Kecantikan

Pilih Mana: Veneer atau Bleaching?

Gigi merupakan salah satu faktor yang menunjang penampilan. Salah satu masalah pada gigi yang akan membuat seseorang merasa kurang percaya diri adalah warna gigi yang kurang cerah atau kuning. Untuk mengatasi masalah gigi yang kurang cerah ini, Anda dapat melakukan veneer atau bleaching. Jika Anda harus memilih, perawatan mana yang akan Anda lakukan? Veneer atau bleaching?

 

Veneer saat ini sangat digemari karena memberikan hasil yang sangat maksimal untuk memutihkan gigi. Selain dapat memutihkan gigi, veneer juga dapat mengatasi masalah lainnya pada gigi. Sedangkan bleaching banyak disukai karena harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Selain itu, banyak yang lebih memilih bleaching karena tidak menyukai gigi bagian luar mereka terkikis.

Veneer

Veneer merupakan perawatan gigi yang dapat membantu mencerahkan gigi. Selain itu, veneer juga memiliki fungsi lain seperti merapikan gigi yang sedikit berantakan dan mengatasi renggang pada gigi serta masalah lainnya. Baca juga Pilih Mana: Veneer vs Behel?

Kelebihan Veneer

Berikut beberapa veneer yang perlu Anda ketahui:

  • Menutup Lapisan Gigi yang Kuning

Kelebihan pertama dari perawatan veneer gigi yaitu gigi yang tampak lebih kuning dapat ditutupi oleh veneer. Dengan demikian, gigi yang tampak merupakan gigi yang putih dan bersih.

  • Menutupi Gigi yang Rusak dan Keropos

Selain dapat membuat gigi tampak lebih putih dan bersih, lapisan porselen veneer gigi juga dapat membantu menutupi bagian gigi yang rusak atau keropos. Gigi Anda akan tampak lebih baik. Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal dengan melakukan veneer.

  • Meratakan Posisi Gigi yang Sedikit Kurang Rapi

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan veneer gigi adalah dapat merapikan posisi gigi Anda yang kurang rapi. Hal ini tentu lebih baik daripada bleaching yang tidak bisa merapikan posisi gigi dan melakukan fungsi lainnya.

  • Lebih Tahan Lama

Kelebihan veneer dibandingkan dengan bleaching adalah daya tahan yang diberikan. Veneer dapat bertahan hingga 10 tahun, sedangkan bleaching dapat mempertahankan keputihan gigi hanya 3 hingga 12 tahun saja. Jadi, jika Anda menginginkan hasil yang lebih lama sebaiknya Anda melakukan perawatan veneer.

Kekurangan Veneer

Berikut beberapa kekurangan veneer yang perlu Anda ketahui:

  • Diperlukan Pengikisan Gigi

Salah satu kekurangan veneer ini adalah gigi Anda perlu untuk dikikis agar dapat di veneer. Ketebalan kikisan yang diperlukan hingga 0.5 mm agar bisa mendapatkan hasil akhir yang memuaskan. Gigi yang dikikis ini tidak bisa dikembalikan lagi. Sedangkan dalam perawatan bleaching, gigi Anda tidak perlu dikikis seperti perawatan veneer gigi.

  • Dapat Menyebabkan Gigi Menjadi Berlubang

Saat melakukan perawatan gigi apapun, baik veneer ataupun bleaching, Anda perlu merawat gigi dengan baik. Jika Anda tidak merawat gigi dengan benar maka akan ada kemungkinan gigi Anda bisa bolong atau berlubang.

  • Menyebabkan Gigi Menjadi Lebih Sensitif

Kekurangan lain dari veneer gigi ini adalah dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif. Gigi menjadi lebih sensitif karena proses pemasangan veneer harus melakukan pengikisan terhadap enamel gigi. Semakin banyak enamel yang dikikis maka akan membuat gigi akan menjadi semakin sensitif dan mudah merasa ngilu. Gigi akan merasa ngilu atau sensitif saat makan makanan yang terlalu panas atau dingin, atau meminum minuman yang terlalu panas atau dingin pula.

  • Harga Relatif Mahal

Kekurangan selanjutnya perawatan veneer ini adalah harga yang ditawarkan relatif mahal. Anda dapat memulai perawatan veneer dengan budget sekitar Rp. 4 juta per gigi. Tentunya harga ini jauh lebih mahal daripada bleaching. Namun, harga ini sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Kelebihan VeneerKekurangan Veneer
- Menutup lapisan gigi yang kuning - Diperlukan pengikisan gigi
- Menutupi gigi yang rusak dan keropos- Dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang
- Lebih tahan lama- Harga relatif mahal

Bleaching

Bleaching gigi merupakan perawatan yang dapat membuat warna gigi menjadi lebih cerah. Dalam prosesnya, bleaching menggunakan bahan kimia sehingga gigi akan tampak lebih putih dan cerah.

Lihat juga:  Pilih Mana: Guardian atau Century?

Kelebihan Bleaching

Berikut beberapa kelebihan bleaching yang perlu Anda ketahui:

  • Membuat Gigi Nampak Lebih Cerah

Salah satu kelebihan melakukan perawatan bleaching gigi adalah agar mendapatkan warna gigi dengan cerah seketika. Saat bleaching dilakukan, gigi Anda akan cerah dengan memanfaatkan hidrogen peroksida. Anda akan dapat melihat langsung hasilnya dengan cepat. Gigi Anda akan tampak lebih cerah dibandingkan dengan sebelumnya.

  • Memutihkan Gigi dengan Cepat dan Sederhana

Anda dapat dengan mudah dan cepat dalam memutihkan gigi. Anda dapat melakukan bleaching sendiri dengan cara membeli produk tray bleaching. Atau, Anda juga dapat memercayakannya kepada ahli agar bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Pemutihan gigi dengan cara ini terbilang cepat dan sederhana yang hanya memerlukan waktu beberapa jam saja. Meskipun cepat dan sederhana, namun memutihkan gigi dengan perawatan bleaching relatif aman. Dikutip dari Viva.co.id bahwa Anda tidak perlu khawatir melakukan bleaching gigi, karena bahan yang digunakan aman dan nyaman.

  • Mencegah Gigi Berubah Warna

Saat melakukan bleaching, akan terbentuk lapisan luar gigi yang berasal dari zat kimia pada bleachng. Zat ini dapat memutihkan dan juga dapat mencegah gigi berubah warna. Namun, meskipun memiliki fungsi demikian, Anda tetap perlu menjaga gigi dari aktivitas yang dapat merusak gigi seperti meminum minuman bersoda, teh, kopi, rokok dan sebagainya.

  • Harga Relatif Lebih Murah

Kelebihan lain perawatan bleaching adalah harga relatif lebih murah daripada veneer. Untuk melakukan bleaching, Anda bisa memulai dengan budget kurang lebih Rp. 3 juta untuk semua gigi. Sedangkan untuk melakukan veneer, Anda memerlukan biaya kurang lebih Rp. 4 juta per gigi.

Kekurangan Bleaching

Berikut beberapa kekurangan bleaching yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Bisa Memperbaiki Gigi yang Rusak

Salah satu kekurangan dari bleaching ini adalah hanya dapat dilakukan untuk gigi yang sempurna. Bagi Anda yang memiliki masalah gigi seperti gigi retak, berlubang, atau terkikis tidak dapat melakukan bleaching. Masalah tersebut akan mengakibatkan munculnya rasa ngilu yang berlebihan pada gigi. Bleaching gigi juga tidak bisa mengatasi masalah berlubangnya gigi, gigi tidak rapi, atau masalah lain pada gigi.

  • Ketahanan Relatif Singkat

Bleaching merupakan perawatan gigi yang memiliki daya tahan yang relatif singkat. Lama daya tahan bleaching yakni 3 hingga 12 bulan. Hal ini tentu berbeda dengan veneer yang memiliki ketahanan hingga 10 tahun.

  • Memungkinkan Terjadi Kerusakan Jaringan Gigi

Hidrogen peroksida yang terdapat pada proses bleaching dapat menyebabkan kerusakan morfologi dan struktur pada email, dentin, dan sementum gigi. Hal ini akan menyebabkan jaringan keras gigi menjadi lebih mudah rusak dan dapat menyebabkan lubang gigi baru.

Kelebihan BleachingKekurangan Bleaching
- Membuat gigi nampak lebih cerah- Tidak bisa memperbaiki gigi yang rusak
- Memutihkan gigi dengan cepat dan sederhana- Ketahanan relatif singkat
- Mencegah gigi berubah warna- Memungkinkan terjadi kerusakan jaringan gigi

Pilih Mana: Veneer atau Bleaching?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara veneer dan bleaching Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

VeneerBleaching
- Tahan hingga 10 tahun- Tahan hanya 3 hingga 12 bulan
- Harga relatif lebih mahal- Harga relatif lebih murah
- Dapat mengatasi masalah gigi lainnya- Hanya dapat dilakukan pada gigi yang tidak terlalu bermasalah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perawatan untuk memutihkan gigi di atas, dapat disimpulkan bahwa veneer memberikan fungsi yang lebih maksimal daripada bleaching. Daya tahan veneer juga lebih lama daripada bleaching. Namun, sejalan dengan hal tersebut, biaya yang diperlukan untuk melakukan veneer juga lebih mahal.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Veneer vs Bleaching

VS

Leave a Reply