Lainnya

Pilih Mana: Vario 150 atau NMax?

Di Indonesia sendiri, motor matic kelas 150 cc menjadi pembicaraan hangat bagi para penggemarnya. Tidak hanya memiliki performa mesin yang besar, desain dan bodi yang diusung pun tergolong lebih besar dibanding motor matic pada umumnya. Honda dan Yamaha merupakan dua produsen motor besar yang bersaing untuk menghadirkan matic kelas 150 cc. Lantas jika dibandingkan bagus mana Vario 150 atau NMax?

Vario 150

Honda Vario 150 memiliki desain speedometer yang sederhana namun futuristik. Dengan berbagai panel, seperti indikator kecepatan, bahan bakar, trip meter, mesin dan indikator cahaya sein. Panel ini dapat memberikan informasi yang mudah dibaca tentang Honda Vario 150 saat mengemudi.

Kelebihan Vario 150 yang bisa Anda ketahui:

1. Kapasitas tangki besar
Meski lebih bongsor, sayangnya kapasitas bahan bakar dari NMax hanya 4,8 liter masih kalah dengan Vario 150 yang memiliki kapasitas tangki sebesar 5,5 liter.

2. Dibenamkan berbagai fitur
Dikutip dari TribunManado.co.id, Vario 150 memiliki kelebihan dalam hal fitur dimana ada perangkat canggih ISS atau Idling Stop System yang bekerja otomatis dari mesin saat motor dalam waktu 3 detik sehingga konsumsi BBM dan emisi gas buangnya jauh lebih baik. Selain itu ada juga fitur Answer Back System, Combi Brake System (CBS) dan juga starter ACG.

Kekurangan Vario 150 yang bisa Anda ketahui:

1. Performa mesin rendah
Mesin yang diusung Honda Vario 150 hanya dapat menghasilkan tenaga hingga 9,3 kW/8,500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 12,8 N.m/5.000 rpm.

2. Desainnya tergolong sama seperti matic lain
Vario 150 memang unggul dalam masalah fitur yang dibenamkan pada motornya. Namun sayang desain motor ini tidak memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan matic lainnya. Dibandingkan dengan NMax yang terlihat mewah dan elegan. Baca juga Pilih Mana: PCX atau NMax?

NMax

Yamaha NMax mengusung layar Full LCD speedometernya dengan bentuk yang tidak terlalu besar. Panel speedometenya mulai dari indikator jam, indikator kecepatan, trip meter, bahan bakar, lampu utama, lampu sein dan mesin. Dengan beberapa panel ini sepertinya sudah cukup baik untuk mengetahui kinerja Yamaha NMax pada saat dikendarai.

Kelebihan NMax yang bisa Anda ketahui:

1. Desainnya elegan
Yamaha Nmax yang mewah dan desain yang elegan layaknya kelas skutik premium yang telah mendunia. Desainnya mampu membuat mata penggendara lain tertuju padanya.

2. Performa bertenaga
Masalah dapur pacu, NMax jauh lebih unggul dibadingkan Vario 150. Ini terbukti dari isi silinder NMax yang mencapai 155 cc sedangkan Vario150 hanya berkapasitas silinder 150 cc. NMax didukung tenaga mesin mencapai 11,1 kw/8000 rpm dengan torsi maksimum hingga 14,4 Nm/6000 rpm.

Kekurangan NMax yang bisa Anda ketahui:

1. Bodi bongsor
Yamaha NMax memiliki bodi yang lebih bongsor yakni berdimensi 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm. Sementara Vario 150 tergolong memiliki bodi lebih kecil berdimensi 1921 x 683 x 1.096 mm. NMax memiliki berat yang terlalu berat mencapai 127 kg dibandingkan Vario 150 yang memiliki berat hanya 109 kg.

2. Kapasitas tangki kecil
NMax memang memiliki desain dan bodi yang bongsor dan besar, namun hal itu tidak lantas membuat kapasitas tangkinya pun ikut besar. Jika dibandingkan tangki NMax memiliki selisih satu liter lebih sedikit dibandingkan Vario 150.

 Pilih Mana: Vario 150 atau NMax?

Vario 150NMax
Kapasitas tangki– 5,5 liter– 4,8 liter
Konsep desain– Lebih agresif dan rupawan– Elegan dan mewah
Performa mesin– Masih dibawah performa NMax– Lebih bertenaga

Kesimpulan:

Dengan demikian kami menyimpulkan, Yamaha NMax unggul dalam beberapa hal. Performa dan desain yang diusungnya pun memang terlihat lebih garang dan berkelas. Jika Anda berniat mencari motor matic kelas 150 cc, maka NMax patut jadi pertimbangan Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vario 150 vs NMax

VS

Leave a Reply