Finance

Pilih Mana: Vertcoin atau Bitcoin?

Memiliki investasi untuk jangka panjang tentu saja merupakan profit yang sangat menguntungkan untuk banyak orang. Saat ini tidak hanya dengan menanam saham atau dengan membeli emas, investasi juga bisa dilakukan dengan platform digital terkenal antar dunia seperti halnya Vertcoin dan Bitcoin.

Tidak hanya investasi, Vertcoin dan Bitcoin juga bisa digunakan untuk aktivitas transaksi digital antar dunia yang tentu saja memiliki nilai angka nya masing-masing. Untuk itulah sekarang banyak orang yang menggunakan salah satu dari kedua platform terkenal ini untuk bisnis dan investasi mereka.

Berbicara mengenai transaksi, kedua platform terkenal ini memiliki beberapa kekurangan yang cukup beresiko salah satunya yaitu sama-sama tidak ada jaminan regulasi dari pemerintahan yang tentu saja resiko akan ditanggung oleh pemakainya sendiri.

Masih ada beberapa detail dari Vertcoin dan Bitcoin yang menarik untuk dibahas pada artikel ini, mulai dari kelebihan, kekurangan dan bagaimana prospek masa depan kedua platform ini. Scroll down ya guys!

Vertcoin

Vertcoin dimulai pada awal 2014 oleh David Muller dan diciptakan untuk bersaing dengan blockchain sebelumnya, seperti Bitcoin. Ini merupakan mata uang digital yang memungkinkan orang saling mengirim dan menerima koin, tanpa perlu pihak ketiga untuk memverifikasi transaksi.

Sebenarnya terdapat sebagian perbedaan utama antara Vertcoin dan Bitcoin. Pertama, Vertcoin bisa mengkonfirmasi transaksi cuma dalam 2,5 menit, sedangkan Bitcoin membutuhkan waktu 10 menit. Dan juga pasokan Bitcoin akan dibatasi hanya 21 juta, sedangkan Vertcoin 4 kali lebih besar yakni 84 juta.

Tidak hanya fitur yang berhubungan dengan penambangan, Vertcoin secara struktural mirip dengan Bitcoin dan Litecoin. Masalah pemakaian, vertcoin menggunakan sistem tunai elektronik peer-to-peer.

Tidak seperti banyak altcoin lain yang ada, Vertcoin tidak mempunyai ICO, airdrop, atau pra-tambang. Alasan untuk ini yaitu sebab tim di vertcoin tidak ingin kelompok individu mendapat keuntungan dengan memberi mereka akses ke VTC sebelum masyarakat umum menerima akses ke koin. Baca juga Pilih Mana: Zcash atau Ethereum?

Prospek masa depan Vertcoin

  1. Ini merupakan salah satu koin yang paling terdesentralisasi di pasar crypto, karena ASIC resisten yang berarti bahwa penambangan Vertcoin tidak bisa dilakukan dengan perangkat keras yang mahal.
  2. Vertcoin mempunyai kemitraan yang transparan dan aktif dengan Litecoin. Perihal ini juga disebutkan dalam peta jalan Litecoin, dan sedang bekerja untuk membuat pertukaran atom lintas-rantai dengan Litecoin.
  3. Satu hal yang akan membantu cryptocurrency Vertcoin berkembang lebih jauh yaitu penerapan Lightning Network. Ini akan meningkatkan waktu transaksi dan juga akan kurangi biaya tiap transaksi.
  4. Saat sebelum Vertcoin menerapkan Lightning Network, SegWit sudah diaktifkan pada blockchain untuk transaksi yang lebih cepat.
  5. Dengan bantuan penambangan 1-klik, Vertcoin buatnya mudah diakses oleh para pemakainya.

Kelebihan Vertcoin

  • Memiliki fitur Stealth Addresses
    Vertcoin merupakan cryptocurrency pertama yang menerapkan Stealth Addresses, teknologi baru untuk memberikan privasi pada buku besar publik. Tentu saja ini memberikan keuntungan yang cukup baik untuk para pemakainya.
  • Tidak ada pihak ketiga
    Vertcoin disebut koin rakyat. Ini benar-benar terdesentralisasi, hanya pemakai yang mengontrol dana mereka, dan hanya pemakai yang memverifikasi transaksi.
  • Algoritma penambangannya tahan ASIC
    Itu membuat penambangan terdesentralisasi. Banyak cryptocurrency meminta peralatan khusus untuk menambang koin. Jadi pemakai reguler tidak dilibatkan dalam proses ini. Untuk melindungi hak pemakai untuk menambang koin, algoritma penambangan Vertcoin dibuat tahan terhadap ASIC.

Kekurangan Vertcoin

  • Resiko aktivitas kriminal
    Karena Vertcoin tidak ada jaminan regulasi dari pemerintahan, maka resiko aktivitas kriminal tentu saja bisa terjadi contohnya seperti pencucian uang, pencurian dan lain sebagainya yang menyebabkan kerugian untuk banyak pihak.
  • Kurang populer
    Dengan beberapa kelebihan yang ada pada Vertcoin, koin itu tetap kurang populer dan berada di peringkat di bawah 150 mata uang digital yang tersedia. Dengan begitu tentu saja membuat orang-orang menjadi ragu untuk menggunakan Vertcoin.
  • Tidak stabil
    Vertcoin merupakan mata uang yang bersifat spekulatif. Sedangkan saat ini belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk-produk dengan vertcoin sebagai alat pembayarannya. Maka dari itu Vertcoin dibilang keuangan yang tidak stabil atau bersifat spekulatif.
SpesifikasiVertcoin
DiciptakanDavid Muller
Tahun berdiriTahun 2014
Rata-rata waktu blok2,5 menit
Jumlah koin maksimal84.000.000 koin

Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah mata uang virtual yang bisa dipakai untuk bertransaksi online. Bila ditanya bagaimanakah bentuk mata uang ini, yang jelas wujudnya tidak seperti mata uang fisik yang dikeluarkan oleh suatu bank dan bukan pula mata uang dari suatu negara. Bentuk dari mata uang unik ini yakni hanya sebuah file layaknya file-file umum biasa.

File tersebut merupakan enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya tidak sama satu dengan yang lain. Dan seperti file mp3 atau word yang kamu punya di perangkat pc, file BitCoin juga bisa disimpan dalam komputer atau sebuah flash disk atau software yang disebut BitCoin Digital Wallet. Tidak hanya itu BitCoin juga bisa di simpan di jasa penyimpanan BitCoin di Internet yang berbentuk layaknya sosial cloud.

Lihat juga:  Pilih Mana: BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?

Menurut sebagian sumber, sejarah dari lahirnya Bitcoin berawal pada tahun 2007. Seorang ahli komputer berupaya mengembangkan sistem mata uang virtual model baru yang sama sekali tidak terikat oleh pihak atau otoritas manapun.

Orang itu bernama Satoshi Nakamoto. Pria asal jepang itu mengaku mengembangkan Bitcoin selama 2 tahun dan mulai melepasnya di dunia internet pada tahun 2009 dan akhirnya menyebar sampai saat ini.

Prospek masa depan Bitcoin

  1. Bank mainstream akan menerima Bitcoin, dan mulai menawarkan fasilitas penyimpanan bitcoin. Mereka juga akan membuat turunan mata uang digital.
  2. Semakin banyak perusahaan akan membayar para freelancer-nya memakai mata uang digital, yang akan memicu terbentuknya reformasi pajak.
  3. Mata uang digital akan mengganti monopoli mata uang yang oleh pemerintahan suatu negara, sama seperti internet yang mengganti praktik monopoli di industri telepon.
  4. Setidaknya akan terdapat satu negara yang mata uangnya mati, kemungkinan Argentina atau Venezuela. Perihal ini akan membuat pengadopsi bitcoin meningkat amat besar, yang akan mengakibatkan peningkatan nilai bitcoin menjadi lebih dari USD 50 ribu saat hal itu terjadi.
  5. 95% dari mata uang digital tidak hanya bitcoin akan menghilang, sama seperti kala situs dotcom tengah populer. Di sisi lain, mata uang digital yang masih selamat nilai tukarnya akan meningkat drastis.

Kelebihan Bitcoin

  • Sebagai tabungan
    Bitcoin merupakan bentuk baru tabungan masyarakat yang diterapkan dengan sistem yang tidak merepotkan. Selain itu dengan menabung bitcoin, semua perantara keuangan yang biasa dilakukan di bank-bank bisa dihilangkan. Para pemegangnya juga tidak perlu membayar biaya layanan serta registrasi.
  • Sebagai pelindung dari inflasi
    Seperti emas, bitcoin dianggap bisa berperan sebagai nilai lindung dari inflasi. Bitcoin bisa menekan laju inflasi yang berlebihan.
  • Bisa berperan sebagai mata uang global
    Walaupun tiap negara sudah mempunyai mata uang masing-masing, bitcoin tetap hadir dan masuk ke dalamnya. Bitcoin tidak mengenal batas negara, tidak goyah sebab kondisi politik di pemerintahan, dan tidak terpengaruh apapun.

Kekurangan Bitcoin

  • Tidak terdapat jaminan regulasi pemerintah manapun di dunia
    Bahkan Bank Indonesia yang mengatur peredaran uang di nusantara juga menyatakan secara implisit bahwa Bitcoin bukanlah alat pembayaran resmi, dan kamu menanggung sendiri resiko bila tetap mau memakainya.
  • Tidak stabil
    Bitcoin merupakan mata uang yang bersifat spekulatif. Sedangkan saat ini belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk- produk dengan bitcoin sebagai alat pembayarannya.
  • Sangat berisiko hilang atau dicuri
    Sebagai mata uang virtual, bitcoin disimpan dalam bentuk file digital atau dikenal dengan sebutan wallet file. Dalam penggunaannya, wallet file serupa dengan fungsi dompet penyimpan uang tunai.
SpesifikasiBitcoin
DiciptakanSatoshi Nakamoto
Tahun berdiriTahun 2009
Rata-rata waktu blok10 menit
Jumlah koin maksimal21.000.000 koin

Pilih Mana: Vertcoin atau Bitcoin?

Vertcoin Bitcoin
Kelebihan- Memiliki fitur Stealth Addresses - Algoritma penambangannya tahan ASIC - Tidak ada pihak ketiga - Sebagai tabungan - Sebagai pelindung dari inflasi - Bisa berperan sebagai mata uang global
Kekurangan- Resiko aktivitas kriminal - Kurang populer - Tidak stabil - Sangat berisiko hilang atau dicuri - Tidak terdapat jaminan regulasi pemerintah manapun di dunia - Tidak stabil

Kesimpulan

Vertcoin dan Bitcoin adalah salah satu platform terkenal dunia yang banyak orang sudah memakainya untuk kepentingan mereka sendiri-sendiri. Kelebihan dan kekurangan tentu saja tidak luput dari detail Vertcoin dan Bitcoin. Namun yang menjadi keunggulan tersendiri bagi Bitcoin adalah ia lebih terkenal dari pada Vertcoin. Hal ini bisa diperhatikan dari pengguna Bitcoin yang lebih banyak daripada Vertcoin. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vertcoin vs Bitcoin

VS

Leave a Reply