dibersihkan.
  • Resiko barang palsu
    Dikala ini banyak sekali minyak urang aring palsu tersebar di pasaran. Minyak urang aring palsu ini bisa menimbulkan terjadinya kebotakan. Kamu perlu memperhatikan dengan teliti dan memilih dengan baik minyak urang aring yang akan kamu beli. Supaya lebih aman kamu bisa membuat sendiri minyak rambut ini.

Rekomendasi Urang Aring

Sariayu Martha Tilaar Black & Shiny Urang Aring Shampoo
Cara paling utama yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan kehitaman warna rambut yaitu dengan memakai sampo yang mengandung urang aring setiap 2 hari sekali. Tidak hanya membersihkan, sampo ini juga dapat menjaga kehitaman natural rambutmu dengan cara melapisi setiap helai rambut lewat berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Sariayu Martha Tilaar Hijab Hair Mist
Produk hair mist ini merupakan salah satu produk lokal yang banyak disukai oleh para beauty enthusiast. Bukan tanpa alasan, hair mist ini memberikan efek dingin dari ekstrak cabe rawit yang bisa awet seharian penuh termasuk wanita berhijab.

Natur Shampoo Urang Aring Extract
Natur memang sudah populer sejak lama sanggup mengatasi segala macam permasalahan rambut, termasuk menjaga kehitaman warna rambut. Meski produk yang satu ini cenderung dikhususkan untuk menjaga kehitaman rambut, Natur Shampoo Urang Aring Extract juga membantu menutrisi akar rambut sehingga ia jadi lebih kuat sehingga rambut tidak akan mudah rontok.

Mustika Ratu Penyubur Rambut Urang Aring
Bila kamu tidak suka memakai minyak rambut yang akan membuat rambutmu terlihat lepek, mungkin kamu bisa mencoba produk ini sebagai gantinya. Karena penyubur rambut yang satu ini cenderung menyerap dengan lebih cepat dan tidak akan meninggalkan efek lepek pada rambut.

Kandungan Urang AringKeterangan
Antithepatotoxin Mampu menstimulasi dan mempercepat proses pertumbuhan rambut
Nutrisi khas urang aringMencegah tumbuhnya uban
Minyak Sebagai bahan dasar penghitam rambut

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan jenis tanaman dari genus aloe vera. Terdapat banyak sekali jenis aloe lainnya dan hampir semuanya mempunyai bentuk yang mirip.

Namun aloe vera dan lidah buaya merupakan salah satu yang banyak ditemui di Indonesia dan juga banyak dibudididayakan karena manfaatnya amat banyak mulai untuk dikonsumsi, untuk kesehatan, sampai untuk kecantikan.

Lidah buaya bisa dibilang sebagai tanaman yang kaya akan nutrisi. Lidah buaya banyak mempunyai kandungan vitamin serta mineral yang diperlukan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, magnesium, zinc, sampai besi. Lidah buaya juga dipercaya kaya akan zat antioksidan seperti fenol, flavonoid, serta saponin.

Kelebihan Lidah Buaya

  • Merangsang pertumbuhan rambut
    Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama yaitu bisa merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya dipercaya bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut.
  • Mencegah rambut rontok
    Selain merangsang pertumbuhan rambut, lidah buaya juga mempunyai manfaat untuk mencegah kerontokan. Perihal ini tentunya karena lidah buaya bukan cuma merangsang pertumbuhan rambut, tetapi juga menutrisi kulit kepala dan rambut sehingga rambut juga jadi lebih kuat.
  • Mengatasi rambut rusak
    Lidah buaya akan membantu mengembalikan dan mengunci kelembaban rambut sehingga rambut tidak kering lagi. Rambut yang tadinya kasar juga akan berangsur jadi halus sebab keratin rambut yang terjaga akan bisa memelihara kutikula rambut sehingga rambut yang kasar akan berkurang.

Kekurangan Lidah Buaya

  • Menimbulkan aroma yang tidak sedap pada rambut
    Karena tidak sabar dengan hasilnya, beberapa orang justru cenderung memakainya secara berlebihan. Perihal ini dapat menimbulkan efek samping konsumsi lidah buaya untuk rambut. Salah satu efek samping itu yakni aroma yang kurang enak dikepala kamu. Lidah buaya dikenal dengan aromanya yang khas dan cenderung tidak sedap bila belum diolah secara kimia.
  • Mengakibatkan kulit kepala terasa gatal
    Efek samping pemakaian lidah buaya untuk rambut keseringan yaitu timbulnya rasa gatal. Saat pengaplikasian lidah buaya pada rambut maupun kulit kepala, kamu akan merasakan sensasi gatal yang mesti ditahan beberapa saat. Rasa gatal ini dapat tertinggal di kulit kepala bila tidak membasuh rambut sampai kulit kepala benar-benar bersih.
  • Menimbulkan reaksi alergi
    Sebagian orang umumnya mempunyai alergi pada kulit mereka. Tanaman lidah buaya mempunyai kandungan natural yang juga bisa menimbulkan munculnya reaksi alergi pada kulit orang yang tidak cocok dengan kandungan pada lidah buaya. Alih-alih bermanfaat, lidah buaya bisa justru memberikan efek samping negatif pada kulit kepala kamu karena kamu alergi.

Rekomendasi Lidah Buaya

Sariayu Shampoo Lidah Buaya
Kandungan lidah buaya, aloin dan karoten dan vitamin C di sampo ini akan membantu menyuburkan rambut dan menguatkan akar rambutmu. Cukup diusapkan secara lembut pada rambut atau kulit kepala yang basah, dan bilas sampai bersih.

Pantene Nature Care Smoothness & Life
Pantene Nature Care Smoothness & Life diformulasikan khusus untuk membuat rambut jadi lebih halus dan lebih mudah diatur. Sampo ini dibuat dari bahan alami, sehingga akan memberi kelembaban lebih di batang rambut. Pemakaian teratur akan membuat rambut jadi tidak kusam dan mudah patah.

Natur Alami Shampoo Aloe Vera
Salah satu varian Natur Natural Extract Shampoo mengandung ekstrak aloe vera yang sanggup menutrisi serta menyuburkan rambut. Kandungan lidah buaya di dalamnya berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti jamur yang membuat batang rambut jadi kuat.

Wardah Daily Fresh Shampoo
Wardah Daily Fresh Shampoo hadir dengan kandungan aloe vera yang membantu menyegarkan rambut dan kulit kepala, sehingga rambut tampak lebih tebal dan sehat. Kandungan protein gandum pada shampoo ini juga membantu menjaga rambut supaya terasa lebih lembut. Ditambah ekstrak rumput laut yang sudah dikenal sanggup menutrisi rambut dan membuatnya lebih sehat.

Kandungan Lidah BuayaKeterangan
Enzim proteolitikMenyembuhkan dan memperbaiki sel-sel yang rusak di kulit kepala
Anti-insflamasiMemberikan efek dingin serta relaksasi pada kulit kepala dan memicu rambut tumbuh lebih sehat
Anti-jamurMembantu pengelupasan ketombe di kulit kepala

Pilih Mana: Urang Aring atau Lidah Buaya?

Urang AringLidah Buaya
Kelebihan- Sebagai bahan dasar penghitam rambut - Menyuburkan rambut - Menghilangkan ketombe - Merangsang pertumbuhan rambut - Mencegah rambut rontok - Mengatasi rambut rusak
Kekurangan- Dapat membuat rambut keriting - Susah dibersihkan - Resiko barang palsu - Menimbulkan aroma yang tidak sedap pada rambut - Mengakibatkan kulit kepala terasa gatal - Menimbulkan reaksi alergi

Kesimpulan

Urang Aring dan Lidah Buaya sudah bisa kamu temukan dalam produk yang sudah diulas tadi. Manfaatnya pun beragam karena memiliki kandungan yang menyehatkan untuk rambut. Efek samping yang ditinggalkan bisa kamu cegah dengan berbagai cara, untuk itu gunakan Urang Aring atau Lidah Buaya seperlunya saja ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Urang Aring vs Lidah Buaya

VS

Leave a Reply