AksesorisFashionLifestyle

Pilih Mana: Ventela atau Brodo?

Sepatu adalah salah satu jenis alas kaki yang terdiri dari beberapa bagian seperti sol, hak dan tali. Sepatu biasanya terbuat dari kanvas atau kulit. Sepatu memiliki fungsi untuk melindungi kaki dari kotoran seperti debu, lumpur atau kerikil.

Sepatu tentunya memiliki tipe yang berbeda sesuai dengan tipe seperti sepatu formal, sepatu kasual, sepatu olahraga dan jenis sepatu lainnya. Baca Juga: Pilih Mana: Amble Footwear atau Brodo?

Sampai saat ini banyak sekali produsen sepatu baik lokal maupun internasional. Beberapa produk sepatu lokal Indonesia banyak belum diketahui oleh masyarakat. Tetapi untuk para pecinta sepatu tidak asing lagi ketika mendengar merk sepatu Ventela dan Brodo.

Kedua produk lokal ini menarik hati para pecinta sepatu dengan keunggulan yang ditawarkan. Pembahasan kali ini akan membahas tentang kelebihan serta kekurangan dari sepatu ini.

Sepatu Ventela

Sekilas jika melihat sepatu Ventela pasti akan langsung terbayang dengan sepatu Converse. Namun Ventela ini merupakan sepatu brand asli lokal yang didirikan di Bandung oleh Wiliam Ventela sejak tahun 2017 silam.Memiliki kualitas canvas 12 oz berkualitas baik, lembut dan memiliki daya tahan yang kuat. Selain itu Ventela juga memiliki insole yang empuk dan nyaman membuat kaki tidak mudah pegal. Jahitan sepatu yang rapi juga menjadikan sepatu ini memiliki bentuk yang bagus.

Sepatu Ventela ini dijual mulai dari harga Rp. 150.000 sampai Rp. 600.000 saja.

Kelebihan Sepatu Ventela

1. Harga yang terjangkau

Walaupun memiliki design sepatu canvas yang mirip dengan Converse dan Vans tapi harga yang ditawarkan oleh Ventela ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kedua brand itu. Untuk Ventela dapat dibandrol dengan kisaran harga Rp. 150.000 sampai Rp. 600.000 saja.

2. Memiliki pabrik sendiri

Ventela memiliki pabrik sendiri di Bandung. Dengan pabrik sendiri vetela dapat menjaga setiap material berkualitas dan proses pembuatan sepatu yang terjamin.

3. Memiliki design terkini

Ventela menghadirkan berbagai design terkini yang dapat mendukung penampilan. Dengan jenis sepatu High dan Low cut.

4. Nyaman digunakan

Kenyamanan yang ditawarkan dari ventala tidak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan teknologi ultralite foam in-sole membuat bagian dalam dari sepatu ini sangat empuk dan nyaman. Selain in-sole yang nyaman Ventela juga menggunakan material terbaik untuk jahitan dan bahan canvas sepatu.

Kekurangan Sepatu Ventela

1. Tekstur sepatu kaku

Walaupun in-sole dari merek ini sangat empuk dan nyaman tetapi beberapa pengguna mengeluhkan tekstur sepatu yang cukup keras dan tidak begitu fleksibel. Hal ini membuat Ventela kurang nyaman ketika digunakan pertama kali.

2. Seri yang terbatas

Jika melihat dengan brand converse. Sepatu ini belum memiliki seri yang terbatas, membuat sepatu ini belum memiliki banyak perbandingan selain warna yang dapat dipilih.

Sepatu Brodo

Produk dari Brodo ini mulai diproduksi pada tahun 2010 oleh dua mahasiswa Institut Teknologi Bandung, Yukka Harlanda dan Putera Dwi Karunia dengan nama Brodo footwear. Pada tahun 2012 seorang investor yaitu Crishtoper Angkasa memberikan dana sehingga Brodo footwear berganti nama menjadi Brodo indonesia.Hingga saat ini Brodo menawarkan beberapa produk seperti sepatu, dompet, kaos dan berbagai aksesoris pria lainnya dan sepatu kulit sebagai produk unggulannya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Alexandre Christie atau Seiko?

Sepatu kulit yang diproduksi oleh Brodo ini menggunakan material pengganti kulit yang ramah lingkungan. Brodo juga menunjukkan kecintaan dengan budaya Indonesia lewat design yang mengaopsi budaya Indonesia

Kelebihan Sepatu Brodo

1. Insole yang nyaman dan empuk

Sepatu keluaran dari Brodo ini memiliki insole yang empuk dan tidak akan memberikan kesan nyaman pada kaki. Selain insole yang empuk, sepatu ini juga ditopang dengan outsole rubber yang tidak keras. Dengan kombinasi dari insole dan outsole yang nyaman membuat pemakainya akan betah dipakai seharian.

2. Kualitas bahan premium

Walaupun sepatu ini buatan lokal tapi kualitas bahan yang digunakan pada Brodo ini tidak perlu diragukan lagi. Dengan kualitas bahan yang baik membuat Brodo dapat bersaing dengan sepatu internasional lainnya.

3. Design kasual dan modern

Sepatu ini mengusung konsep design yang kasual dan modern sehingga tidak mudah termakan zaman. Selain konsep modern, tapi produsen dari Brodo ini juga menyelipkan budaya Indonesia di design sepatunya. Terlihat pada tiap design sepatu dari Brodo ini memiliki motif parang pada outsolenya.

Kekurangan Sepatu Brodo

1. Harga yang mahal

Untuk sepatu Brodo ini memiliki harga yang sangat mahal. Untuk membeli satu sepatu ini, Anda harus memiliki budget sekitar satu jutaan. Hal ini membuat Brodo sering sekali ditiru oleh produsen sepatu lain dengan harga yang lebih murah.

2. Tampilan sepatu yang standar

Awalnya sebelum menggunakan material fabric, sepatu ini menggunakan kulit imitasi di bagian dalam sehingga kulit dalam sepatu ini mudah pecah dan sobek. Tali sepatu yang digunakan oleh Brodo ini juga terbilang biasa.

Pilih Mana: Ventela atau Brodo?

Keterangan Ventela Brodo
Kelebihan - Harga yang terjangkau - Memiliki pabrik sendiri - Memiliki design terkini - Nyaman digunakan- Insole yang nyaman dan empuk - Kualitas bahan premium - Design kasual dan modern
Kekurangan - Tekstur sepatu kaku - Seri yang terbatas- Harga yang mahal - Tampilan sepatu yang standar
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa kedua produk ini memiliki kelebihan dan kekurangan maing-masing sesuai dengan bahan sepatu. Oleh karena itu pilihla sepatu yang sesuai dengan selera dan budget. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ventela vs Brodo

VS