Finance

Pilih Mana: Vertcoin atau Litecoin?

Saat ini mata uang crypto telah membuat banyak orang ingin merasakan dan mengambil keuntungan dari perangkat yang dimiliki. Penambangan koin ini dinilai cukup menghasilkan profit yang sebanding dan bisa ditukar menjadi bitcoin. Beberapa koin yang mudah di mining dengan perangkat yaitu Vertcoin dan Litecoin.

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana Vertcoin atau Litecoin dapat dikatan berbeda satu sama lain. Kami juga akan mencoba menentukan mata uang digital mana yang lebih baik untuk penambangan, perdagangan, dan melakukan pembayaran. Yuk disimak!

Vertcoin

Vertcoin ialah koin yang sangat gampang ditambang sekaligus koin orang. Vertcoin tertuju buat konsumen tunggal serta bukan terkonsentrasi oleh bank, badan ataupun fitur penambangan golongan atas. Algoritme serta skema kerjanya bukan dikontrol oleh fitur penambangan yang terbuat khusus maupun pool mining besar. Koin ini sangat mengizinkan ditambang memanfaatkan CPU, serta Vertcoin menyediakan software khusus untuk penambangannya.

Vertcoin telah dirancang khusus untuk operasi penambangan kecil. Koin digital ini menggunakan algoritma Proof of Work sebagai mekanisme konsensus. Kelebihan dari Vertcoin yaitu, koin kripto ini dibuat untuk bisa bertahan terhadap pengembangan hardware seperti ASIC.

Vertcoin baru- baru ini mengeluarkan penambang sekali klik yang mudah dipakai. Software tersebut berupa GUI( Graphical User Interface), serta memudahkan penambangan buat konsumen CPU serta GPU. Setelah software & berhasil diunduh, Kamu cuma butuh memutuskan kolam penambangan yang sesuai dengan keahlian komputer. Baca juga Pilih Mana: Ripple atau Ethereum?

Kelebihan Vertcoin

  • Keamanan terjamin
    Tidak seperti mata uang konvensional yang rawan pemalusan, aturan kriptografi yang diterapkan pada Vertcoin membuat para pemiliknya terhindar dari risiko yang sama.
  • Mampu berperan sebagai mata uang global
    Meski setiap negara telah memiliki mata uang masing-masing, Vertcoin tetap hadir dan masuk ke dalamnya. Bitcoin tak mengenal batas negara, tidak goyah karena kondisi politik di pemerintahan, dan tidak terpengaruh apapun.
  • Dapat menjadi tabungan
    Vertcoin merupakan bentuk lain tabungan masyarakat yang diterapkan dengan sistem yang tidak merepotkan. Selain itu dengan Vertcoin semua perantara keuangan yang biasa dilakukan di bank-bank dapat dihilangkan. Para pemegangnya juga tak perlu membayar biaya layanan dan registrasi.

Kekurangan Vertcoin

  • Tidak Stabil
    Vertcoin merupakan mata uang yang bersifat spekulatif. Sedangkan saat ini belum cukup banyak perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk-produk dengan bitcoin sebagai alat pembayarannya.
  • Sangat berisiko hilang atau dicuri
    Koin digital tersebut juga dapat diretas dan dicuri melalui malware. Belum lagi risiko isi hard disk pengguna Vertcoin terhapus tanpa sengaja. Anda dapat kehilangan semua isi dompet tanpa bisa ditelusuri kemana hilangnya. Selain itu, orang-orang yang memiliki keahlian di bidang komputerisasi berpotensi mencuri uang-uang tersebut.
  • Alat pencucian uang
    Penggunaan Vertcoin tidak dikontrol pemerintah atau lembaga keuangan yang berwenang. Akibatnya kondisi tersebut membuka peluang besar untuk melakukan tindakan kriminal seperti pencucian uang dan penghindaran pajak.

Litecoin

Litecoin adalah mata uang Internet P2P (Peer-to-Peer) yang dapat melakukan pembayaran biaya instan mendekati nol kepada siapapun di dunia ini. Litecoin bersifat Open-Source (terbuka untuk pengembangan umum), dan merupakan jaringan pembayaran global yang sepenuhnya terdesentralisasi tanpa otoritas pusat.

Litecoin adalah sebuah mata uang kripto yang dibuat pada tahun 2011 menggunakan perangkat lunak terbuka (Open-Source Software) di bawah lisensi MIT/X11.

Litecoin memiliki waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat dan efisiensi penyimpanan yang lebih baik daripada mata uang kriptografis terkemuka lainnya. Dengan dukungan industri yang substansial, volume perdagangan dan likuiditas.

Litecoin hampir sama dengan Bitcoin (BTC), yaitu mata uang terdesentralisasi berbasis blockchain yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi di seluruh dunia dengan menghilangkan pihak ketiga (perantara), atau biasa disebut dengan Peer-to-Peer (Individu-ke-Individu), sehingga jaminan keamanan transaksi dapat didapatkan secara menyeluruh.

Kelebihan Litecoin

  • Litecoin dapat dibeli langsung dengan mata uang negara sendiri
    Hal ini menjadi sebuah kelebihan bila dibandingkan dengan cryptocurrency lainnya. kalian dapat secara langsung membeli Litecoin dengan mata uang yang di miliki. Sementara untuk cryptocurrency lain, kalian harus membeli Bitcoin terlebih dahulu, dan kemudian menukarkan Bitcoin tersebut dengan mata uang yang dibutuhkan.
  • Mampu untuk menangani volume transaksi yang tinggi
    Proses pembaharuan yang dilakukan pada sistem Litecoin membuatnya mampu menangani volume transaksi yang tinggi. Hal ini membuat Litecoin jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Vertcoin.
  • Biaya transaksi yang sangat minim
    Semakin lama proses penciptaan blok, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh para penambang juga semakin tinggi. Dalam kondisi tersebut, maka biaya transaksi juga akan semakin meningkat. Litecoin dengan kecepatan kerja yang tinggi dan waktu transaksi yang cepat membuat biaya yang harus dikeluarkan juga lebih rendah.
Lihat juga:  Pilih Mana: Ripple atau Zcoin?

Kekurangan Litecoin

  • Keunikan tidak bertahan terlalu lama
    Litecoin pada awalnya itu dianggap sebagai peningkatan pada Bitcoin dalam beberapa cara. Terlepas dari peningkatan efisiensi dan kecepatan cepat, Bitcoin akhirnya memeluk SegWit dengan mengambil salah satu keunggulan utamanya.
  • Kredibilitas goyah
    Charlie Lee, pendiri Litecoin, adalah nama yang dikagumi di industri ini dan itu saja yang memberikan popularitas koin. Namun, reputasinya telah goyah setelah dia menjual sahamnya di Litecoin tahun lalu dengan alasan konflik kepentingan. Keputusan untuk menarik Litepay, yang pengumumannya disambut dengan antusiasme di antara para pengguna, juga memengaruhi kredibilitas koin.
  • Dapat terjadi penurunan inflasi secara derastis
    Risiko Litecoin justru diprediksikan akan terjadi jika pasar tidak memiliki ketertarikan. Porses mining-nya tergolong mudah, hal ini memungkinkan adanya penumpukan stok Litecoin. Di jangka panjang, jika tidak mampu bertumbuh dapat mengalami penurunan inflasi secara derastis.

Cara Memilih koin crypto dengan tepat

1. Penyaringan dan Penelitian
Belakangan ini ada begitu banyak tawaran-tawaran menggiurkan, yang mungkin saja akan membuat anda tergoda. Namun untuk memulai, alangkah baiknya pertimbangkan matang-matang, dan juga strategi apa yang akan kalian gunakan untuk kedepannya. Awal yang baik adalah mempertimbangkan strategi alokasi portofolio kalian dan bagaimana kalian ingin memaksimalkan keuntungan tersebut.

Salah satu hal yang bisa menjadi contoh adalah solusi yang berfokus pada bisnis untuk blockchain, karena hal itu akan menjadi sangat penting selama beberapa tahun mendatang. Banyak investor yang berhasil membangun daftar koin yang berada di segmen tersebut.

  • Carilah informasi di internet dengan hati-hati, jika kalian hanya menemukan omong kosong dan desain web tersebut dibuat dengan buruk, maka jauhi hal semacam itu. Gali informasi lebih dalam tentang perusahaan tersebut, apa saja yang sudah dilakukan selama ini. Periksa kredensial tim, dan kalian bisa cari tahu hal tersebut di LinkedIn.
  • Lihatlah perusahaan di Explorer Blockchain. Bagaimana token didistribusikan di seluruh akun? Apakah beberapa akun utama terjual? Cari tahu siapa pemegang utama koin tersebut dan berapa banyak koin yang didapat oleh pendiri dan tim dari ICO. 

2. Periksa Daftar

  • Seperti apa tim pengembangannya? Apa reputasi mereka? Bagaimana mereka didanai dan diorganisir?
  • Seberapa luas segmentasi pasar mereka?
  • Siapakah pesaing mereka dan bagaimana koin melakukannya dengan lebih baik?
  • Produk apa yang mereka hasilkan saat ini?
  • Apakah ada teknologi baru yang dikeluarkan oleh perusahaan? 

Dengan menyocokan daftar pernyataan diatas dengan kondisi kalian saat ini, kalian bisa mengantisipasi dan mengukur seberapa besar risiko yang dihasilkan dari investasi yang akan dilakukan.

Manfaat Crypto Keterangan
TransparansiSemua orang dapat melihat setiap transaksi perdagangan di website blockchain.
Immutability Sulit bagi pengguna untuk mengubah status transaksi setelah menggunakan blockchain.
KeamananMengamankan transaksi untuk meningkatkan integritas.
Penyelesaian Cepat Blockchain meningkatkan kecepatan verifikasi data di seluruh jaringan.
BiayaManfaat utama yaitu dapat membantu menghindari pembayaran biaya pihak ketiga untuk verifikasi dan dapat mengurangi biaya.

Pilih Mana: Vertcoin atau Litecoin?

VertcoinLitecoin
Kelebihan- Keamanan terjamin  - Mampu berperan sebagai mata uang global - Dapat menjadi tabungan - Litecoin dapat dibeli langsung dengan mata uang negara sendiri - Mampu untuk menangani volume transaksi yang tinggi - Biaya transaksi yang sangat minim
Kekurangan- Tidak Stabil - Sangat berisiko hilang atau dicuri - Alat pencucian uang - Keunikan tidak bertahan terlalu lama - Kredibilitas goyah - Dapat terjadi penurunan inflasi secara derastis

Kesimpulan

Dapat kita simpulkan bahwa keduanya Vertcoin dan Litecoin mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.Namun, Jika kalian lebih suka penambangan yang didesentralisasi dan tahan ASIC, Vertcoin adalah cara yang tepat. Kalian juga dapat memilih Vertcoin jika kalian ingin meningkatkan privasi, karena cryptocurrency menawarkan alamat tersembunyi. Namun, jika Anda ingin menggunakan cryptocurrency kalian untuk berdagang dan membayar sesuatu, Litecoin masih menjadi pilihan yang lebih baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vertcoin VS Litecoin

VS