KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih Mana: Vegeta atau Dulcolax?

Perut sembelit atau biasa yang dikenal sebagai susah BAB adalah permasalahan yang sangat menjengkelkan. Kita jadi susah untuk beraktivitas karena sakit perut yang dialami. Tapi kamu jangan khawatir, karena sudah ada obat untuk memperlancar saluran pencernaan kamu seperti Vegeta dan Dulcolax.

Vegeta dan Dulcolax merupakan obat pelancar susah BAB. Kandungan yang ada di dalamnya juga memiliki beberapa kelebihan yang baik untuk kondisi peminumnya. Jadi kamu tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi salah satu dari kedua minuman ini.

Berbicara mengenai kelebihan tentu saja ada kekurangan juga di dalamnya. Lalu apa saja kekurangan tersebut? Yuk simak lebih lanjut detail dari Vegeta dan Dulcolax. Disini aja ya guys!

Vegeta

Vegeta merupakan suplemen serat berbahan alami yang berasal dari Plantago Ovata dan akar Chicory. Suplemen ini akan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan pada tubuh manusia.

Berdasarkan fungsinya, vegeta terbagi menjadi 2 varian yaitu Vegeta herbal dan Vegeta jeruk atau mangga yang tentunya mempunyai komposisi serta khasiat vegeta yang berbeda.

Dari dulu hingga saat ini Vegeta senantiasa eksis dalam permasalahan buang air besar kamu. Selalu konsultasikan ke dokter kamu apabila Vegeta menyebabkan beberapa keluhan yang kamu terima.

Kamu bisa mendapatkan minuman pelancar BAB ini di Indomaret, Alfamart, supermarket terdekat bahkan toko online sekarang sudah banyak yang menjual Vegeta ini. Baca juga Pilih Mana: Curcuma Plus atau Scott Emulsion?

Kelebihan Vegeta

  • Menurunkan kolesterol
    Kandungan bahan aktif yang dapat terdapat pada vegeta sanggup menurunkan kolesterol serta resiko terkena penyakit jantung (berdasarkan penelitian ilmiah serta pengujian yang di kaji oleh US FDA).
  • Buang air besar (BAB) akan semakin lancar dan teratur.
    Sembelit atau susah BAB merupakan hal yang sangat menjengkelkan dan membuat perut selalu sakit. Dengan meminum Vegeta BAB kamu akan semakin lancar dan teratur.
  • Terhindar dari obesitas
    Terhindar dari obesitas karena menumpuknya kotoran dalam sistem pencernaan serta menurunkan kandungan lemak.

Kekurangan Vegeta

  • Resiko gangguan tenggorokan
    Walau terdapat manfaat vegeta yang baik untuk tubuh, namun disamping itu juga terdapat perihal menyebabkan gangguan tenggorokan bila dikonsumsi dalam bentuk serbuk kering.
  • Gangguan usus
    Konsumsi yang berlebih akan mengakibatkan gangguan perut kembung serta gangguan usus dalam beberapa saat (sementara).
  • Menyebabkan mual
    Beberapa kandungan yang ada pada Vegeta kerap membuat peminumnya menjadi mual. Untuk itu diperkenankan agar tidak meminum Vegeta setiap hari karena beberapa efek samping yang diterima.

Varian Vegeta

1. Vegeta herbal
Vegeta herbal memiliki fungsi utama untuk melunakkan feses yang kering dan terlanjur macet dengan cara memicu gerak otot usus besar agar mudah mendorong feses keluar.

Kandungan ekstrak herbal dari vegeta herbal yang sanggup melakukan aktivitas laksatif pemicu buang air besar pada dinding usus besar melalui gerakan peristaltik ini membantu pengeluaran kotoran yang mengandung zat-zat beracun (detoksifikasi) pada tubuh.

2. Vegeta jeruk atau mangga
Vegeta jeruk atau mangga merupakan varian produk vegeta yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi kebutuhan akan serat. Untuk mencegah terjadinya sembelit juga bisa mengkonsumsi vegeta jeruk atau mangga ini dengan dilarutkan memakai air es untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Spesifikasi Vegeta Keterangan
Kandungan Plantago ovata atau psyllium
Varian Vegeta herbal dan vegeta jeruk & mangga
Rata-rata harga Rp 13.000 - 25.000,- (per Oktober 2019)

Dulcolax

Dulcolax merupakan obat untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet yang diminum serta kapsul yang dimasukkan lewat anus (supositoria).

Dulcolax merupakan obat dengan kandungan bahan aktif bisacodyl. Pada tiap tabletnya, Dulcolax mengandung 5 miligram bisacodyl. Sedangkan untuk bentuk supositoria, tiap kapsulnya mengandung 10 miligram bisacodyl.

Dulcolax merupakan obat pencahar yang dijual bebas. Meski dijual bebas, hindari memakai obat pencahar secara rutin bila terjadi sembelit. Upayakan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat terlebih dulu sebelum memakai obat pencahar untuk mengatasi sembelit.

Dulcolax sendiri sudah diproduksi sejak puluhan tahun lalu oleh suatu perusahaan farmasi bernama Boehringer Ingelheim yang sampai saat ini telah memproduksi beberapa jenis berbeda disesuaikan dengan masalah yang juga berbeda meski tidak semuanya masuk ke pasar tanah air.

Selain dipakai sebagai obat pencahar, ada satu lagi kegunaan dari obat ini yaki manfaat Dulcolax untuk diet sehingga sering dikonsumsi para wanita untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Kelebihan Dulcolax

  • Melancarkan buang air besar
    Obat ini sebenarnya ditujukan untuk mengatasi masalah utamanya yaitu melancarkan buang air besar yang bahkan juga dikonsumsi untuk konstipasi dan juga sembelit sebagai persiapan dari tindakan operasi.
  • Membantu proses penurunan berat badan
    Dulcolax yang merupakan laksatif ini juga telah dipakai sejak lama sebagai cara untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Bahkan dalam suatu riset juga membuktikan bila terdapat banyak orang yang menjadikan obat laksatif sebagai salah satu cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal walaupun hasilnya bukanlah untuk jangka panjang.
  • Menurunkan kadar kolesterol
    Dengan lancarnya pergerakan usus serta pembuangan kotoran dari dalam tubuh, otomatis kandungan kolesterol tinggi di dalam tubuh juga bisa teratasi karena penumpukan lemak dalam tubuh dan darah akan ikut berkurang serta terbuang bersama dengan tinja.

Kekurangan Dulcolax

  • Resiko sakit perut
    Dulcolax juga mempunyai potensi menimbulkan efek samping. Efek yang paling umum terjadi yaitu sakit perut atau kram perut yang memang umum timbul sebagai rangsangan setelah memakai obat pencahar.
  • Resiko alergi
    Kandungan di dalam Dulcolax tidak semerta-merta bisa diterima oleh semua orang. Beberapa efek samping lainnya selain sakit perut yaitu resiko terkena alergi seperti gatal-gatal, kesulitan bernapas dan lain sebagainya.
  • Tidak diperkenankan untuk wanita hamil
    Wanita hamil tentunya membutuhkan beberapa makanan yang bergizi untuk tumbuh kembang si kecil yang ada di dalam perutnya. Dengan begitu Dulcolax tentu bukan menjadi salah satu makanan tersebut, beberapa efek samping yang bisa disebabkan obat ini bisa menyebabkan beberapa keluhan untuk ibu hamil.

Varian Dulcolax

1. Dulcolax tablet
Dulcolax tablet juga terdiri dari 2 kemasan yakni Dulcolax tablet dan Dulcolax Pink tablet. Dulcolax Pink merupakan Dulcolax yang disediakan untuk wanita. Bahan aktif yang terkandung di dalamnya sama dengan Dulcolax tablet biasa namun bahan tidak aktif yang terkandung di dalamnya berbeda. Dosis untuk kedua jenis Dulcolax tablet ini juga sama.

2. Dulcolax suppositoria
Cara mengaplikasikan Dulcolax suppositoria yaitu dengan memasukkan obat ke dalam rektum lewat anus. Masukkan ujung yang tajam terlebih dahulu ke dalam anus. Tahan posisi selama 15 sampai 20 menit sebelum beraktivitas kembali.

Gunakanlah obat ini sesuai dengan petunjuk dosis yang disarankan. Jangan mengganti baik itu menambahkan atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

Spesifikasi DulcolaxKeterangan
Kandungan Bahan aktif bisacodyl
Varian Dulcolax tablet dan dulcolax suppositoria
Rata-rata harga Rp 8.000 - 120.000,- (per Oktober 2019)

Pilih Mana: Vegeta atau Dulcolax?

Vegeta Dulcolax
Kelebihan- Menurunkan kolesterol - Buang air besar (BAB) akan semakin lancar dan teratur. - Terhindar dari obesitas - Melancarkan buang air besar - Membantu proses penurunan berat badan - Menurunkan kadar kolesterol
Kekurangan- Resiko gangguan tenggorokan - Gangguan usus - Menyebabkan mual - Resiko sakit perut - Resiko alergi - Tidak diperkenankan untuk wanita hamil

Kesimpulan

Susah BAB merupakan permasalahan yang cukup serius, karena kita jadi susah untuk bergerak dan tidak fokus untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Senantiasa konsumsi Vegeta atau Dulcolax untuk memperlancar saluran pencernaan kamu. Pastikan ikuti dosis yang sudah dianjurkan di setiap kemasan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vegeta vs Dulcolax

VS

Leave a Reply